cover
Contact Name
Dr. Lalu Muhaimi, M.Pd
Contact Email
jipp_info@unram.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jipp_info@unram.ac.id
Editorial Address
Mailing Address Jl. Majapahit No. 62 Mataram Principal Contact Dr. Lalu Muhaimi, M.Pd Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram Jl. Majapahit No. 62 Mataram, Lombok, Indonesia Phone: 082191356473 Email: lalu_muhaimi16@unram.ac.id
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Published by Universitas Mataram
ISSN : 25027069     EISSN : 26208326     DOI : https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.99
Core Subject : Education,
JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the field of teaching and learning theories and activities focusing on science education, social science education, linguistics and literature education, language teaching and the like. This journal is published in both printed and online versions. JIPP is in the processes of being accredited and then become a member of cross-reference so that all the articles being published by JIPP will automatically have unique DOI number.
Articles 127 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2025): Februari" : 127 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Dekorasi Lipatan Daun Untuk Wadah Kue Tradisional Rahma Aprilianti Putri, Ihda; Handajani, Sri; Widagdo, Andika Kuncoro; Purwidiani, Niken
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2025): Februari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v10i1.2505

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil pengembangan media pembelajaran video tutorial dekorasi lipatan daun untuk wadah Kue Tradisional; 2) Kelayakan materi dan media pembelajaran video tutorial dekorasi lipatan daun untuk wadah Kue Tradisional ; 3) Respon siswa terhadap media pembelajaran video tutorial dekorasi lipatan daun untuk wadah Kue Tradisional. Metode penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan 4D dengan menggunakan tiga tahapan (Define, Design, dan Development). Validasi video tutorial melibatkan dua validator ahli materi dan dua validator ahli media. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Kuliner 4 di SMKN 6 Surabaya, sedangkan objek dari penelitian ini adalah video tutorial. Adapun teknik analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil pengembangan media berupa MP4 dengan durasi 10 menit yang dapat diakses melalui youtube; 2) Hasil validasi materi dan media dengan nilai rata-rata presentase 94% dan 93% termasuk dalam interpretasi sangat layak; 3) Respon siswa memiliki rata-rata presentase 88,18% dengan presentase sangat baik. Hal ini dapat dikatakan bahwa pengembangan media pembelajaran video tutorial layak digunakan dalam pembelajaran.
Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Heyzine Flipbook Pada Materi Hidangan dari Unggas Siswa Fase F Putri Adinda, Lintang Ayu; Astuti, Nugrahani; Purwidiani, Niken; Widagdo, Andika Kuncoro
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2025): Februari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v10i1.2597

Abstract

Kreativitas dan inovasi dalam pendidikan sangat dibutuhkan baik pengajar dan siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan produk elektronik berupa konten materi. Bahan ajar digital ini menampilkan sebuah media pembelajaran dalam bentuk heyzine flipbook yang bisa diakses melalui tautan yang disediakan.  Penelitian ini memanfaatkan kerangka kerja penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yang mencakup tahapan mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarkan. Hasil penelitian berupa bahan ajar digital berbasis heyzine flipbook telah dievaluasi dan divalidasi oleh ahli berdasarkan penilaian materi dan media dinilai sangat layak dengan rata-rata 95.10% dan 95.4% secara berurutan, sementara tanggapan siswa menunjukkan tingkat persetujuan yang tinggi dengan rata-rata 89.14%. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar digital yang siap diimplementasikan dalam pembelajaran.
Eksplorasi Etnomatematika Dalam Arsitektur Istana Negeri Siak Asserayah El Hasyimiah Riau Pratiwi, Yolanda; Kusno, Kusno
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2025): Februari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v10i1.2840

Abstract

Matematika mempunyai peran penentu atau pivotal pada kehidupan sehari-hari, namun pengajaran matematika sering kali kurang mengaitkan konsep-konsep kontekstual seperti budaya lokal. Istana Negeri Siak Sri Indrapura atau disebut juga Istana Asserayah El Hasyimiah, Riau, adalah warisan budaya penting dari Kerajaan Siak yang dibangun pada abad ke-18. Istana ini mencerminkan integrasi budaya Melayu, Arab, dan Eropa. Banyak elemen geometris yang relevan dalam studi matematika namun belum dikaji secara mendalam. Riset berikut memakai pendekatan kualitatif dan metode etnografi, yang melibatkan wawancara dengan petugas di istana, serta penghimpunan data lewat pengamatan, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi serta validitas dan reliabilitas data diuji melalui triangulasi.  Ruang lingkup penelitian mencakup analisis terhadap sembilan objek yang ada pada arsitektur bangunan istana. Hasil nya menunjukkan bahwa arsitektur istana Siak mengandung berbagai konsep matematika geometris seperti persegi panjang pada bangunan luar Istana, Segitiga dan Belah Ketupat pada objek jendela Istana, Lingkaran pada dinding luar Istana, Balok pada bangunan Istana, Tabung pada tiang, Kerucut pada bagian puncak tiang Istana serta Trapesium pada ukiran pintu masuk Istana Siak. Penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi pada pengembangan etnomatematika di Indonesia serta upaya pelestarian warisan budaya yang kaya akan nilai-nilai lokal.  
Habituasi Nilai Karakter Per Ardua Ad Astra dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik SMA Institut Indonesia Anindhita, Btari Kejora; Fatimah, Nurul
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2025): Februari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v10i1.2853

