cover
Contact Name
Arif Rahman Aththibby
Contact Email
jpfummetro@gmail.com
Phone
+6281379265179
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No.116 Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro Lampung. 34111
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
ISSN : 23375973     EISSN : 24424838     DOI : http://dx.doi.org/10.24127/jpf
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is firstly published in 2013 and periodically published twice per year on March and September.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2025)" : 8 Documents clear
Analisis Self Efficacy Peserta Didik terhadap Pembelajaran Fisika Rahmawati, Evi; Sari, Ika Mustika
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro Vol 13, No 1 (2025)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v13i1.11697

Abstract

Self efficacy merupakan suatu keyakinan yang dimiliki setiap individu terhadap kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan tertentu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memotret self efficacy peserta didik kelas XII SMA dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan dalam pengumpulan data menggunakan teknik survei. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen non tes untuk mengukur dimensi pada self efficacy yaitu magnitude, generality, dan strength. Sebanyak 125 peserta didik di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Cianjur terlibat dalam proses pengambilan data ini. Berdasarkan hasil survei, secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa self efficacy peserta didik pada pembelajaran fisika adalah sebesar 70,4% dalam kategori sedang, 15,2% dalam kategori tinggi, sedangkan sisanya dalam kategori rendah. Dari ketiga dimensi pada self efficacy, tingkatan dimensi paling rendah dicapai pada dimensi strength, yaitu sebesar 34,4%. Dengan demikian, dari data ini penelitian selanjutnya akan dititikberatkan pada peningkatan self efficacy, salah satunya pada dimensi stregth agar peserta didik  lebih percaya diri dalam menyelesaikan berbagai tantangan dalam pembelajaran fisika.
EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STML PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA Nasya, Alna; Subagiyo, Lambang; Qadar, Riskan
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro Vol 13, No 1 (2025)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v13i1.11178

Abstract

The low critical thinking ability of students is a concern of the education system for the success of learning in the 21st century. The combination of models with the right approach during learning is certainly needed to improve critical thinking skills.The solution to improve critical thinking skills is to apply a problem-based learning model with the SETS approach. This study used a pre-experiment method with a one group pretest-posttest design. The sample used amounted to 40 people who were taken with purposive sampling technique. This research instrument consists of essay questions that contain five indicators of critical thinking: a) provide simple explanations, b) build basic skills, c) conclude, d) provide further explanation, e)organize strategies and techniques. The results showed that the use of problem-based learning model with STML approach was effective in improving students' critical thinking skills. The most improved aspect is in the aspect of buildingbasic skills with an average N-Gain score of 0.80, and the least improved aspect is in the aspect of providing further explanation with an average NGain score of 0.52. These results can provide alternative ways to improve students' critical thinking skills through the application of innovative and cooperative learning models such as problem-based learning with the SETS approach
DESKRIPSI KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMAN 1 SUNGAI RAYA Nabila, Putri; Sirait, Judyanto; Habellia, ray Cinthya
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro Vol 13, No 1 (2025)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v13i1.11189

Abstract

Solving problems on Newton's law material is not enough just to memorize the formula, students must have the ability to use multiple representations because the concept of Newton's law is very complex, students must be able to analyze the forces acting on blocks according to the idea to make it easier to solve problems. This research aims to describe students' abilities and answer patterns in solving Newton's law of force on an inclined plane using multiple representations. This research used qualitative methods involving 34 students in class XI MIPA SMA Negeri 1 Sungai Raya for the 2023/2024 academic year. Data collection was carried out by giving multi-representation tests in the form of description tests and interviews. From the results of multi-representation tests and interviews, it was found that almost all students were able to write style names completely, and a few errors were found in writing style names. In describing force diagrams, it was found that all students could describe normal force and gravity force, but it was found that some students could not describe pushing force, friction force, and rope tension force.  Then, the ability of students to solve mathematical equations, overall very few students can solve mathematical equations completely and precisely.  
Interpretasi Sebaran Air Lindi Dengan Metode Potensial Diri dan Dampak Sosial Lingkungan di Kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Palangka Raya Dwinanda, Indah Gumilang; Thareq, Subhan Ilham; Kurniati, Ety; Adelia, Kadek Ayu Cintya
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro Vol 13, No 1 (2025)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v13i1.12020

Abstract

Waste is one of the national problems that will have a direct impact on the environment and social in the community. In Indonesia itself, the open-dumping system is still the system applied in most landfills in Indonesia. The system is relatively simple and easy, but it is not free from many shortcomings, namely the emergence of leachate flows, especially in provinces/regions that have a dense population. The shortcomings of the system give urgency to the research conducted, namely analyzing and evaluating the distribution of leachate water in the Palangka Raya City Landfill using the self-potential method, especially with a fixed-based configuration. The purpose of this research is to analyze the potential difference value and its relationship to leachate flow, make a map of leachate distribution and flow and analyze the social environmental impact around the Palangka Raya City Landfill. The results showed that the anomalous distribution was blue to purple with a range of values around -4mV to -12 mV, a low potential difference value that can be interpreted as an accumulation of fluid flow or leachate below. Based on the results of data processing in the field, this shows that the distribution of anomalies with low values is on the side that leans closer to the garbage and away from residential areas. The water flow flows from the southwest to the northeast. The accumulation of fluid flow is also trapped in an area that is lower than its surroundings
Penetrapan Model PjBL Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Energi Terbarukan Di SMA Lili, Lili; Sitompul, Stepanus Sahala; Firdaus, Firdaus; Oktavianty, Erwina
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro Vol 13, No 1 (2025)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v13i1.11219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran PjBL yang di integrasikan dengan STEM terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi energi terbarukan di SMA. Bentuk penelitian ini yaitu pre-experimental design jenis one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian yakni 30 orang peserta didik kelas XA di SMA Negeri 1 Ledo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada pretest sebanyak 30% peserta didik memiliki hasil belajar pada kategori rendah, dan pada posttest sebanyak 87% hasil belajar peserta didik berada pada kategori sangat tinggi. Kemudian, berdasarkan hasil Uji Wilcoxon nilai Asymp. Sig (2-Tailed) sebesar 0.000 (r < 0.05), dengan tingkat kefektivitasan berada pada kategori tinggi (5 > 0,7). Kesimpulan penelitian yakni penerapan model PjBL Terintegrasi STEM efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi energi terbarukan di SMA Negeri 1 Ledo.
Pengembangan LKPD Berbasis Model PjBL Berbantuan PhET Untuk Meningkatkan Kreativitas Ilmiah Siswa SMA materi fisika Sumo, Maimon; muslimah, muslimah; Suprianto, Suprianto; MS, S. Ida Kholida
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro Vol 13, No 1 (2025)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v13i1.12321

