cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : 25980882     EISSN : 25980890     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship (HJABE) is a peer-reviewed journal published by Master of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University. HJBE published quarterly in January, April, July, and October. It provides an academic platform for professionals and researchers to contribute innovative work in the field. HJABE carries original and full-length articles that reflect the latest research and developments in both theoretical and practical aspects of business, management and entrepreneurship. The journal is published in both print and online versions.
Arjuna Subject : -
Articles 164 Documents
ANALISIS KINERJA MINE OPERATION DENGAN PENDEKATAN ANALISA KEY PERFORMANCE INDICATOR DAN ANALISA BALANCED SCORECARD M Bratanata; Nurjannah Hamid; Ria Mardiana Y
Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Master of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/hjabe.v1i1.28

Abstract

Suatu perusahaan untuk mengetahui apakah target perusahaan tersebut telah tercapai atau tidak diperlukan adanya suatu ukuran kinerja. Dengan adanya pengukuran terhadap kinerja maka target suatu perusahaan dapat diukur baik kualitas maupun kuantitasnya, sehingga setiap karyawan memiliki arahan yang jelas untuk apa yang hendak dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja mine operation berdasarkan analisa key performance indicator dan menggunakan analisa balanced scorecard serta membandingkan kedua analisa kinerja tersebut dalam mengukur kinerja mine operation. Penelitian ini dilaksanakan di PT Vale Indonesia khususnya di Mine Operation Departement. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis data primer berupa penyebaran kuisioner dan data sekunder berupa data historikal laporan perusahaan. Penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengukur kinerja di Mining Operation Department berdasarkan pendekatan Balanced Scorecard. Kinerja mine operation dengan analisis key performance indicator pada tahun 2016 mengalami kenaikan dengan nilai 113.81 dibandingkan dengan tahun 2015 sebesar 97.82. jika menggunakan analisis balanced scorecard kinerja mine operation tahun 2016 menurun dengan nilai 81.89 dibandingkan dengan tahun 2015 sebesar 90.54. Perbedaan nilai kinerja mine operation dengan kedua analis ini terdapat pada berbedanya indikator kinerja yang digunakan untuk pengkuran. Analisa kinerja mine operation menggunakan key performance indicator dan balanced scorecard memiliki perbedaan pada tingkatan indikator kinerja keuangan. Dimana pada analisa key performance indicator, indikator finansial yang di gunakan pada tingkatan korporat sedangkan pada analisa balanced scorecard penulis mencoba untuk mengukur kinerja keuangan pada tingkatan departement. Disamping itu pula analisa balanced scorecard telah memasukkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dalam indikator pengukuran kinerjanya.
PENGARUH KAPABILITAS ORGANISASI TERHADAP IMPLEMENTASI STRATEGI OPERASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA DEPARTMENT PROCESS PLANT PT VALE INDONESIA TBK) Dian Tri Saputri; Nurdin Brasit; Nuraeni Kadir
Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Master of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/hjabe.v1i1.29

Abstract

Penilaian kinerja adalah penentuan secara periodik efektifitas operasional suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisa pengaruh kapabilitas proses terhadap implementasi strategi operasi, menganalisa pengaruh kapabilitas proses terhadap kinerja operasional, serta menganalisa pengaruh implementasi strategi operasi terhadap kinerja operasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yang bersifat eksplanatif (eksplanatory research) yang berusaha menjelaskan pengaruh kausalitas (causality relationship) yaitu untuk mendidentifikasi hubungan sebab akibat antar variabel, peneliti mencari tipe sesungguhnya dari fakta untuk membantu memahami dan memprediksi hubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial masing-masing dari varibel Improvement, Collaboration, Responsiveness, Reconfiguration, dan Inovasi berpengaruh secara positif terhadap Implementasi Strategi Operasi. Improvement, Collaboration, Responsiveness, Reconfiguration, dan Inovasi berpengaruh secara positif terhadap Kinerja Perusahaan. Secara simultan Implementasi Strategi Operasi berpengaruh positif terhadap Kinerja Perusahaan.
ANALISIS STRATEGI MARKETING PRODUK ICE CREAM WALLS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA CV. JAYA SENTOSA DI SULAWESI SELATAN Gregorio Alfonso Martin; Otto Randa Payangan; Andi Reni
Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Master of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/hjabe.v1i1.30

