cover
Contact Name
Noni Antika Khairunnisah
Contact Email
lpp.mandala@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lpp.mandala@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
ISSN : 24429511     EISSN : 26565862     DOI : -
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every year.
Arjuna Subject : -
Articles 63 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)" : 63 Documents clear
The Effect of Learning Community in Improving Students' Ability in Solve Math Problems in Class V Zunarni, Anita; Sakina, Balik Shalikhatus; Kusumaningrum, Shirly Rizki; Dewi, Radeni Sukma Indra
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jime.v8i4.4079

Abstract

Students' skills in solving problems in mathematics have an impact on learning outcomes. Mathematical problems are closely related to students' daily lives. These problems can be resolved through discussion and collaboration. A learning community is a learning model that facilitates problem-solving in a learning community. In society, students play an active role by changing knowledge in problem-solving. The purpose of this research is to know the effect of mathematical problem-solving ability in class with a Learning Community. The method used is a quasi-experimental design with a nonequivalent control group design. The results of this study indicate an increase in the mathematical problem-solving ability of the experimental class with a percentage of N-Gain in the experimental class of 65. 84% are categorized as quite effective. The experimental class and the control class showed differences in mathematical problem-solving abilities which were indicated by a significance level of < 0.05, this indicates that there is an influence of the learning community on increasing mathematical problem-solving abilities. The results of the research in the experimental class can be concluded that the learning community has an influence on improving students' ability to solve mathematical problems.
Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Di Sma Negeri 1 Jonggat Dan Man 2 Lombok Tengah Tahun 2021 sumiati, sri
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jime.v8i4.3963

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru di SMA Negeri1 Jonggat dan MA Negeri 2 Lombok Tengah, kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru SMA Negeri1 Jonggat dan MA Negeri 2 Lombok Tengah, dan mengetahui solusi yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru SMA Negeri 1 Jonggat dan MAN 2 Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Jonggat dan MA Negeri 2 Lombok Tengah tahun 2021. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis kualitatif dengan reduksi data, display data, dan veryfikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Ada berbagai strategi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru di SMA Negeri1 Jonggat dan MA Negeri 2 Lombok guna peningkatan kompetensi guru untuk dapat mewujudkan visi misi lembaga, diantara strategi yang telah dilakukan adalah sebagai berikut; mengikutkan guru dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan tenaga guru (PPTG) dan tenaga kependidikan pada umumnya, supervisi, menumbuhkan kreativitas guru, memotivasi guru, penataran dan lokakarya, pengajaran mikro, meningkatkan sarana dan prasarana, mengikut sertakan guru dalam program MGMP. (2). Kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru SMA Negeri 1 Jonggat dan MA Negeri 2 Lombok Tengah antaralain; sistem pembinaan yang kurang memadai,  sikap mental yang kurang menunjang, kurangya koordinasi kegiatan pembinaan dari berbagai pihak yang berwenang, dan banyaknya guru yang gagap teknologi. (3). Solusi yang dilakukan dalam peningkatan kompetensi guru antara lain; memanfaatkan waktu, tenaga dan biaya sebaik mungkin, menambah pengetahuan, peningkatan metode dengan cara mengikuti kegiatan pelatihan-pelatihan yang sifatnya insidental, dan melengkapi sarana prasarana, termasuk teknologi informasi.
Peran Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pendidikan Tentang Potensi Pariwisata Di Kabupaten Sarolangun Rohayati, Wahyu; Karim, Navarin
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jime.v8i4.4063

Abstract

This study will examine the role of local governments in improving education about tourism potential in Sarolangun Regency. This study aims to find out how the government's role in improving education about tourism for the Sarolangun community and how the government's role in managing and increasing tourism potential as well as what factors are supporting and inhibiting tourism development in Sarolangun Regency. By using qualitative descriptive research methods, the results of this study answered that the management of natural tourism objects in Sarolangun Regency by the government (Disparpora) by playing an active role as a facilitator by providing and building facilities and infrastructure, community empowerment, as a regulator, is still upheld regarding customary prohibition rules. and culture. Supporting factors in the management of Sarolangun Regency's natural attractions are the support of the local community and beautiful and pristine natural panoramas that can attract tourists to visit Sarolangun Regency's natural attractions. This study offers recommendations for the need for improvement and improvement of the quality of tourism facilities and infrastructure, such as repairing roads to tourist attractions, providing adequate transportation to tourism objects. It is necessary to add a tourism information center for the sake of convenience for tourists visiting Sarolangun Regency, It is hoped that the government will cooperate with the private sector which is the investor for the development and development of regional tourism objects so that tourism in Sarolangun Regency can succeed optimally, It is expected that the natural environment around the tourist attraction The nature of Sarolangun Regency can be maintained so that this natural tourist attraction can still provide comfort for visitors.
META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) Problem Based Learning TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS dan HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA Aisyah, Siti; Hanafi, Hanafi
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jime.v8i4.3889

