cover
Contact Name
Aldila Wanda Nugraha
Contact Email
aldilanugraha89@gmail.com
Phone
+6281249651421
Journal Mail Official
aldilanugraha89@gmail.com
Editorial Address
Universitas Bhinneka PGRI Jl. Mayor Sujadi Timur. No.24, Plosokandang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Kode pos 66221
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
ISSN : -     EISSN : 27209458     DOI : doi.org/10.29100
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan Juli).
Articles 68 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2025)" : 68 Documents clear
AKTIVITAS ANTIBAKTERI BODY LOTION EKSTRAK KULIT BUAH RAMBUTAN (Nephelium lappaceum L.) PADA Staphylococcus aureus Raharjeng, Sih Wahyuni; Purwati, Elly
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 3 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v7i3.7468

Abstract

Kulit yang mengalami kerusakan dapat mengganggu kesehatan dan penampilan manusia sehingga perlu perawatan yang tepat. Kulit buah rambutan mengandung senyawa flavonoid, tannin, saponin, triterpenoid dan alkaloid sebagai antibakteri. Senyawa tersebut mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang kurang baik bagi kulit yaitu dengan cara merusak dinding dan membran plasma pada bakteri, salah satunya dengan membuat formulasi sediaan lotion. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya aktivitas antibakteri Staphylococcus aureus dari body lotion dari ekstrak kulit buah rambutan (Nephelium lappaceum L.) dengan konsentrasi 5% (F1) dan 10% (F2) dan mengetahui apakah ada perbedaan sedian lotion dibandingkan dengan kontrol positif dan kontrol negatif. Metode penelitian ini adalah Ekperimental-difusi cakram, dengan menggunakan kloramfenikol sebagai kontrol positif, aquades sebagai kontrol negatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa mutu fisik lotion memenuhi standar SNI dan adanya aktivitas antibakteri dengan hasil probabilitas sebesar 0,000 menunjukkan bahwa aktivitas antibakteri Staphylococcus aureus terdapat perbedaan yang signifikan antara body lotion ekstrak kulit buah rambutan (Nephelium lappaceum L.) dengan konsentrasi 5% dan 10% dibandingkan dengan kloramfenikol dan aquades.
PENGARUH PRBOLEM BASED LEARNING BERBASIS 4C TERHADAP KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR Hardono, Fajar Puji; Yamtinah, Sri; Rintayati, Peduk
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 3 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v7i3.8520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran inovatif Problem Based Learning (PBL) berbasis 4C terhadap keterampilan mengomunikasikan ditinjau dari minat belajar peserta didik sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan metode analisisnya menggunakan varians dua jalur (ANOVA dua jalan). Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas V di Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/ 2025. Penentuan sekolah yang dijadikan penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang menjadi alat untuk memperoleh data terdiri dari lembar kerja tes keterampilan mengomunikasikan dan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model PBL berbasis 4C terhadap keterampilan mengomunikasikan peserta didik kelas V di Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/ 2025. Selain itu, minat belajar juga berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan mengomunikasikan pada peserta didik. Lebih dalam lagi, ternyata ada interaksi antara model pembelajaran PBL berbasis 4C dan minat belajar terhadap keterampilan mengomunikasikan.
KELAYAKAN LKPD IPAS PERJUDA BERBASIS PODE (Predict-Observe-Discuss-Explain) TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL MADURA PADA SISWA KELAS 4 SD Arofani, Lita; Mardiyana, Isna Ida; Puspitasari, Aditya Dyah
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 3 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v7i3.7023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPAS berbasis PODE(Predict-Observe-Discuss-Explain) yang terintegrasi dengan kearifan lokal Madura pada siswa kelas 4 Sekolah Dasar sehingga dapat dinyatakan valid dan layak untuk diuji cobakan. Pendekatan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun hanya dilaksanakan hingga tahap develop (pengembangan) dengan fokus pada uji validitas ahli. Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli yang terdiri dari, validator ahli desain pembelajaran, ahli bahan ajar, dan ahli materi. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli yang diberikan kepada masing-masing validator ahli. Berdasarkan hasil angket penilaian validasi ahli menunjukkan bahwa persentase kevalidan yang diperoleh dari validasi ahli desain pembelajaran sebesar 95,2% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan tanpa revisi. Hasil validasi ahli bahan ajar menunjukkan persentase rata-rata yang diperoleh sebesar 94,4%, sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase rata rata yang diperoleh sebesar 76,7%. Rata-rata keseluruhan persentase yang diperoleh dari kegiatan validasi yang dilakukan sebesar 88,7% dengan kategori sangat valid dan layak untuk diuji cobakan.
STUDI KUALITATIF PENGETAHUAN ASUPAN MIKRONUTRIEN DAN POLA KONSUMSI TERHADAP STATUS GIZI SISWA SMA NEGERI 5 SAMARINDA Pratama, Aldi; Akhmad, Akhmad; Jailani, Jailani; Turista, Dora Dayu Rahma
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 3 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v7i3.7436

