cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsantiajipendidikan@unmas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
ISSN : 20879016     EISSN : 26854694     DOI : https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2
Core Subject : Education,
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)" : 12 Documents clear
INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: PERSPEKTIF TRI HITA KARANA Dharmayanti, Putu Ayu Paramita; Luh Putu Dian Sawitri
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v14i1.7699

Abstract

Tri Hita Karana merupakan salah satu kearifan lokal Bali yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Integrasikan nilai-nilai Tri Hita Karana ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris dipercaya dapat memberikan dampak yang positif bagi siswa. Oleh karena itu, studi ini akan membahas tentang bagaimana nilai-nilai Tri Hita Karana diintegrasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan juga manfaat yang didapat oleh siswa. Studi ini merupakan studi pustaka yang mana data berasal dari sumber data sekunder berupa buku, artikel ilmiah, catatan, dan laporan yang terkait dengan Tri Hita Karana, kearifan lokal, nilai, budaya, dan pembelajaran Bahasa Inggris. Data yang dikumpulkan dengan cara membaca, mencatat dan menyusun informasi selanjutnya dianalisi dan dipaparkan secara deskriptif perskriptif. Adapun hasil dari studi pustaka ini menyatakan bahwa nilai-nilai Tri Hita Karana dapat diintegrasikan ke dalam instruksi pembelajaran, materi pembelajaran, topik pembelajaran, strategy pembelajaran, dan juga aktivitas pembelajaran. Dengan mengintegrasikan Tri Hita Karana ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris, siswa mampu berbahasa inggris dengan baik tanpa kehilangan identitasnya. Integrasi nilai-nilai Tri Hita Karana ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris juga efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa. Selain itu, karakter dan keterampilan abad 21 seperti keterampilan berbicara, berfikir kritis, bekerjasama, dan kreatif juga dapat berkembang dengan baik.
TELL AND SHOW: STRATEGIES FOR IMPROVING STUDENTS' WRITING Ni Kadek Rovida; Ni Wayan Krismayani; Dewa Gede Agung Gana Kumara
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v14i1.7775

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk keefektifan metode pembelajaran tell-show dalam meningkatkan tingkat kemampuan menulis pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Ubud tahun ajaran 2022/2023. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, digunakan pre-test, post-test, dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan hasil pre-test pra siklus diketahui bahwa subjek mempunyai kemampuan menulis yang baik, khususnya dalam membuat paragraf deskriptif. Setelah itu, metodetell-show digunakan untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas. Hasil post-test 1 sesi kedua menunjukkan bahwa kemajuan subjek kurang dari pre-test sebelumnya. Lebih lanjut, hasil post-test 2 menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis, yaitu dari baik menjadi sangat baik. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa reaksi positif siswa terhadap metode yang digunakan. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa metode tell-show dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII di SMPN 2 Ubud pada tahun ajaran 2022/2023. Selain itu, para siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap metode ini. Guru Bahasa Inggris di SMPN 2 Ubud disarankan untuk menggunakan tell-show untuk memudahkan siswa dalam menulis. Guru juga dapat memberikan fakta pendukung dalam bentuk gambar yang sesuai dengan topik.
THE SIGNIFICANCE OF TEACHER CORRECTION ON STUDENT CONFIDENCE AND WRITING ACHIEVEMENT Ni Putu Dian Adnyani Putri; I Ketut Wardana; Dewa Ayu Ari Wiryadi Joni
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v14i1.8084