Abstract

Berdasarkan banyaknya penelitian yang sejenis tentang studi eksperimen terhadap model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang telah dilakukan. Maka perlu dilakukan pengorganisasian data, menggali informasi dari penelitian terdahulu yang diperoleh, dan mendekati kekomprehensipan data dengan maksud-maksud lainnya serta belum adanya studimeta-analisi pada beberapa studi eksperimen tersebut. Sehingga Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBL) problem based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswadalam lingkup yang lebih luas. Jenis penelitian meta analisis artikel publikasi ilmiah dari jurnal atau skripsi yang memenuhi kriteria inklusi dengan pengolahan data menggunakan effek size rata-rata eksperimen (x̅ E) -rata-rata control (x̅ K) : standar deviasi kelas Kontrol (SD K). Secara keseluruhan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dengan effect size 1.124 kategori sangat tinggi dan hasil belajar kognitif siswa 1.11 kategori sangat tinggi. Model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa pada jenjang sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.
HUBUNGAN TINGGI BADAN DAN BERAT BADAN DENGAN KECEPATAN BERJALAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG BATOK KELAPA (Studi pada Mahasiswa Semester IV Prodi Piaud FTK UIN Mataram) Hananingsih, Wahyu; Anggraini, Erna; Irmayani, Irmayani
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jime.v8i4.4000

Abstract

Permainan tradisional banyak sekali memberi manfaat dalam dunia pendidikan antara lain dapat memberikan berbagai macam stimulus pada anak untuk mengoptimalkan seluruh aspek pengembangan terutama dalam mengembangakan kemampuan motoriknya. Dalam melakukan permainan tradisional khususnya permainan egrang batok kelapa peserta didik harus dapat menjaga keseimbangan tubuh dan memiliki kekuatan dan kecepatan dalam berjalan untuk memainkan alat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar hubungan tinggi badan dan berat badan dengan kecepatan berjalan menggunakan permainan tradisional egrang batok kelapa pada mahasiswa semester IV Prodi Piaud FTK UIN Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen dengn sampel penelitiannya ialah mahasiswa semester IV Prodi Piaud FTK UIN Mataram Tahun Akademik 2021/2022 yang berjumlah berjumlah 32 orang. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes perbuatan. Instrument penelitian menggunakan Instrumen pengukur tinggi badan,  Instrumen pengukur berat badan dan Tes Kecepatan Berjalan seedangkan data dianalsiis menggunakan Uji Prasyarat dan  Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Tinggi badan dan berat badan dengan kecepatan berjalan menggunakan egrang batok kelapa memiliki hubungan yang signifikan secara simultan. 2) Tinggi badan dan berat badan memiliki kekuatan hubungan dengan kecepatan berjalan.
Sistem Sosial Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Menumbuhkan Kesadaran dan Inklusi Sosial Siswa IPS MAN 2 Lombok Tengah Apriawan, Andika; Ningsih, Dewi Puspita
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jime.v8i4.3753

Abstract

Penerapan model pembelajaran penyelesaian masalah (problem solving) merupakan salah satu strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam rangka menumbuhkan sikap sosial siswa yakni siswa memiliki kesadaran sosial serta sikap terbuka atau inklusi sosial dalam mengikuti pembelajaran dalam suatu rombongan belajar. Implementasi sistem sosial dalam pembelajaran berbasis pemecahan masalah ini mencakup peran dan hubungan siswa dengan guru secara rinci pada setiap tahap pembelajaran. Pada penelitian ini model pembelajaran berbasis masalah dianggap sebagai suatu komponen dalam sistem sosial pada pembelajaran yang berlangsung di kelas, sehingga dapat mengakibatkan adanya interaksi pembelajaran antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa, serta siswa dengan sumber belajar lainnya.Penelitian ini adalah peneltian kualitatif deskriptif yang mengkaji tentang pelaksanaan sistem sosial pembelajaran problem solving sebagai upaya untuk menumbuhkan sikap kesadaran dan inklusi sosial pada siswa jurusan IPS di MAN 2 Lombok Tengah.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pnerapan sistem sosial pembelajaran problem solving dapat menumbuhkan kesadaran dan inklusi sosial siswa dalam berinteraksi selama proses pembelajaran berlangsung.
KAJIAN LITERATUR PERANAN PENTING PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK Maesaroh, Siti; Wijayanti, Ni Putu Nita; Adila, Fekie; Desviyanti, Elsya
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jime.v8i4.3977

