cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsantiajipendidikan@unmas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
ISSN : 20879016     EISSN : 26854694     DOI : https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2
Core Subject : Education,
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)" : 12 Documents clear
HAMBATAN-HAMBATAN YANG DIALAMI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 Kolivia; Nazaryo Radja; Kelik Wachyudi; Acep Bahrum Kamil
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i2.3634

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memberikan perubahan yang signifikan pada proses belajar dan mengajar. Dengan memperhatikan dampak tersebut maka penelitian ini membahas mengenai hambatan-hambatan yang dialami mahasiswa selama pembelajaran daring.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvetigasi kendala yang selama ini ditemukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Metode yang diguanakan adalah studi pustaka. Pengumpulan data diperoleh dari artikel penelitian sebelumnya, peneliti mencari artikel yang relevan dengan permasalahan yang sedang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, display data, dan penarikan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tiga hambatan yaitu: 1) sarana prasarana atau fasilitas yang kurang memadai, 2) kesulitan mahasiswa dalam memahami materi, dan 3) keterbatasan kemampuan dosen dalam memanfaatkan teknologi.
DOES KWL STRATEGY IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION DURING DISTANCE LEARNING? Anak Agung Vida Andari; Ni Wayan Krismayani; I Gde Putu Agus Pramerta
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i2.4592

Abstract

Reading cannot be separated from comprehension. Students need to comprehend what they have read to get the information. This study aimed to determine whether the subjects’ reading comprehension can be improved through the Know, Want to know, Learnt (KWL) strategy combined with pictures. The subjects were the eighth-grade students of SMP Dharma Wiweka Denpasar in the academic year 2021/2022, especially the students of the VIII H class which consisted of 36 students. Classroom action research is chosen as the design of the study. There were two cycles with two sessions in each cycle. Each cycle consists of initial reflection, planning, action, observation, and reflection. A questionnaire was also distributed to the students. Based on the result, the mean scores of pre-test, post-test 1, and post-test 2 were 51.31, 66.92, and 76.53. The result of the post-tests showed that there were significant improvements in subjects’ reading comprehension. Moreover, the questionnaire result showed that the students responded positively to using the KWL strategy combined with pictures. Therefore, this study proved that reading comprehension could be improved through KWL Strategy combined with pictures.
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN ALJABAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN Putu Reynaldy Artha Nugraha; Kadek Rahayu Puspadewi; Kadek Adi Wibawa
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i2.4804

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan serta penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes esai dan lembar wawancara. Sebanyak 30 orang siswa kelas VII H SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar menjadi subjek penelitian ini. Metode purposive sampling digunakan untuk selanjutnya memilih 6 subjek untuk diwawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dialami oleh kelompok tinggi terbanyak terjadi pada tahap penulisan jawaban akhir, kelompok sedang terbanyak pada tahap transformasi dan keterampilan proses, sedangkan kelompok rendah pada tahap transformasi. Penyebab kesalahan yang terjadi adalah (1) kurang memahami soal dengan baik, (2) kurang hati-hati dalam membaca soal (3) kurang teliti dalam menghitung, (4) terburu-buru dalam mengerjakan soal, dan (5) kurang bisa mengelola waktu dengan baik saat mengerjakan soal.
A CORRELATION BETWEEN VOCABULARY MASTERY AND READING COMPREHENSION OF EIGHTH-GRADE STUDENTS OF SMP TP. 45 DENPASAR Wensislaus Sunardi Woga; I Gusti Agung Putri Wirastuti; Ni Wayan Krismayani
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i2.4831

Abstract

This study aims to clarify the relationship between vocabulary acquisition and reading comprehension. This study is a correlation study. Samples are selected using a random sampling technique and consist of 30 students. To collect the data, the researchers also used two types of tests. Fill in the blanks for the vocabulary proficiency test and the short answer reading comprehension test. In addition, the data collected were analyzed using the SPSS 20.0 program. The results of the paired sample t-test are bilateral significant values ​​from the student's vocabulary and reading comprehension  010. The results showed that the variances of the significance values ​​of the t-test were relatively equal due to the greater significance. From 0.05. The result of calculating the correlation between the student's vocabulary and reading comprehension in reading comprehension was r = 813. From the results, it can be concluded that there is a significant correlation between vocabulary and reading comprehension in the 8th-grade students of SMP TP.45 Denpasar in 2021/2022.
STRATEGI KEPALA MAN 1 LOMBOK TIMUR DALAM MELAKUKAN PERSONAL BRANDING “MADRASAH BERPRESTASI” MELALUI MEDIA SOSIAL LL. Abdul Muhyi Abidin; Bukhori Muslim; Desi Suryati
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i2.4964