Abstract

Fenomena dekadensi moral yang terjadi akhir-akhir ini banyak disebabkan oleh generasi muda, sehingga pendidikan karakter perlu ditumbuhkan melalui lingkungan pendidikan formal untuk menyempurnakan pendidikan karakter di keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya sekolah dalam membentuk karakter peserta didik melalui habituasi nilai karakter dalam semboyan Per Ardua Ad Astra. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terstruktur, observasi partisipatoris, dan studi dokumentasi. Data diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan proses pengumpulan data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa habituasi nilai dalam semboyan Per Ardua Ad Astra terinternalisasikan dalam berbagai program-program sekolah untuk menumbuhkan 5 (lima) karakter antara lain: karakter religius, disiplin, pantang menyerah, berbudaya lokal, dan sopan santun. Program-program sekolah ini kemudian dihabituasikan dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler pada keseharian peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa semboyan Per Ardua Ad Astra efektif sebagai pedoman membentuk karakter peserta didik melalui internalisasi nilai religiusitas, kedisiplinan, pantang menyerah, penghargaan terhadap budaya lokal, dan kesopanan, dengan pendekatan yang inklusif, edukatif, dan berbasis proses. Namun, tantangan dalam menciptakan inklusi keagamaan dan memperdalam apresiasi budaya lokal perlu diatasi melalui strategi yang lebih kontekstual dan berkelanjutan.
Penerapan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV SDN 18 Dodu Fathurrahman, Fathurrahman; Puspita, Ryan Dwi
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2025): Februari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v10i1.2883

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teori konstruktivisme dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 18 Dodu. Penelitian kualitatif ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan prinsip-prinsip konstruktivisme dalam proses pembelajaran, seperti memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuan sendiri melalui pengalaman, interaksi, dan refleksi. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan pendekatan culturally responsive teaching juga mendukung terwujudnya pembelajaran yang berpusat pada siswa. Siswa aktif terlibat dalam kegiatan belajar, berkolaborasi dengan teman sekelompok, dan menunjukkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah.
Eksplorasi Pengolahan Lahan Pertanian Bawang Merah: Studi Etnomatematika di Kabupaten Brebes Putri, Ika Septiani; Kusno, Kusno
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2025): Februari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v10i1.2891

Abstract

Kabupaten Brebes adalah sentra produksi bawang merah terbesar di Indonesia. Pertanian bawang merah di wilayah ini tidak hanya menjadi sumber mata pencaharian utama bagi masyarakat setempat, tetapi juga bagian integral dari budaya dan tradisi lokal yang tidak terlepas dari unsur-unsur matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali unsur-unsur matematika yang tersirat pada aktivitas pengolahan lahan pertanian bawang merah, dan menggali nilai-nilai filosofis didalamnya. Metode penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi untuk memahami bagaimana masyarakat petani bawang merah menggunakan konsep-konsep matematika dalam konteks budaya mereka. Subjek penelitian ini adalah petani dan buruh tani dalam aktivitas pengolahan lahan bawang merah, objek penelitian meliputi penyiapan lahan tanam, pembuatan irigasi, hingga proses penanaman bawang merah. Data diambil melalui dokumentasi, wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap petani. Analisis data dilakukan secara tematik, yaitu mengidentifikasi tema-tema utama terkait etnomatematika pada pengolahan lahan bawang merah, meliputi penerapan konsep matematika dalam aktivitas pertanian, penggunaan alat dan satuan ukur tradisional, serta proses pertanian yang berakar pada budaya lokal. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya mengintegrasikan etnomatematika dalam kurikulum pendidikan untuk meningkatkan pemahaman siswa.      Hasil penelitian menunjukkan adanya penerapan konsep matematika dalam pengolahan lahan, termasuk pengukuran, geometri, dan aritmatika. Temuan ini menegaskan pentingnya pengetahuan lokal dalam praktik pertanian dan menunjukkan bagaimana etnomatematika dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika dalam konteks budaya.
Strategi Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembelajaran Interaktif di SDN 8 Buwun Mas Riani S, Ni Wayan Lila; Dewi, Mega Purnami; Mustari, Mohamad
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2025): Februari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v10i1.2920

