cover
Contact Name
Rizky Aprilianti Lestari
Contact Email
arsummetro22@gmail.com
Phone
+6282351555511
Journal Mail Official
rizkyaprilia@ummetro.ac.id
Editorial Address
Kantor Redaksi JOURNAL OF HOSPITAL ADMINISTRATION AND EXCELLENT HEALTH SERVICE : Jurnal Program Studi S1 ADMINISTRASI RUMAH SAKIT Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Metro Jl. Gatot Subroto No. 100 Yosodadi, Kota Metro, Lampung, Indonesia 34111
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service
ISSN : 30889561     EISSN : 30889545     DOI : https://doi.org/10.24127/
Administration and Excellent Health Service focuses on research and reviews related to hospital management relevant to the development and practice of hospital management in Indonesia and Southeast Asia. The Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service focuses on various research approaches, including quantitative, qualitative, and mixed methods. Topics covered include: Hospital Management Hospital Accounting Health Service Management Health Insurance Health Policy Community Health Center Management
Articles 21 Documents
PERMASALAHAN AKTIFITAS GERAK BODY AWARENESS PADA ANAK AUTIS DI KOMUNITAS PEDULI ANAK AUTIS LAMPUNG (KOPALA) KOTA METRO Khasanah, Al Um Aniswatun; Yudistira, Efraldo; Akbar, Bota Muhammad; Afifah, Zulaika Nur; Nata Dewi, Anak Ayu Nyoman Trisna
Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service Vol. 1 No. 1 (2024): JANUARY
Publisher : Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan lain pada kondisi autis salah satunya adalah body awareness atau kesadaran tubuh, mengingat permasalahan sensorik dan integrasi sensoris menjadi ciri khas individu dengan kondisi autism. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan mencari data dengan melakukan survei atau kuantitative yang datanya diambil secara langsung dengan orangtua di Komunitas Peduli Autis Lampung. Sampel penelitian dilakukan survei pada anak autis di Komunitas Peduli Autis Lampung dengan jumlah responden sebanyak 32 anak dengan metode melakukan tanya jawab kepada orang tua anak tersebut, dalam desain cross sectional digunakan pendekatan transversal, dimana observasi terhadap variabel bebas dan variabel terikat dilakukan hanya sekali pada saat yang sama. Setelah dilkukan survey didapatkan jumlah laki-lakinya 28 (87,5%) lebih banyak dibandingkan perempuan 4 (12,5%).Permasalahan aktivitas body awareness yang paling banyak adalah Sering menabrak dinding atau tersandung oleh objek di tengah lantai 28 (87,5%), Sering tersandung dengan kakinya sendiri 32 (100%), Kesulitan meniru gerakan yang dia lihat di TV atau saat bermain dengan Anda atau anak-anak lain 24 (75%), Suka mengunyah/ menggigit atau menarik pakaiannya sendiri atau orang lain 24 (75%), Saat menendang atau berjalan dengan kekuatan ekstra 26 (81,25%), Saat menulis memegang erat pensil atau menulis dengan tekanan ke kertas dengan ekstra 18 (56,25%), Tidak suka dengan ruang yang gelap 20 (62,5%), Suka melakukan pelukan yang erat kekeluarga atau benda kesayangan 26 (81,25%). Berdasarkan hasil survey yang paling banyak permasalahan aktivitas body awareness pada anak autis adalah anak sering tersandung dengan kakinya sendiri.
