cover
Contact Name
Mahsup
Contact Email
paedagoria.ummat@gmail.com
Phone
+6281805211294
Journal Mail Official
paedagoria.ummat@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Mataram Jln. KH. Ahmad Dahlan, No. 1, Pagesangan, Kota Mataram, 83127, Indonesia
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Core Subject : Education,
Theoretical studies, research and development of teaching materials, activities, models or learning media in the field of education include mathematics and natural sciences (physics, chemistry, biology, science, ICT, and its applications); (2) social science, history, geography, culture and economy; (3) language and literature, and (4) basic education; Research actions to increase motivation, activities, interests or learning outcomes in solving learning problems; Development or design of creativity, innovation, and technology based on software, online or e-learning; Development of curriculum, management, programs, and other education policies.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2023): Januari" : 12 Documents clear
PENERAPAN MANAJEMEN PENGETAHUAN DI PERGURUAN TINGGI TERBUKA DAN JARAK JAUH Sarah Fadilla; Ari Juliana; Adisthy Shabrina Nurqamarani
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol 14, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/paedagoria.v14i1.12907

Abstract

Abstrak: Perubahan yang terjadi di era disrupsi dan pasca pandemi covid-19 adalah sebuah keniscayaan. Kehidupan sosial berubah termasuk dalam pendidikan. Proses pembelajaran telah bergeser ke pembelajaran jarak jauh yang sebenarnya telah dilakukan oleh Universitas Terbuka sejak 1984. Kondisi ini memerlukan perhatian dari pemangku kepentingan di Universitas Terbuka untuk bergerak, terlebih lagi sebanyak lebih dari 31% pegawai negeri sipil akan pensiun hingga tahun 2026. Pengetahuan sebagai keunggulan kompetitif harus dikelola untuk menghadapi berbagai macam perubahan. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan bagaimana penerapan manajemen pengetahuan di Universitas Terbuka dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan melakukan wawancara kepada informan menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Universitas Terbuka telah mengimplementasikan manajemen pengetahuan yang tercermin dalam visi, misi dan tujuan organisasi juga dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan 2) Ditemukan 15 faktor internal dan 5 faktor eksternal yang memengaruhi penerapan manajemen pengetahuan di Universitas Terbuka. Perlu adanya peningkatan kesadaran dari para pegawai akan pentingnya manajemen pengetahuan, penyusunan strategi, hingga optimalisasi infrastruktur IT untuk meningkatkan daya saing perguruan tinggi.Abstract:  Changes in the disruption era and after the sudden covid-19 pandemic are an inevitability. Our social life is changing including in education. The learning process has shifted into distance learning which has been done by Indonesia Open University since 1984. The condition needs attention from Indonesia Open University stakeholders to move, moreover, over 31% of employees will retire in the next five years. Knowledge as a competitive advantage must be managed to overcome any kind of changes. The purpose of this study is describing how the implementation of knowledge management at Indonesia Open University. The study was qualitative and conducted through interviews with informants using purposive sampling. The results of this study show: 1) Indonesia Open University has implemented knowledge management that is reflected through its vision, mission, and objective as well as in the implementation of education, research, and community service and 2) It is found 15 internal factors and 5 external factors affect to knowledge management implementation. There needs to be increased awareness from employees of the importance of knowledge management, create strategy, and IT infrastructure optimalization to increase the competitiveness of institutions.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN Fernando Dorothius Pongoh
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol 14, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/paedagoria.v14i1.11826

