cover
Contact Name
Binar Winantaka
Contact Email
jurnalwuny@uny.ac.id
Phone
+62274586168
Journal Mail Official
jurnalwuny@uny.ac.id
Editorial Address
Gedung LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta Jalan Kolombo 1, Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah WUNY
ISSN : 01263854     EISSN : 27470547     DOI : https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i3
Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan budaya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah WUNY" : 10 Documents clear
The relationship between the philosophy of science and technology in the development of Indonesian society Faujian, Ares; Ahmed, Touheed; Shahzeb, Shahzeb; Sudrajat, Sudrajat
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v7i1.80015

Abstract

This article explores the critical relationship between the philosophy of science and technology and their influence on the development of Indonesian society. The philosophy of science provides the framework for understanding scientific knowledge, its methodology, and its limits. Meanwhile, technology applies that knowledge practically to solve societal problems. In Indonesia, the integration of philosophy with scientific and technological progress is necessary to address the nation's cultural, ethical, and developmental challenges. This article discusses how a deep understanding of the philosophy of science can shape technological advancements in a way that promotes sustainable, equitable, and culturally sensitive development.
Relevansi pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam penanaman karakter peserta didik Ardiantoro, Ardiantoro; Melati, Ersa; Aina, Farin Nurul; Kusumaningrum, Khafifah Novitasari; Rahmawati, Mita Danik; Suwarjo, Suwarjo; Widiastuti, Anik
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v7i1.76686

Abstract

Melemahnya karakter peserta didik saat ini antara lain ditandai dengan banyaknya kasus kekerasan, perundungan, hilangnya sopan santun dan rasa hormat terhadap guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara terhadap penanaman karakter peserta didik.  Penelitian ini menggunakan metode studi literatur.Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh daribuku, laporan penelitian, artikeljurnal, dan sumber lain yang relevan. Data dianalisis dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang paling relevan dalam penanaman karakter di lingkungan pendidikan di Indonesia yaitu konsep tentang keteladanan, Ing Ngarsa Sung Tuladha. Guru sebagai teladan utama dalam dunia pendidikan memiliki peran besar dalam membimbing peserta didik melalui contoh perilaku yang positif. Implementasi konsep Ing Ngarsa Sung Tuladhadalam penanaman karakter peserta didik telah dilakukan di beberapa sekolah di Indonesia. SMPN 3 Banguntapan dengan budaya jawanya, MI Pelangi Alam Ponorogo dengan pembiasaan yang telah dicantumkan di dalam modul (based by modul), serta MAN Kota Batu dengan penanaman karakter religius dan nasionalis yang diintegrasikan dalam mata pelajaran. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu bagi sekolah lain yang akan mengimplementasikan penanaman karaktter dapat menyesuaikan dengan budaya dan kearifan lokal yang masih terjaga di masing-masing wilayah. Seluruh elemen sekolah harus bersama-sama menyukseskan penanaman karakter melalui konsep keteladanan, baik kepala sekolah, guru, maupun staf/karyawan.
Analisis respon mahasiswa terhadap video pembelajaran IPA prosedur pembuatan es krim sederhana Putri, Nadya Nurmarinda; Dewi, Ermita; Fiyandita, Hasna Dianing; Qolby, Asy Syifa'ul; Winarno, Khalid Ibnu
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v7i1.69770

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon mahasiswa Pendidikan IPA terhadap video pembelajaran IPA prosedur pembuatan es krim sederhana. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan IPA FMIPA UNY tahun 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan IPA kelas F FMIPA UNY tahun 2021. Instrumen yang digunakan berupa angket respon mahasiswa. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket google form. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Penyajian data hasil respon mahasiswa menggunakan bentuk histogram. Hasil analisis menunjukkan bahwa video pembelajaran IPA memperoleh persentase nilai akhir dari segi audio sebesar 79,45% dengan kategori "Baik", segi visual sebesar 80,54% dengan kategori "Baik", segi bahasa sebesar 82,36% dengan kategori "Sangat Baik", dan segi materi sebesar 82,18% dengan kategori "Sangat Baik".
Metode dan lembar pantauan tugas aktif berbasis pemberdayaan siswa untuk meningkatkan sikap tanggung jawab Mutakin, Mohamad Deden
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v7i1.82158

