cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsantiajipendidikan@unmas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
ISSN : 20879016     EISSN : 26854694     DOI : https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2
Core Subject : Education,
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)" : 10 Documents clear
PENERAPAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONS TEACHING (CRT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN MAHASISWA Wedasuwari, Dayu
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v15i2.10954

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan keaktifan mahasiswa melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan siklus perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Hasil tes awal menunjukkan rata-rata nilai mahasiswa dalam menulis sebesar 64,70 dengan tingkat ketuntasan klasikal 24%, serta rendahnya keaktifan mahasiswa 31,62%. Pada siklus 1, penerapan CRT melalui bahan ajar berbasis budaya lokal meningkatkan rata-rata nilai menjadi 74,05 dengan ketuntasan klasikal 35%. Namun, keaktifan mahasiswa masih kurang optimal. Siklus 2 mengimplementasikan strategi yang bervariasi dalam pembelajaran menulis dan diskusi budaya yang meningkatkan rata-rata nilai menjadi 86,76 dengan ketuntasan klasikal 100%. Selain itu, 71,32% mahasiswa mencapai tingkat keaktifan tinggi. Hasil ini menunjukkan CRT efektif meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar, sekaligus menghubungkan pembelajaran dengan pengalaman budaya mahasiswa. Implikasi penelitian ini adalah Pendekatan CRT dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, relevan, dan bermakna dalam kelas dengan beragam budaya.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA Kadek Rahayu Puspadewi; Ayuni Afriani Br Simamora
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v15i2.11872

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 6 Denpasar melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi kesebangunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 39 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket minat belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada pra siklus, data menunjukkan bahwa 64,29% siswa berada dalam kategori minat belajar "Sangat Kurang Baik". Setelah penerapan PjBL pada siklus I, tidak ada lagi siswa yang berada pada kategori rendah, namun sebagian besar (67%) masih berada dalam kategori "Cukup Baik". Perbaikan tindakan di siklus II menghasilkan peningkatan signifikan, dengan 30,8% siswa masuk kategori "Sangat Baik" dan 46,2% siswa berada dalam kategori "Baik". Secara keseluruhan, 77% siswa mencapai indikator keberhasilan, yang menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa
PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DISKUSI KELOMPOK REFLEKTIF-KRITIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA Rulianto; Suadnyana, Kadek Nova
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v15i2.11877

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI.10 SMA Negeri 8 Denpasar pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis diskusi kelompok reflektif-kritis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 45 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan baik dari segi minat belajar maupun hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 31% pada kondisi awal menjadi 58% pada siklus I, dan mencapai 93% pada siklus II. Rata-rata nilai juga mengalami peningkatan dari 70,6 menjadi 83,36. Selain itu, minat belajar siswa meningkat dari kategori rendah menjadi sangat tinggi. Penerapan model PBL berbasis diskusi reflektif-kritis terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran sejarah yang lebih aktif, kontekstual, dan bermakna.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA I Gusti Ayu Putu Arya Wulandari; Putra, Ida Bagus Krisna Indira; Suwija, I Ketut
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v15i2.11417

Abstract

Hasil PISA 2022 menunjukkan meskipun Indonesia naik lima peringkat dalam literasi matematika, skor matematika Indonesia justru menurun dari 379 menjadi 366, terendah sejak 2006. Penurunan ini disebabkan oleh rendahnya hasil belajar siswa, yang belum mencapai pemahaman optimal terhadap konsep matematika. Observasi di SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh menunjukkan bahwa pembelajaran matematika masih didominasi metode ceramah dan latihan soal, yang kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Akibatnya, hasil ulangan matematika masih rendah, menandakan bahwa metode yang digunakan belum optimal dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery-Inquiry berbantuan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Hindu 3 Blahbatuh pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-eksperimen menggunakan desain eksperimen Posttest Only Control Group dengan populasi 152 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling, menghasilkan kelas kontrol (VIII A) dan kelas eksperimen (VIII C). Hasil analisis menunjukkan , yaitu dengan taraf signifikan 5% sehingga ditolak dan diterima, yang mengindikasikan pengaruh positif yang signifikan pada hasil belajar siswa. Uji effect size memperoleh nilai 1,08, menunjukkan pengaruh yang sangat tinggi. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pengajar matematika menerapkan Model Discovery-Inquiry berbantuan Quizizz untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
IMPROVING WRITING SKILL THROUGH SIMULTANEOUS ROUNDTABLE TECHNIQUE COMBINED WITH PICTURES OF THE ELEVENTH-GRADE STUDENTS Nengah Dwi Handayani; Ida Ayu Praba Iswari Dewi
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v15i2.11795

Abstract

This study aims to determine the improvement of writing skills of eleventh grade students of SMKN 5 Denpasar through the Simultaneous Roundtable technique combined with pictures. The subjects were grade XI DKV students of SMKN 5 Denpasar in the 2024/2025 academic year. The 26 students consisted of 19 males and 12 females. The design used was a classroom action research design, with the application of the Simultaneous Roundtable technique in two cycles. Data collection was carried out using tests and questionnaires. The results showed that Simultaneous Roundtable combined with pictures can improve students' writing skills, especially in recount texts. This can be seen from the increase in students' average scores before and after the implementation of the action through the pre-test and post-test. In the pre-test conducted at the beginning before the technique was used, the average pre-test score was 47.23. Then, the score increased to 72.34 in post-test 1 and 83.69 in post-test 2. In addition, the questionnaire given showed a positive response from the subjects towards the implementation of the Simultaneous Roundtable technique combined with images during the teaching and learning process. In summary, this study shows that the writing ability of eleventh grade students of SMKN 5 Denpasar in the 2024/2025 academic year can be improved through the Simultaneous Roundtable technique combined with images.
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Kadek Rahayu Puspadewi; Laksmi, Ni Nyoman Ari
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v15i2.11871

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa kelas VII.7 SMP Negeri 6 Denpasar dalam mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Sebelum penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 35%, sementara setelah penerapan pada siklus I, 50% peserta didik berhasil mencapai ketuntasan maksimal. Pada siklus II, tingkat ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 90%. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran matematika berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tingkat ketuntasan belajar yang mencapai 90% menandakan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini telah tercapai. Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran dengan menyesuaikan materi, metode, dan produk pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, minat, serta gaya belajar masing-masing peserta didik, sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang lebih efektif dan inklusif.  
CRITICAL ANALYSIS STUDY OF VARIOUS COVID-19 TREATMENT METHODS IN THE INDONESIAN REGION: PERSPECTIVE OF THE SCIENCE PHYLOSOPHY Anak Agung Inten, Paraniti; Suciari, Ni Komang Dina; Ekayanti, Ni Wayan
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v15i2.12144

Abstract

Pandemi COVID-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 menimbulkan krisis global, termasuk di Indonesia. Penyebaran virus yang cepat dengan gejala ringan hingga berat, bahkan menyebabkan kematian, mendorong pemerintah untuk menjalankan program vaksinasi. Namun, keberhasilan program ini terkendala oleh heterogenitas sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat Indonesia. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis metode pengobatan COVID-19 secara medis, tradisional, dan spiritual melalui perspektif filsafat ilmu yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan pendekatan kritis terhadap berbagai metode pengobatan COVID-19. Kajian ini menemukan bahwa pendekatan pengobatan COVID-19 di Indonesia mencerminkan keberagaman budaya dan perspektif ilmu. Kajian ontologis metode pengobatan medis, tradisional dan spiritual dibahas lebih lanjut dalam tulisan ini. Pendekatan medis, tradisional, dan spiritual memiliki peran dalam penanganan COVID-19. Sinergi metode ini, dengan mempertimbangkan heterogenitas budaya, menjadi tantangan sekaligus peluang untuk pengelolaan pandemi di Indonesia.
ENGLISH LANGUAGE TEACHING (ELT) POLICY IN THE AI ERA: CHALLENGES AND OPPORTUNITIES Pramerta, I Gde Putu Agus
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v15i2.12356