Abstract

Abstrak: Motivasi sangat penting artinya dalam kegiatan belajar, sebab adanya motivasi mendorong semangat belajar dan sebaliknya kurang adanya motivasi akan melemahkan semangat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen menggunakan analisis data statistika di SMA Negeri 1 Jabiren Raya. Data yang digunakan adalah data primer sebanyak 41 siswa kristen kelas X SMA yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel gerombol. Analisis data statistika deskriptif dan analisis regresi linier berganda untuk melihat hubungan antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan faktor yang mempengaruhi Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen (Y) di SMA Negeri 1 Jabiren Raya adalah Minat Pelajaran (X1), Suasana Belajar (X2), Fasilitas Belajar (X3) dan Dukungan Keluarga (X4), dengan nilai signifikansi < 0.05. Minat Pelajaran, Suasana Belajar, Fasilitas Belajar dan Dukungan Keluarga sangat penting untuk dioptimalkan sehingga siswa dapat meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Kristen.Abstract:  Motivation is very important in learning activities, because the motivation encourages the spirit of learning and vice versa the lack of motivation will weaken the spirit of learning. This reseacrh aims to determine the factors that influence the learning motivation of Christian religious education using statistical data analysis at SMA Negeri 1 Jabiren Raya. The data used was primary data of 41 christian students of class X high school which were taken using cluster sampling techniques. Descriptive statistical data analysis and multiple linear regression analysis to see the relationship between independent variables to dependent variable. The results showed the factors that influence the Learning Motivation of Christian Religious Education (Y) at SMA Negeri 1 Jabiren Raya are Lesson Interest (X1), Learning Atmosphere (X2), Learning Facilities (X3) and Family Support (X4), with a significance value of < 0.05. Lesson Interest, Learning Atmosphere, Learning Facilities and Family Support are very important to be optimized so that students can increase Learning Motivation of Christian Religious Education.
KESULITAN BELAJAR: ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP SISWA Jiji Najiah; Titik Haryati; Fery Irianto Setyo Wibowo; Niam Rohmatullah; Ory Syafari Jamel Sutiyan
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol 14, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/paedagoria.v14i1.12798

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar pada pola dan metode pendidikan yang awalya tatap muka menjadi daring secara mendadak dan tiba-tiba. Fenomena ini memaksa guru dan siswa beradaptasi pada pembelajaran daring yang belum dipersiapkan secara matang. Perbedaan pola dan metode pembelajaran ini menimbulkan kesulitan-kesulitan belajar pada siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat kesulitan belajar yang dihadapi siswa ketika melakukan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SMPN 1 Cipanas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan 56 Sampel responden siswa Kelas VII SMPN 1 Cipanas. Data yang terkumpul diuji keabsahannya dengan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian dianalisis menggunakan analasis data kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kesulitan belajar yang dihadapi siswa ketika mengikuti pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 sebesar 75,94% masuk pada kategori tinggi. Indikator yang paling mempengaruhi yaitu kesulitan belajar yang disebabkan oleh ketidakstabilan jaringan.Abstract:  The Covid-19 pandemic has had a major impact on education patterns and methods, which were initially face-to-face and suddenly online. This phenomenon forces teachers and students to adapt to online learning that has not been properly prepared. Differences in learning patterns and methods cause learning difficulties in students. So this study aims to look at the learning difficulties faced by students when doing online learning during the Covid-19 pandemic at SMPN 1 Cipanas. This study used a descriptive quantitative approach with 56 sample respondents from Class VII students of SMPN 1 Cipanas. The data collected was tested for its validity by testing the validity and reliability. Then analyzed using descriptive quantitative data analysis. Based on the results of the study it can be concluded that overall the learning difficulties faced by students when participating in online learning during the Covid-19 pandemic in the high category. The most influencing indicator is learning difficulties caused by the unstabled network.
ANXIETY IN SPEAKING ENGLISH; STUDENT’S ATTITUDE AND THE ROLE OF GENDER Dian Saputra; Muhaiminah Akib; Alda Patty; Rezkiah Hartanti; Rinda Hardianti
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol 14, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/paedagoria.v14i1.12840

