cover
Contact Name
Ari Apriani
Contact Email
penint.dppm@undira.ac.id
Phone
+628122770189
Journal Mail Official
penint.dppm@undira.ac.id
Editorial Address
Jl. Tj. Duren Bar. 2 No.1, RT.1/RW.5, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)
ISSN : 27470180     EISSN : 27470199     DOI : https://doi.org/10.59832/jpmk
Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK), e-ISSN 2747-0199 dan p-ISSN 2747-0180, is a research journal in Economics, Management, and Entrepreneurship published since 2020 by the Faculty of Business and Social Sciences, Universitas Dian Nusantara. This journal aims to disseminate research findings to academics, practitioners, students, and other interested parties in the field of management and entrepreneurship, including Financial Management, Marketing Management, Operational Management, Human Resource Management, Innovation Management, and Entrepreneurship, which are relevant to the professional development and practice of economic science. The editorial board welcomes manuscripts that have not been previously published by other media. The published research represents the personal opinions of the researchers and does not reflect the views of the editorial board. The journal is published biannually, with a publishing frequency in November and May, consisting of eight scientific articles. The selection of articles for publication in the JPMK undergoes a review process by the editorial team, considering the following criteria: compliance with standard journal publication requirements, research methodology employed, significance, and contribution of the research findings to the development of knowledge in Economics, Management, and Entrepreneurship.
Articles 72 Documents
ANALISIS FAKTOR PENENTU ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF MANUFAKTUR INDONESIA Wawas Bangun Tegar Sunaryo Putra; Didin Hikmah Perkasa; Satrio Nur Ahmadi; Devina Pramestuti
Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)
Publisher : Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.066 KB) | DOI: 10.59832/jpmk.v1i1.2

Abstract

: Tiap orang dalam organisasi dituntut untuk memiliki komitmen agar fungsi-fungsi organisasi berjalan sebagaimana yang diharapkan agar sasaran-sasaran yang direncanakan dapat dicapai. Perilaku-perilaku pekerja secara konseptual dibedakan sebagai in-role (task dependent behavior) dan extra-role (perilaku individu yang melebihi standar perilaku yang diharapkan). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh organizational justice dan Motivasi Kerja terhadap organizational citizenship behavior. Objek pada penelitian ini adalah Karyawan pada salah satu Perusahaan Otomotif Manufaktur di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini karyawan berjumlah 82 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel menggunakan metode slovin, dengan metode penelitian kuantitatif kausal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel organizational justice dan motivasi kerja berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior. Implikasi dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan manajemen Perusahaan Otomotif Manufaktur di Indonesia unuk meningkatkan perilaku organizational citizenship behavior.  
PENGARUH PENGAWASAN, KOMPENSASI, DAN PUNISHMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( STUDI PADA PT. IEI CIKARANG ) Muhamad Ekhsan; Rian Hidayat; Ryani Dhyan Parashakti
Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)
Publisher : Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.341 KB) | DOI: 10.59832/jpmk.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh pengawasan, kompensasi dan punishment terhadap kinerja karyawan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan PT IEI, dengan responden sebanyak 70 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel independen pengawasan, kompensasi, dan punishment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan.
CUSTOMER’s BRAND LOYALTY: KAJIAN PADA BISNIS KESEHATAN MATA DI 10 KOTA DI PULAU JAWA Nur Endah Retno Wuryandari
Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)
Publisher : Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (898.513 KB) | DOI: 10.59832/jpmk.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini mengembangkan argumen bahwa perilaku konsumen pada sebuah merek didorong oleh  kepercayaan, emosi yang terbangun dan kualitas produk oleh merek tersebut serta seberapa kuat keterikatan emosional terhadap merek. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen sebuah brand bisnis Kesehatan mata yang mempunyai cabang khususnya di Pulau Jawa. 100 responden dari konsumen dilibatkan dalam penelitian ini yang berada di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Cilegon, Serang, Karawang, Cikampek Bogor, Cianjur, Cirebon dan Sukabumi. Hasilnya mengungkapkan bahwa Kualitas Merek yang dipertimbangkan dalam Loyalitas Merek. Implikasi manajerial dan akademik juga disajikan lebih lanjut.
PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN Catur Widayati; Magito; Rani Triana
Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)
Publisher : Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.102 KB) | DOI: 10.59832/jpmk.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan Frontliner, pengaruh komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan Frontliner. Objek penelitian ini adalah karyawan Frontliner PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Area Tangerang Bintaro yang berjumlah 50 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kausal. Data yang diambil merupakan kuesioner terhadap karyawan Frontliner PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Area Tangerang Bintaro. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dalam bentuk uji regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Frontliner, variabel komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan Frontliner PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Area Tangerang Bintaro.
PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION KARYAWAN PT DAYA EKA SAMUDERA JAKARTA Ryani Dhyan Parashakti; Firda Apriani
Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)
Publisher : Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1322.081 KB) | DOI: 10.59832/jpmk.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, dan Stres Kerja terhadap Turnover Intention Karyawan PT Daya Eka Samudera Jakarta. Penelitian ini dilakukan terhadap karyawan PT Daya Eka Samudera Jakarta yang berjumlah 59 orang karyawan dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan metode analisis yang digunakan adalah analisis Structural  Equation  Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan Kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Turnover Intention, Komitmen Organisasi berpengaruh negatif dan signifikan  terhadap Turnover Intention, dan Stres Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Turnover Intention.
MODEL NIAT PEMBELIAN KEMBALI: ANALISIS KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, DAN LOYALITAS MEREK (STUDI KASUS PRODUK PRIVATE LABEL PADA TOKO ALFAMIDI DI KOTA TANGERANG) Khilyatin Ikhsani; Agung Hudaya
Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)
Publisher : Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.148 KB) | DOI: 10.59832/jpmk.v1i1.8

