cover
Contact Name
Suparman Mannuhung
Contact Email
jurnal.andidjemma@gmail.com
Phone
+6285343619174
Journal Mail Official
jurnal.andidjemma@gmail.com
Editorial Address
Jl. Samiun Nomor 4 Kota Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Andi Djemma I Jurnal Pendidikan
ISSN : 26226537     EISSN : 26228513     DOI : -
Core Subject : Education,
urnal Andi Djemma adalah jurnal pendidikan untuk berbagai keilmuan yang sesuai meliputi pendidikan agama, pendidikan bahasa Indonesia, pendidikan kewarganegaraan dan bidang lainnya yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun. Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian berkaitan dengan ilmu pendidikan, keguruan dan pembelajaran. Jurnal ini menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik (guru dan dosen), ilmuan dan praktisi pendidikan. Artikel yang dikirim akan direview oleh pakar yang berpengalaman sesuai bidang keahliannya. Jurnal Andi Djemma terbit dengan open akses dimana abstrak dan teks penuh yang telah dipublikasikan di website dapat dibaca dan di download secara gratis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2024): Agustus 2024" : 10 Documents clear
PENDIDIKAN PENEGAKAN KODE ETIK PENYELENGGARA ADHOC PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH Haedar Djidar; Randi Tambing; Kasmad Kamal
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v7i2.2888

Abstract

Penegakan kode etik merupakan salah satu aspek krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), terutama bagi penyelenggara adhoc yang berperan penting dalam menjamin integritas proses pemilihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendidikan penegakan kode etik bagi penyelenggara adhoc dalam Pilkada, serta dampaknya terhadap pelaksanaan pemilu yang jujur, adil, dan transparan. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini menganalisis program pendidikan dan pelatihan kode etik yang diterapkan, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan penegakan kode etik secara signifikan meningkatkan pemahaman dan komitmen penyelenggara adhoc terhadap prinsip-prinsip etika pemilu. Namun, masih terdapat berbagai kendala, termasuk minimnya sumber daya dan kurangnya pengawasan yang efektif, yang mempengaruhi optimalisasi penegakan kode etik tersebut. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kualitas pendidikan dan pengawasan dalam penegakan kode etik untuk memperkuat integritas Pilkada di masa mendatang.
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 3 TAKALAR Karmila Karmila; Muhammad Azis; Hariany Idris
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v7i2.2751

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII Sma Negeri 3 Takalar. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII yang belajar akuntansi di SMA Negeri 3 Takalar terdiri dari 67 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Total, sampel dari populasi diperoleh dari seluruh jumlah populasi dengan sampel sebanyak 67 siswa. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis dengan bantuan program IBM Statistical Package for Sosial Science (SPSS) versi 25. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh kemampuan guru dalam mengelola kelas Y = 52,972 + 0,574X yang berarti tiap penambahan 1 nilai kemampuan guru dalam mengelola kelas, maka nilai hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 0,574. Sedangkan nilai koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai (r2) = 0,0489 atau 48% yang berarti kemampuan guru dalam mengelola kelas memiliki pengetahuan terhadap hasil belajar sebesar 48 persen dan sisanya 52 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis diperoleh nilai signifikan 0,000 0,05 yang berarti kemampuan guru dalam mengelola kelas berpengaruh positif terhadap hasil belajar, dengan demikian hipotesis diterima.
PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 TAKALAR Anita Amiruddin; Muhammad Azis; Nur Afiah
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v7i2.2759

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Takalar. Variabel penalitian ini adalah: (1) Hasil Belajar sebagai variabel terikat (Y) yang diukur dengan tiga indikator yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik, dan (2) Literasi Digital sebagai variabel bebas (X) diukur dengan empat indikator yaitu Intensitas penerapan dan pemanfaatan literasi digital dalam kegiatan pembelajaran, jumlah dan variasi bahan bacaan dan alat peraga berbasis digital, frekuensi peminjaman buku bertema digital, serta jumlah penyajian informasi sekolah menggunakan media digital atau situs laman. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Takalar yang berjumlah 70 siswa dalam dua kelas, sedangkan sampel adalah 37 siswa kelas XI IPS 1 dan 33 siswa XI IPS 2 yang diambil dengan teknik Sampling Total. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi.  Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif persentase, uji instrument, dan uji hipotesis. Dari hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 82,615 + 0,157 yang berarti tiap penambahan satu nilai literasi digital, maka hasil belajar mengalami peningkatan 0,157. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikan 0,012 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara literasi digital terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Hasil koefisien determinasi (r²) pada penelitian ini sebesar 0,090 atau 9%. Hal ini berarti literasi digital memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 9% sedangkan sisanya 91% dipengaruhi oleh faktor lain.
Utilizing Live worksheet Supported by the Vocational Problem-Based Learning (V-PBL) Model for Vocational Students in Merdeka Curriculum: Need Analysis Nadya Nurhidayah Nurdin; Budiarti Putri Uleng; Musyrifah Mahfuddin
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v7i2.2814

