cover
Contact Name
Syamsinar
Contact Email
syamsinar@stainmajene.ac.id
Phone
+6289602357211
Journal Mail Official
ejournal@stainmajene.ac.id
Editorial Address
Jl. BLK Kelurahan Totoli Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Indonesia
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Malaqbiq : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
ISSN : -     EISSN : 29631750     DOI : https://doi.org/10.46870/jam.v1i1
Malaqbiq merupakan jurnal ABDIMAS yang dikelola dengan proses peer review, dipublikasikan oleh Rumah Jurnal STAIN Majene. Jurnal ini fokus pada penerbitan artikel tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini memuat publikasi dalam bidang ilmu pendidikan, agama, komunikasi, sosial, hukum, ekonomi, sains, seni, budaya dan humaniora.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2024): Malaqbiq: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN KEAGAMAAN DAN KESADARAN MENJAGA LINGKUNGAN PADA MASYARAKAT DESA LAPEO Nurul Islam; Mahmudah, Anis
MALAQBIQ Vol. 3 No. 2 (2024): Malaqbiq: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desa Lapeo Kec. Campalagian Kab. Polewali Mandar merupakan tempat yang dikenal sebagai wilayah yang penduduknya religius. Desa Lapeo juga memiliki masjid Nurut Taubah yang didirikan oleh Kyai Haji Muhammad Tahir atau yang sering di sebut Imam lapeo, salah satu penyebar agama islam di tanah mandar yang merupakan objek wisata religi yang tak pernah sepi dikunjungi peziarah. Setelah melakukan observasi, mahasiswa KKN mendapatkan permasalahan salah satunya ialah masih ada anak-anak yang masih kurang pengetahuan dalam membaca al-Qur’an. Kemudian kami juga mendapatkan permasalahan tentang bagaimana agar adanya rasa kepedulian terhadap terhadap kebersihan lingkungan. Oleh karna itu, dalam pengabdian ini, mahasiswa KKN ingin menambah nilai-nilai keagamaan dan peduli kebersihan lingkungan pada masyarakat desa lapeo. Sehingga, mahasiswa KKN membuat program yang terdiri atas: 1) Pembinaan Kegamaan kepada masyarakat yakni program Khutbah. 2) Pembinaan keagamaan kepada Anak-anak meliputi Pembinaan baca Al-Qur’an di masjid Nurul Yaqin Baqbatoa. 3) Bakti sosial setiap hari jum’at. 4) membersihkan Bumdes di Pantai Baqbatoa. Program-program tersebut mendapatkan respon yang baik terhadap masyarakat lapeo, di lihat dari antusias anak-anak dan masyarakat lapeo dalam mengikuti program tersebut. Mahasiswa KKN berharap program-program yang dilaksanakan akan tetap berjalan kedepannya baik itu program TPA untuk anak-anak dan program bakti sosial di masyarakat lapeo.
MODEL PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA DI MAN 1 POLMAN (MENYIAPKAN PEMILIH PEMULA AKTIF PADA PEMILU 2024) Razak, Fitriani Sari Handayani; Nasiruddin, Nurfadilah; Husniah, Husniah; Pahruddin, Pahruddin; Salam, Andi Muhammad Ikbal; Nuraliah, Dewi; Aminuddin, Ahmad; Rahmawati, Rezki; Usri, Usri
MALAQBIQ Vol. 3 No. 2 (2024): Malaqbiq: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Politik kepada Pemilih Pemula berguna untuk memberikan informasi, nilai, pemahaman dan pengetahuan tentang Pendidikan politik pemilih pemula dalam menggunakan hak suaranya dalam pemilihan umum khususnya pada tahun 2024 mendatang. Pemilih pemula sebagai target untuk dipengaruhi karena dianggap belum memiliki pengalaman voting pada pemilu sebelumnya, jadi masih berada pada sikap dan pilhan politik yang belum jelas. Pemilih pemula yang baru mamasuki usia hak pilih juga belum memiliki jangkauan politik yang luas untuk menentukan kemana mereka harus memilih. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung (tatap muka) pada hari Jum’at tanggal 24 November 2023 di MAN 1 Polewali Mandar, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu: 1) Materi tentang Deskripsi Pendidikan Politik Pemilih Pemula; 2) Materi tentang Perilaku Pemilih Pemula Menjelang Pemilu 2024; 3) Materi tentang Peran Perguruan Tinggi terhadap Pendidikan Politik Pemilih Pemula; 4) Materi tentang Peran Media terhadap Pendidikan Politik Pemilih Pemula. Pengabdian Masyarakat ini dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang deskripsi Pendidikan politik pemilih pemula, Perilaku Pemilih Pemula. Hasil dari pengabdian masayarakat ini bahwa siswa sebagai pemilih pemula menjadi memahami, dan mengerti, akan aktif berpartisipasi serta tidak apatis terhadap kegiatan pemilihan umum yang akan datang.
