cover
Contact Name
Joko Santoso
Contact Email
jokosantoso@ustjogja.ac.id
Phone
+6285643408044
Journal Mail Official
jurnalcaraka@ustjogja.ac.id
Editorial Address
Jalan Batikan UH III/1043, Tuntungan, Tahunan, Umbulharjo, Yogyakarta 55167. Phone: (0274) 374997.
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Caraka : Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya
ISSN : 24077976     EISSN : 25794485     DOI : http://dx.doi.org/10.30738/
The focus of the journal in the field of language which includes the results of research on phonology, morphology, syntax, pragmatics, stylistics, and other aspects of linguistic studies. In addition to linguistics, another focus is on literature which includes the results of research on the sociology of literature, the psychology of literature, postcolonialism, cultural studies, ecocriticism, and other aspects of literary study. In addition to language and literature, another focus is the teaching of Indonesian language and literature which includes Indonesian language and literary learning models, Indonesian language and literary learning media, Indonesian language and literary teaching materials, and other aspects of teaching/learning studies.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2024): Desember" : 9 Documents clear
in EKOWISATA BAHARI MUNCAR DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA Anoegrajekti, Novi; Macaryus, Sudartomo
CARAKA Vol 11 No 1 (2024): Desember
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/caraka.v11i1.18149

Abstract

Pengembangan pariwisata merupakan unggulan pembangunan di Kabupaten Banyuwangi. Beragam infrastruktur disediakan untuk mendukung pariwisata, yaitu jalur darat, laut, dan udara. Pengembangan ekowisata bahari menjadi pilihan dengan tujuan memberikan pengalaman dan pengetahuan mengenai potensi laut. Dengan metode etnografi, data pustaka dilengkapi data lapangan yang diperoleh melalui observasi, partisipasi, dan wawancara mendalam dengan pelaku adat, pemuka masyarakat, budayawan, birokrat, dan biro perjalanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekowisata bahari berpotensi dikembangkan di Banyuwangi dengan memanfaatkan wilayah darat dan laut pelabuhan nelayan Muncar. Beragam destinasi ekowisata bahari tersebut wisatawan mendapatkan pengalaman, hiburan, dan pengetahuan potensi laut dan darat sebagai sumber penghidupan dan hiburan.
Representasi Identitas Budaya Banyumasan melalui Dimensi Tekstualitas pada Majalah Ancas: Kajian Analisis Wacana Kritis Nur Indah Sholikhati; Yulianti, Uki Hares; Erna Wardani
CARAKA Vol 11 No 1 (2024): Desember
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/caraka.v11i1.18430

Abstract

Majalah Ancas merupakan majalah berbahasa Banyumasan yang diterbitkan atas prakarsa para sastrawan dan budayawan di Banyumas. Dalam analisis ini akan difokuskan pada wacana Rubrik Wigati. Rubrik Wigati merupakan rubrik paling penting di Majalah Ancas karena memuat artikel berupa berita atau informasi penting seputar wilayah Barlingmascakeb. Tujuannya untuk membedah representasi identitas budaya Banyumasan melalui konstruksi bahasa yang digunakan di dalam wacana rubrik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori pendekatan wacana kritis Norman Fairclough. Data penelitian ini berupa data tulis dan data lisan dari metode studi pustaka dan wawancara. Penelitian ini menggabungkan dua metode analisis data, yaitu metode padan dan metode agih. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dalam pengonstruksian wacana pada Rubrik Wigati menunjukkan adanya penyusunan kosakata berulang/berlebih, pemanfaatan metafora, penggunaan pronominal inyong rika kabeh secara berdampingan dalam dimensi tekstual. Selain itu, dalam praktik kewacanaan, ditemukan bahwa adanya tujuan atau visi khusus diterbitkannya majalah yang menggunakan bahasa Banyumasan tersebut. Hal ini menunjukkan adanya pembentukan dan pemertahanan identitas budaya Banyumasan agar tidak tergerus oleh masa.
THE ANALYSIS OF SATIRICAL LANGUAGE STYLE AND SOCIAL CRITICISM ON DEDDY CORBUZIER'S YOUTUBE SHOW JANUARY TO FEBRUARY 2024 EDITION AND ITS USE AS TEACHING MATERIALS IN HIGH SCHOOL Saraswati; Purlilaiceu; Deris
CARAKA Vol 11 No 1 (2024): Desember
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/caraka.v11i1.18509