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap kecemasan siswa dalam belajar berbicara bahasa Inggris ditinjau dari tiga aspek yaitu aspek perilaku, aspek kognitif dan aspek efektif. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki pengaruh perbedaan sikap terhadap kecemasan siswa antara siswa laki-laki dan perempuan dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan format statistik deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta yang terdiri dari mahasiswa semester 4 dan 6 Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Sorong. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner sebagai alat ukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa laki-laki pada aspek perilaku adalah 53,6 sedangkan siswa perempuan mendapat 55,7, sedangkan pada aspek kognitif siswa laki-laki mendapat 56 dan siswa perempuan mendapat 55,8. Selanjutnya pada aspek efektif nilai siswa laki-laki sebesar 20,3 dan siswa perempuan sebesar 20,6. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari ketiga aspek siswa laki-laki dan perempuan memiliki sikap positif di dalam kelas, kecemasan berkontribusi terlalu besar terhadap sikap siswa laki-laki. Ini menunjukkan siswa laki-laki lebih cemas daripada perempuan di kelas berbahasa Inggris.Abstract:  This research was written to investigate students’ attitudes of anxiety in learning to speak English in terms of three aspects namely behavioral, cognitive and effective aspects. Moreover, this research also investigates whether or not there’s a significant difference in attitudes toward students’ anxiety between male and female students in learning to speak English. This research used a quantitative method with descriptive statistics. The researcher took only 30 participants which consists of 4th and 6th semester students of the English Education Department of Universitas Muhammadiyah Sorong. The data were collected by giving the questionnaire as the measuring instrument. Research findings showed that the mean score of male students in the behavioral aspect was 53.6 while females got 55.7 meanwhile, in the cognitive aspect male got 56 and females got 55.8. Furthermore, in the effective aspect male students' score was 20.3, and female students' score was 20.6. Based on the result of this research revealed that regarding the three aspects male and female students had positive attitudes in the class, anxious contribute too much to the male students’ attitudes. It indicates male students are more anxious than females in English-speaking class.
PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI BERBASIS WEB BLOG PADA LABORATORIUM PENDIDIKAN MASYARAKAT FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA Riki Irawan Pratama; Shomedran Shomedran
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol 14, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/paedagoria.v14i1.12022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media informasi berbasis web blog ada Laboraturium Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and develpoment (R&D) dengan 5 tahapan yang didasarkan pada teori ADDIE yaitu analisis kebutuhan (analysis), perencanaan (design), pengembangan produk (develpoment), implementasi (implementation) dan evaluasi (evalution). Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya serta 3 orang validator di bidang bahasa, media dan materi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap analisis kebutuhan melalui penyebaran angket secara online didapatkan hasil bahwa produk dibutuhkan oleh laboraturium untuk menunjang aktivitas-aktivitas laboraturium. Dilanjutkan tahap perencanaan yang meghasilkan storyboard sebagai rancangan awal produk yang kemudian didapatkan hasil dari tahap uji validasi pada tahap pengembangan oleh 3 ahli validator menghasilkan skor total 95 dengan persentase rata-rata 84,3% serta saran dan komentar yang menjadi acuan peneliti untuk merevisi produk. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk layak untuk diterapkan pada Laboraturium Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya sedangkan pada tahap selanjutnya yaitu tahap implementasi, hasil uji coba produk pada kelompok kecil menghasilkan skor total 297 dengan persentase 82,5% yang menunjukkan bahwa produk layak untuk diterapkan pada Laboraturium Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya.Abstract:  This study aims to develop a web-based blog information media at the Public Education Laboratory of FKIP Sriwijaya University. The type of research used is research and development (R&D) with 5 stages based on ADDIE theory, namely needs analysis (analysis), planning (design), product development (develpoment), implementation (implementation) and evaluation (evaluation). The research subjects were lecturers and students of Community Education FKIP Sriwijaya University as well as 3 validators in the fields of language, media and materials. Methods of data collection using questionnaires, interviews, and documents. The results showed that at the needs analysis stage through the distribution of online questionnaires, the products needed by the laboratory were found to support laboratory activities. Followed by the planning stage which produces a storyboard as the initial design of the product which is then obtained from the validation test stage at the development stage by 3 validator experts so that a total score of 95 is obtained with an average percentage of 84.3% as well as suggestions and comments that become a reference for researchers to revise product. These results indicate that the product is feasible to be applied in the Community Education Laboratory of FKIP Sriwijaya University while in the next stage, namely the implementation stage, the results of product trials in small groups resulted in a total score of 297 with a percentage of 82.5% which indicates that the product is feasible to be applied in Education Laboratory. Sriwijaya University FKIP Community.
MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: PEMAHAMAN DAN PERSPEKTIF MAHASISWA PRODI TEKNIK SIPIL UNIVERISTAS FLORES Donatus Rendo; Philipus N. Supardi; Marselinus Y. Nisanson
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol 14, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/paedagoria.v14i1.12488