Abstract

Koreksi oleh guru dianggap sebagai faktor kritis dalam proses pembelajaran menulis, karena dapat memengaruhi bagaimana siswa menilai keterampilan menulis mereka dan pada akhirnya dapat memengaruhi pencapaian menulis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh koreksi oleh guru terhadap tingkat kepercayaan diri dan pencapaian menulis siswa dalam konteks pembelajaran bahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eks post facto dengan desain korelasi sebab-akibat. Melibatkan 300 siswa kelas delapan sekolah menengah pertama dan melalui teknik purposive sampling, 10% atau 30 siswa dipilih sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner pre-test dan post-test yang mengukur tingkat kepercayaan diri siswa dan tes menulis paragraf deskriptif baik sebelum maupun setelah menerima koreksi dari guru. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji t pretest-posttest berpasangan untuk menentukan signifikansi statistik dari perubahan yang diamati. Hasil menunjukkan bahwa koreksi oleh guru memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kepercayaan diri siswa dalam menulis (7.133 > 2.045). Setelah menerima koreksi dari guru, siswa cenderung merasa lebih percaya diri dalam kemampuan menulis mereka dan lebih termotivasi untuk terus meningkatkan keterampilan menulis mereka (4.205 > 2.045).. Selain itu, koreksi oleh guru juga memiliki dampak positif pada pencapaian menulis siswa. Siswa yang menerima koreksi dan umpan balik dari guru cenderung menunjukkan peningkatan dalam kualitas menulis mereka. Temuan ini menyoroti pentingnya peran guru dalam memberikan koreksi yang efektif dan memberikan umpan balik konstruktif kepada siswa dalam proses pembelajaran menulis.
MOTIVATION AND ENGLISH-SPEAKING ABILITY OF THE ECONOMICS STUDENTS Ari Wiryadi Joni, Dewa Ayu; Paramita Dharmayanti, Putu Ayu; Putri Wirastuti, I Gusti Agung
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v14i1.8577

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menemukan korelasi antara motivasi dan kemampuan berbicara bahasa Inggris pada mahasiswa ekonomi di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Sampel yang digunakan berjumlah 36 orang yang diambil menggunakan teknik kluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi dan penilaian kinerja. Data yang ditemukan diolah menggunakan Pearson Product Moment Correlation berbantuan SPSS 27.0. Hasil dari analisis memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi dan kemampuan berbicara bahasa Inggris dari mahasiswa ekonomi di Universitas Mahasaraswati Denpasar, dengan nilai r sebesar 0.431 yang dapat dikategorikan sebagai hubungan yang cukup tinggi.
PERSEPSI SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA SECARA DARING BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DI SMP (SLUB) SARASWATI 1 DENPASAR Desak Nyoman Budiningsih
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v14i1.8618

Abstract

Pembelajaran online, yang menjadi solusi terhadap tantangan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19, telah diadopsi oleh SMP Saraswati 1 Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi persepsi siswa terhadap efektivitas pembelajaran daring berbasis aplikasi Google Classroom pada mata pelajaran IPA serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi siswa dalam proses belajar. Penelitian ini dilakukan pada 02 Mei hingga 16 Juni 2022, di SMP Saraswati 1 Denpasar. Variabel terikat penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap efektivitas pembelajaran daring menggunakan aplikasi Google Classroom. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner tertutup. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei deskriptif kuantitatif. Populasi studi ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Saraswati 1 Denpasar, dan sampelnya adalah kelas VIII D dan VIII G. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dianalisis dengan pendekatan statistik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap efektivitas pembelajaran daring dengan Google Classroom pada beberapa aspek, meskipun ada aspek yang mendapat respon negatif. Dengan demikian, model pembelajaran daring dengan Google Classroom dianggap efektif.
PERSPEKTIF PENDIDIK MATEMATIKA DI BALI INDONESIA TENTANG SIGNIFIKANSI PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA Payadnya, I Putu Ade Andre; Wulandari, I Gusti Ayu Putu Arya; Puspadewi, Kadek Rahayu; Pradnyanita, Ayu Dewi Chandra; Laksmi, Ni Nyoman Ari
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v14i1.8662

