cover
Contact Name
Muhammad Istiqlal
Contact Email
m.istiqlal@gmail.com
Phone
+6285729356143
Journal Mail Official
m.istiqlal@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Sholeh Km. 04, RT.002 RW.001,Dsn.Bandungan,Ds. Gedangan,Kec. Tuntang, Semarang 50773
Location
Kab. semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27459985     DOI : https://doi.org/10.35672/afeksi.v2i2.28
Core Subject : Education, Social,
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that emphasized on improving the quality of education. Afeksi is published by Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran in corporate with Mahfud Ridwan Institute.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 5 (2024)" : 15 Documents clear
Penerapan Metode Wafa dalam Meningkatkan Permulaan Aksara Baca Al-Qur’an Anak Usia 5-6 Tahun Putri, Suci Kasriani; Rahmatia, Rahmatia; Ramli, SYamsul Alam
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 5 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i5.347

Abstract

Studi dilaksanakan bertujuan agar bisa meningkatkan keterampilan baca al-Qur'an anak-anak berusia lima hingga enam tahun. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus: pra-aksara, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan lima belas orang yang berusia antara lima dan enam tahun. Studi ini menganalisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif Dalam studi ini, dokumentasi, observasi, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil studi menunjukkan bahwa hasil observasi sebelum tindakan (prasiklus) menunjukkan bahwa dari 15 anak, 14 anak (93%) berada Dalam kategori belum berkembang (BB), 1 anak (6%) tetap dalam kategori BB, 11 anak (73%) mulai berkembang (MB), dan 1 anak (6%) berkembang sesuai harapan (BSH). Pada Siklus II, tidak ada anak dalam kategori BB, tetapi 2 anak mulai berkembang (MB), dan 13 anak berkembang sesuai harapan (BSH). Ini menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan yang ditargetkan telah tercapai.
Hubungan antara Kompetensi Profesional dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Hauoni, Yusmina Eliseba
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 5 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i5.329

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan signifikansi pengaruh kompetensi professional dan kinerja guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen siswa SMP Negeri 10 Kota Kupang. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Kupang yang berjumlah 158 siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel jenuh. Skala kompetensi profesional diadaptasi dari Permendiknas No 16 Tahun 2007. Skala kinerja guru diadaptasi dari Permen PAN No. 16 Tahun 2009. Analisis data menggunakan regresi linear berganda, sementara prestasi belajar dihitung dari nilai raport semester I. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional dan kinerja guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen: 1). Hasil analisis tentang hubungan kompetensi profesioanal guru (X₁) terhadap prestasi belajar PAK (Y) di SMP Negeri 10 Kota Kupang diperoleh dengan koefisien korelasi 0,38. Data nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel kompetensi profesional guru pada kategori tinggi yaitu pada kulitas instrumen 75,87%; 2). Hasil analisis tentang kinerja guru (X2) terhadap prestasi belajar PAK (Y) diperoleh koefisien korelasi 0,64. Menurut nilai korelasi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara variabel kinerja guru (X2) dan prestasi belajar PAK (Y). Nilai korelasi menunjukkan bahwa variabel kinerja guru terhadap prestasi belajar PAK berada pada tingkat kualitas yang tinggi, yaitu 78,61%. 3). Hasil analisis statistik tentang korelasi product moment antara kompetensi profesional dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAK di SMP Negeri 10 Kota Kupang menunjukkan nilai Thitung 0,71. Hasil ini dikonfirmasi oleh Tabel dengan taraf signifikansi 0,5%, dengan jumlah responden 61 dan taraf signifikansi 5% = 0,254. Dengan demikian, ada korelasi antara kinerja guru dan kompetensi profesional terhadap prestasi belajar PAK di SMP Negeri 10 Kota Kupang.
The Concept of TPACK through Exchange Orientation Program in Boosting Madrasa Student Achievements Hidayat, Wildan Nur; Kusminin, Kusminin; Taufik, Taufik; Nurjali, Nurjali; Mun'amah, Anatun Nisa
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 5 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i5.345

Abstract

This qualitative study investigates the application of the Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) framework through an Exchange Orientation program designed to enhance student achievement in madrasahs. The research employs in-depth interviews and focus group discussions with educators participating in the program to gather insights into their experiences and perceptions regarding the integration of technology in teaching practices. The findings reveal that the Exchange Orientation program fosters collaborative learning among teachers, enabling them to share effective strategies for incorporating technology into their pedagogy and content delivery. Participants reported increased confidence in using technological tools, which subsequently led to more engaging and interactive learning experiences for students. The study highlights the critical role of professional development initiatives that utilize the TPACK framework in transforming teaching methodologies and improving student learning outcomes in madrasahs.
Strategi Penanaman Sikap Jujur dan Tanggung Jawab Melalui Pendidikan Agama Islam Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kedungpane Semarang Ulya, Mala Hilma; Sa'adi, Sa'adi
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 5 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i5.318