Abstract

Studi Kualitatif Pengetahuan Asupan Mikronutrien dan Pola Konsumsi terhadap Status Gizi Siswa SMA Negeri 5 Samarinda ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Akhmad, M.Kes untuk mengetahui pengetahuan asupan mikronutrien dan pola makan pada status gizi. Penelitian kualitatif ini dilakukan atas dasar kekhawatiran peneliti mengenai asupan makan remaja awal pada saat ini, terkhususnya siswa SMA Negeri 5 Samarinda. Penelitian ini dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif tak kenal jumlah sampel minimum. Biasanya penelitian kualitatif memakai jumlah sampel kecil. Jumlah informan penelitian kualitatif fleksibel menurut syarat kecukupan dan kesesuaian. Pengumpulan data menggunakan instrument berupa angket kuesioner dengan jawaban naratif, pedoman wawancara dan peneliti sendiri. Teknik analisis data penelitian ini ialah analisis secara naratif akan ditampilkan dalam bentuk narasi dari hasil wawancara. Hasil analisa berdasarkan data yang didapatkan peneliti dilapangan ialah siswa SMA Negeri 5 Samarinda mengetahui asupan mikronutrien secara teori namun dalam pengaplikasiannya terhadap pola konsumsi setiap harinya masih sangat kurang, mereka memiliki pengetahuan namun tidak mengambil tindakan yang didasari oleh kebiasaan yang mereka lakukan sehari-hari peneliti dengan responden yang bersedia.
INTEGRATING ETHNOSCIENCE INTO SCIENCE LEARNING ASSESSMENT : TOWARD CULTURALLY RESPONSIVE EVALUATION Wijaya, I Komang Wisnu Budi; Ratnaya, I Gede; Parwata, I Gusti Lanang Agung; Budhyani, I Dewa Ayu Made
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 3 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v7i3.8514

Abstract

This study aims to examine the extent of the integration of local wisdom (ethnoscience) in the science learning evaluation instrument. The study conducted in the form of the type of instrument developed, measurement of instrument quality and also the instrument development model used. This study is a Systematic Literature Review (SLR) study using the PRISMA method with the stages of formulating research questions, collecting literature, determining inclusion and exclusion criteria, collecting data from literature that is still in the inclusion criteria, data analysis and data presentation. The literature was excavated from the Google Scholar and eric.ed.gov websites in the period 2015 – 2025. The number of literature that met the inclusion criteria was 12 articles. The results of the study stated that: 1) the integration of local wisdom (ethnoscience) in the science learning evaluation instrument is limited to the form of tests; 2) the measurement of instrument quality carried out in the form of validity, reliability, discrimination and difficulty level tests and 3) the test development model used partly uses the ADDIE development model.
EKSPLORASI PENERAPAN STEM DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR: STUDI KASUS DI MI RIYADLUL ULUM Ningsih, Tutut Hartina Ilmiah; Ekawati, Ratna; Kusumaningrum, Shirly Rizki
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 3 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v7i3.7088

Abstract

Penelitian ini akan membahas implementasi pendekatan STEM dalam pembelajaran IPAS di MI Riyadlul Ulum. Penelitian ini menggunakan mixed-method. Pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan data dengan kuesioner dan data kualitatif dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen pembelajaran. Berdasarkan temuan yang ada, sekolah belum sepenuhnya mengintegrasikan STEM ke dalam pembelajaran IPAS; namun, upaya yang signifikan untuk memulai penerapan STEM sudah terlihat jelas. Tantangan utamanya adalah terbatasnya fasilitas, guru yang tidak terlatih, dan kurangnya sumber daya. Namun, patut dicatat bahwa sikap guru dan siswa terhadap penerapan STEM berada pada tingkat yang baik; mereka mengharapkan STEM dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap sains. Hasil penelitian ini adalah sekolah harus memberikan pelatihan yang lebih profesional kepada guru, menyediakan lebih banyak sarana dan prasarana, dan menyediakan kurikulum yang lebih kompatibel untuk mendukung integrasi STEM.
ANALISIS FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR DI SMP SINGARAJA Marlinda, Ni Luh Putu Mery; Sudewa, Putu Hari; Astiti, Kadek Ayu
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 3 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v7i3.6806