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan perspektif mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Flores tentang kebijakan MBKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebanyak 97% dari 350 mahasiswa Prodi Teknik Sipil sudah mengetahui tentang kebijakan MBKM. 78% mahasiswa mengatakan bahwa informasi tentang kebijakan MBKM diperoleh dari kanal daring perguruan tinggi dan kegiatan sosialisasi melalui luring/daring yang diselenggrakan oleh perguruan tinggi Universitas Flores. Kegiatan MBKM yang paling diminati oleh mahasiswa Prodi Teknik Sipil yaitu magang/praktek kerja (71%) dan membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik (KKNT) (20%). 95% mahasiswa Prodi Teknik Sipil mengatakan bahwa kebijakan MBKM sangat bermanfaat dalam peningkatan hard-skill dan soft-skill dalam pengembangan kompentensi/keterampilan sebagai bekal bekerja setelah lulus dan lebih siap dalam memasuki masa paska kampus.Abstract:  This study aims to determine the understanding and perspective of students of the Civil Engineering Study Program at the University of Flores regarding the MBKM policy. The results showed that 97% of the 350 Civil Engineering Study Program students already knew about the MBKM policy. 78% of students said that information about the MBKM policy was obtained from the university's online channel and offline/online socialization activities organized by the University of Flores college. The MBKM activities that are most in demand by Civil Engineering Study Program students are apprenticeships/work practices (71%) and building villages or thematic real work lectures (KKNT) (20%). 95% of Civil Engineering Study Program students said that the MBKM policy was very useful in increasing hard-skills and soft-skills in competency/skill development as a provision for work after graduation and being better prepared for entering the post-campus period.
PERAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MEMPOSISIKAN LULUSAN SISWANYA MENCARI PEKERJAAN Aprilia Santika; Eva Riris Simanjuntak; Rizky Amalia; Siti Rainy Kurniasari
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol 14, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/paedagoria.v14i1.12626

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan agar mengetahui peranan sekolah khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam memposisikan lulusannya bekerja. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian campuran berupa data kualitatif berdasarkan kajian studi literatur dari berbagai sumber dan data kuantitatif dari hasil survey wawancara pada beberapa SMK yaitu pada SMKN 1 Cipatujah, SMKN 4 Bandung, SMKN 13 Bandung, dan  SMK Al Wafa Ciwidey. Selain itu, penelitian ini juga mengambil data dari hasil penyebaran angket pada siswa dan lulusan SMK berjumlah 50 responden dari berbagai SMK di Indonesia secara acak. Hasil penelitian bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran yang sangat penting dalam membantu siswanya dalam mendapatkan pekerjaan. Namun, untuk jaminan sendiri sekolah tidak dapat menjamin 100% karena semuanya kembali lagi kepada kemampuan siswa tersebut. Sekolah telah memberikan upaya dengan cara menyediakan tes minat bakat, bimbingan karir, Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada industri-industri, dan juga Teaching Factory.Abstract:  This study aims to determine the role of schools, especially in Vocational High Schools in positioning graduates to work. The research method used is a mixed research method in the form of qualitative data based on a study of literature from various sources and quantitative data from interview survey results at several vocational schools, namely at SMKN 1 Cipatujah, SMKN 4 Bandung, SMKN 13 Bandung, and SMK Al Wafa Ciwidey. In addition, this study also took data from the results of distributing questionnaires to students and vocational school graduates totaling 50 respondents from various vocational schools in Indonesia at random. The results of the research that Vocational High Schools (SMK) have a very important role in helping their students in getting a job. However, for its own guarantee the school cannot guarantee 100% because everything comes back to the ability of the student. The school has made efforts by providing aptitude interest tests, career guidance, Field Work Practices (PKL) in industries, and also Teaching Factories.
DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI DUNIA PENDIDIKAN INDONESIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 Gigih Marisna Putra; Rini Sugiarti
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol 14, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/paedagoria.v14i1.12169

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran daring yang sangat berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Motivasi siswa sangatlah penting yang dapat menentukan prestasi dan masa depan mereka. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dengan data sekunder dari beberapa jurnal penelitian yang berkaitan dengan motivasi siswa dan berbagai permasalahan dalam pembelajaran daring yang mayoritas berlangsung di masa pandemi Covid-19. Hasil dari penelitian ini sebagian besar adalah keluhan masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran daring yang dampaknya berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa seperti secara ekstrnal adalah pembelajaran, platform dan gaya mengajar daring, dukungan orang tua,durasi,waktu,dll, kemudian secara internal adalah dari kemandirian siswa sendiri yang menyebabkan peningkatan dan penurunan terhadap motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring semasa pandemi Covid-19.Abstract: This study aims to determine the various problems faced in online education that significantly affect students' learning motivation. Student motivation is fundamental that can evaluate their achievement and future. This research was conducted using a qualitative approach with a literature study method with secondary data from several research journals related to student motivation and various online learning problems, most of which occurred during the Covid-19 pandemic. The results of this study are mostly complaints of problems that occur in the online learning process whose impact influences student learning motivation as externally is learning, platforms and online teaching styles, parental support, duration, time, etc., then internally is from independence the students themselves caused an increase and decrease in student learning motivation during online learning during the Covid-19 pandemic.
MENINGKATKAN KINERJA KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DI KOTA SORONG MELALUI METODE SELF ASSESSMENT Muhammad Ramli; Rabiudin Rabiudin; La Ode Mardin
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol 14, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/paedagoria.v14i1.12881