MODERASI BERAGAMA SEBAGAI KUNCI KEHARMONISAN SOSIAL DI DUSUN TARIKOLOT DESA BABABAKANMULYA Safri, Muhammad Yassir; Muaffaq, Ahmad; Wahid, Abdul
MALAQBIQ Vol. 3 No. 2 (2024): Malaqbiq: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu yang telah dipelajari. KKN Moderasi Beragama, yang diadakan di Dusun Tarikolot, Desa Babakanmulya, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, bertujuan untuk memperkuat sikap toleransi dan saling menghargai di antara pemeluk agama yang berbeda. Melalui observasi selama 40 hari, mahasiswa terlibat dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, seperti Bakti Sosial (BAKSOS) dan bertani, yang mencerminkan nilai-nilai moderasi beragama. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keharmonisan sosial tetapi juga memperkuat ikatan antarumat beragama, menunjukkan bahwa keragaman dapat menjadi sumber kekuatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa moderasi beragama berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan berbagai latar belakang dan keyakinan, serta menekankan pentingnya kolaborasi dan dialog dalam menciptakan masyarakat yang damai. Dengan demikian, KKN Moderasi Beragama tidak hanya berfokus pada pengabdian, tetapi juga berkontribusi pada penguatan kerukunan sosial di tengah keberagaman.
OPTIMALISASI SAMPAH BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DI KELURAHAN CISANTANA Nuryadin, Nuryadin; Karim, Ahmad Zafirul; Lestari, Andry; Husna, Kania; Zulfaidah, Rena
MALAQBIQ Vol. 3 No. 2 (2024): Malaqbiq: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cisantana Village, with its rich local wisdom and natural resource potential, has significant opportunities to manage waste effectively. The challenges in this village, as in other places, involve increasing waste volumes due to population growth and rapid economic activities. An approach that involves community empowerment and the integration of religious moderation can provide an effective solution. Community empowerment through programs like waste banks, which emphasize the 3R principles (Reduce, Reuse, Recycle), can raise awareness and encourage public participation. Furthermore, the strong religious moderation in Cisantana Village can serve as a foundation for fostering cooperation across different community groups in waste management, instilling values of tolerance, balance, and mutual respect. The Community-Based Empowerment System (SISDAMAS) method applied in this effort positions the community as key agents in problem-solving. Through program implementation that involves field observations, community involvement in finding solutions, as well as monitoring and evaluation, the waste bank program is expected to positively impact both the economy and social harmony. The integration of community empowerment and religious moderation also faces challenges, such as differences in religious understanding and practices, limited facilities, and resources. However, with a collaborative approach involving the government, private sector, and civil society organizations, these challenges can be managed. In this way, Cisantana Village can develop a more effective, inclusive, and sustainable waste management system.
MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK-ANAK DI DESA TUYAU MELALUI GERAKAN LITERASI Indah, indahrahmahdaniyati; Inayah, Inayah; Isnawati, Isnawati; Azis, Abdul; Pradana, Irfan Dayu; Fatmah, Fatmah; Sari, Indah; Rama, Rama
MALAQBIQ Vol. 3 No. 2 (2024): Malaqbiq: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan ketertarikan membaca pada anak-anak di Desa Tuyau. Melalui kegiatan gerakan literasi yang melibatkan mahasiswa KKN IAIN Palangka Raya. Kegiatan ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Program ini bertujuan untuk menganalisis dampak program literasi terhadap peningkatan kemampuan membaca anak-anak. Hasil kegiatan ini mengungkapkan bahwa program literasi berhasil mengembangkan minat baca dan keterampilan membaca anak-anak secara signifikan. Metode pembelajaran yang bervariasi dan menarik, seperti permainan dan video pembelajaran, menjadi faktor kunci keberhasilan program ini. Namun, kegiatan ini juga mengidentifikasi sejumlah tantangan, seperti kurangnya sumber daya dan kurangnya pemahaman orang tua tentang pentingnya literasi. Implikasi dari kegiatan ini adalah pentingnya kerjasama antara berbagai pihak, termasuk pemerintah, sekolah, dan masyarakat, dalam mengembangkan dan memperluas program literasi. Diharapkan program literasi ini dapat menjadi modal bagi desa-desa lain dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusia. Kata kunci: Gerakan Literasi, Minat Baca, anak-anak, Kalimantan Tengah