Abstract

Abstract. This study aims to determine the problems, needs, and desires of teachers and students in utilizing the PBL live worksheet on the Merdeka Curriculum for Indonesian Vocational Teachers and Students as it needs 21st-century competency. Taken the tenth grade of Vocational High School students in South Sulawesi which implemented the Merdeka Curriculum. The data collection techniques in this study were questionnaire tests. The instruments used were interview guides and analysis sheets. The data were analyzed and described qualitatively. The results showed that the current live worksheet material does not reflect the Merdeka curriculum. Therefore, the teachers and students required an English material that is both easy and appropriate for English language acquisition with V-PBL integration for creating an English material that follows the Merdeka curriculum specifically designed for Indonesian Vocational High School students.
Signifikansi Relasi Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pembelajaran pada SMKN I Luwu Provinsi Sulawesi Selatan Syamjaya SM Syamjaya; Andi Siti Nurkhalifa; Harsya Harun; Andi Molang Chaerul Kambau; Faisal Faisal
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v7i2.2820

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara sarana dan prasarana dengan mutu pembelajaran. Tujuan penelitian ini didasarkan pada asumsi awal bahwa akan terdapat korelasi antara sarana dan prasarana terhadap mutu pembelajaran.  Kondisi ini didasarkan pada kondisi di mana sarana dan prasarana yang ada dianggap berkorelasi lemah dengan mutu pembelajaran, dikarenakan mutu pembelajaran tetap berada pada posisi dimana terjadi peningkatan walaupun kondisi sarana dan prasarana yang kurang maksimal.  Penelitian ini didasarkan pada pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi pearson untuk menilai signifikansi hubungan antara kedua variasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara sarana dan prasarana dengan mutu pembelajaran, namun hubungan tersebut bersifat lemah sehingga dapat diasumsikan bahwa peningkatan mutu pembelajaran tidak semata-mata dikaitkan dengan sarana dan prasarana, tapi masihi terdapat variasi lainnya yang dapat menjelaskan terjadinya perubahan pada variabel dependen.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZ TERHADAP ASESMEN SISWA PADA MI AL ABRAR Besse Qur’ani; Israwati Hamsar
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v7i2.2836

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan aplikasi Quizizz sebagai alat asesmen dalam proses pembelajaran. Aplikasi Quizizz merupakan platform digital yang memungkinkan guru untuk membuat kuis interaktif yang dapat diakses oleh siswa melalui perangkat elektronik mereka. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi-eksperimen, di mana dua kelompok siswa diuji, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan Quizizz dan kelompok kontrol yang menggunakan metode asesmen konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz memberikan dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Siswa yang menggunakan Quizizz sebagai alat asesmen menunjukkan peningkatan pemahaman materi dan partisipasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, siswa melaporkan bahwa penggunaan Quizizz membuat proses belajar lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bahwa aplikasi Quizizz efektif digunakan sebagai alat asesmen dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa. Rekomendasi dari penelitian ini adalah penggunaan Quizizz dapat diintegrasikan lebih luas dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas asesmen dan membuat pembelajaran lebih menarik bagi siswa.
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI – NILAI AKHLAKUL KARIMAH PADA PESERTA DIDIK Sitti Aisyah Abbas; Mardia Mardia; Suparman Mannuhung
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v7i2.2835

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui akhlak peserta didik kelas V SD Inpres Paccerakkang serta peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai  –  nilai  akhlakul  karimah  peserta didik  kelas  V di  SD Inpres  paccerakkang Makassar dan  faktor pendorong dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai – nilai akhlakul karimah pada peserta didik kelas V SD Inpres Paccerakkang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan pedagogik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Lokasi penelitian dilakukan langsung di SD Inpres Paccerakkang. Sumber data primer penelitian ini yaitu guru pendidikan agama islam kelas V dan peserta didik kelas V SD Inpres Paccerakkang. Sumber data sekunder yaitu kepala sekolah dan dokumenter berupa informasi dari arsip – arsip seperti profil sekolah SD Inpres Paccerakkang, data sekolah dan foto dokumentasi. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu dengan langkah – langkah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan revive informan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa  peserta didik sudah mengetahui pentingnya memiliki akhlakul karimah seperti jujur, disiplin, amanah, patuh, ikhlas, dan sopan serta menerapkannya di kehidupan sehari – hari, dan adapun  peran guru dalam menanamkan nilai – nilai   akhlakul karimah peserta didik di SD Inpres Paccerakkang   dapat dikatakan telah terlaksana dengan baik. Peran guru tersebut diantaranya: sebagai pengajar dan pendidik, sebagai motivator, sebagai pembimbing, sebagai pengelola pembelajaran, sebagai anggota masyarakat. Dari hasil penelitian juga terdapat beberapa faktor pendorong dan penghambat. Diantaranya faktor pendorong yaitu lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan yang positif, pendidikan keagamaan, dan penggunaan teknologi dengan baik. Faktor penghambatnya yaitu keluarga yang tidak harmonis, lingkungan pergaulan yang buruk, kurangnya ilmu agama, dan pengaruh sosial media yang negative.
PENGARUH KUALITAS PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA SMKN 1 BULUKUMBA Ajib Prajumarse; M Ridwan Tikollah; Nuraisyiah Nuraisyiah
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v7i2.2844