Abstract

Etnomatematika, atau matematika budaya, sangat penting dalam upaya memahami, menjelaskan, memanipulasi, dan akhirnya menggunakan konsep matematika untuk mengatasi kesulitan dalam kehidupan sehari-hari. Namun etnomatematika dipandang sebagai topik yang kompleks di Indonesia sehingga dapat menimbulkan kesulitan karena harus dipahami dengan baik. Penelitian ini bermaksud untuk menutup kesenjangan tersebut dengan menggali perspektif pendidik matematika di Indonesia sebagai pemangku kepentingan yang penting dalam mempelajari pentingnya etnomatematika secara mendalam. Responden penelitian ini adalah dosen, guru, dan guru prajabatan Indonesia. Kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi, dan pemeriksaan kualitas data melalui sumber merupakan beberapa teknik analisis data yang digunakan. Respon positif ditunjukkan oleh para pendidik matematika mengenai pentingnya etnomatematika dalam pembelajaran, dengan rata-rata skor responden di Indonesia sebesar 4,77. Penelitian ini menyimpulkan pentingnya mengintegrasikan etnomatematika dalam pendidikan, yang terkait erat dengan pengembangan budaya, menekankan peran penting penggunaan strategi komprehensif dalam implementasinya. Penelitian berikutnya diharapkan akan melibatkan lebih banyak responden dari berbagai latar belakang budaya, serta dilakukan secara lintas negara
PROFIL PENGGUNAAN ICT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH: SEBUAH LITERATURE REVIEW Ni Kadek Sintya Purnama Sari; Fortinata Mada; Ni Wayan Ekayanti; Ni Komang Dina Suciari; Dewa Ayu Sri Ratnani; Nengah Dwi Handayani
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v14i1.8665

Abstract

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Biologi di sekolah Indonesia telah menjadi fokus utama dalam era pendidikan digital. Penelitian ini menggunakan metode literature review untuk menyelidiki dampak dan tantangan integrasi teknologi ini. Dengan menganalisis literatur terbitan antara tahun 2019 hingga 2024 yang dapat diakses melalui Google Scholar menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP), hasil penelitian menunjukkan gambaran yang jelas tentang penggunaan ICT dalam konteks pembelajaran IPA dan Biologi di sekolah. Integrasi teknologi ini memberikan kontribusi yang signifikan, termasuk peningkatan minat dan motivasi siswa serta kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Namun, masih ada tantangan seperti kurangnya kesiapan teknis dan kendala aksesibilitas infrastruktur yang perlu diperhatikan lebih lanjut. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama antara berbagai pihak untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, integrasi ICT dalam pembelajaran IPA dan Biologi di sekolah Indonesia memberikan dampak positif yang signifikan. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan sumber daya, penggunaan ICT telah membawa manfaat dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa, mempersiapkan calon guru dengan lebih baik, serta meningkatkan profesionalisme guru melalui TPACK. Hal ini membantu pembelajaran IPA dan Biologi terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi pendidikan di Indonesia.
A SYSTEMATIC REVIEW: TRENDS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES IN CLIMATE CHANGE MATERIALS Arjaya, Ida Bagus Ari; Surata, Sang Putu Kaler
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v14i1.8666

Abstract

Socioscientific issues (SSI) merupakan isu pendidikan kontemporer yang yang menjadi bagi bekal siswa di dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari Systematic Literature Review (SLR) ini adalah untuk menganalisis a) Teori SSI yang paling relevan dipergunakan pada materi perubahan iklim , b) Metodologi yang paling relevan dipergunakan pada SSI dengan materi perubahan Iklim. Dan c) Kesimpulan serta  sugesti untuk arah penelitian SSI berbasis materi perubahan iklim. Penelitian SLR ini menggunakan protokol PRISMA (Preffered Reporting Item for Systematic Review and Meta-Analysis) dengan search engine website Wiley, DOAJ, dan Springer. Dari 419 data based artikel  hasil penelusuran dalam interval waktu 2017-2021 diperoleh 8 artikel yang sesuai dengan kriteria pencarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori SSI yang paling banyak dipergunakan di dalam penelitian yang terkait dengan materi perubahan iklim adalah teori (Herman et al., 2018), Sedangkan metodologi yang paling relevan dipergunakan dalam penelitian adalah metode kuantitative, mixed methods, dan kualitatif. Hasil sintesis dari kesimpulan dan saran Systematic Review mengarah kepada SSI dalam sebagai place-based instruction mampu mengembangkan berbagai jenis kompetensi siswa diluar kompetensi pedagogisnya, sehingga rekomendasi penelitian selanjutnya lebih berfokus pada pengembangan profesionalisme guru, kemampuan metakognitif siswa, dan merancang pembelajaran agar menerapkan pemahaman siswa tentang SSI serta Nature of Science (NOS).
ERROR ANALYSIS OF NON-ENGLISH STUDENTS IN ENGLISH PRESENTATION: ITS EVIDENCE AND PERCEPTION I Gde Putu Agus Pramerta
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v14i1.8730