Abstract

Sebelum abad ke-20, madrasah sering dianggap sebagai lembaga pendidikan kelas dua di bawah lembga pendidikan sekolah umum. Namun, sering dengan perkembangan zaman, citra madrasah di tengah-tengah masyarakat menjadi positif. Hal ini disebabkan oleh kemampuan pengelola madrasah dalam melakukan personal branding. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan strategi kepala MAN 1 Lombok Timur dalam melakukan personal branding “Madrasah Berprestasi” melalui media sosial Facebook dan Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun hasil yang diperoleh yakni terdapat empat strategi yang digunakan dalam melakukan personal branding yakni strategi determine who you are, determine what you do, position yourself, dan manage your brand. Adapun prinsip yang diterapkan yakni prinsip authenticity, integrity, consistency, goodwill, dan persistence. Dengan demikian branding MAN 1 Lombok Timur sebagai madrasah berprestasi dikenal oleh masyarakat secara luas melalui media sosial.
PERUBAHAN KONSEPTUAL MELALUI PENERAPAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN KAJIAN WEDA PADA MAHASISWA Gusti Ayu Dewi Setiawati; Kadek Yudista Witraguna
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i2.5082

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola perubahan konseptual dalam pembelajaran melalui penerapan laboratorium virtual dan kajian Weda serta untuk mengetahui dampak penerapan terhadap perubahan konseptual. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar IPA yang diakibatkan oleh kurangnya penguasaan konsep ilmiah mahasiswa. Variatifnya respon jawaban uraian menunjukkan mahasiswa cenderung mengalami miskonsepsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah 45 orang mahasiswa semester IV pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui perubahan konseptual pada sebelum dan sesudah perlakuan berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda beralasan dan dipadukan dengan metode Certainty of Response Index (CRI). Data berupa jawaban dari tes tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dengan Model Miles & Huberman. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi perubahan konseptual pada mahasiswa. Pola perubahan konseptual mahasiswa yaitu berubah positif, berubah negatif, bertahan positif dan bertahan negatif. Rata-rata tertinggi terdapat pada pola konsepsi IV yaitu sebesar 60,85%. Selain itu, miskonsepsi mengalami penurunan sebesar 43,75%. Penerapan laboratorium virtual dan kajian Weda merupakan suatu inovasi proses pembelajaran yang memberikan dampak positif bagi perubahan konseptual.
IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) PADA PEMBEJARAN JARAK JAUH DI SD NEGERI 26 PEMECUTAN Ni Nyoman Tri Wahyuni; Putu Suweka Oka Sugiharta; I Wayan Eka Biasa
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i2.5124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dilaksanakan di SD Negeri 26 Pemecutan pada saat pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data ini dikumpulkan dengan teknik observasi non partisipan, wawancara tak terstruktur, angket tertutup, dan kuisioner terbuka. Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka, kegiatan pembelajaran dilaksanakan jarak jauh. Demikian pula pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya. Di SD Negeri 26 Pemecutan sebelumnya dilaksanakan kegiatan literasi dengan kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai serta kunjungan rutin ke perpustakaan seminggu sekali, namun pada pembelajaran jarak juah tidak dapat dilaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut.  Pada saat pembelajaran jarak jauh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri 12 Pemecutan dilaksanakan dengan berbagai kegiatan seperti literasi di awal pembelajaran, pelatihan membaca nyaring untuk siswa, orang tua, dan guru, guru melakukan apersepsi, sekolah aktif dalam kegiatan festival literasi sekolah serta peserta didik membuat video bercerita. Kegiatan ini diharapakan dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik meskipun dilaksanakan secara jauk jauh.
DELVING SCHOOL LITERACY MOVEMENT: STAGE AND PERCEPTION I Komang Budiarta
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i2.5179