Abstract

Suksesnya suatu perusahaan dalam era globalisasi tergantung pula pada formulasi dan implementasi strategi yang dilakukan oleh perusahaan. Manajer ataupun pemilik perusahaan membuat strategi untuk membawa perusahaan semakin dekat dengan tujuan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk Strategi marketing selain mempengaruhi keunggulan bersaing juga dapat meningkatkan kinerja pemasaran produk ice cream walls melalui keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada cv. Jaya Sentosa Di sulawesi selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori, yakni suatu penelitian yang akan digunakan untuk menganalisis strategi marketing produk ice cream merek Walls melalui keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Dari hasil olahan data PLS 2.0 maka dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan sistribusi) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran sehingga dapat diartikan bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan keuanggulan bersaing yang memediasi hubungan bauran pemasaran terhadap kinerja pemasaran juga memberi pengaruh signifikan.
PENGARUH RESTRUKTURISASI HUTANG BANK TERHADAP BEBAN PAJAK DAN KINERJA KEUANGAN PADA PT. SEMEN BOSOWA MAROS Iskandar Iskandar; Syamsu Alam; Mursalim Nohong
Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Master of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/hjabe.v1i1.31

Abstract

PT. Semen Bosowa Maros beroperasi komersil sejak Januari 2000 dengan kapasitas pabrik awal 1.800.000 MT klinker (bahan baku semen) dengan pembiayaan investasi USD 208.000.000 terdiri 30% equity dan 70% bank loan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh restrukturisasi hutang bank melalui refinancing hutang rupiah (IDR) ke mata uang USD terhadap kinerja keuangan serta pengaruh beban pajak penghasilan terhadap kinerja keuangan pada PT. Semen Bosowa Maros. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni penelitian yang menunjukkan adanya proses analisis untuk mengukur, menghubungkan, dan menghasilkan data penelitian berupa angka yang diperoleh dari data sekunder yang diolah dengan menggunakan sistem komputerisasi program SPSS. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS, secara parsial mengenai restrukturisasi hutang melalui refinancing hutang rupiah ke mata uang USD berpengaruh signifikan terhadap beban pajak, restrukturisasi hutang bank berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, sedangkan beban pajak standar berarti tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja keuangan PT. Semen Bosowa Maros
PENGARUH MASA KERJA, PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. BANK SULSELBAR CABANG UTAMA MAKASSAR Nur Ainal Karima; Idayanti Idayanti; Fauziah Umar
Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Master of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/hjabe.v1i1.32

Abstract

Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan salah satu kekuatan yang dimiliki oleh suatu perusahaan untuk mencapai tujuan, salah satunya adalah dengan meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh faktor masa kerja, pelatihan, dan motivasi untuk mengoptimalkan produktivitas kerja yang dicapai oleh karyawan pada PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, validitas, serta analisis regresi linear berganda menggunakan softaware SPSS. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung untuk variabel Masa Kerja adalah sebesar 10.818 dan dengan menggunakan level significance (taraf signifikasi) sebesar 5% diperoleh t tabel sebesar 1,671 sedangkan nilai sig pada tabel sebesar 0,000 karena sig lebih kecil dari 0,05 yaitu menunjukan bahwa Masa Kerja (X1) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Produktifitas Kerja(Y). Nilai t hitung untuk variabel Pelatihan adalah sebesar 2.360 sedangkan nilai sig pada tabel sebesar 0,021 sehingga menunjukan bahwa Pelatihan (X1) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Produktifitas Kerja(Y). Nilai t hitung untuk variabel Motivasi adalah sebesar 4.172 dan dengan menggunakan level significance (taraf signifikasi) sebesar 5% diperoleh t tabel sebesar 1,671 sedangkan nilai sig pada tabel sebesar 0,000 sehingga Motivasi (X3) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Produktifitas Kerja(Y). Sedangkan secara simultan, dari hasil perhitungan diperoleh F-hitung lebih besar dari pada F-tabel yaitu 390.687 > 2,53 Sedangkan nilai sig pada tabel sebesar 0,000 lebih kecil dari pada 0,005 menunjukan bahwa variabel Masa Kerja (x1), Pelatihan (x2), Motivasi (X3) berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap variabel Produktifitas Kerja.
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MENGGUNAKAN MODEL KANVAS PADA PT NUSANTARA TERMINAL SERVICES DI MAKASSAR Adinovi Wahyudi; Haris Maupa; H. Jusni
Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Master of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/hjabe.v1i1.33