Abstract

Perkembangan motorik kasar merupakan perkembangan gerakan tubuh yang berpusat pada penggerakan seluruh otot-otot besar (big muscle). Contohnya, kemampuan duduk, berjalan, berlari dan sebagainya. Aktivitas motorik memiliki peranan yang sangat penting dalam mengembangkan keterampilan anak. Dengan aktif bergerak, seorang anak dapat mengembangkan keterampilan motorik kasar. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak, salah satunya melalui permainan tradisional. Namun, semakin majunya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menyebabkan permainan tradisional mulai jarang dimainkan oleh anak-anak. Hal ini menyebabkan anak-anak beralih pada permainan gadget yang lebih menarik dan mudah untuk diakses. Dengan gadget, kemampuan anak dalam bersosialisasi menjadi kurang dan keterampilan motorik kasar tidak bisa dikembangkan. Berdasarkan fenomena yang didapat, peneliti melakukan kajian literatur untuk mengetahui peranan penting permainan tradisional dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur atau tinjauan pustaka. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data pembantu yang diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya dengan topik yang sama. Pengumpulan data menggunakan metode Preferred Reporting Items for Sistematic Review and Meta Analysis (PRISMA). Berdasarkan dari hasil studi literatur dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional dapat menjadi solusi dalam meningkatkan perkembangan kemampuan motorik kasar anak.
PENGARUH MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA KELAS X DI MAN 1 LOMBOK TENGAH Hadi, Muhammad Fajrul; Mariono, Andi; Kristanto, Andi
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jime.v8i4.3971

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keaktifan belajar siswa kelas X di MAN 1 Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experiment. Penelitian ini menggunakan desain pre test post-test control group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menjukkan bahwa model project based learning memberikan dampak positif terhadap keaktifan siswa. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan project based learning memproleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang dibelajarkan tanpa project based learning. Penggunaan model project based learning mendorong siswa lebih aktif dalam belajar. Pada kelas control siswa cenderung lebih pasif dalam belajar. Berdasarkan hasil signifikansi, model project based learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan belajar siswa.
KOMPETENSI INDIVIDU, KOMUNIKASI, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KPU PROVINSI MALUKU Zacharias, Tehubijuluw
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jime.v8i4.3956

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the influence of individual competence, communication, emotional intelligence and organizational culture on employee performance. The population in this study includes all employees at the Maluku Provincial Election Commission totaling 30 people with saturated sample determination. Analysis using multiple linear regression with the help of SPSS 20.00. The results showed that individual competence, communication, emotional intelligence and organizational culture had a positive and significant effect partially and simultaneously on employee performance at the Maluku Provincial Election Commission, where individual competency variables had the most dominant influence on employee performance at KPU Maluku Province.
INVESTIGATING FACTORS INFLUENCING EFL STUDENTS’ CRITICAL THINGKING SKILL AND READING ACHIVENTS IN READING CLASSROOM Terasne, Terasne; Hanan, Ahmad; Utama, I Made Pemadi
Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pendidikan Mandala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58258/jime.v8i4.4014

Abstract

This study aims to investigate the factors that influence EFL students' critical thinking skills and reading achievement in reading classroom. To achieve the research objectives, so that the design of this research was a case study by taking 30 students at third semesters who program critical reading in English Study Program at the Faculty of Culture, Management and Business, Mandalika University of Education. The students were given critical thinking skill test in the form of reading an article and questionnaires consists of 22 items involves two dimensions including: psychology factors and cognitive factors influencing students’ critical thinking and reading achievement. Responses were collected and analyzed. Based on results of the study, it concludes that the students’ critical thinking skill in the scale of very poor. The result shows that critical thinking skill is not due to this individual's even though the individual was born with a state of vision and hearing problems that affect the innate ability critical thinking, the role of motivation and interest was also influencing the students’ critical thinking And Cognitive factors including memory, attention and awareness, and forgetting, influencing critical thinking and reading achievement in reading classroom.

Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 4 (2025): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober) Vol 11, No 3 (2025): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Agustus) Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Ilmiah Mandala Education (April) Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Januari) Vol 10, No 4 (2024): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober) Vol 10, No 3 (2024): Jurnal Ilmiah Mandala Education ( Agustus) Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Mandala Educartion (April) Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Januari) Vol 9, No 4 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober) Vol 9, No 4 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Edcation (Agustus) Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (April) Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Januari) Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober) Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Agustus) Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (April) Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Januari) Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) More Issue