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambatan sikap jujur dan tanggung jawab melalui pendidikan agama Islam pada warga binaan di Lapas Kelas I Kedungpane Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang melibatkan narasumber Kepala Lapas, pembimbing atau konselor Lapas dan warga binaan. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumen . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penerapan penanaman sikap jujur dan tanggung jawab melalui pendidikan agama Islam pada warga binaan adalah memberikan bimbingan keagamaan seperti tausiyah, sholat berjamaah, yasin dan tahlil, baca tulis al-Qur'an, dan fasholatan. Evaluasi dilaksanakan dengan proses pelaksanaan kegiatan pendidikan agama Islam serta dengan melibatkan wali atau tamping dari masing-masing karyawan untuk membantu mengobservasi warga binaan serta memberi tanggapan hasil penilaian sikap jujur dan tanggung jawab dalam kegiatan tersebut. Faktor pendukungnya diantaranya adalah program kegiatan keagamaan yang matang dan fasilitas yang mampu, faktor penghambat kurangnya antusiasme warga binaan dan kurangnya tenaga pembina .
Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Bandongan Budiyati, Rina; Sa'adi, Sa'adi
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 5 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i5.336

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menemukanstrategi, faktor pendukung dan penghambat serta upaya mengatasi hambatan penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bandongan Kota Magelang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yakni pengamatan dan wawancara. Sumber data primer adalah waka kurikulum, guru PAI dan siswa. Sementara sumber sekunder merupakan dokumen di lokasi penelitian yang dapat menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, nonparticipant observation, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi penerapan nilai-nilai moderasi beragama di SMK Muhammadiyah Bandongan menggunakan model project based learning metode diskusi dan media video. Nilai-nilai yang sudah diterapkan dalam pembelajaran PAI di sekolah tersebut yakni Tawassuth (mengambil jalan tengah), I’tidal (lurus dan tegas), Tasamuh (toleransi), Syura (musyawarah), Ishlah (reformasi), qudwah (kepeloporan), muwathanah (kewargaan/cinta   tanah   air), al-laa’unf (anti kekerasan), i’tibar al-‘urf (ramah  budaya) (2) Faktor yang mendukung penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bandongan Kota Magelang yakni dari dukungan dari banyak pihak, peran guru PAI dan model pembelajaran yang menarik, sedangkan penghambatnya adalah kondisi peserta didik, lingkungan, fasilitas dan belum adanya kurikulum moderasi beragama (3) upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penerapan moderasi beragama pada pembelajaran PAI adalah dengan adanya laboratorium agama, pendampingan dan kurikulum moderasi beragama.
Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di MIN V Kota Palangka Raya Aisyah, Sri Afni; Azis, Abdul; Rizal, Setria Utama
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 5 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i5.350

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu komponen dan tahapan penting yang harus dilakukan guru untuk menentukan efektivitas pembelajaran. Hasilnya dapat digunakan sebagai umpan balik bagi guru untuk memperbaiki dan menyempurnakan rencana dan kegiatan pembelajaran mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penilaian pembelajaran di MIN V Kota Palangka Raya. Mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi di MIN V Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan objek penelitian berjumlah 7 orang, meliputi guru III A, III B, IV A, IV B, Wakil kepala madrasah dan kepala madrasah. Penelitian ini Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan perekaman/dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN V Kota Palangka Raya sebelumnya menggunakan tes tertulis lembar soal dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Namun, selama pandemi COVID-19, kelas III A, III B, IV B, dan V dievaluasi secara online melalui CBT (computer-based testing). Namun di kelas IVA guru tidak menggunakan CBT, melainkan tetap menggunakan penilaian manual melalui lembar soal. Alasannya agar siswa memiliki rasa tanggung jawab. Jika menggunakan WhatsApp atau CBT guru guru menganggap siswa hanya fokus bermain, karena siswa secara tidak langsung bermain di handphone.
Konseptualisasi Pendidikan Nilai, Tidak Di Ka'bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu, Husein Ja’far Al-Hadar Yusron, Muhammad
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 5 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i5.306

