Manajemen Pelayanan Kesehatan
MPK is a scientific journal with the following focus and scope: Strategic Management of Health Services, Technological Innovation in Health Services, Service Quality Management, Leadership and Human Resource Development, Performance Evaluation and Improvement, Health Economics, Public Health Science, Information Technology, Health Policy, Health Education, Human Resources Management.
Articles
13 Documents
Gambaran Keselamatan Berkendara (Safety Riding) Pada Mahasiswa UIMA Angkatan 2019
Syukur , Revani Maqvira;
Puspoprodjo, Wishnu
Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Indonesian Journal Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47134/mpk.v1i1.2341
Berdasarkan data dari Korlantas Polri yang dipublikasikan Kementerian Perhubungan, angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 103.645 Kasus pada tahun 2021. Menurut data kepolisian di Indonesia Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Indonesia yaitu faktor manusia yaitu yang disebabkan kemampuan serta karakter mengemudinya sebesar 61%, karena faktor kendaraan yaitu yang disebabkan pemenuhan persyaratan teknik laik jalan sebesar 9%, faktor prasarana dan lingkungan sebesar 30%. Di Indonesia rata-rata orang meninggal setiap jam akibat kecelakaan lalu lintas. Safety riding adalah perilaku dalam berkendara dengan mengutamakan keselematan berkendara untuk dirinya dan pengguna jalan lainnya untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas. Tujuan : Mengetahui Karakteristik keselamatan berkendara (safety riding) yang meliputi jenis kelamin, kepemilikan SIM C, pengalaman berkendara, pelatihan safety riding, dan pengetahuan safety riding pada mahasiswa UIMA angkatan 2019. Metode: Penelitian kuantitatif ini mengunakan metode deskriptif menggunakan pendekatan cross sectional yaitu meneliti di waktu tertentu. Hasil : Hasil penelitian berdasarkan karakteristik pengetahuan safety riding pada mahasiswa UIMA Angkatan 2019 di dominasi dengan kategori baik dengan hasil penilaian paling tinggi 94 dengan total 18 pertanyaan dan presentase 66,3%.
Pengaruh Terapi Perilaku Kognitif Terhadap Depresi Pada Pasien Gagal Jantung
Rachmahdani, Farista
Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Indonesian Journal Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47134/mpk.v1i2.2559
Gagal jantung dapat menyebabkan beberapa gangguan pada penderitanya. Salah satunya adalah menyebabkan depresi pada pasien. Depresi pada penderita gagal jantung dipengaruhi oleh beberapa faktor dan setelah terdiagnosis disebabkan oleh rasa takut dan cemas, keterbatasan fungsi fisik, dan rendahnya harga diri. Selain keparahan fisiologis pada pasien, depresi merupakan faktor risiko yang menyebabkan kecacatan dan kematian pada pasien gagal jantung. Untuk mengurangi atau mengendalikan tingkat depresi dapat diberikan terapi kognitif atau terapi perilaku kognitif. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh terapi kognitif terhadap depresi pada pasien gagal jantung. Metode : Pengumpulan data dengan metode studi literatur menggunakan database PubMed, EBSCHO dan Google Scholar dengan kata kunci terapi kognitif, depresi, dan gagal jantung. Kriteria inklusi meliputi pengaruh terapi kognitif terhadap depresi pada pasien gagal jantung dengan artikel 2016-2022. Hasil : Dari 6 artikel dengan 225 responden yang terdiri dari 133 kelompok intervensi dan 92 kelompok kontrol. Terdapat 5 artikel yang menyatakan adanya penurunan depresi setelah diberikan intervensi terapi kognitif dan 1 artikel menyatakan tidak terdapat penurunan depresi setelah diberikan intervensi terapi kognitif. Kesimpulan : 5 artikel terdapat pengaruh terapi kognitif terhadap depresi pada pasien gagal jantung dan 1 artikel tidak terdapat pengaruh terapi kognitif terhadap depresi pada pasien gagal jantung.
Pengelolaan Keluhan Pelanggan yang Efektif di Industri Farmasi
Hidayatullah, Mochammad Firman;
Aesthetika, Nur Maghfirah
Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Indonesian Journal Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47134/mpk.v1i1.2632
Studi ini meneliti peran komunikasi organisasi dalam meningkatkan kualitas produk dan kepuasan pelanggan dalam sebuah organisasi farmasi. Penelitian ini fokus pada jalur komunikasi dari direktur utama melalui HRD hingga unit kontrol kualitas dan produksi. Dengan mengkaji struktur komunikasi internal ini, studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana aliran informasi yang efektif dapat mengarah pada peningkatan kualitas produk dan penanganan keluhan pelanggan. Metodologi yang digunakan adalah analisis kualitatif terhadap proses komunikasi dalam organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi organisasi yang kuat, yang dipimpin oleh inisiatif kontrol kualitas, secara signifikan meningkatkan perbaikan produk dan kepuasan pelanggan. Studi ini menyoroti kebutuhan komunikasi strategis dalam kesuksesan organisasi dan hubungan pelanggan, menyarankan bahwa peningkatan berkelanjutan dalam strategi komunikasi dapat mengarah pada hasil organisasi yang lebih unggul dan kepuasan pelanggan yang berkelanjutan.
Kebijakan Pembayaran Menantang: Perspektif Pengguna BPJS Kesehatan
Qomariyah, Nur Q;
Rochmaniah, Ainur
Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Indonesian Journal Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47134/mpk.v1i1.2636
Penelitian ini menyelidiki persepsi pengguna BPJS Kesehatan terhadap kebijakan pembayaran tunggakan iuran. Meskipun jumlah peserta BPJS terus bertambah, banyak yang masih tidak menyadari kewajiban keanggotaan seumur hidup mereka, mencerminkan kesenjangan signifikan dalam komunikasi kebijakan dan pemahaman publik. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sampling purposif, penelitian ini mengumpulkan data dari lima peserta di Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan melalui wawancara dan observasi. Temuan menunjukkan kurangnya kesadaran yang luas di antara pengguna tentang kebutuhan pembayaran iuran secara kontinu, yang diperparah oleh sosialisasi yang tidak memadai dan notifikasi yang kurang dari BPJS Kesehatan. Kesalahpahaman ini menyebabkan beberapa orang percaya bahwa mereka tidak perlu membayar iuran jika mereka tidak aktif menggunakan kartu BPJS mereka atau melaporkan ketidakmampuan untuk membayar untuk menghentikan keanggotaan mereka. Studi ini menekankan kebutuhan kritis untuk strategi komunikasi yang ditingkatkan untuk memastikan pengguna sepenuhnya informasi tentang tanggung jawab dan manfaat BPJS Kesehatan, menganjurkan upaya penjangkauan yang ditingkatkan untuk menjembatani kesenjangan informasi dan berpotensi meningkatkan kepatuhan dan kepuasan di antara peserta.
Kelelahan Tenaga Kesehatan: Penurunan Kualitas Layanan di Indonesia
Imamah, Siti Aliyatul;
Rini, Chylen Setiyo;
Puspitasari, Puspitasari;
Mushlih, Miftahul
Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Indonesian Journal Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47134/mpk.v1i1.2923
Burnout merupakan sindrom stres yang berhubungan dengan pekerjaan, seperti kelelahan emosional, sinisme dan ketidakefektifan profesional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Burnout Tenaga Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Bhayangkara Pusdik Sabhara Sidoarjo. Desain penelitian ini dilakukan secara eksperimental dengan menggunakan metode cross sectional study. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh burnout tenaga kesehatan terhadap kualitas pelayanan di Rumah Sakit Bhayangkara Pusdik Sabhara Sidoarjo. Pada kategori burnout cukup dan burnout sedang terdapat pengaruh yang signifikan dengan kualitas pelayanan, namun pada kategori burnout tinggi tidak terdapat pengaruh dengan kualitas pelayanan.
Pemodelan Deteksi Dini Diabetes Mellitus menggunakan Pendekatan Ensemble Learning
Usabili, Syaikhina;
Indahyanti, Uce
Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Indonesian Journal Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47134/mpk.v1i1.2924
Diabetes Mellitus ditandai dengan hiperglikemia yang disebabkan oleh pankreas yang tidak dapat memproduksi insulin dengan baik. Diabetes memiliki gejala tahap awal yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur seseorang terprediksi Diabetes Mellitus atau tidak. Berdasarkan data Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo, kasus Diabetes menginjak urutan keempat terbanyak dari 10 penyakit terbesar yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo. Data yang digunakan merupakan data pada tahun 2022–2023 dengan atribut yang terpilih. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeteksi dini gejala awal Diabetes Mellitus tipe 2 dimana terdapat 5 tanda yang terdeteksi sangat akurat. Anotasi data dilakukan oleh tenaga paramedis yang kompeten di bidangnya. Penelitian ini menggunakan metode klasifikasi ensemble learning dengan alat bantu Rapidminer untuk dan melakukan uji training dan uji testing dengan perbandingan 60:40 pada operator split data serta menambah performance untuk menghasilkan nilai akurasi. Hasil yang didaptakan berupa hasil evaluasi dengan tingkat akurasi Random Forest 87.30% yang dimana tingkat akurasi tersebut dapat dikateogorikan sebagai excellent classification.