Abstract

Tujuan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di dalam kurikulum saat ini yakni Kurikulum Merdeka adalah untuk mengamati dan menyelesaikan permasalahan terkait tentang pembelajaran yang dialami oleh siswa yang meliputi 5 aspek utama yaitu potensi diri, pemberdayaan diri, peningkatan diri, pemahaman diri, dan peran sosial serta dengan memanfaatkan metode pembelajaran yang interaktif dan memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Adapun konteks penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis menyeluruh terhadap faktor-faktor pendukung dan penghambat proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Sasaran peneliti nantinya adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan P5 di sekolah menengah pertama (SMP) sekitar kota Singaraja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deksriptif dengan obyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan P5 disekolah. Dengan Subjeknya adalah siswa, guru, kepala sekolah serta yang berkaitan dengan P5. Adapun teknik untuk mengkoleksi atau mengumpulkan data adalah dengan melakukan observasi kepada siswa yang bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait pelaksanaan P5, wawancara yang dilakukan kepada pihak sekolah yakni wakil kepala sekolah maupun tim guru yang terlibat dalam kepanitiaan P5 di sekolah bertujuan untuk menggali informasi yang lebih dalam terkait implementasi P5, terutama pada fokus untuk mencari pendukung dan penghambat.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA KELAS 5 MADRASAH IBTIDAIYAH Ningsih, Tutut Hartina Ilmiah; Rufiana, Intan Sari; Rahayuningsih, Sri
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 3 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v7i3.7068

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran STEM terhadap peningkatan pemahaman konseptual siswa pada pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya pada siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. Pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus yang meliputi eksperimen, proyek berbasis STEM, dan kegiatan berbasis kolaborasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dalam tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, proses pembelajaran dilaksanakan pada siklus I, aktivitas guru tergolong baik (B) dan aktivitas siswa tergolong cukup (C). siklus II, aktivitas guru tergolong baik (B) dan aktivitas siswa tergolong baik (B). Tingkat pemahaman siswa pada awal siklus I sebesar 71%, kemudian meningkat menjadi 91% pada siklus II. Kendala yang dihadapi terutama terkait keterbatasan sarana dan waktu, namun solusi yang diterapkan cukup efektif dalam mengatasi kendala tersebut. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STEM akan meningkatkan pemahaman konseptual siswa ditambah dengan keterampilan praktis tentang energi dan perubahannya.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK DI KELAS X SMAN 14 PADANG Novriandi, Novriandi; Hendrizal, Hendrizal; Indrawati, Ena Suma; Saswita, Herlina; Nurhayati, Nurhayati; Yendi, Irma; Hafizul, Hafizul
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 3 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v7i3.7261

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan serta analisis tingkat kognitif soal pada materi ajar utama di SMA Negeri 14 Padang. Temuan dari observasi menunjukkan bahwa keterampilan abad 21 siswa kelas X masih berada pada tingkat rendah dengan rata-rata persentase sebesar 51,8%. Sementara itu, analisis tingkat kognitif soal mengindikasikan bahwa ketersediaan soal yang ada belum dapat meningkatkan keterampilan abad 21 siswa. Selain itu, dengan mempertimbangkan karakteristik siswa kelas X yang berada pada tahap perkembangan kognitif akhir dan masa transisi dari SMP ke SMA, mereka dituntut untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan sosial dan tantangan baru yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika dengan menggunakan model Treffinger dan untuk menilai validitas modul tersebut dalam rangka meningkatkan keterampilan abad 21. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang diterapkan adalah model 4D, yang mencakup tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Hasil validitas modul pembelajaran fisika menunjukkan bahwa validasi dari ahli materi memperoleh persentase 77,5% dengan kategori valid, validasi dari ahli media mencapai 86,5% dengan kategori sangat valid, dan validasi dari ahli bahasa mendapatkan hasil 83,6% dengan kategori valid. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika yang menggunakan model Treffinger untuk meningkatkan keterampilan abad 21 termasuk dalam kategori valid.
DEVELOPMENT OF E-MODULES BASED ON 2P3 LEARNING MODELS TO IMPROVE STUDENTS' MASTERY OF CONCEPTS IN VIBRATION AND WAVE MATERIALS (RESEARCH STUDY AT MTS AL-HUDA, GORONTALO CITY) Paputungan, Natasya; Yusuf, Frida Maryati; Buhungo, Trisnawaty Junus
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 3 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v7i3.6757

Abstract

The importance of learning resources during the learning process is as a channel for information or material conveyed by educators to students. One learning resource that can be used is Ber2p3-based electronic learning modules (E-modules). The objectives of this research are 1) To find out the validation of the e-module based on the Ber2P3 learning model on vibration and wave material?; 2) Knowing the practicality of e-modules based on the Ber2P3 learning model on vibration and wave material?, and; 3) Find out the effectiveness of the e-module based on the Ber2P3 learning model on vibration and wave material? The development procedure used in this research is the Borg and Gall (1989) development model which consists of 10 steps (research and information collection, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision , operational field testing, final product revision, dissemination and implementation). The research sample was 22 class VII students at MTS Al-Huda, Gorontalo City, Gorontalo Province. The research results show that the E-module based on the Ber2p3 learning model meets the feasibility of the learning module. In terms of validity, it meets the criteria of being very feasible with a percentage of 90.97%. In terms of practicality, it meets the very good criteria with a percentage of 82.00%. In terms of effectiveness, it meets the very good criteria with a percentage of 85.71%. Apart from that, based on the analysis of learning outcomes, it is included in the medium criteria range with a percentage N-Gain value of 61.76%.Keywords: Electronic Module; Ber2p3 Learning Model; Borg and Gall Development Model