Abstract

perilaku yang diamati dengan cara mencari dan mengkaji nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam buku “Tidak Di Ka‟bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu karya Husein Ja‟far Al-Hadar.” Nilai-nilai pendidikan Islam memuat nilai akidah, nilai ibadah Nilai-nilai pendidikan agama Islam merupakan pondasi utama serta mendasar dalam mewujudkan sebuah perubahan. Hanya dengan pendidikanlah paradigma, sikap, persepsi dan akhlak umat manusia dapat berubah dan terarah. Pendidikan agama Islam pada dasarnya bertujuan untuk meciptakan manusia yang didasarkan kepada nilai-nilai Islam dan manusia hidup di dunia adalah bertujuan untuk hanya menyembah kepada Allah Swt. Pembentukan akhlak dan nilai pendidikan agama Islam pada peserta didik merupakan suatu hal yang amat penting dan harus diperhatikan sebagai proses pembinaan nilai pendidikan Islam. Buku merupakan karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai-nilai budaya, sosial, moral dan pendidikan, termasuk mengandung nilai-nilai pendidikan gama Islam di dalamnya. Sehingga perlu dilakukan kajian terhadap nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam buku yang berjudul “Tidak Di Ka'bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu karya Husein Ja'far Al-Hadar” yang mana pada pembelajaran dapat difungsikan sebagai penanaman nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan koseptualisasi nilai-nilai pendidikan agama islam Islam yang terdapat pada buku tersebut. Sedangkan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah konsep nilai-nilai Pendidikan agama Islam dalam “Tidak Di Ka’bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu karya Husein Ja’far Al-Hadar.” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), mengambil sumber yang memiliki keterkaitan tema dengan judul menggunakan teknik Content Analysis atau analisis isi dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan serta nilai akhlak yang terkandung dalam buku “Tidak Di Ka‟bah Di Vatikan Atau Di Tembok Ratapan Tuhan Ada Di Hatimu karya Husein Ja'far AlHadar.” Diuraikan secara urut dan diiringi setiap kutipan kemudian diklasifikasikan dalam bentuk tabel. Diperoleh kesimpulan pada aspek akidah, beriman kepada Allah, beriman kepada kitab Allah, dan beriman kepada Rasulullah. Pada aspek akhlak dengan menjaga sikap perilaku terhadap Allah SWT., orang tua, diri sendiri dan sesama makhluk. Dari aspek ibadah, yakni menjalankan shalat, berpuasa, dan selalu berdoa kepada Allah.
Konsep dan Materi Pendidikan Seksual Perspektif Hadis Munir, Misbahul
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 5 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i5.341

Abstract

Pembahasan tentang seksual seringkali dianggap tabu untuk diperbincangkan. Bahkan ada juga anggapan yang menganggap bahwa persoalan tentang seksual masuk ke dalam ranah privasi seseorang, tidak untuk diperbincangkan apalagi dibahas dalam forum-forum diskusi. Seseorang akan diberi stigma negatif ketika membahas persoalan ini, dianggap tidak sopan, atau bahkan melanggar norma-norma agama. Namun, jika ditelisik lebih jauh, sumber ajaran dan nilai-nilai agama Islam juga mengakomodir pembahasan tentang pentingnya pendidikan seksual. Banyak sekali hadis-hadis yang secara implisit menyinggung persoalan tentang pendidikan seksual ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Islam memandang persoalan seksual dalam perspektif hadis yang dianggap sebagai salah satu sumber ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini mengumpulkan sumber yang memiliki hubungan dengan judul dengan menggunakan metode analisis isi. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini menggunakan model penelitian tematik. Dalam perspektif hadis, konsep Pendidikan seksual tidak dijelaskan secara gamblang. Namun, konsep pendidikan seksual tercermin dari hadis yang memuat materi pendidikan seksual seperti pemisahan tempat tidur antara anak laki-laki dan perempuan, bagaimana cara bersuci dari haid (khusus perempuan). Ada pula perintah supaya anak laki-laki dan perempuan berperilaku sesuai kodratnya masing-masing, serta adanya larangan bersikap tidak sesuai tabiat dan kodrati yang melekat pada jenis kelamin, perintah segera menikah bagi yang sudah mampu dengan tujuan untuk menjaga kehormatan. Pembahasan seksual secara khusus juga bisa ditemukan dalam hadis-hadis seputar hubungan suami dan istri dalam bingkai hubungan keluarga.
Efektivitas Media Video Grapich Motion Pictures pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Rohman, Taufik Kun; Fatchurrohman, Fatchurrohman; kusumawati, Erna Risfaula; Liviani, Ratna; Khosiyatika, Khosiyatika
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 5 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i5.352

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Video Grapich Motion Pictures terhadap hasil belajar pada materi simbiosis di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Kaloran.Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian“One-Group Pretest-postest Design”.Sampel penelitian adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Unggulan Sumur Blandung berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji efektivitas terhadap media Video Grapich Motion Pictures dengan menggunakan SPSS 26 diperoleh thitung52.035 ttabel 2,00404 dan p=0,000,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Video Grapich Motion Pictures pada materi simbiosis efektif terhadap prestasi belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Unggulan Sumur Blandung Kecamatan Kaloran.
Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja di Kampus New Media College Bali Prasiani, Ni Komang; Pratama, Gede Yudha Anugerah; Cahyono, Irfan
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 5 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i5.316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh kompetensi pendidikan, disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja pada karyawan Kampus New Media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel yang digunakan sebanyak 38 responden yang merupakan karyawan Kampus New Media College. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program SmartPLS. Hasil analisis penelitian diperoleh hasil bahwa pertama kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kampus New Media College. Hasil ini memberikan makna bahwa semakin baik kompetensi, maka akan diikuti meningkatnya kinerja karyawan pada Kampus New Media College. Kedua disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kampus New Media College. Hasil ini memberikan makna bahwa semakin baik disiplin kerja, maka akan diikuti meninqgkatnya kinerja karyawan pada Kampus New Media College. Ketiga kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Kampus New Media College. Hasil ini memberikan makna bahwa semakin baik kepuasan kerja, maka akan diikuti meningkatnya kinerja karyawan pada Kampus New Media College.

Page 1 of 2 | Total Record : 15