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMKN 1 Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Bulukumba yang terdiri dari kelas X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2 yang berjumlah 39 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling Total, sampel dari populasi diperoleh dari seluruh jumlah populasi dengan sampel sebanyak 39 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana pada hasil belajar di peroleh Y = 48,273 + 0,746X. Nilai koefisien regresi sebesar 0,746, hal ini berarti bahwa jika variabel kualitas pembelajaran (X) mengalamai peningkatan sebesar satu satuan, maka variabel hasil belajar (Y) meningkat sebesar 0,746 satuan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan uji-t menggunakan bantuan SPSS 25 for windows, diperoleh nilai signifikan 0,0000,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kebiasaan belajar dan hasil belajar.
PENDIDIKAN HUKUM TERHADAP KEAMANAN DAN KETERTIBAN AKIBAT PENINGKATAN JUMLAH RESIDIVIS Muhammad Sahid; Haedar Djidar; Hj. Salmi
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v7i2.2884

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui bagaimana akibat yang ditimbulkan  jumlah residivis yang meningkat pada Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Palopo, untuk mengetahui kendala pelaksanaan pelaksanaan pembinaan dan  pengamanan terhadap warga binaan residivis di lembaga pemasyarakatan kelas II A Palopo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian hukum Normatif Empiris, penelitian dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Palopo tepatnya di Jalan Dr. Ratulangi Km 8, Kelurahan Buntu Datu, Kecamatan Bara, Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terjadinya peningkatan jumlah residivis dikarenakan Pengaruh lingkungan, Kebutuhan ekonomi dan kurangnya dukungan dari pemerintah setempat, 2) Kurangnya petugas atau personil dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi Pemasyaratan. 3) kurang memadainya sarana dan prasarana untuk mendukung kelancaran tugas. Pembinaan sistem permasyarakatan dalam hal keamanan dan ketertiban di  Lapas Kelas II A Palopo sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan tata tertib yang telah di tentukan sesuai dengan Undang Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan  serta pelaksanaan tugas di sesuaikan pula dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia  RI Nomor 33 tahun 2014 tentang Pengamanan pada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara
PENDIDIKAN HUKUM PENYELESAIAN SENGKETA TANAH PERSPEKTIF PRINSIP HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF Suparman Mannuhung; Haedar Djidar; Hj. Salmi
Jurnal Andi Djemma | Jurnal Pendidikan Vol 7, No 2 (2024): Agustus 2024
Publisher : Universitas Andi Djemma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35914/jad.v7i2.2886

Abstract

Penelitian ini menganalisis penyelesaian sengketa tanah di Islamic Center Kota Palopo dari perspektif prinsip hukum Islam dan hukum positif. Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam proses penyelesaian sengketa serta menganalisisnya berdasarkan kedua perspektif hukum tersebut. Tipe penelitian yang akan digunakan dalam tesis ini adalah penelitian kombinasi antara penelitian normatif (doktrinal) dan penelitian empiris. Pendekatan ini akan memungkinkan peneliti untuk menggabungkan aspek pemahaman secara langsung dari lapangan (empiris) dengan analisis norma-norma hukum yang berlaku (normatif). Pendekatan ini relevan untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai penyelesaian sengketa tanah masjid Islamic Center Kota Palopo.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama dalam penyelesaian sengketa ini adalah adanya dua bukti sertifikat bukti kepemilikan, yaitu Sertikat No.00010/Takkalala Tahun 2021 an. Pemerintah Kota Palopo dan Beberapa Dokumen Kepemilikan Hak Milik Tanah yang dikuasai Pengurus Yayasan OIslamic Center Datok Sulaiman, perbedaan interpretasi hukum antara pihak yang bersengketa, serta hambatan dalam proses mediasi. Dari perspektif hukum Islam, penyelesaian sengketa tanah harus didasarkan pada prinsip keadilan dan musyawarah, sementara hukum positif menekankan pentingnya bukti administratif dan proses peradilan yang formal. Dengan demikian, diperlukan upaya integrasi antara kedua perspektif hukum untuk mencapai penyelesaian yang adil dan efektif dalam sengketa tanah di Islamic Center Kota Palopo. Dan bisa diselesaikan secara non litigasi di luar pengadilan secara kekeluargaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10