Total Quality Management di Rumah Sakit: Tinjauan Literatur tentang Metodologi dan Pendekatan Terkait
Widjanarko, Hendrawan;
Tajuddin, Mohammad;
Cahayani, Nadia Brigita;
Desiree, Florencia;
Rahayuningrum, Dessy Putri;
Alexangela, Joanne Switasanny;
Panjaitan, Sally Ester Rohana;
Veranita, Mira
Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Indonesian Journal Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47134/mpk.v1i2.2945
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai metode dari Total Quality Managemet (TQM) sebagai sistem manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan guna perbaikan yang berkesinambungan kaitannya dengan Rumah Sakit. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur untuk menggali berbagai sumber akademis dan praktis yang membahas tentang penerapan TQM di Rumah Sakit. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan wawasan yang lebih beragam dan dalam tentang aspek-aspek penting yang diharapkan dapat diterapkan di Rumah Sakit sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien melalui kualitas pelayan yang lebih baik.
Effect of Immunotropic Substances on the Functional Activity of Neutrophils
Aljwaid, Seger Abdulkhadim Seger;
Alaboudi, Mohammed Ali
Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Indonesian Journal Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47134/mpk.v1i2.3122
This work investigates the effects of amino acids, in particular zinc aspartate and arginine, on neutrophil functional activity in the presence of oxidative stress. Amino acids are recognized to be beneficial for a number of body processes, but little is known about how they regulate neutrophil activity. We measured immunoglobulin levels pre- and post-treatment, neutrophil metabolic activity, and phagocyte activity in a sample of patients with chronic renal illness, aged 20 to 60. The immunological status significantly improved, as evidenced by higher neutrophil metabolic activity and phagocytosis indices. These results imply that taking supplements of amino acids may improve immune responses, which may have therapeutic ramifications for the treatment of chronic inflammatory diseases.
Antibiotic Resistance of Pseudomonas aeruginosa in Burns and Wounds in Baghdad and Al-Samawah City
Alaboudi, Mohammed Ali;
Aljwaid, Seger Abdulkhadim Seger
Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Indonesian Journal Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47134/mpk.v1i2.3124
The most prevalent pathogen in nosocomial situations remains to be pseudomonas aeruginosa. High levels of resistance to several antibiotic classes are displayed by this bacterium. Thus, the purpose of this work is to examine the multidrug-resistant P. aeruginosa bacteria that have been isolated from wound and burn infections. From burn and wound, 69 P. aeruginosa isolates were obtained. Antibiotic susceptibility testing was carried out using the conventional Kirby-Bauer disk-diffusion test method. The antibiotic resistance rate ranged between (20.28–85.5) for 69 isolates of P. aeruginosa tested. The current study revealed that P. aeruginosa isolates that higher level of resistance to Gentamicin, Cefepime, Ceftazidime Ticarcillin, Aztreonam, and also appear high sensitive to Amikacin, Imipenem, Meropenem and Ciprofloxacin. Therefore, in order to implement successful empirical medicines throughout hospital settings, it is imperative to carry out molecular epidemiology research and antibiotic surveillance.
Evaluation of the Implementation of the Occupational Safety Management System (SMK3) at Naibonat Hospital, Kupang Regency in 2024
Elfeto, Josua Eredienst;
Ratu, Jacob Matheos;
Salmun, Johny R.
Manajemen Pelayanan Kesehatan Vol. 2 No. 1 (2025): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.47134/mpk.v2i1.3332
Occupational Health and Safety (K3) is one of the important issues in the world of work today, including in the hospital environment. Work accidents are one of the critical problems in the hospital environment. This is because the hospital is a health service unit that provides services in all fields and types of diseases. The purpose of this study is to evaluate the implementation of occupational safety management system (SMK3) at RSUD Naibonat Kupang Regency. This research design uses a descriptive method with a qualitative approach. Descriptive research is a research method that aims to obtain the results of a description of a situation objectively. The population in this study is all K3RS workers working at Naibonat Hospital totaling 10 people. While the number of samples in this study were all SMK3 workers at Naibonat Hospital amounting to 10 people. From the results of research conducted based on 10 evaluation indicators of the implementation of the occupational safety management system at Naibonat Hospital, it was obtained that there were 9 indicators with the "very good" category where the percentage was in the range (81% to 100%), and 1 other indicator was included in the "good" category with a percentage (61% to 80%). So it was concluded that the implementation of the work safety system at Naibonat Hospital had gone well.