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) jenis majas sindiran dan kritik sosial yang terdapat pada tayangan Somasi Deddy Corbuzier; (b) mendeskripsikan pemanfaatan hasil analisis gaya bahasa sindiran dan kritik sosial sebagai bahan ajar di SMA Fase F. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa frasa, klausa atau kalimat yang mengandung jenis-jenis majas sindiran dan kritik sosial dalam tayangan Somasi, dan data tambahan tangkap layar sebagai dokumen. Sumber data yang adalah tayangan Somasi Deddy Corbuzier edisi Januari sampai Februari 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan catat menggunakan tabel bantu untuk mengklasifikasikan jenis-jenis majas sindiran dan kritik sosial. Analisis data melalui tahap deskripsi data, klasifikasi data, analisi data, interpretasi data dan evaluasi data. Hasil analisis didapatkan lima jenis majas sindiran yaitu ironi, sinisme, sarkasme, satire, innuendo, dan lima jenis kritik sosial yaitu politik, norma, moral, etika, budaya. Hasil analisis dapat diimplementasikan sebagai alternatif bahan ajar bahasa Indonesia di tingkat SMA fase F pada materi debat dengan domain keterampilan berbicara, dengan tujuan peserta didik mampu menyampaikan pendapat dengan logis dan kritis melalui kegiatan debat dengan menanamkan sikap saling menghormati dan menghargai pendapat orang lain. Kontribusi penelitian ini dalam pemanfaatan platform YouTube dapat dijadikan sumber bahan ajar inovatif karena mudah diakses, konten bervariatif, dan paling banyak diminati masyarakat terutama Gen Z. Simpulan dari penelitian, tayangan Somasi membantu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan literasi peserta didik.
Nilai-nilai Eksistensialisme pada Buku Cerita Anak ‘Pelukis Istimewa’ Nuthihar, Rahmad; Syihabuddin; Anshori, Dadang S.; Eliya, Ixsir; Rizki, Azrul
CARAKA Vol 11 No 1 (2024): Desember
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/caraka.v11i1.18526

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memiliki keunikan yang berbeda dengan anak normal lainnya. Perbedaan tersebut karena anak berkebutuhan khusus karena nilai eksistensialisme yang terdapat pada diri mereka. Pengarang buku cerita anak berperan dalam menginternalisasi nilai eksistensialisme dalam karangannya agar anak berkebutuhan khusus memiliki kesempatan yang sama. Melalui penelitian ini akan dikaji nilai eksistensialisme yang terdapat pada buku cerita anak yang berjudul ‘Pelukis Istimewa’. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pemilihan jenis dan pendekatan tersebut bertujuan menemukan internalisasi nilai eksistensialisme dalam buku cerita anak. Hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai-nilai eksistensialisme yang diinternalisasikan pengarang dalam buku cerita anak meliputi kebebasan, keunikan, keautentikan, dan ketidakpastian/tantangan. Pengarang menerapkan nilai-nilai eksistensialisme untuk menghapus stigma negatif terhadap anak berkebutuhan khusus dan menekankan pada pendidikan inklusif. Bentuk eksistensialisme yang diterapkan berupa kebebasan yang berdampak positif bagi individu maupun kelompok. Anak berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama serta bebas menggapai cita-cita sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
BAHASA FIGURATIF PADA SASTRA LISAN RABAB PASISIA DAN IMPLIKASINYA PADA PENYUSUNAN MATERI AJAR MAJAS Fitria Handayani, Dina; Noprina, Winda; Yuniarti, Lisa
CARAKA Vol 11 No 1 (2024): Desember
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/caraka.v11i1.18552

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan bahasa figuratif dalam sastra lisan Rabab Pasisia, sebuah tradisi lisan dari Minangkabau, Sumatera Barat, serta implikasinya pada pengembangan materi ajar tentang majas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis tekstual pada naskah Rabab Pasisia. Data dikumpulkan melalui teknik menyimak dan mencatat, dilanjutkan dengan analisis terhadap jenis-jenis bahasa figuratif yang ditemukan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa jenis majas yang dominan adalah metafora, hiperbola, personifikasi, antitesis, elipsis, dan aliterasi. Penggunaan majas ini memberikan nilai estetika, memperkuat pesan, dan menciptakan efek emosional dalam sastra lisan Rabab Pasisia. Implikasi penelitian ini adalah penggunaan sastra lisan ini sebagai materi ajar dapat membantu siswa memahami konsep bahasa figuratif secara kontekstual dan mengembangkan keterampilan kreatif dalam mengapresiasi sastra Indonesia. Simpulan ini menekankan pentingnya mempertahankan tradisi lisan sebagai sumber pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal dan kurikulum.
MINAT BACA, TEKS EKSPOSISI PERANAN SOFT SKILL DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI PROGRAM ENTREPRENEUR: SOFT SKILL DAN MINAT BACA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI KEGIATAN ENTERPRENEUR Maulana, Andi; Iskandar, Puguh Ardianto; Turahmat
CARAKA Vol 11 No 1 (2024): Desember
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/caraka.v11i1.18565