Abstract

Keberadaan produk dengan merek private label menjadi prioritas tersendiri bagi para ritailer, selain dapat membantu untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan penjualan di toko, juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggannya. Namun perkembangan penjualan produk-produk private label khususnya di Toko Alfamidi Kota Tangerang cenderung stagnan dalam perkembangannya. Berkaitan dengan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model niat pembelian kembali dan mengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap niat pembelian kembali produk private label. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan datanya survey Penyebaran kuisioner pada 100 responden di lokasi penelitian Toko Alfamidi di Kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh positif dan sinifikan terhadap niat pembelian kembali produk private label.
PENGARUH GAYA KOMUNIKASI PEMASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN UNIT APARTEMEN TRANSPARK JUANDA BEKASI Dani Setiadarma; Budi Suswanto
Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)
Publisher : Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.579 KB) | DOI: 10.59832/jpmk.v1i1.10

Abstract

Gaya komunikasi merupakan cara yang digunakan seseorang, terutama pemasar dalam menyampaikan pesan atau memberikan informasi. Setiap individu memiliki gaya komunikasi berbeda yang khas dan unik. Tujuan penelitian ini ingin membuktikan pengaruh gaya komunikasi terhadap keputusan pembelian apartemen Transpark Juanda Bekasi. Serta ingin mengetahui gaya komunikasi apa yang disukai oleh pembeli, sehingga terpengaruh oleh keinginan pemasar. Metode penelitian memakai jenis penelitian kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner serta perhitungan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 26. Hasil penelitian menunjukan: Pertama, gaya komunikasi pemasar menentukan pengambilan keputusan dalam pembelian unit apartemen Transpark Juanda. Kedua, dari tujuh gaya komunikasi yang diteliti, dua diantaranya tidak disukai oleh responden. Ketiga, hasil uji data reliabilitas sangat reliabel yaitu 0.839 > 0,20. Hasil uji validitas, penelitian dinyatakan valid, karena jumlah r hitung > r tabel.
PERAN PUBLIC RELATIONS INTERNAL PT. MANDOM INDONESIA DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE PRODUK KOSMETIK PIZY MELALUI PENGGUNAAN BRAND AMBASSADOR Kornelia Johana Dacosta; Ida Royani Damayanti; Anggia Arizqi
Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)
Publisher : Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.247 KB) | DOI: 10.59832/jpmk.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peran Public Relations PT Mandom Indonesia dalam meningkatkan Brand Image produk kosmetik Pixy melalui penggunaan Brand Ambassador serta untuk mengetahui keterkaitan antara brand image dengan brand ambassador. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik, dengan metode pendekatan deskriptif dalam melakukan penelitian kualitatif. Metode yang dilakukan adalah dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam dengan key informan dari public relations PT Mandom Indonesia dan informan dari konsumen produk kosmetik Pixy.Peran yang dilakukan oleh Public Relations. PT Mandom Indonesia adalah: (a) praktisi PR PT Mandom Indonesia merupakan praktisi yang ahli pada bidangnya masing-masing sehingga nantinya akan saling bersinergi dalam upaya meningkatkan Brand Image produk Pixy, (b) PR menjadikan Mikha Tambayong sebagai Brand Ambassador Pixy agar dapat membantu PT Mandom Indonesia dalam mengkomunikasikan brand Pixy kepada masyarakat , (c) PR PT Mandom Indonesia mengubah gaya komunikasi menjadi lebih menarik, melakukan Repackaging, dan menjadikan Mikha Tambayong sebagai Brand Ambassador Pixy, (d) PR PT Mandom Indonesia bertindak sebagai divisi yang menjalankan kegiatan komunikasi yang sudah ditugaskan oleh divisi Management dan Product Development berupa Event dalam upaya mengkomunikasikan Brand Pixy kepada masyarakat. dan ada keterkaitan antara Brand Image Pixy dengan Mikha Tambayong yang merupakan Brand Ambassador Pixy. Dikarenakan Mikha merupakan representative Pixy.
ANALISIS PENGARUH PRODUK, ORANG, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN ORANGTUA MURID DI SEKOLAH NISRINA BEKASI Rahmat Rahmat
Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)
Publisher : Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.748 KB) | DOI: 10.59832/jpmk.v2i1.12

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, orang, dan kualitas layanan terhadap kepuasan orangtua murid di Sekolah Nisrina Bekasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah orangtua murid, dengan responden sebanyak 85 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas analisis regresi linear berganda dan uji hipotesa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel independen produk, orang, dan kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan orangtua murid di Sekolah Nisrina Bekasi.
PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA BCA FINANCE JAKARTA BARAT Wenny Desty Febrian Febrian; Zulhaida; Abdiana Ilosa
Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK) Vol 1 No 2 (2021): Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan (JPMK)
Publisher : Fakultas Bisnis dan Ilmu Sosial Universitas Dian Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.229 KB) | DOI: 10.59832/jpmk.v1i2.13

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil pengujian pengaruh variabel motivasi dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. Objek penelitian ini adalah perusahaan yang dikelola oleh BCA Finance di Jakarta Barat. Sedangkan sampelnya menggunakan probability sampling. Data yang digunakan peneliti adalah Data Studi Kepustakaan, Observasi, Wawancara Tes Dan Kuisioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa produktivitas berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan.