cover
Contact Name
Rabwan Satriawan
Contact Email
jurnalolahragatsb@gmail.com
Phone
+6282323898556
Journal Mail Official
jurnalolahragatsb@gmail.com
Editorial Address
STKIP Taman Siswa Bima Jalan Pendidikan Taman Siswa Bima No. 1 Palibelo, Bima - NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880324     EISSN : 26850125     DOI : https://doi.org/10.37630/jpo
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Olahraga is published by STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga are open national scientific journals that collect and disseminate research manuscripts and literature review/articles in the fields of physical education, sports, and health. Multilateral journal specifically concerns on main problem in the critics, analysis, evaluation, and development of physical edcutaion, sport, and health field, namely: SPORTS SCIENCE PHYSICAL EDUCATION SPORTS TOURISM TRADITIONAL SPORTS SPORTS BIOMECANICS SPORT HEALTH SPORTS PSYCHOLOGY SPORTS NUTRITION
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA" : 15 Documents clear
Analisis Penggunaan Bahasa Inggris dalam Pembelajaran Renang: Tinjauan Literatur Dewi, Komang Ayu Krisna; Fatmawan, Aditya Ridho; Ilmawan, Anggo Widcaksana; Rusmayani, Ni Gusti Ayu Lia
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i3.2609

Abstract

Penelitian ini menganalisis penggunaan bahasa Inggris dalam pembelajaran renang berdasarkan tinjauan literatur dari berbagai studi yang relevan. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana bahasa Inggris digunakan sebagai alat komunikasi dalam pembelajaran renang, tantangan yang dihadapi oleh instruktur dan peserta didik, serta efektivitas pendekatan bilingual dalam meningkatkan keterampilan berenang dan kemampuan berbahasa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Inggris dalam pembelajaran renang dapat membantu siswa memahami instruksi dengan lebih baik, terutama dalam konteks program internasional atau lingkungan multibahasa. Studi ini menyoroti pentingnya strategi pengajaran yang adaptif dan pendekatan berbasis komunikasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana integrasi bahasa Inggris dalam pembelajaran renang dapat menjadi metode yang bermanfaat dalam konteks pendidikan dan pengembangan keterampilan olahraga.
Studi Korelasi antara Growth Mindset dan Kepercayaan Diri Atlet Softball Akbar, Aidil; Komarudin, Komarudin; Saputra, Mochamad Yamin; Novian, Geraldi
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i3.2659

Abstract

Permainan olahraga softball, seringkali atlet mengalami gangguan dalam kepercayaan diri pada saat di dalam pertandingan, sehingga atlet mengalami penurunan performa, seperti mudah terprovokasi oleh tim lawan, salah dalam melempar bola pada saat posisi bertahan, gagal dalam melakukan pukulan pada saat posisi menyerang, dan berbagai hal lainnya. Hal ini mengakibatkan atlet kesulitan untuk memenangkan pertandingan dan cenderung saling menyalahkan satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan growth mindset terhadap kepercayaan diri atlet softball. Metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini yang melibatkan 16 atlet softball putra dan putri kabupaten Bogor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner grwoth mindset scale yang diberikan satu kali kepada sampel. Setelah data diperoleh, analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi SPSS Versi 29. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara growth mindset terhadap kepercayaan diri atlet softball. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa growth mindset dan kepercayaan diri memiliki peran yang penting dalam pengembangan atlet softball. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa growth mindset dan kepercayaan diri memiliki peran yang penting dalam pengembangan atlet softball dalam konteks olahraga yang kompetitif.
Pandangan Masyarakat terhadap Sport Massage Chichilia, Angeline; Jayadi, Jayadi
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i3.2688

Abstract

Sport massage merupakan teknik pijitan yang terdapat beberapa jenis gerakan yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tubuh yang lelah, ketegaan otot, cedera ringan saat melakukan aktivitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap treatmenet sport massage, dengan menggunakan tiga teknik yaitu efflurage, compress, friction. Metode penelitian menggunakan deskripsi analisis dengan melakukan survei melalui google formulir. Subjek penelitian menggunakan 30 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner angket kepuasan dengan tingkat kepuasan sampel di gambarkan melalui poin 1 sangat tidak setuju hingga poin 4 sangat setuju. Analisis data menggunakan data kuesioner tingkat kepuasan yang disimpulkan melalui presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa padangan masyarakat terhadap sport massage(1) 42,2% sangat setuju, 44,5% setuju,11,1% tidak setuju,2,2% sangat tidak setuju. Untuk etika dalam sport massage (2) 58,3% sangat setuju, 38,3% setuju, 1,7 tidak setuju,1,7 sangat tidak setuju. Sedangkan kepuasan masyarakat setelah diberikan perlakukan sport massage (3) 60,68% sangat setuju, 35,96% setuju, 2,24% tidak setuju, 1,12% sangat tidak setuju. Berdasarkan data yang telah didapatkan melalui penelitian ini maka disimpulkan bahwa masyarakat sangat puas dengan treatment sport massage dengan menggunakan teknik efllurage, compress, dan friction yang telah diberikan kepada mereka.
Hubungan Gaya Hidup dengan Performa Atlet Sepakbola di Sekolah Sepakbola Julianto, Fadli Rahman; Sungkawa, Muhamad Guntur Gaos; Laksana, Goesti Sabda
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i3.2732

Abstract

Penerapan gaya hidup sehat menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung performa atlet sepakbola, khususnya pada usia remaja. Namun, masih terdapat banyak atlet yang belum menjalani kebiasaan hidup sehat seperti pola makan, waktu istirahat, serta aktivitas fisik, sehingga berpotensi menurunkan kualitas performa. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara gaya hidup dengan performa atlet sepakbola di SSB Bina Muda Mandiri Cianjur Usia-15. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Desain penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik total sampling yang melibatkan seluruh populasi, yaitu 18 atlet sepakbola. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data melalui angket, tes fisik, dan analisis statistik pertandingan. Analisis data dilakukan secara kuantitatif melalui tahap deskriptif, uji normalitas dan linearitas, serta uji korelasi pearson untuk mengetahui tingkat hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,085, yang lebih besar dari batas signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya hidup dengan performa atlet sepakbola. Kemungkinan terdapat variabel lain yang lebih dominan dalam memengaruhi performa atlet, seperti intensitas latihan, program latihan, serta kualitas pelatihan. Oleh karena itu, penelitian lanjutan disarankan untuk mengkaji faktor-faktor tersebut secara lebih mendalam.
Pengaruh Metode Latihan Plyometric terhadap Kemampuan Jumping Smash pada Atlet Porprov Bulu Tangkis dengan Penerapan Sport Science Hidayat, Taufiq; Munandar, Rizky Aris; Zulfikar, Iman; Kurniawan, Yayat
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i3.2745

Abstract

Kemampuan jumping smash merupakan salah satu aspek penting dalam olahraga bulu tangkis yang membutuhkan kekuatan eksplosif, koordinasi, dan kecepatan reaksi yang optimal. Dalam pembinaan prestasi olahraga, khususnya bagi atlet Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), peningkatan kemampuan fisik melalui pendekatan sport science menjadi sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan plyometric terhadap kemampuan jumping smash pada atlet Porprov bulu tangkis dengan penerapan sport science. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 10 atlet bulu tangkis Porprov Kabupaten Bima yang dipilih dengan teknik total sampling. Metode plyometric yang digunakan adalah latihan dengan tumpuan satu kaki. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan tinggi lompatan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig < 0,05). Rata-rata tinggi lompatan sebelum latihan adalah 46,4 cm dan meningkat menjadi 54,1 cm setelah perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa latihan plyometric berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan jumping smash pada atlet bulu tangkis Porprov Kabupaten Bima
Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Hardi, Alif Aryadi; Mutmainna, Andi
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i3.2814

Abstract

Pengembangan kurikulum merupakan komponen penting dari setiap sistem pendidikan yang efektif. Untuk membuat siswa agar berpikir kritis, bertanya, dan berkarya secara mandiri, Kurikulum Merdeka menawarkan perspektif dan metode baru di kelas. Mengetahui bagaimana pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan menggunakan Kurikulum Merdeka adalah tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Secara keseluruhan, 267 individu (termasuk 1 guru PJOK) menjadi populasi penelitian. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Informasi dikumpulkan melalui angket yang menggunakan skala Likert. Penelitian ini menemukan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge, guru menyatakan baik. Di sisi lain, 76 siswa (28,47%) mengatakan berjalan dengan sangat baik, 179 siswa (67,04%) mengatakan baik, 12 siswa (4,49%) mengatakan berjalan dengan cukup, dan 0 siswa mengatakan kurang dan sangat kurang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMP Negeri 2 Tellu Siattinge tergolong baik.
Efektivitas Pembelajaran melalui Direction Instruction Model: Systematic Literature Review Saputro, Imron Nugroho; Akbar, Muhammad Thoriq Hadad; Rismawati, Amanda Eka; Sapitri, Anggrahini
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i3.2819

Abstract

langkah demi langkah dalam urutan yang logis dan mudah dipahami. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis literatur ilmiah yang membahas mengenai efektivitas suatu model pembelajaran terarah dalam konteks pendidikan jasmani. Untuk mencapai hal ini, peneliti menggunakan metode tinjauan literatur sistematis, dengan mencari artikel dalam basis data Google Scholar. Penelitian ini mematuhi pedoman PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-analysis). Dengan memanfaatkan aplikasi Publish or Perish milik Harzing, pencarian artikel yang diterbitkan dalam basis data selama periode lima tahun, dari tahun 2020 hingga 2025. Secara total, mengidentifikasi 200 artikel melalui pencarian, yang kemudian dipersempit menjadi 24 artikel yang relevan dengan topik. Setelah menerapkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan sebelumnya, kami melakukan penilaian kualitas pada sembilan artikel jurnal. Berdasarkan penelitian literatur yang sistematis, hasil menunjukkan bahwa metode pengajaran langsung dalam pendidikan jasmani berhasil meningkatkan pemahaman, semangat, kondisi fisik, dan keterampilan gerak siswa. Model pembelajaran ini berpotensi mengoptimalkan proses pembelajaran pendidikan jasmani di berbagai jenjang pendidikan. Setelah data diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan, sembilan jurnal diberikan penilaian mutu (Quality Assessment). Hasil penilaian kualitas (QA) menunjukkan lima jurnal yang relevan. Dari analisis literatur yang terstruktur, temuan studi menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran langsung dalam pendidikan jasmani terbukti berhasil dalam meningkatkan pengetahuan, semangat, kondisi fisik, dan keterampilan gerak siswa. Model ini dapat mengoptimalkan proses pembelajaran pendidikan jasmani di berbagai jenjang pendidikan.
Analisis Tingkat Motivasi Berprestasi Dan Kepercayaan Diri Atlet Pencak Silat Cahya Paroman Rifa Nur Afifah, Rifa Nur Afifah; Ervan Kastrena; Eneng Fitri Amalia
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i3.2820

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, banyak peserta pelatihan pencak silat Cahya Paroman menunjukkan penurunan motivasi, seperti kurangnya semangat dan antusiasme dalam berlatih. Beberapa atlet juga kurang percaya diri dan tidak memiliki target yang jelas, sehingga tidak termotivasi untuk mencapai prestasi optimal. Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya motivasi yang konsisten, dimana atlet hanya bersemangat menjelang pertandingan. Studi ini memiliki ditujukan untuk mengukur tingkat motivasi berprestasi dan kepercayaan diri atlet. Teknik yang diterapkan yaitu deskriptif kuantitatif untuk pengambilan informasi melalui angket untuk memahami motivasi dan kepercayaan diri atlet, diharapkan mampu ditemukan solusi guna meningkatkan semangat berlatih dan mencapai prestasi yang lebih baik. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan bagi pelatih dan pengelola dalam merancang program pelatihan yang lebih efektif. Studi ini mengungkapkan bahwa tingkat motivasi berprestasi tergolong tinggi, dengan 12 partisipann (24%) memilih opsi “sangat setuju”, 31 partisipan (62%) “setuju”, dan 7 partisipan (14%) “ragu-ragu”. Tidak ditemukan partisipan yang memilih opsi “tidak setuju” atau “sangat tidak setuju”. Untuk tingkat kepercayaan diri, hanya 2 partisipan (4%) yang memilih “sangat setuju”, 36 partisipan (72%) “setuju”, dan 12 partisipan (24%) “ragu-ragu”. Dengan demikian, motivasi berprestasi atlet pencak silat cahya paroman ini tergolong sangat kuat, Dimana mayoritas atlet menunjukkan sikap positif dan antusiasme dalam mencapai prestasi terbaik mereka.
Tingkat Keterampilan dan Ketangkasan Renang Gaya Kupu-kupu pada Mahasiswa PJKR UKAW Palinata, Yahya Jecson; Baun, Alventur; Mae, Ramona Mathias; Nope, Fredik Edison
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i3.2873

Abstract

Renang gaya kupu-kupu menjadi salah satu gaya yang cukup sulit untuk dilakukan bagi pemula, dengan mengacu pada gerakan dan koordinasi yang kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan dan ketangkasan renang gaya kupu-kupu. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan menggunakan lembaran observasi untuk tingkat keterampilan yang meliputi teknik posisi tubuh, gerakan tangan, gerakan kaki, gerakan pengambilan nafas dan koordinasi gerakan serta tes untuk tingkat ketangkasan yang meliputi koordinasi otot-otot tubuh dengan catatan waktu pelaksanaan renang gaya kupu-kupu. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis untuk tingkat keterampilan renang gaya kupu-kupu pada 40 orang mahasiswa PJKR UKAW, maka diperoleh 72,5% (29 orang) dengan kategori baik sekali dan 17,5% (7 orang) dengan kategori baik serta 10% (4 orang) dengan kategori sedang dan tingkat ketangkasan renang gaya kupu-kupu diperoleh 47,5% (19 orang) dengan kategori baik sekali dan 37,5% (15 orang) dengan kategori baik, pada kategori sedang diperoleh 7,5% (3 orang) serta 7,5% (3 orang) dengan kategori kurang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan dan ketangkasan renang gaya kupu-kupu pada mahasiswa PJKR UKAW berada pada kategori baik sekali dengan presentase keseluruhan adalah 87,5%.
The Effect of Individualized Learning Using Digital Tools on Learning the Volleyball Serving Skill and Enhancing Attention Focus Naji, Saif Alaa
JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37630/jpo.v15i3.2906

Abstract

This study investigates the impact of individualized digital learning on the development of volleyball serving skills and attentional focus among middle school students. Results revealed statistically significant improvements in both the volleyball serve and attention scores within the experimental group. The present study aims at exploring the effects of using Personalized Digital Learning on volleyball serving and selective attentional focus of (40) middle school students, aged (12-14), from Al-Thabrat Middle School. With a quasi-experimental design, two equivalent groups of participants was assigned to one of the two conditions: a) an experimental condition where they learned individually with digital content, or b) to control condition, in which were subject to traditional teaching methods. Measurement tools consisted of the standardized volleyball serve performance test and Borden–Anfimov attention scale. Pre-post scores were examined with paired and independent sample t-tests. The findings indicated that there were significant gains for the experimental group in volleyball serve performance (mean score was increased from 18.8 to 40.5; t = 12.45, p < 0.001) and attentional focus (score was increased from 150.7 to 139.1; t = 9.68, p < 0.001). Of the control participant, on average, serve performance was slightly higher following an intervention (18.1 to 33.4; t = 8.21, p < 0.001) and we found no moderation effect of attention (p = 0.221). These results highlight the combined advantage of individualized digital instruction for not only improving motor but also cognitive engagement and, thus, justify the incorporation of digital tools to develop skills in physical education.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 5 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 3 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 15 No 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 15 No. 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 6 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 6 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 5 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 4 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 14 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 14 No. 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 13 No. 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 13 No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 12 No 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 12 No. 2 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 12 No. 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 11 No 2 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 11 No 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 11 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 10 No. 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 10 No 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 10 No. 1 (2020): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 9 No 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 9 No. 2 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 9 No. 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 9 No 1 (2019): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 8 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 8 No. 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 8 No. 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol. 7 No. 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 7 No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKANOLAHRAGA Vol. 7 No. 1 (2017): JURNAL PENDIDIKANOLAHRAGA More Issue