cover
Contact Name
Nurman Ginting
Contact Email
nurmanginting@umsu.ac.id
Phone
+6261-6622400
Journal Mail Official
ihsan@umsu.ac.id
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Fakultas Agama Islam Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Kota Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 26859882     DOI : -
Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal hasil tulisan ilmiah dosen yang merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dikelola oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit pertama sekali pada bulan April tahun 2019. Manuskrip/Naskah yang dipublikasikan di Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat meliputi hasil-hasil kegiatan program pengabdian kepada masyarakat yang meliputi berbagai bidang fokus seperti Agama, Hukum, Sosial, Politik pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Ekonomi dan Teknik yang bersifat asli dan baru dari berbagai kalangan akademisi baik nasional maupun internasional.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2025): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)" : 24 Documents clear
Penguatan Kapabilitas Social Emotional Learning Guru Ekonomi untuk Optimalisasi Kurikulum Merdeka Mulyono, Kemal Budi; Kusumantoro, Kusumantoro
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 7, No 1 (2025): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ihsan.v7i1.22364

Abstract

Kapabilitas Social Emotional Learning (SEL) guru memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan peserta didik. Namun, banyak guru belum menguasai kapabilitas ini, sementara pelatihan CASEL hanya tersedia untuk guru penggerak, yang jumlahnya kurang dari 10% dari total guru. Dengan seluruh sekolah diwajibkan melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka, pengabdian ini bertujuan meningkatkan kapabilitas SEL guru ekonomi di Kota Semarang melalui model pemberdayaan masyarakat yang melibatkan fasilitator guru penggerak. Model pemberdayaan ini fokus pada penyusunan modul ajar berbasis CASEL dengan tahapan rekonsiderasi, investigasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, diulang dalam 2–3 siklus hingga tercapai implementasi optimal. Hasil pengabdian menunjukkan tingkat kepuasan tinggi dari 54 peserta, dengan keberhasilan pada optimalisasi Kurikulum Merdeka, pencapaian materi pembelajaran ekonomi, dan peningkatan pemahaman peserta. Program ini mendukung peningkatan kualitas pendidikan nasional melalui penguatan kompetensi guru.
Program “Sayonara” dengan Asset-Based Approach dan Shared Leadership Menuju PAUD Berkualitas di TK Negeri Patumbak Deli Serdang Sumatera Utara Surbakti, Amanah
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 7, No 1 (2025): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ihsan.v7i1.21419

Abstract

PAUD berkualitas merupakan tujuan dari suatu satuan diPAUD yang saat ini juga merupakan tujuan dari Pemerintah agar terciptanya PAUD berkualitas. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya dibutuhkan seorang kepala sekolah yang memiliki kemampuan untuk  menjadi pemimpin pembelajaran yang mampu melakukan asset-based approach yaitu memberdayakan asset atau sumberdaya yang ada di satuannya untuk mengembangkan sekolah, selain itu pendekatan kepemimpinan bersama atau shared leadership juga sangat dibutuhkan sehingga semua stakeholder sekolah merasa dilibatkan dalam kepentingan pembelajaran dan Pendidikan yang ada disekolah tersebut. Program “Sayonara” merupakan program yang dilakukan oleh kepala sekolah yang mana maksudnya adalah Kerja sama Sekolah, Masyarakat dan orang tua. Adapun bentuk aksi nyata yang sudah dilaksanakan adalah melakukan aksi sosial, membuat buku ajar aku cinta Deli Serdang, kegiatan pembelajaran yang melibatkan orang tua dalam bentuk WAG serta kegiatan-kegiatan sekolah, peningkatan professional guru dan pengembangan sarana dan prasarana. Aksi nyata tersebut dilaksanakan di TK Negeri Patumbak Deli Serdang Sumatera Utara. 
Pendampingan Teknik Dasar Pelatihan Badminton di Karangsari, Sapuran, Wonosobo Purnomo, Halim; Syafii, Muhammad Hisyam
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 7, No 1 (2025): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ihsan.v7i1.23552

Abstract

Pendampingan teknik dasar pelatihan badminton di Desa Karangsari, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo pada 28-29 Januari 2025, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar bermain badminton bagi pemuda setempat melalui pendekatan partisipatif berbasis pemberdayaan komunitas. Pelaksanaan kegiatan ini dilatarbelakangi oleh minimnya akses pelatihan dan pendampingan teknis di daerah tersebut, meskipun memiliki potensi besar dalam pengembangan olahraga badminton. Program ini menggunakan metode Participatory Community Development (PCD), yang melibatkan serangkaian tahapan seperti observasi lapangan, dialog interaktif dengan masyarakat, serta pelaksanaan pelatihan intensif yang mencakup teknik grip (pegangan raket), footwork (pola pergerakan), dan stroke (pukulan). Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penguasaan teknik dasar badminton, yang sebelumnya masih terbatas di kalangan peserta. Selain itu, terjadi peningkatan motivasi dan minat pemuda terhadap olahraga, ditandai dengan antusiasme dalam sesi latihan serta inisiatif untuk membentuk komunitas olahraga badminton di tingkat desa. Program ini tidak hanya berkontribusi pada aspek teknis olahraga, tetapi juga dalam pembentukan karakter, disiplin, dan kerja sama tim. Dengan adanya dukungan dari pemerintah desa dan komunitas lokal, keberlanjutan program ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem pembinaan olahraga di tingkat lokal serta membuka peluang bagi generasi muda untuk berkembang dalam dunia olahraga, khususnya badminton.
Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Komik Berbasis Kemaritiman dengan Menggunakan Aplikasi Canva di SMAN 1 Toapaya Rasyid, Muhamad Al; Putri, Steva Dara; Cahya, Anggra Prasetya; Surya, Wisnu Prammana
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 7, No 1 (2025): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ihsan.v7i1.21824

Abstract

Pembelajaran yang bermakna sudah seharusnya memberikan dampak positif bagi siswa dalam menjalankan proses pembelajaran. Pelatihan dan pendampingan pengembangan bahan ajar komik berbasis kemaritiman dengan menggunakan aplikasi canva bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para guru dalam mengembangkan bahan ajar yang menarik, interaktif, dan mudah digunakan oleh siswa dengan menggunakan aplikasi Canva.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat sudah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Toapaya, Kabupaten Bintan dengan jumlah peserta pelatihan yaitu 26 peserta yang merupakan guru SMA Negeri 1 Toapaya. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini diantaranya persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap evaluasi dilakukan dengan memberikan review terhadap komik yang sudah dibuat oleh para peserta pelatihan. Hasil dari pelatihan dan pendampingan ini yaitu, 1) para guru termotivasi untuk mengembangkan bahan ajar interaktif dalam bentuk komik; 2) para guru dapat mengembangkan bahan ajar secara inovatif dengan menggunakan aplikasi canva; 3) para guru dapat menngkatkan keterampilan diri diantaranya berkolaborasi, inovatif dan kreatif dalam menggunakan teknologi yang relevan dengan pembelajaran di era digital.  
Transformasi Agribisnis Peternakan Di Desa Kolam: Teknologi Hilirisasi Sebagai Solusi Inovatif Untuk Keberlanjutan Ekonomi Desa Kolam Dongoran, Faisal Rahman; Nasution, Rifaldhi; Ginting, Elsa Fadhillah; Lubis, Windy Lestari; Damanik, Annisah br; Anggriani, Suri; Nadila, Kori; Agustin, Safrita Kurnia; Anisa, Anisa; Rahayu Ningsih, Putri Sri; Febriani, Yunita; Pratiwi, Violla; Harahap, M Rizky Hafiz; Pranata, Mhd Dicky; Wijaya, Andre
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 7, No 1 (2025): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ihsan.v7i1.24389

Abstract

Desa Kolam di Kabupaten Deli Serdang memiliki potensi besar dalam sektor peternakan, terutama sapi dan kambing. Namun, pemanfaatan limbah ternak dan teknologi agribisnis masih rendah. Program pengabdian bertujuan untuk mengatasi masalah ini melalui teknologi hilirisasi dan pemberdayaan ekonomi peternak. Program ini melibatkan pelatihan teknis, digitalisasi manajemen peternakan, dan analisis strategi pasar. Pelaksanaan program dari Juli hingga Oktober 2023 berhasil meningkatkan kapasitas produksi pupuk organik oleh BUMDesa Karya Bersama dari 1,5 ton menjadi 4,5 ton per bulan dengan memberdayakan 10 peternak percontohan. Selain itu, platform digital dikembangkan untuk mendigitalisasi data ternak, memudahkan manajemen, dan memperluas jangkauan pasar produk pupuk organik. Analisis pasar juga menghasilkan pengembangan produk baru seperti media tanam campur, yang berhasil memperluas distribusi hingga 20 toko. Program ini tidak hanya meningkatkan pendapatan peternak tetapi juga mendukung ketahanan pangan dan pembangunan berkelanjutan dengan mengoptimalkan penggunaan limbah ternak. Keseluruhan program ini menunjukkan bahwa teknologi hilirisasi dan strategi pemberdayaan ekonomi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara signifikan. Program ini dapat dijadikan model untuk pengembangan agribisnis di desa-desa lain dengan potensi serupa, memastikan keberlanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara holistik.
Pembinaan Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Di Desa Bumiayu Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal Fisabilillah, Muh. Irodat; Setiawan, Muhammad Firdaus
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 7, No 1 (2025): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ihsan.v7i1.22894

Abstract

Desa tidak lagi dianggap sebagai objek pembangunan, melainkan  sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Desa Bumiayu belum memiliki basis data desa sehingga penyajian dan pemanfaatan data belum optimal dilakukan. Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) adalah program pembinaan statistik sektoral tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan literasi dan peran aktif perangkat desa dalam penyelenggaraan statistik. Dalam pelaksanaanya, Desa Bumiayu menunjuk 4 orang agen statistik. Agen Statistik terdiri dari 1 orang perangkat desa dan 3 orang lainnya merupakan kader Kampung KB Desa Bumiayu dan petugas pendata yang biasa mengikuti kegiatan di Desa Bumiayu. Materi kegiatan program Desa Cantik sesuai dengan kebutuhan agen terkait pengolahan data, penyajian data, pembuatan kuesioner dan rancangan program serta mempublikasikan informasi data melalui publikasi Desa Bumiayu Dalam Angka dan Website Desa Bumiayu di menu khusus Desa Cantik.
Membangun Karakter Siswa SD dan SMP Desa Sugau Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Matematika dan Kewarganegaraan Surbakti, Mariana Br; Limbong, Imron Fransel Bani; Simorangkir, Angela Putri; Nababan, M Nehemia; Silaban, Riandy Roynaldo
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 7, No 1 (2025): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ihsan.v7i1.23877

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk membangun karakter siswa SD dan SMPdi Desa Sugau melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis matematika dan kewarganegaraan. Pendidikan karakter menjadi aspek penting dalam sistem pendidikan nasional, namun masih menghadapi berbagai tantangan seperti rendahnya disiplin dan tanggung jawab sosial siswa. Program ini dilakukan melalui bimbingan belajar, diskusi, simulasi kewarganegaraan, serta keterlibatan siswa dalam kegiatan gotong royong. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir logis, kedisiplinan, dan tanggung jawab siswa dalam kehidupan sehari-hari. Program ini juga mendorong keterlibatan masyarakat dalam mendukung pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Dengan pendekatan yang komprehensif, kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan dapat menjadi model efektif dalam membentuk generasi muda yang berintegritas.
Desiminasi Modul P5 (Modul Bricket) Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Azizah, Azizah; Nuraini, Nuraini; Rosnadi, Rosnadi; Aras, Nurul Fitriah
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 7, No 1 (2025): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ihsan.v7i1.22218