Abstract

Pelabuhan memainkan peran krusial pada rantai pasokan (supply chain) pada gerbang logistik daerah maupun nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya perusahaan melakukan inovasi model bisnis kanvas yang efektif bagi perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian rancangan strategik. Lokasi atau tempat penelitian di PT Nusantara Terminal Services.. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Setelah semua data terkumpul dan diolah kemudian dilakukan analisis data. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis lingkungan internal dan eksternal, TOWS analysis, QSPM, Business Model Canvas dan Blue Ocean Strategy.Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis lingkungan internal dan eksternal menghasilkan alternatif strategi Strength-Opportunity sebagai strategi menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Analisis QSPM menunjukkan hasil bahwa alternatif strategi fokus dalam pengelolaan agar dapat meningkatkan pendapatan bagi perseroan dan lebih efesien serta efektif dalam pemanfaatan dan penggunaan biaya operasional memiliki skor lebih tinggi dibandingkan alternatif strategi lainnya. Inovasi model bisnis perusahaan menghasilkan strategi yang berorientasi pada kualitas layanan, kompetensi sumber daya manusia, serta menunjang pencapaian jangka panjang perusahaan dengan lebih terukur. Hasil penelitian ini juga menjelaskan bahwa new proposed strategy memiliki kelayakan sebagai blue ocean strategy dengan tetap berfokus dan mengimplementasikan proposed strategy serta mengupayakan terciptanya nilai tambah (value added) yang tidak dimiliki perusahaan pesaing.
ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN MARKET SHARE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN SWOT ANALYSIS PADA PT SEMEN TONASA Andi Makkulau; Djabir Hamzah; Rahman Laba
Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Master of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/hjabe.v1i1.35

Abstract

PT Semen Tonasa memiliki wilayah pasar domestik di 18 (delapan belas) propinsi yang tersebar di Kawasan Timur Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis strategi bisnis yang diterapkan di PT Semen Tonasa dalam menghadapi perubahan peta persaingan pasar untuk perebutan market share serta menetapkan strategi bisnis yang memiliki keunggulan kompetitif dalam meningkatkan market share semen tonasa ditengah persaingan pasar yang semakin ketat. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif yakni metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi, mengenai penerapan strategi bisnis dalam meningkatkan market share dengan menggunakan pendekatan analisis business model canvas dan SWOT analysis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa melalui pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan analisa SWOT maka dapat dijelaskan bahwa penyebab utama turunnya market share di daerah pasar Sulawesi Selatan, tergambar pada analisa kekuatan dan kelemahan implementasi elemen-elemen Business Model Canvas dan analisa peluang dan ancaman dari faktor ekternal perusahaan. Berdasarkan hasil analisis Matriks Space dengan Matriks Internal – Eksternal terlihat bahwa strategi yang cocok untuk diterapkan di PT. Semen Tonasa adalah strategi pertumbuhan (agresif). Sedangkan hasil QSPM memberikan nilai yang lebih tinggi pada strategi penetrasi pasar. Dengan demikian formulasi strategi yang terpilih adalah formulasi strategi yang masuk kategori penetrasi pasar.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK CENTRAL ASIA KANTOR CABANG UTAMA MAKASSAR Indra Septy; Nurdin Brasit; Ria Mardiana Y
Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Master of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/hjabe.v1i1.36