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Project-Based Learning (PjBL) dengan bantuan simulasi PhET untuk meningkatkan kreativitas ilmiah siswa SMA. Kreativitas ilmiah merupakan keterampilan penting dalam pembelajaran abad ke-21, terutama dalam memahami konsep fisika yang kompleks. Namun, pembelajaran konvensional yang masih berpusat pada guru menyebabkan rendahnya kreativitas ilmiah siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan LKPD berbasis proyek yang mengintegrasikan simulasi interaktif PhET untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dalam eksplorasi konsep energi terbarukan. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), LKPD yang dikembangkan dinilai oleh tiga validator unruk yang mengukur aspek format, isi, komponen, dan bahasa menggunakan skala Likert. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat validitas sangat tinggi dengan persentase 94%, dikategorikan sebagai "Sangat Valid." Elemen-elemen dalam LKPD, seperti rancangan proyek, fenomena sains, serta evaluasi yang terstruktur, memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep fisika. Integrasi simulasi PhET memungkinkan siswa melakukan eksperimen virtual, meningkatkan daya analisis, serta melatih keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, penggunaan simulasi ini juga membantu siswa menghubungkan konsep fisika dengan fenomena nyata, memperkuat pemahaman mereka terhadap prinsip-prinsip ilmiah. limitasi penelitian belum menguji efektivitasnya dalam meningkatkan kreativitas ilmiah siswa secara langsung di kelas. Oleh karena itu, penelitian lanjutan diperlukan untuk mengukur dampak penggunaan LKPD terhadap keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah siswa dalam konteks pembelajaran nyata.
Efektivitas Model 5E Terintegrasi STEM-EDP untuk Meningkatkan Kemampuan Collaborative Problem Solving Peserta Didik SMA Pramudytha, Adelia Dwi; Abdurrahman, Abdurrahman; Distrik, I Wayan
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro Vol 13, No 1 (2025)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v13i1.11746

Abstract

Reformasi pendidikan global menekankan pengembangan kemampuan peserta didik menghadapi tantangan masa depan melalui pendidikan STEM. Model 5E terintegrasi STEM-EDP efektif meningkatkan keterampilan abad ke-21, seperti Collaborative Problem Solving (CPS). Namun, implementasinya di Indonesia terkendala pada kurangnya pemahaman guru tentang STEM dan dominasi metode pembelajaran teacher centered. Pada penelitian ini, model 5E terintegrasi STEM-EDP digunakan pada kelas eksperimen dan model PBL digunakan pada kelas control. Hasil penelitian menunjukkan model 5E terintegrasi STEM-EDP lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan CPS peserta didik, dengan rata-rata nilai pretest-posttest kelas eksperimen 37,99 dan 74,86, sedangkan kelas kontrol 33,33 dan 45,97. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini dinyatakan valid, reliabel, data berdistribusi normal, homogen, dan terdapat perbedaan signifikan (Sig. 0,05), dengan effect size 0,738 menunjukkan pengaruh cukup besar. Penelitian di menunjukkan bahwa model 5E terintegrasi STEM-EDP efektif meningkatkan kemampuan CPS pada topik gerak lurus. Model ini mendorong peserta didik aktif, berkolaborasi, dan berpikir kritis, dengan peningkatan CPS kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kontrol. Kata Kunci: Model 5E, STEM-EDP, Collaborative Problem Solving
PENGEMBANGAN LKPD MATERI GERAK DAN GAYA PADA KONTEKS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK KELAS VII SMP Ramadhani, Adinda; Andriani, Nely
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro Vol 13, No 1 (2025)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v13i1.12159

Abstract

LKPD Materi Gerak dan Gaya pada konteks permainan tradisional untuk siswa kelas VII SMP telah dikembangkan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan utama yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Tahap evaluasi dilakukan menggunakan evaluasi formatif Tessmer hingga tahap small group evaluation tanpa field test. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat valid berdasarkan tiga aspek utama, yaitu aspek isi dengan persentase 94,4%, aspek kebahasaan 94,1%, dan aspek desain 98,57%. Dari segi kepraktisan, LKPD ini juga sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 94,4% pada tahap one-to-one evaluation dan 93,11% pada tahap small group evaluation. Dengan hasil validasi dan kepraktisan tersebut, LKPD ini dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Penggunaan permainan tradisional dalam LKPD membantu peserta didik memahami konsep gerak dan gaya melalui pengalaman belajar yang lebih konkret dan kontekstual. Selain itu, pendekatan ini juga berkontribusi dalam melestarikan budaya lokal dengan mengenalkan kembali permainan tradisional kepada generasi muda. Dengan demikian, pengembangan LKPD berbasis permainan tradisional ini dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran IPA yang lebih interaktif dan bermakna bagi siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8