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kinerja Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) di kota Sorong melalui metode self assessment. Jenis penelitian ini adalah penelitian kolaboratif partisipatif antara Peneliti, Pengawas madrasah, dan Kepala madrasah sebagai Subyek Penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data menggunakan uraian deskriptif. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan rata-rata kinerja Kepala MTs di Kota Sorong setelah melalui self assessment meliputi; kompetensi kepribadian sebesar 9%, kompetensi manajerial sebesar 9%, kompetensi kewirausahaan sebesar 12%, kompetensi Supervisi sebesar 9%, dan kompetensi sosial sebesar 11%.Abstract: The aims of this study to describe the performance improvement of Madrasah Tsanawiyah (MTs) principals in the city of Sorong through the self-assessment method. This type of research is participatory collaborative research between researchers, madrasah supervisors, and madrasa principals as research subjects. Data collection techniques used in this study were interviews, observation, documentation, and data analysis using descriptive analysis. Data analysis was carried out in 3 stages, namely reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the average increase in the performance of MTs Principals in Sorong City after going through self-assessment included; personality competence by 9%, managerial competence by 9%, entrepreneurial competence by 12%, Supervision competence by 9%, and social competence by 11%.
URGENSI PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK SEJAK DINI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK Hana Tasya C Anu; Elieser R Marampa; Semi Darius Kainara; Yermias Eliasar Alunat
Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan Vol 14, No 1 (2023): Januari
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/paedagoria.v14i1.12467

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan urgensi pendidikan seks pada anak sejak dini sebagai upaya preventif dan solutif dalam rangka menjaga anak dari tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang dewasa secara khusus yang mengarah pada tindakan kekerasan seksual. Dengan menggunakan metode studi pustaka yaitu mengumpulkan sumber-sumber literatur dari artikel jurnal, buku, internet dan sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Adapun hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Orang tua sebagai individu paling dekat dengan anak perlu memberikan pendidikan seks pada anak dengan gaya bahasa yang sesuai dengan umur anak sehingga anak dapat menjaga dirinya dari perlakuan orang dewasa yang mengarah pada tindak pelecehan seksual. 2) Masyarakat dapat menjalankan perannya dengan memberikan perlindungan bagi anak yang menjadi korban kekerasan seksual, memberikan pertolongan darurat ketika mendapati anak menjadi korban kekerasan seksual dari orang dewasa dan membantu proses pengajuan permohonan penetapan tersangka kekerasan seksual pada anak. 3) Pendidikan seks pada anak dapat dilakukan dengan mengenalkan nama-nama anggota tubuh, memberikan pemahaman cara merawat dan menjaga anggota tubuh anak serta menyampaikan pedoman kepada anak perihal orang lain yg tidak boleh menyentuh tubuh anak yang tertutup oleh pakaian dalam secara sembarangan.Abstract: This study aims to explain the urgency of sex education in children from an early age as a preventive and solutive effort in order to protect children from crimes committed by adults specifically that lead to acts of sexual violence. By using the literature study method, namely collecting literature sources from journal articles, books, the internet and other sources related to the problems discussed in the research. The results of this study show that: 1) Parents as individuals closest to children need to provide sex education to children with a language style that is appropriate for the child's age so that the child can protect himself from adult treatment that leads to acts of sexual abuse. 2) The community can carry out its role by providing protection for children who are victims of sexual violence, providing emergency assistance when they find that children are victims of sexual violence from adults and assisting in the process of submitting applications for the determination of suspects of child sexual abuse. 3) Sex education in children can be done by introducing the names of limbs, providing an understanding of how to care for and maintain children's limbs and conveying guidelines to children regarding other people who should not touch the child's body covered by underwear carelessly. 

Page 1 of 2 | Total Record : 12