Abstract

Terdapat permasalahan berupa rendahnya tanggung jawab siswa dalam mengumpulkan tugas. Metode Tugas Aktif dan Lembar Pantauan Tugas Aktif Berbasis Pemberdayaan Siswa merupakan salah satu metode dalam upaya meningkatkan tanggung jawab pengumpulan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab siswa dalam mengumpulkan tugas rumah (PR) yang berbasis pemberdayaan siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Peneliti menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tahapan; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4IIS 1 (kelas X IPS 1) sebanyak 32 siswa, kelas ini dipilih karena merupakan kelas yang sangat rendah dalam tanggung jawab pengumpulan tugas dari semua mata pelajaran. Kemudian subjek penelitian pelengkap yaitu; semua guru pengampu mata pelajaran kelas 4IIS 1 yang berjumlah 25 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode dan lembar pantauan tugas aktif berbasis pemberdayaan siswa untuk meningkatkan tanggung jawab pengumpulan tugas dapat dilakukan siswa dengan baik dan mudah dalam pengaplikasian. Siswa menjalankan alur metode dengan baik dan masing-masing siswa melaksanakan tupoksi sesuai dengan sintaksis metode. Setelah penerapan metode dan lembar pantauan tugas aktif, siswa saling membantu dalam mencapai tujuan yang sama yaitu upaya tertib dalam pengumpulan tugas.
Menjelajahi peran warisan budaya dalam branding destinasi: Kasus Taman Jati Larangan Riyanisma, Besti Ismi; Mutiarni, Yosi S; Bandiyah, Uswatun Nurul; Setiawan, Risky
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v7i1.83802

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran warisan budaya dalam branding destinasi, dengan fokus pada Taman Jati Larangan di Dusun Iroyudan, Guwosari, Bantul. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana warisan budaya mempengaruhi branding destinasi pariwisata dan berkontribusi pada identitas komunitas lokal. Pendekatan kualitatif digunakan, dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan tinjauan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Jati Larangan, yang awalnya didirikan sebagai destinasi pariwisata kuliner dan religi, memiliki akar yang dalam pada warisan budaya, terutama melalui makna sejarah dari makam Mbah Wiroyudho dan cerita rakyat setempat mengenai pendukung Pangeran Diponegoro. Elemen-elemen ini berfungsi sebagai warisan budaya tangible (makam dan situs sejarah) dan intangible (tradisi lisan dan cerita sejarah), yang bersama-sama membentuk narasi yang menarik untuk branding destinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi warisan budaya dalam strategi branding destinasi meningkatkan keaslian dan keunikan situs, menarik wisatawan yang mencari pengalaman budaya yang bermakna, dan mendukung pariwisata berkelanjutan. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya pemasaran digital dalam mempromosikan warisan Taman Jati Larangan kepada wisatawan yang lebih luas. Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti bagaimana warisan budaya, melalui bentuk tangible dan intangible, dapat digunakan secara efektif untuk membangun brand pariwisata yang unik dan berkelanjutan, menciptakan hubungan emosional dengan pengunjung, dan mendukung pengembangan pariwisata jangka panjang.
Pengelolaan enceng gondok untuk perkembangan perekonomian masyarakat Desa Jabung di Waduk Wlingi Raya Habibi, Azwar Riza; Sapoetra, Yudistira Arya; Kabalen, Nicholaus Wayong; MR, Moh Irsyad Fahmi
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v7i1.78434

Abstract

Masyarakat yang tinggal di sekitar Waduk Wlingi Raya sekarang bergantung pada tanaman enceng gondok sebagai sumber pendapatan utama mereka karena nilai ekonominya yang tinggi, terutama sebagai pakan alternatif yang sangat dibutuhkan dalam industri perikanan dan peternakan. Selain memiliki manfaat sebagai pakan, tanaman enceng gondok diproses menjadi berbagai produk lain, yang memiliki dampak ekonomi yang lebih besar pada masyarakat di sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan dan memahami berbagai cara penggunaan enceng gondok di Waduk Wlingi Raya dan menyiarkan bagaimana hal itu berdampak pada perekonomian masyarakat Desa Jabung. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara langsung dengan anggota masyarakat yang terlibat dalam pemanfaatan tanaman ini. Metode pengumpulan data ini dikenal sebagai pendekatan deskriptif kuantitatif. Orang-orang di Desa Jabung menggunakan enceng gondok dalam kehidupan sehari-hari mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa enceng gondok meningkatkan aktivitas ekonomi lokal di Waduk Wlingi Raya. Tanaman ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk berbagai pekerjaan produktif, seperti mencari, mengumpulkan, dan kemudian mengolah menjadi produk yang bermanfaat seperti kerajinan tangan dan bahan baku industri kreatif. Penduduk desa melihat peningkatan pendapatan dan peluang kerja baru, terutama bagi mereka yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan tetap.
Pengembangan angket respon mahasiswa terhadap penggunaan media video pada pembelajaran IPA materi zat aditif pada makanan Cahyani, Anggun Dwi; Fadmarani, Alisa Ufi; Zuhriyanti, Asni; Arifianto, Najma Nurlaila; Hati, Risma Permata
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v7i1.69787

