cover
Contact Name
muhammad amran
Contact Email
muh.amran@unm.ac.id
Phone
+6285299249197
Journal Mail Official
muh.amran@unm.ac.id
Editorial Address
Kampus UNM Tidung, Jalan Tamalate, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, 90223
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
ISSN : -     EISSN : 28077016     DOI : https://doi.org/10.26858/pjppsd
Core Subject : Education,
JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2024): Juli" : 14 Documents clear
Penerapan Model Cooperative Tipe Bermain Jawaban Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS (Studi Kasus Siswa Kelas IV SD Inpres 6/75 Tellu Boccoe Kabupaten Bone) Muliadi, Muliadi; Muin, Awaluddin; Safa, Nur
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2024): Juli
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i1.65952

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif bermain jawaban dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dikelas IV SD Inpres 6/75 Tellu Boccoe Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari  perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh yaitu dari tes, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Tellu Boccoe Kecamatan Mare Kabupaten Bone yang aktif terdaftar pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah Siswa 12 orang, yang terdiri atas 6 laki-laki dan 6 perempuan. Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik analisis data kualitatif yakni mereduksi data, menyajikan data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dengan kualifikasi Cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kualifikasi Baik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif bermain jawaban dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD Inpres 6/75 Tellu Boccoe Kecamatan Mare Kabupaten Bone
Penerapan Metode Mnemonik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pagarra, Hamzah; Raihan, Siti
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2024): Juli
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i1.64911

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Tujuan dari penilitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas V SD Inpres 12/79 Cammilo, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone melalui penerapan metode mnemonik. Metode mnemonik adalah teknik pembelajaran yang menggunakan asosiasi mental untuk membantu mengingat informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas V SD Inpres 12/79 Cammilo. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi aktivitas belajar siswa setelah penggunaan metode mnemonik mengalami beberapa perubahan yang positif, di mana siswa mulai lebih aktif dalam pembalajaran, lebih memahami materi secara mendalam, dan lebih bersemangat dalam belajar. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa, dilihat dari hasil tes pada siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode mnemonik efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Inpres 12/79 Cammilo Kecamatan Kahu Kabupaten Bone.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD Rosmalah, Rosmalah; Rahmi, Sitti; Arnis, Arnis
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2024): Juli
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i1.64932

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini terdapat dua variabel yaitu model pembelajaran problem posing dan keaktifan belajar IPS. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV dengan pengambilan sampel keseluruhan populasi yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 179 Samaenre yang berjumlah sebanyak 18 Siswa. Pengumpulan yaitu berupa angket (kuesioner) dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang meliputi teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem posing siswa kelas IV SDN 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone berada dalam kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem posing dan keaktifan belajar IPS siswa kelas IV SDN 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bo
Pengaruh Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Kartiak XIII-1 Ambon Solissa, Welmi; Ritiauw, Samuel Patra; Johannes, Nathalia Yohana
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2024): Juli
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i1.64037

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Kartika XIII-I Ambon. Pendekatan peneletian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan Metode penelitian yang digunakan adalah eksperiment dengan pret-test dan post-test. Pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara penggunaan model pembelajaran tersebut dengan motivasi belajar siswa. Data dari uji validitas dan reliabilitas menegaskan kevalidan dan keandalan instrumen yang digunakan. Nilai Cronbach's Alpha yang tinggi menunjukkan konsistensi internal dalam pertanyaan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa selama penelitian, model pembelajaran Project Based Learning telah meningkatkan partisipasi aktif siswa, tanggung jawab, kerjasama, dan motivasi di antara mereka, serta menyajikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V Winanda, Wirda; Sudirman, Sudirman; Rahmi, Sitti
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2024): Juli
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i1.64942

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa dan guru kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data dengan cara reduksi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor angket siswa pada siklus I yaitu 2,55 dengan persentase ketuntasan 63,75% atau dalam kategori rendah, yang kemudian meningkat sebesar 22,75% pada siklus II menjadi 3,46 dengan persentase 86,50% atau dalam kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Hubungan UKS dengan PHBS Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar Muliadi, Muliadi; Sabir, Achmad; nuramalia, Tri
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2024): Juli
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i1.60995

Abstract

Jenis penelitian adalah korelasional bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara UKS dengan PHBS siswa. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas tinggi berjumlah 52 siswa dan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran UKS siswa kelas tinggi termasuk dalam kategori sedang. Gambaran PHBS siswa kelas tinggi termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial korelasi pearson produt moment diperoleh 0,504 dengan kategori cukup karena berada pada rentang 0,40-,599. Korelasi antara UKS dengan PHBS sebesar (rxy 0,504 > r tabel 0,279) di mana  H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara UKS dengan PHBS siswa kelas tinggi SD Negeri 162 Poleonro Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Firdaus, Firdaus; Muin, Awaluddin; Nisa, Nurul Haerun
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2024): Juli
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i1.65330

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian PTK yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI di SDN 8 Watampone Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 18 siswa dan guru wali kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, mendeskripsikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I sebanyak 55,56% atau 10 siswa memperoleh nilai rata-rata 72berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 78% atau 14siswa dengan nilai rata-rata 77 berada pada kategori baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN 8 WatamponeKecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR Firdaus, Firdaus; Kadir, Abd; Sari, Darna
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2024): Juli
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i1.65372

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar Matematika siswa. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis ekperimen menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design.. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata pre-test 43,33 dan post-test 87,33. Angket respon siswa diperoleh rata-rata 95,93 dan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 98,00. Sedangkan hasil analisis statistik mengunakan uji One-Samples Kolmogorov-Smirnow menunjukkan bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal. Uji Levene Statistic menunjukkan bahwa data pre-test dan post-test homogen. Sedangkan untuk uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan hasil belajar Matematika siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Inpres 7/83 Tanete.
Peran Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Anak Di Rumah (Studi Pada Anak Jenjang SD Kartika XIII-I Ambon) Solissa, Karmenita; Johannes, Nathalia Yohana; Abdurrachman, Ode
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2024): Juli
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i1.64533

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam memotivasi belajar anak di rumah studi pada anak jenjang SD Kartika XIII-I Ambon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari kuisioner, dimana data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan tiga macam statistik yaitu editing, tabulasi data dan representase. Populasi pada penelitian ini adalah semua orang tua di SD Kartika XIII-I Ambon yang berjumlah 63, dengan sampel orang tua yang memiliki anak yang bersekolah pada Jenjang SD Kartika XIII-I Ambon yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam memotivasi belajar anak di rumah (studi pada anak jenjang SD Kartika XIII-I Ambon) kurang baik. hal ini dapat diketahui dari empat indikator yang menjadi tolak ukur, nilai rata-rata masing-masing indikator masih berada pada kategori kurang baik berdasarkan kualifikasi pengukurannya yaitu sebesar 25,002% pada indikator peran orang tua sebagai pendidik, 19,972% pada indikator orang tua sebagai pendorong 33,33% pada indikator orang tua sebagai penuntun, 33,33% pada indikator orang tua sebagai teman 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V Hafid, Abdul; Djafar, Muha Idris; Kurniawan, Muh. Nuzul
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2024): Juli
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i1.65093

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran TGT terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres 6/75 Kading Kabupaten Bone. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Inpres 6/75 Kading dengan sampel sebanyak 21. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran TGT. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata pretest 36.43 dan ratarata posttest 77,62. Berdasarkan hasil analisis uji normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal, dan hasil uji homogenitas menunjukkan data pretest dan posttest homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran TGT. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di kelas V SD Inpres 6/75 Kading Kabupaten Bone

Page 1 of 2 | Total Record : 14