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengintregasikan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk pembelajaran interaktif di SDN 8 Buwun Mas. Masalah utama yang dihadapi adalah rendahnya keterampilan guru dalam memanfaatkan TIK untuk mendukung proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan sekolah yang terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Intervensi yang dilakukan meliputi peningkatan sarana prasarana teknologi, pelatihan intensif penggunaan perangkat teknologi seperti komputer, perangkat lunak pembelajaran, serta pendampingan dalam merancang media pembelajaran berbasis TIK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan sarana teknologi, pelatihan dan pendampingan secara sistematis berhasil meningkatkan kompetensi guru, baik dari aspek teknis pengoperasian perangkat teknologi maupun dari aspek pedagogis dalam mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran. Selain itu, para guru juga menunjukkan peningkatan dalam kreativitas mereka dalam merancang materi ajar yang lebih menarik dan interaktif menggunakan TIK. Temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi tenaga pendidik untuk memaksimalkan potensi TIK dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk pelaksanaan program serupa di sekolah lain sebagai bagian dari adaptasi pendidikan di era digital.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Intruksional, Gaya Kepemimpinan Situasional, dan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Keberhasilan Kinerja Guru di Gugus 7 Gerung, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat Safitri, Yolanda; Yakin, Nurul; Ahyar, Ahyar
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2025): Februari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v10i1.2996

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan Intruksional terhadap Kinerja Guru, pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional terhadap Kinerja Guru, pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformaasional terhadap Kinerja Guru, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Intruksional, Situasional dan Transformasional terhadap Kinerja Guru di Gugus 7 Gerung. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah field research yang brsifat statistik deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik angket. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh guru SD yang ada di Gugus 7 Gerung, Kecamatan Gerung yang berjumlah sebanyak 69 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Gaya Kepemimpinan Intruksional berpengaruh terhadap Kinerja Guru di Gugus 7 tersebut karena nilai signifikansi (sig) < a atau 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya Gaya Kepemimpinan Intruksionalberpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. 2) Gaya Kepemimpinan Situasional berpengaruh terhadap Kinerja Guru di Gugus 7 tersebut karena nilai signifikansi (sig) < a atau 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya Gaya Kepemimpinan Situasional berpengaruh signifikan terhadap  kinerja guru. 3) Gaya Kepemimpinan Transformaasional berpengaruh terhadap Kinerja Guru di Gugus 7 tersebut karena nilai signifikansi (sig) < a atau 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak, artinya Gaya Kepemimpinan Transformasional berpengaruh signifikan terhadap  kinerja guru. 4) Adapun secara simultan Gaya Kepemimpinan Intruksional, Situasional dan Transformasional sama-sama mempengaruhi Kinerja Guru di Gugus 7 Gerung.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas VII.B SMP Negeri 16 Mataram Azwari, Riki; Mustari, Mohamad; Andriani, Widyan
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2025): Februari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v10i1.3059

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII B SMPN 16 Mataram pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media canva. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian Tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik mengalami peningkatan. Minat belajar peserta didik pada pre-test kriteria rendah 17 peserta didik atau 54,8%, sedang 6 peserta didik atau 19,3%, tinggi 8 peserta didik atau 25,8%. Sedangkan pada post-tes kriteria rendah turun menjadi 1 peserta didik atau 3,2%, kriteria sedang menjadi 6 peserta didik atau 9,3% dan kriteria tinggi naik menjadi 24 peserta didik atau 77,4%. Pengunaan Problem based learning sudah terlaksana sesuai dengan sintak pembelajarannya dan dalam prosesnya peserta didik antusias mengikuti setiap langkah pembelajaran, aktif bertanya dan teribat dalam proses diskusi. Pemanfaatan media efektif untuk meningkatkan minat belajar pada pelajaran Pendidikan Pancasila. Tampilan yang menarik perhatian peseta didik melalui media canva dapat meningkatkan minat belajar peseta didik.
Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Pada Siswa Kelas III SDN 18 Ampenan Febriana, Febriana; Kusmiyati, Kusmiyati; Hartini, Ria
Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2025): Februari
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jipp.v10i1.3073

Abstract

Culturally Responsive Teaching (CRT) adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan budaya ke dalam materi pembelajaran. Melalui pengintegrasian ini peserta didik akan lebih memaknai pembelajaran yang diberikan karena mempertimbangkan keberagaman budaya yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas III SDN 18 Ampenan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih banyak di bawah KKTP pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan 1-3 April 2024 di kelas III SDN 18 Ampenan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Lembar tes yang digunakan adalah lembar tes pre-test dan lembar tes post-tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimana pada siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 57% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82%.  Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila.

Page 1 of 13 | Total Record : 127