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan media video dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan fokus pada materi Zat Aditif pada Makanan. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Respon mahasiswa diambil sebanyak 24 orang mahasiswa Pendidikan IPA Semester 5 kelas F yang berasal dari Universitas Negeri Yogyakarta yang ada di wilayah Sleman Yogyakarta menggunakan angket respon dengan google form. Angket dirancang untuk mengukur persepsi, penerimaan, dan efektivitas penggunaan media video dalam konteks pembelajaran IPA. Angket respon terdiri atas 10 indikator yaitu kualitas audio, kejelasan caption, pengambilan dan fokus, sudut gambar, keterkaitan materi, hubungan narasi dan musik latar, penjelasan materi, kualitas property, keefektifan, dan kejelasan konsep. Hasil respon mahasiswa terhadap penggunaan media video ditemukan rata-rata pada persentase untuk responden yang menilai sangat baik sebanyak 50%, persentase untuk responden yang menilai baik sebanyak 35,42%, persentase untuk responden yang menilai cukup baik sebanyak 14,58%.Kata Kunci: Respon Mahasiswa, Media Video, Zat Aditif.
Peningkatan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran matematika melalui problem based learning pada siswa SMA Herdiansyah, Gilang Putra
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v7i1.72856

Abstract

Keterampilan kolaborasi merupakan suatu proses bekerja sama, berkoordinasi, berkelompok hingga saling membantu, dan memahami satu sama lain dalam kelompok. Indikator keterampilan kolaborasi yaitu ikut serta dengan proaktif, melakukan kerja dengan kompromi, fleksibilitas, tanggung jawab, serta produktif serta saling menghargai satu dengan lainnya. Contoh metode belajar yang bisa dimanfaatkan guna mengoptimalkan keterampilan kolaborasi siswa yakni dengan menggunakan model problem based learning (PBL). Problem Based Learning (PBL) adalah suatu pendekatan belajar yang berbasis masalah nyata guna mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan membangun pengetahuan baru. Sintaks Problem Based Learning (PBL) yaitu mengorientasikan permasalahan, mengatur siswa, menuntun penelitian, mengembangkan serta melaporkan data dan menganalisa tahap memecahkan permasalahan serta menarik simpulan. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan peningkatan keterampilan kolaborasi pada subjek matematika lewat Problem Based Learning (PBL) di murid. Studi ini adalah studi tindakan kelas melalu pemanfaatan 2 siklus. Subjek pada studi ini yakni murid di salah satu SMA swasta di Surakarta sebanyak 38 pelajar. Metode perolehan data penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, serta pengambilan gambar maupun rekam suara. Analisa informasi menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil studi menunjukkan bahwasanya pada pra siklus memperoleh persentase rerata sebanyak 37,11%, siklus 1 memperoleh persentase rata-rata sebesar 56,05%, dan siklus 2 mendapatkan persentase rerata senilai 79,47%. Dengan hasil tersebut, memperlihatkan keberadaan optimalisasi keterampilan berkolaborasi terlihat dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2.
Analisis respon mahasiswa terhadap media pembelajaran berbasis video prosedur ilmiah pembuatan donat pada materi bioteknologi Maulana, Bagas Restu; Sugiarto, Andria Widyaswari; Najib, Fatchurahman; Ningsih, Ida Nurlia; Sahyutri5, Windy Windah
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v7i1.69747

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon mahasiswa terhadap penggunaan dan kebermanfaatan pengembangan media pembelajaran berupa video prosedur ilmiah pembuatan donat pada materi bioteknologi. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA semester V angkatan 2021 pada mata kuliah Videografi sebanyak 30 orang. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik survei menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif untuk mengevaluasi tanggapan dan persepsi mahasiswa terhadap efektivitas media video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon baik terhadap video prosedur ilmiah dengan indikator unsur audio, visual, materi, dan bahasa.
Pemanfaatan media pembelajaran audio visual pada program Kampus Mengajar di sekolah dasar Verrysaputro, Exwan Andriyan
Jurnal Ilmiah WUNY Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah WUNY
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jwuny.v7i1.72894

Abstract

Berdasarkan hasil observasi hasil belajar siswa di SD N 2 Tanjung, ditemukan data bahwa 55% siswa kelas V tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimum belajar. Sehingga dibutuhkan cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya ialah dengan memanfaatkan media pembelajaran audio visual. Pada penelitian ini peneliti ingin menganalisis pemanfaatan media pembelajaran audio visual pada program kampus mengajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa selama mengikuti kegiatan kampus mengajar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 2 Tanjung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi/menarik kesimpulan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa pada saat mengikuti kegiatan kampus mengajar mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan yakni sebesar 81,89 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan pemanfaatan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10