ANALISIS MANAJEMEN DATA KESEHATAN DI DOKTER PRAKTEK MANDIRI KECAMATAN SENDANG AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2023 Syahroni, Arfan; Riyanti, Riyanti
Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service Vol. 1 No. 1 (2024): JANUARY
Publisher : Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Introduction:Independent practice doctors are one of the goals for patients to get health services. In practice, before a patient comes to an independent doctor's practice, the patient has already decided whether to go to a general practitioner or a specialist. Doctors who practice independently in their services obtain data and information from the patients themselves. The data obtained is in the form of health data and identity data from the patient. related to the health data obtained, whether the independent doctor's practice has collaborated with the nearest health service facility and how health data management is carried out. This research discusses Health Data Management Analysis at Independent Practicing Doctors, Sendang Agung District, Central Lampung Regency. Method: Qualitative research using triangulation techniques using observation, interviews and documentation methods. The research was conducted at the independent practice of Dr. Siti Nur Indah, Sendang Mulyo Village, Sendang Agung District, Central Lampung Regency. There were 3 contributors to this research information. Results: the data produced at Dr. Siti Nur Indah's independent medical practice in the Central Lampung area is complete, this is shown in the registration book and patient medical records. Everything is recorded appropriately and completely. The completeness of the data available is still manual-based, meaning that the data recorded only uses paper without any digitization or use of supporting applications, so in this case there is still the potential for files to be difficult to find and lost. Apart from that, the data has not been reported to the nearest health service facility, this is evidenced by the lack of cooperation between private medical practices and community health centers, but regarding diseases that have the potential for outbreaks and treatment needs to be carried out at the community health center level, independent practicing doctors directly coordinate with the nearest community health center staff. , this is proven by WhatsApp messages sent to community health center officers regarding patients who need further treatment. Conclusion: Independent medical practice at dr. Siti Nur Indah's data management is good, complete and stored appropriately. However, the implementation is still done manually without using computer applications and devices. Apart from that, the health data obtained has not been made into graphic tables or carried out further analysis to determine disease trends and health status in the community. Apart from that, there has also been no reporting to the nearest health center regarding health data.
MONITORING DAN EVALUASI KEPATUHAN PETUGAS KESEHATAN DALAM PENERAPAN CUCI TANGAN DI RUANG RAWAT INAP RSIA AMC METRO TAHUN 2022 Mayasari, Fitri Yuli; Putra, Yogi Catur; Pertiwi, Windi; Lestari, Rizky Aprilianti
Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service Vol. 1 No. 1 (2024): JANUARY
Publisher : Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang: Kesadaran tentang mencuci tangan pada petugas kesehatan merupakan perilaku yang mendasar dalam upaya mencegah infeksi. Mencuci tangan menjadi pengaruh besar bagi upaya pencegahan terhadap terjadinya infeksi nosocomial (INOS). Kepatuhan petugas kesehatan dalam melakukan cuci tangan harus sesuai dengan standar prosedur operasional yang berlaku di rumah sakit. Tujuan: Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepatuhan pelaksanaan kegiatan cuci tangan terhadap petugas tenaga kesehatan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Anugerah Medical Centre Metro. Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluasi (evaluation study). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini teknik sampling jenuh yaitu mengambil semua anggota populasi menjadi sampel. Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah petugas kesehatan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Anugerah Medical Centre Metro belum tepat dan patuh melakukan kegiatan cuci tangan. 85 % petugas kesehatan patuh menjalankan cuci tangan Simpulan dan saran: Tenaga kesehatan belum mematuhi pelaksanaan kegiatan cuci tangan. Sebaiknya dilakukan edukasi kepada tenaga kesehatan terkait pentingnya kegiatan cuci tangan.
ANALISIS KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN SIKAP PROFESI KESEHATAN DI RSU MUHAMMADIYAH METRO Pertiwi, Windi; Putra, Yogi Catur; Mayasari, Fitri Yuli; Friezhia, Anniesha
Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service Vol. 1 No. 1 (2024): JANUARY
Publisher : Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menganalisis kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro dengan fokus pada sikap profesi kesehatan, yakni Kehandalan, ketanggapan, dan empati. Dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS), data primer dikumpulkan dari 300 pasien yang dipilih secara acak. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kehandalan, ketanggapan, dan empati memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kehandalan memainkan peran kunci sebagai fondasi utama, sementara ketanggapan dan empati memberikan kontribusi signifikan terhadap pengalaman pelayanan yang holistik. Evaluasi model menunjukkan validitas dan reliabilitas yang baik, serta pengaruh bersama yang kuat dari ketiga faktor sikap profesi kesehatan terhadap kepuasan pasien. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang kompleksitas hubungan dalam pelayanan kesehatan, memberikan landasan untuk strategi pelayanan yang lebih efektif dan efisien di RSU Muhammadiyah Metro.