Abstract

In recent years, the rapid advancement of Artificial Intelligence (AI) has brought significant implications for English Language Teaching (ELT). This study explores school principals and English teachers’ perspectives on the integration of AI in ELT within the context of existing policy. It aims to examine how teachers perceive current ELT policies in the AI era, the challenges they face in implementing AI-based tools, and the opportunities to bridge the gap between policy and classroom practice. Using a qualitative descriptive approach, survey and structured interview were conducted with multiple informants across different educational levels, involving respondents with diverse professional backgrounds: English teachers, vice headmasters for academic and curriculum affairs, and headmasters. The survey results indicate that respondents strongly understand current English language learning policies and agree on the urgency of integrating AI developments, digital literacy, and academic literacy into policy and planning. However, while most believe AI-based policies can have a positive impact, they note that current policies are not yet fully supportive of AI integration. Thematic analysis revealed three key findings: (1) the absence of clear and comprehensive ELT policy frameworks addressing AI integration, (2) teachers’ proactive adaptation through self-initiated practices and resource exploration, and (3) persistent challenges related to digital literacy, infrastructure, and ethical considerations. These results indicate that while respondents demonstrate strong agency in navigating AI-based innovations, sustainable integration requires well-defined policies and needs-based professional development.
EXPLORING EFL STUDENTS' PERCEPTIONS AND CHALLENGES IN INTEGRATING RECIPROCAL TEACHING AND COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING Krismayani, Ni Wayan Krismayani; Budiarta, I Komang; Sawitri, Ni Luh Putu Dian; Hartika, Ni Putu Leyen; Mahottami, Ni Komang Aryanti
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v15i2.12383

Abstract

In today's global world, reading and speaking English well is a key skill for helping students do well in class. Learning methods can affect how well students learn in places where English is a foreign language (EFL). This study aims to determine how EFL students feel about and deal with the difficulties of combining two popular language teaching methods, Reciprocal Teaching (RT) and Communicative Language Teaching (CLT), in higher education institutions. A mixed-methods approach was used to gather data from English Language Education Study Program students. This included observations, questionnaires, and interviews. The results show that most students think combining RT and CLT is a good way to help them understand what they read, speak fluently, and learn with others. RT strategies help make predictions, ask questions, clarify, and summarize texts. CLT, on the other hand, promotes real-life communication activities like group discussions and role-playing. Students also expressed a preference for interactive, contextual, and collaborative learning. But this study also found several challenges, such as insufficient time to learn, anxiety when speaking and a tendency for some students to prefer independent learning. Cultural factors, learning styles, and support affect students' involvement and reactions to both approaches. These findings contribute to developing more effective, student-centred, and relevant English language learning.
PENGEMBANGAN MEDIA KANTONG PINTAR ELEMEN NILAI PANCASILA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA TAMAN KANAK-KANAK WAEBELA Yulita Kristina Tai; Dimas Qondias; Karmelia Rosfinda Meo Maku; Konstantinus Dua Dhiu
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v15i2.12503

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk merancang serta menilai kelayakan media Kantong Pintar Elemen Nilai Pancasila bagi anak usia 5–6 tahun di TKK Waebela. Menggunakan model pengembangan ADDIE, penelitian ini meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen pada ahli dan pengguna dari media yang dikembangkan. Data yang dipeoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa media tersebut dinilai layak sebagai media pembelajaran utama, dengan skor kelayakan dari ahli materi sebesar 80% pada kategori layak, ahli media 87% kategori sangat layak, dan ahli desain 90% kategori sangat layak. Hasil uji perorangan memperoleh hasil 87% dengan kategori sangat layak dan uji kelompok kecil sebesar 88% dengan kategori sangat layak.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 1 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 2 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 3 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 1 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 10 No. 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 10 No 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 10 No 1 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 9 No. 2 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 9 No 2 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 9 No 1 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 8 No 2 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 8 No. 1 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 8 No 1 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 7 No. 2 (2017): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 5 No. 2 (2015): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 5 No 2 (2015): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 4 No 2 (2014): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 4 No. 2 (2014): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 3 No. 2 (2013): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 1 No 2 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 1 No. 2 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 1 No 1 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 1 No. 1 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) More Issue