Abstract

Kinerja perusahaan yang baik dapat dilihat dari bagaimana sumber daya manusia yang ada didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Menganalisis pengaruh secara langsung gaya kepemimpinan terhadap motivasi, dan kinerja BCA KCU Makassar. (2) Menganalisis pengaruh secara langsung kompensasi terhadap motivasi dan kinerja karyawan BCA KCU Makassar. (3) Menganalisis pengaruh secara langsung motivasi terhadap kinerja karyawan BCA KCU Makassar. (4) Menganalisis pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan BCA KCU Makassar. (5) Menganalisis pengaruh secara tidak langsung gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan BCA KCU Makassar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kausalitas. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Penelitian dilakukan di PT BCA, TBK Cabang Makassar. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif, uji instrument, analisis jalur (Path Analysis), dan pengujian hipotesis. Hasil uji analisis menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja dengan asumsi motivasi dan kompensasi bernilai tetap, hal ini bermakna gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan tidak berpengaruh dengan naik turunnya kinerja karyawan BCA Makassar karena dengan seringnya pergantian kepemimpinan, gaya kepemimpinan apapun tidak mempengaruhi hasil kinerja tiap karyawan di BCA KCU Makassar. Motivasi tidak dapat memediasi pemberian kompensasi terhadap kinerja, hal ini berarti bahwa kompensasi tidak menjadi acuan karyawan memiliki kinerja yang baik, karyawan berpikir bahwa meskipun dengan kenaikan kompensasi yang mereka terima tidak serta merta membuat mereka bekerja dengan lebih baik atau tidak, beberapa karyawan menganggap baik atau tidaknya kerja mereka tidak membuat kompensasi turun untuk kasus di BCA, melainkan setiap tahun selalu naik maksimal 10% sehingga beberapa karyawan mengganggap kompensasi tidak berpengaruh sebagai motivasi mereka dalam memiliki kinerja dengan baik atau tidak.
PENGARUH KEPEMIMPINAN, PELATIHAN KARYAWAN DAN SHARING KNOWLEDGE TERHADAP PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PADA DEPARTEMEN HUMAN RESOURCES PT VALE INDONESIA, TBK. Raden Ayu Yawmillisa; Sumardi Sumardi; Jumidah Maming
Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship Vol 1 No 1 (2018)
Publisher : Master of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/hjabe.v1i1.37

Abstract

Adanya kelangkaan talenta, sehingga mengakibatkan terjadinya perebutan talenta di pasar tenaga kerja dan tidak bisa dipungkiri adalah perkembangan teknologi, khususnya teknologi konsumer (seperti smartphone dan mobile application) dan media social. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Kepemimpinan, Sharing Knowledge, Pelatihan Karyawan, dan Sharing Knowledge terhadap penerapan Knowledge Management dan Kinerja Karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan yang bersifat eksplanatori (eksplanatory research) yang menjelaskan pengaruh hubungan kausal antara variabel penelitian dan pengujian hipotesa, serta menjelaskan pengaruh kausalitas (causality relationship) antara variabel bebas (kepemimpinan, pelatihan karyawan dan Sharing Knowledge), Knowledge Management,dan variabel terikat (kinerja karyawan), Human Resources PT Vale Indonesia Tbk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Penerapan Knowledge Management, Pelatihan Karyawan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Penerapan Knowledge Management, Sharing Knowledge berpengaruh secara signifikan terhadap Penerapan Knowledge Management, Kepemimpinan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Karyawan, Pelatihan Karyawan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Karyawan, Sharing Knowledge berpengaruh secara signifikan terhadap KinerjaKaryawan, Penerapan Knowledge Management berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Sedangkan untuk pengaruh berdasarkan analisis jalur yakni Sharing Knowledge berpengaruh terhadap Penerapan Knowledge Management, Kepemimpinan berpengaruh terhadap Penerapan Knowledge Management, Knowledge Managementberpengaruh signifikan terhadap variabel terikat Kinerja Karyawan
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PELANGGAN ASTINET SEGMEN BISNIS PT TELKOM WITEL MAKASSAR) Andi Nur Qalby; Abdul Razak Munir; Jusni Jusni
Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship Vol 1 No 2 (2018)
Publisher : Master of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26487/hjabe.v1i2.76

Abstract

Marketing is an activity that can penetrate space and time. This study aims to determine to know the influence of Relationship Marketing and Brand Image Against Customer Loyalty at PT Telkom Witel Makassar. This type of research is causal (causal relationship research), which is trying to find the relationship of influence between relationship marketing and brand image with customer satisfaction and loyalty ASTINet users. The results showed that Relationship marketing and Brand image have positive and significant impact on customer satisfaction. Relationship marketing and Brand image also show a positive and significant influence on customer satisfaction customer loyalty. Likewise with customer satisfaction that menunukkan positive and significant influence on customer loyalty. Keywords: Relationship marketing, Brand image, customer satisfaction, customer loyalty

Page 1 of 17 | Total Record : 164