Analisis Hubungan Kepatuhan Petugas dengan Penerapan 5 Momen Cuci Tangan di RSIA AMC Metro Lestari, rizky Aprilianti; Mayasari, Fitri Yuli; Pertiwi, Windi; Putra, Yogi Catur
Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service Vol. 1 No. 1 (2024): JANUARY
Publisher : Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini sebelumnya telah menginvestigasi isu-isu sejenis dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah penelitian telah mengulas hubungan antara kepatuhan petugas dan penerapan praktik cuci tangan, memberikan landasan untuk melihat permasalahan ini dengan sudut pandang yang lebih terperinci. Studi ini melibatkan analisis hubungan antara kepatuhan petugas dan penerapan 5 momen cuci tangan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) AMC Metro. Kajian ini muncul dari kebutuhan untuk mengoptimalkan upaya pencegahan infeksi di lingkungan rumah sakit melalui pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan petugas terhadap praktik cuci tangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis hubungan antara kepatuhan petugas dan penerapan 5 momen cuci tangan di RSIA AMC Metro. Rancangan penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan operasional yang melibatkan pemilihan sampel, pengumpulan data, serta analisis data.
GAMBARAN KEPATUHAN DOKTER DALAM PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) TERHADAP PENERAPAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI (PPI) DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH METRO Putra, Yogi Catur; Pertiwi, Windi; Mayasari, Fitri; Lestari, Rizky Aprilianti
Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service Vol. 1 No. 1 (2024): JANUARY
Publisher : Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan APD merupakan kepatuhan yang harus dipatuhi oleh petugas kesehatan salah satunya dokter di ruang rawat inap karena dapat kontak langsung dengan pasien dan keluarga pasien. Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Rumah Sakit Muhammadiyah mempunyai program dan kebijakan dalam memberikan kewaspadaan standar di setiap unitunit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan dokter dalam menggunakan APD di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro pada bulan Agustus-Oktober 2023. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif, Teknik yang digunakan yaitu random sampling yaitu secara acak untuk mendapatkan sampel, penelitian dilakukan pada Agustus – Oktobrer 2023 di Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada 3 bulan terakhir yaitu bulan Agustus, Oktober, November diketahui terdapat penurunan dalam penggunaan alat pelindung diri (APD) pada dokter di bulan November yaitu sebanyak 45% dokter yang menggunakan alat pelindung diri (APD) setelah terkena cairan tubuh pasien. Dalam penggunaan alat pelindung diri (APD) sudah benar hanya saja masih ada beberapa dokter yang belum patuh dalam penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai penerapan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)
Faktor Yang Mempengaruhi Ketidakefektifan Digital Marketing Di Rumah Sakit Islam Metro LESTARI, RIZKY APRILIANTI; FRIEZSHIA, ANNIESHA; ANGGUNIAR, EVA NIRMALA; EFENDI, DEBI; IMELDA, RIZKA; NIA RAHMAWATI; M.FUADUL IRFAN
Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service Vol. 1 No. 2 (2024): JULY
Publisher : Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKDigital marketing, sebagai bagian integral dari transformasi digital, memainkan peran krusial dalam menghubungkan rumah sakit dengan pasien potensial dan meningkatkan reputasi serta pangsa pasar. Desain studi yang digunakan berupa studi observasional deskriptif melalui pengamatan indikator keberhasilan transformasi digital dan indikator keberhasilan pemasaran di Rumah Sakit Islam Metro. Inisiatif "One Day One Story" dapat menjadi langkah strategis bagi Rumah Sakit Islam Metro dalam meningkatkan visibilitas dan daya tarik di ranah digital. Dengan konsisten membagikan satu kisah inspiratif atau informasi bermanfaat setiap harinya melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan lainnya, rumah sakit tidak hanya sekadar mempromosikan fasilitas dan layanan, namun juga membangun koneksi emosional dengan masyarakat. Dengan demikian strategi yang tepat dalam program "One Day One Story" dapat menjadi salah satu pilar utama dalam upaya meningkatkan pemasaran digital Rumah Sakit Islam Metro.