Abstract

Penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam proses pembelajaran menjadi tren global dan tuntutan di sektor pendidikan. Namun, memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris bukan berarti tidak adanya kesalahan saat menggunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada kesalahan siswa dalam menggunakan Bahasa Inggris saat presentasi. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kesalahan tata bahasa umum terjadi ketika siswa melakukan presentasi dalam bahasa Inggris; dan (2) untuk mengetahui perasaan dalam menggunakan bahasa Inggris. Desain penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. 40 mahasiswa program studi pendidikan Biologi menjadi subjek penelitian. Mereka berpartisipasi untuk mengisi kuesioner. Empat rekaman video presentasi diunggah ke YouTube sebagai data penelitian. Data kesalahan tata bahasa siswa juga dikumpulkan dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa mampu melakukan presentasi dalam bahasa Inggris namun melakukan kesalahan dalam tenses, pemilihan kata, dan kata benda tunggal/jamak; (2) kecemasan terjadi ketika mereka berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini menyiratkan bahwa siswa memerlukan kursus bahasa Inggris intensif untuk memperkuat bahasa Inggris dasar mereka.
VISUALISASI MEDIA GAMBAR: PEMAHAMAN MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU TENTANG PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI Sang Putu Kaler Surata; I Made Diarta; I Made Surya Hermawan; I Wayan Mardikayasa
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v14i1.8731

Abstract

Meskipun menggambar telah menjadi pendekatan interaktif dan visual yang populer dalam pendidikan biologi, tetapi media tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan dalam pelatihan guru, khususnya terkait pengembangan perangkat pembelajaran.  Penelitian ini mengkaji pemahaman mahasiswa calon guru dalam program "Pendidikan Profesi Guru" (PPG) di Indonesia tentang pengembangan perangkat pembelajaran biologi melalui visualisasi dalam bentuk gambar, baik sebelum maupun setelah sesi pembelajaran. Melalui pendekatan studi kasus, penelitian melibatkan sembilan partisipan mahasiswa PPG bidang biologi. Partisipan menggambar perspektif mereka tentang pengembangan alat peraga pembelajaran sebelum dan sesudah pelatihan, kemudian menuliskan narasi visual mereka. Gambar dan narasi dianalisis dengan memilih kata kunci dan mengklasifikannya ke dalam tiga model mental yang mewakili tingkat pemahaman yang berbeda: pemahaman tidak lengkap, sebagian, dan lengkap. Hasil penelitian menemukan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konseptual partisipan, dengan perubahan dalam pola gambar, peningkatan penggunaan kata kunci, dan pilihan warna yang lebih beragam. Namun, sebagian besar peserta masih menunjukkan pemahaman yang tidak lengkap tentang konsep tersebut. Hal itu mengindikasikan perlunya perbaikan lebih lanjut dalam metodologi instruksional terkait dengan pengembangan perangkat pembelajaran. Wawasan ini memberikan umpan balik yang berharga untuk program pelatihan guru di masa depan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 1 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 2 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 3 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 1 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 10 No 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 10 No. 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 10 No 1 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 9 No. 2 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 9 No 2 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 9 No 1 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 8 No 2 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 8 No. 1 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 8 No 1 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 7 No. 2 (2017): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 5 No 2 (2015): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 5 No. 2 (2015): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 4 No. 2 (2014): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 4 No 2 (2014): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 3 No. 2 (2013): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 1 No 2 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 1 No. 2 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 1 No 1 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 1 No. 1 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) More Issue