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KURIKULUM OPERASIONAL MADRASAH BERBASIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA Idris, Muhammad; Badaruddin, Sukri; Syamsinar; Setiawan, Aan; Zuhdiah; Fachrul Islam, Rukmana; Winarsi, Suci; Bahira; Warkiah
MALAQBIQ Vol. 3 No. 2 (2024): Malaqbiq: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk memberikan pelatihan, mendampingi serta menfasilitasi seluruh unsur di MTs Negeri 1 Majene mencakup Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan untuk mampu menyusun Kurikulum Operasional Madrasah (KOM) berbasis Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilakukan secara luring yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Majene yang dihadiri 43 peserta mencakup Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru dan Tenaga Kependidikan. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu metode andragogi dimana metode ini berfokus pada orang dewasa sebagai peserta didiknya yang memiliki pengalaman hidup, pengetahuan, dan pemahaman yang lebih matang daripada anak-anak. Metode ini didasarkan pada prinsip bahwa peserta didik dewasa lebih mandiri, memiliki motivasi internal, dan ingin terlibat dalam proses pembelajaran. Pendampingan ini dilaksanakan oleh Dosen Jurusan Tarbiyah dan Keguruan yang terdiri dari 6(Enam) dosen dan dibantu oleh 3 (tiga) Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Kegiatan ini telah berlangsung selama 4 hari di mulai pada tanggal 17 sd 21 Juli 2024. Selama proses pendampingan serta fasilitasi penyusunan KOM IKM, para peserta kegiatan sangat antusias, itu dapat terlihat dari suasana pendampingan di dalam kelas sangat interaktif melalui diskusi dan umpan balik, para peserta juga mampu berkolaborasi menyusun KOM IKM dengan baik sesuai langkah-langkah yang disampaikan oleh narasumber. Hasil dari pendampingan ini bahwa para peserta mampu menyusun KOM IKM yang diharapkan seperti dapat menggali potensi lokal, mengidentifikasi kebutuhan siswa, mengikuti Standar Isi Pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk memastikan bahwa kurikulum yang disusun tetap mencapai standar kualitas yang diharapkan
PENDIDIKAN KEAGAMAAN DAN BUDAYA BAGI ANAK-ANAK Saifuddin; Sudirman; Nursamzinar
MALAQBIQ Vol. 3 No. 2 (2024): Malaqbiq: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46870/jam.v3i2.1243

Abstract

Pendidikan di sekolah harus didukung dengan pendidikan di rumah dan di masyarakat, dalam artian bahwa di masyarakat ada tokoh agama dan di rumah ada orang tua yang memiliki peran penting dalam internalisasi nilai-nilai agama pada anak. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan dampak positif terutama dalam bidang pendidikan keagamaan dan budaya, khususnya bagi anak-anak. Tim pengabdian dari Institut Agama Islam Darus Da’wah Wal Irsyad Polewali Mandar melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat bertemakan "Pendidikan Keagamaan dan Budaya bagi Anak-Anak" di Lingkungan Pulo Tangnga, Kelurahan Amassangan, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Permasalahan di lingkungan pulo tangnga kelurahan Amassangan Kecamatan Binuang menunjukkan perilaku perkembangan moral anak yang terkdang tidak sopan memperlakukan teman seusianya, malas ke masjid, enggan melaksanakan puasa di bulan ramadhan. perilaku tersebut menunjukkan perkembangan moral yang belum optimal pada anak di pulo tangnga. Sehingga pembiaran terhadap permasalah moral anak akan menjadi permasalahan yang serius jika tidak diberi solusi, untuk itu melakukan analisis perkembangan moral anak sejak usia dini menjadi sangat penting
PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA PONDOK PESANTREN IKYA’UL ULUM DDI BARUGA KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWAESI BARAT Abd. Fattah; Napis Djuaeni
MALAQBIQ Vol. 3 No. 2 (2024): Malaqbiq: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program pendampingan pembelajaran bahasa Arab di Pesantren Ikhya’ul ‘Ulum DDI Baruga bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemahiran berbahasa Arab, mencakup keterampilan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Pendampingan dilakukan melalui pendekatan kolegial, profesional, dan berbasis kebutuhan, mencakup sosialisasi, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum 2013, serta penerapan metode saintifik dan interaktif. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan kompetensi guru, perbaikan mutu pembelajaran, dan terciptanya solusi terhadap kendala pembelajaran bahasa Arab. Program ini juga bertujuan menjadikan pesantren sebagai model pendidikan yang inovatif dan berkelanjutan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8