Kurangnya Manajemen Waktu Karyawan Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Asy-Syifa Bandar Lampung Tahun 2024 FITRI YULI MAYASARI; YOGI CATUR PUTRA; RETNO SOFY SAFIRA; MULI ZALIA AQSA; MELAN ANDAYANI; PANGGA DWI SATRIA; KHALIDAH, FARAH SALWA
Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service Vol. 1 No. 2 (2024): JULY
Publisher : Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKRSIA Bunda Asy-Syifa sedang melakukan kredensialing BPJS Kesehatan. RSIA Bunda Asy-Syifa berupaya agar bisa melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan guna meningkatkan pelayanan dan mutu rumah sakit. Oleh sebab itu, RSIA Bunda Asy-Syifa sedang melakukan perbaikan di berbagai aspek, baik itu di bagian administrasi, bagian keuangan, bagian pemberkasan, bagian SDM, maupun di bagian perbaikan sarana, prasarana dan fasilitas di rumah sakit.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu pengamatan (observasi) dan wawancara. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Pada penelitian ini, peneliti menyajikan hasil penelitian secara kualitatif deskriptif yaitu data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, dan video.Manajemen waktu karyawan yang kurang efektif, karyawan tidak bisa memanajemen waktu dengan baik dan menentukan prioritas pekerjaan mana yang harus segera diselesaikan sehingga menimbulkan keterlambatan dalam penyelesaian pekerjaan yang berdampak adanya lembur dan juga mengakibatkan pembengkakkan dibagian keuangan untuk pembayaran upah lembur. Selain itu berdampak pula pada kinerja HRD apakah HRD memantau kinerja karyawannya atau tidak.Oleh sebab itu program unggulan yang dapat menangani permasalahan dalam manajemen waktu karyawan yang kurang efektif yaitu dengan program “waktuku aku kendalikan” yang akan berpengaruh pada meningkatnya produktivitas karyawan, mengurangi stress dan kelelahan karyawan, meningkatkan kepuasan kerja karyawan, dan meningkatnya citra rumah sakit
BELUM BERJALANNYA URC (UNIT REAKSI CEPAT) SECARA OPTIMAL YANG ADA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH JENDERAL AHMAD YANI KOTA METRO YOGI CATUR PUTRA; WINDI PERTIWI; GINANJAR PRASTIO; NI KETUT NIRMALA SARI; FARA FADIA PANGESTI; CYNTHA LIHAR RAMANDA; DYNA NURIA PUTRI
Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service Vol. 1 No. 2 (2024): JULY
Publisher : Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Jenderal Ahmad Yani adalah rumah sakit Tipe B yang menjadi rumah sakit pendidikan utama Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit Rujukan Regional 2 Provinsi Lampung. Rumah Sakit Umum Daerah Jenderal Ahmad Yani memiliki salah satu program unggulan dari Walikota Metro yang tidak memungut biaya sedikitpun atau gratis yaitu URC (Unit Reaksi Cepat) berupa alat transportasi mobil yang dipergunakan untuk memberikan penanganan kegawatdaruratan medis kepada pasien emergency atau gawat darurat di Kota Metro. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program URC belum berjalan secara maksimal karena kurangnya promosi terkait adanya URC ke masyarakat di Kota Metro. Berdasarkan hasil penelitian maka Rumah Sakit Umum Jendral Ahmad Yani harus melakukan promosi ke masyarakat terkaid adanya URC ke masyarakat di Kota Metro, serta menerapkan program Kolaborasi Antar Instansi Kesehatan Kota Metro dengan Program Unggulan URC Rumah Sakit Umum Daerah Jenderal Ahmad Yani Kota Metro.
PENERAPAN ELECTRONIC MEDICAL RECORD (EMR) DI RUMAH SAKIT UMUM MUHAMMADIYAH METRO Lestari, Rizky; Mayasari, Fitri; Harton, Cintia; Akbar, Naufa; Riyana, Nerrisa; PUTRI, RINDU; SALSA, LUTFIA; RAHMANDA, M.AKHYAR
Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service Vol. 1 No. 2 (2024): JULY
Publisher : Journal of Hospital Administration and Excellent Health Service

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rumah Sakit Muhammadiyah Metro sedang dalam tahap pembangunan untuk memperluas danmeningkatkan infrastruktur yang ada. Pembangunan ini mencakup penambahan gedung baru,renovasi fasilitas yang sudah ada, serta pengadaan peralatan medis modern. Tujuan daripembangunan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan kesehatan yangdiberikan kepada pasien, serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik bagi tenaga medis danstaf rumah sakit. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untukmeneliti pada kondisi objek yang alamiah. Hasil perhitungan dan pertimbangan diatasmenunjukkan bahwa masalah Berkas Rekam Medis Belum Semuanya Di Inputkan ke EMR, lebihmendesak. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa prioritas masalah dari kelima masalahtersebut yaitu berkas Rekam Medis belum semuanya di input ke dalam aplikasi EMR.

Page 1 of 3 | Total Record : 21