Abstract

Penelitian ini menjelaskan peranan soft skill dan minat baca terhadap kemampuan menulis eksposisi pada melalui program entrepreuner. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SMP IT Alfatteh Kota Semarang, sebanyak 44 orang. Metode penelitian ini memakai analisis statistik deskriptif. Pengolahan data dengan memakai SPSS 22. Teknik pengambilan data memakai Sampel Random Sampling. Pengumpulan data melalui wawancara, angket dan Tes. Soft Skill dapat mempengaruhi kemampuan Menulis. Kemampuan menulis Eksposisi tergambar siswa yang mempunyai soft skill katagori baik sebesar 45.5%.19 siswa katagori cukup (43.1 %) dan siswa katagori kurang sebanyak 5 siswa (11.4%). Siswa yang mempunyai minat baca katagori baik sebanyak 11 siswa (25 %), 4 siswa katagori cukup (9.1 %) dan 29 siswa kategori kurang (65,9%). Pada kemampuan menulis siswa yang mempunyai kemampuan menulis katagori baik sebanyak 18 siswa (41 %), cukup sebanyak 13 siswa (29.5 %) dan kurang sebanyak 13 siswa (29,5%).
MORFOFONEMIK BAHASA MINANG DIALEK PADANG: MORFOFONEMIK BAHASA MINANG DIALEK PADANG Putri, Yessy Prima Putri; Nelfira, Nelfira
CARAKA Vol 11 No 1 (2024): Desember
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/caraka.v11i1.18602

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan proses morfofonemik dalam bahasa Minang dialek Padang dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data diperoleh dari penutur asli bahasa Minang melalui teknik simak dengan teknik dasar berupa sadap, yang melibatkan pengamatan bahasa lisan dan tulisan. Data dianalisis menggunakan metode agih dengan teknik bagi unsur langsung, serta metode padan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gejala morfofonemik dalam dialek Padang, termasuk perubahan yang terjadi pada awalan seperti /ba2/, /maN-/, /paN-/, dan /paN-an/, serta fonem /-h/, /-?/, dan /y?/. Selain itu, penelitian juga menemukan adanya penambahan fonem /r/ pada proses reduplikasi dengan awalan /ba2/. Hasil penelitian menunjukkan bahwa awalan /ba-1/ mengindikasikan bentuk pasif, sedangkan awalan /ba-2/ dapat mengawali kata kerja dasar yang berupa kata kerja (KK), kata benda (KB), kata sifat (KS), atau kata bilangan (KBil). Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mendokumentasikan perubahan morfofonemik bahasa Minang dialek Padang, yang berperan dalam pelestarian bahasa daerah serta mendukung studi linguistik berbasis lokal.
Pengembangan Pengembangan Bahan Ajar Digital Tri-Nga dan Sosiokultur untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD Rochmiyati, Siti; Bhakti, Die; Nugroho, Irfan Adi
CARAKA Vol 11 No 1 (2024): Desember
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/caraka.v11i1.18642

Abstract

Bahan ajar adalah salah satu alat pembelajaran yang penting untuk meningkatkan prestasi siswa. Oleh karena itu, alat ini harus dirancang dengan lebih baik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dan Research and Development (R&D) Borg and Gall, dengan instrumen seperti lembar observasi, wawancara, dan tes. Wawancara, observasi, angket, dan tes adalah metode pengumpulan data. Siswa di SDN Ngabean, SDN Klumpit, dan SDN Kenteng II adalah subjek penelitian. Uji coba terbatas terdiri dari 6 siswa di SDN Ngabean, dan uji coba yang lebih besar dilakukan di SDN Klumpit dengan 15 siswa sebagai kelas kontrol dan di SDN Kenteng II dengan 15 siswa sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian pengembangan, metode analisis data menggunakan model ADDIE terdiri dari lima langkah: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar digital berbasis Tri-Nga dan sosiokultur berpotensi meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V SD dan bahwa bahan ajar tersebut efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V SD.
RAGAM ABREVIASI PADA RUBRIK METROPOLITAN SURAT KABAR DIGITAL MEMORANDUM Ira , Patricia Angelica; Utami, Sri; Sugiyanto, Iwan
CARAKA Vol 11 No 1 (2024): Desember
Publisher : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30738/caraka.v11i1.18700

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis abreviasi yang digunakan dalam rubrik metropolitan kategori Surabaya pada website surat kabar Memorandum edisi Juli-Agustus 2024. Abreviasi memiliki peran penting dalam komunikasi jurnalistik untuk menyampaikan informasi dengan lebih singkat dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan adanya 246 data abreviasi yang diklasifikasikan ke dalam empat jenis, yaitu singkatan sebanyak 128 data, akronim 111 data, penggalan 4 data, dan lambang huruf 3 data. Temuan ini mengungkap dominasi penggunaan singkatan dan akronim dalam penulisan berita di website surat kabar Memorandum. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam memahami pemanfaatan abreviasi sebagai bagian dari praktik bahasa jurnalistik di era digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 9