Abstract

School Literacy Movement (SLM) has now become a national movement that is mainly intended to enrich and develop students’ literacy skills. Every school is obligated to carry out this program; moreover, SLM program was initially applied in three public schools in Lembongan village precisely in the academic year 2016/2017. The present qualitative research with a case study design was mainly focused to fathom out the stage and the teachers’ perceptions of the implementation of the program. After administering the research instrument, observation, structured questionnaire, and semi-structured interview, the collected data were analytically triangulated. Finally, the present case study figured out that the implementation of SLM in three public elementary schools at Lembongan village was in the development stage. In addition, teachers considered that teachers’ roles, literacy practices, students’ characters, and literacy rewards were important in the implementation of the SLM program to achieve successful results.
PREFERENSI HABITAT BURUNG KEPODANG DI KAWASAN HUTAN ADAT DEMULIH, BANGLI DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR EKOLOGI Dewa Ayu Sri Ratnani; Sang Putu Kaler Surata; Maria Angelica Ayu Gloria Jagga Wali
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i2.5191

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi habitat kepodang di kawasan hutan adat perbukitan Demulih, Bangli dan potensinya sebagai sumber pembelajaran ekologi. Penelitian dilaksanakan bulan Februari-April 2022 di kawasan hutan adat Demulih, Bangli. Populasi penelitian adalah kepodang yang tinggal di sekitar kawasan perbukitan Demulih dan sampelnya adalah kepodang yang teridentifikasi di sekitar titik pengamatan yang telah ditentukan berdasarkan kombinasi transek garis dan perhitungan titik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan preferensi habitat kepodang melalui survei dan menggambar peta konsep. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif, analisis fisiognomi, dan analisis dokumen. Hasilnya menunjukkan bahwa dari sembilan titik pengamatan yang dianggap sebagai habitat favorit kepodang, hanya empat titik pengamatan yang dikunjungi kepodang. Lokasi tersebut berada di titik 5, 7, 8, dan 9. Profil tumbuhan pada titik 5, 8 dan 9 cenderung didominasi oleh pohon dengan struktur kanopi terbuka, sedangkan pada titik tujuh didominasi oleh pohon dengan struktur kanopi tertutup. Ada lima vegetasi yang disukai Kepodang, yaitu albasia, jempinis, beringin, cempaka, dan durian. Analisis buku teks biologi untuk SMP dan SMA menemukan 16 topik dan 3 aspek ekologi. Kesimpulan penelitian ini adalah preferensi habitat kepodang didominasi oleh pohon dengan struktur kanopi terbuka dan kepodang dapat menjadi sumber pembelajaran ekologi dalam aspek populasi, komunitas dan ekosistem.
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBASIS MIND MAPPING Desak Nyoman Budiningsih; Dewa Ayu Sri Ratnani; I Made Diarta
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v12i2.5194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh diterapkamnya model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis media mind mapping untuk meningkatkan minat belajar Biologi siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimental design dengan rancangan non equivalent control groups design. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SMA Negeri 1 Mengwi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari - Februari 2022. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X (IIS) pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dipilih secara acak. Sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X (IIS) 4, sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas X (IIS) 6. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif NHT berbasis mind mapping memberikan pengaruh yang signifikan (0,00˂0,05) terhadap minat belajar siswa. Pada kelas eksperimen, dari pretest ke posttest terjadi peningkatan persentase minat belajar siswa sebesar 81,1%. Sedangkan peningkatan persentase minat belajar siswa pada kelas kontrol dari pretest ke posttest adalah sebesar 51,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT berbasis media mind mapping dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X (IIS) di SMA Negeri 1 Mengwi.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 1 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 2 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 3 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 1 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 10 No. 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 10 No 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 10 No 1 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 9 No. 2 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 9 No 2 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 9 No 1 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 8 No 2 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 8 No. 1 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 8 No 1 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 7 No. 2 (2017): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 5 No. 2 (2015): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 5 No 2 (2015): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 4 No 2 (2014): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 4 No. 2 (2014): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 3 No. 2 (2013): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 1 No 2 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 1 No. 2 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 1 No 1 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 1 No. 1 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) More Issue