Abstract

Pengabdian pada masyarakat adalah salah satu wujud Tri Darma Perguruan Tinggi yang harus dipenuhi oleh dosen. Pengabdian pada masyarakat dapat dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan, namun yang paling sering dilakukan adalah berbagi pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan kompetensi, kapasitas dan performance kelompok sasaran (mitra). Bagi dosen yang konsentrasi pada bidang pendidikan, maka kelompok sasaran adalah guru dan tenaga pendidik lainnya. Latar belakang kegiatan pengabdian ini yaitu adanya permasalahan pada sekolah mitra SDN 25 Banawa Kabupaten Donggala yaitu (1) Guru belum memiliki modul pegangan untuk mengimplementasikan program P5 di sekolah, dan (2) minimnya bahan ajar yang digunakan untuk menerapkan kurikulum merdeka. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu untuk memberikan pemahaman dan keterampilan mengimplementasikan program P5 khususnya tema gaya hidup berkelanjutan untuk siswa Fase B C pada guru di SDN 25 Banawa melalui modul Bricket. Pelaksanaan pengabdian menggunakan pendekatan pendidikan orang dewasa yang biasanya disebut pendekatan Andragogy. Beberapa teknik atau metode yang dapat digunakan dalam pengabdian ini adalah; diskusi kelompok, FGD, curah pendapat (brainstorming) dan demonstrasi. Hasil desiminasi ini yaitu meningkatnya pemahaman guru dan siswa tentang pelaksanaan P5 khususnya pada tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan membuat ecobrick.
Peningkatan Kualitas Pengasuhan dan Perawatan Anak Melalui Program Pengembangan SDM Pengasuh di Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah Kota Medan Ulayya, Atikah; Fanreza, Robie; Tanjung, Irwan Syari
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 7, No 1 (2025): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ihsan.v7i1.23873

Abstract

Tujuan PKM yang berjudul “Peningkatan Kualitas Pengasuhan dan Perawatan Anak Melalui Program Pengembangan SDM Pengasuh di Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah Kota Medan” adalah untuk memberikan pemahaman bagaimana mengasuh anak secara profesional. Sasaran mitra adalah pengasuh dan pengurus Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah Kota Medan. Pelaksanan kegitan dilakukan pada tanggal 19 Januari 2025 pukul 10.00 wib s/d selesai. Lokasi pelaksanaan di Panti Asuhan Bayi Sehat Muhammadiyah Kota Medan. Metode yang digunakan mencakup kelompok workshop dan diskusi, melibatkan 9 peserta yang berusia di atas 20 tahun. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kapasitas pengasuh dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip pengasuhan yang baik. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pengasuh lebih mampu mengelola dan mendidik anak dengan pendekatan yang lebih sesuai. Kesimpulan dari kegiatan ini menekankan bahwa pengasuhan yang baik tidak hanya membentuk karakter anak, tetapi juga memberikan harapan untuk masa depan yang lebih baik. Setiap anak berhak mendapatkan kasih sayang dan perhatian yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang. Program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi kualitas pengasuhan di panti asuhan dan membangun karakter anak-anak untuk masa depan yang lebih baik.
Sosialisasi dan Edukasi LGBT (Lesbi Gay Biseksual Transgender) Dalam Perspektif Masail Fiqih di SMPIT Al-Ridwan Karawang Nurhayati, Nurhayati; Utami, Rahma; Ziyada, Rifalda Nur; Suherdi, Teddy
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 7, No 1 (2025): Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (April)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ihsan.v7i1.22176

Abstract

Kegiatan sosialisasi dan edukasi bertajuk “Sosialisasi dan Edukasi LGBT (Lesbi, Gay, Biseksual, Transjender) dalam Perspektif Masail Fiqih” dilaksanakan di SMPIT Al-Ridwan Karawang untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai isu LGBT dari sudut pandang agama Islam, khususnya dalam kerangka masail fiqih. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga fitrah manusia sesuai dengan ajaran Islam, serta membangun kemampuan mereka dalam menghadapi pengaruh sosial dan media yang dapat mendorong perilaku menyimpang. Metode kegiatan meliputi ceramah, diskusi interaktif, dan sesi tanya jawab yang melibatkan siswa. Materi yang disampaikan mencakup pengenalan konsep LGBT, pandangan Islam terhadap perilaku tersebut, dan solusi yang ditawarkan dalam masail fiqih untuk menghadapi permasalahan terkait LGBT. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu memahami isu LGBT dengan lebih jelas, bersikap kritis terhadap pengaruh eksternal, dan memiliki dasar keagamaan yang kuat dalam merespons permasalahan moral di lingkungan mereka. Sosialisasi ini juga menekankan pentingnya siswa menghadapi tantangan moral di era modern.

Page 1 of 3 | Total Record : 24