cover
Contact Name
muhammad amran
Contact Email
muh.amran@unm.ac.id
Phone
+6285299249197
Journal Mail Official
muh.amran@unm.ac.id
Editorial Address
Kampus UNM Tidung, Jalan Tamalate, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, 90223
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
ISSN : -     EISSN : 28077016     DOI : https://doi.org/10.26858/pjppsd
Core Subject : Education,
JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 4 (2025): April" : 16 Documents clear
Pengembangan Mading Digital Berbasis QR Code Terintegrasi Website Untuk meningkatkan Literasi di Lingkungan Sekolah Lukman, Lukman; Mukhlisa, Nurul; Linopadang, Wahyu Wirayudha
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 4 (2025): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i4.72179

Abstract

Penelitian ini merupakan research and development menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahapan, yaitu, analisis, desain, dan pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media yang dibutuhkan guru dan peserta didik dalam menyampaikan dan menerima informasi serta menguji validitas media yang telah dikembangkan serta kepraktisan penggunaan produk yang dikembangkan. Produk yang dikembangkan merupakan media informasi mading digital berbasis QR Code yang terintegrasi dengan website. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan media termasuk dalam kategori sangat lanyak dengan persentase 85%, sedangkan hasil validasi oleh ahli konten dan bahasa dengan kategori sangat lanyak dengan persentase 89%. Rekapitulasi hasil angket pengguna media menunjukkan bahwa media sangat lanyak untuk digunakan baik menurut guru dengan persentase 92,59% maupun peserta didik dengan persentase 89%. Produk pengembangan ini melengkapi literatur yang sudah ada tentang integrasi teknologi terutama pada digitalisasi Pendidikan di sekolah dasar sebagai alternatif strategi dalam peningkatan literasi yang berbasis teknologi.
Dampak Platform Metaverse ZEP Terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran RAHMAN, ABDUL; Dewi, Lazaro Kumala
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 4 (2025): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i4.71717

Abstract

Pembelajaran tradisional seringkali kurang mampu melibatkan siswa generasi digital secara optimal, sehingga menurunkan minat dan partisipasi mereka. Kondisi ini menyoroti urgensi adopsi platform pembelajaran yang lebih interaktif dan imersif di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mensintesis temuan-temuan riset yang telah ada terkait dampak penggunaan platform metaverse ZEP terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur, pencarian literatur dilakukan pada basis data Google Scholar menggunakan kata kunci spesifik, diikuti seleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metaverse ZEP secara konsisten memberikan dampak positif terhadap peningkatan keterlibatan dan motivasi siswa. Implikasi dari temuan ini adalah ZEP memiliki potensi besar sebagai media pedagogis untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan bermakna. Namun, implementasi yang sukses memerlukan perhatian serius pada ketersediaan infrastruktur digital yang memadai serta pengembangan literasi digital bagi guru dan siswa. Penelitian lebih lanjut yang berfokus pada konteks pendidikan dasar di Indonesia sangat direkomendasikan untuk mengoptimalkan pemanfaatan metaverse ZEP.
Hubungan Permainan Olahraga Tradisional Dengan Nilai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 13 Biru Kabupaten Bone Jauhar, Sitti; Muliadi, Muliadi; Salsabila, Anisa
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 4 (2025): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i4.71631

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara permainan olahraga tradisional dengan nilai projek penguatan profil pelajar Pancasila siswa kelas tinggi SD Negeri 13 Biru Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV, V, dan VI dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling sebanyak 48 siswa. Rata-rata permainan olahraga tradisional siswa yaitu sebesar 76,56 pada kategori baik dan nilai P5 siswa dengan rata-rata sebesar 85,40 pada kategori baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,687 dan berada pada kategori hubungan kuat. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara permainan olahraga tradisional dengan nilai projek penguatan profil pelajar Pancasila siswa kelas tinggi SD Negeri 13 Biru Kabupaten Bone
Penerapan Model Pembelajaran Listen Read Discuss (LRD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV UPTD SD Negeri 180 Barru Halik, Abd; Ilmi, Nur; Maharani, Sarinah
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 4 (2025): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i4.72745

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kualitas proses pembelajaran dan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 180 Barru. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Listen Read Discuss dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran sekaligus keterampilan berbicara peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 guru dan 10 peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 180 Barru. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis melalui metode kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran oleh guru pada siklus I dan II berada dalam kategori baik (B) dengan persentase 95%. Sementara itu, aktivitas siswa yang pada siklus I berada dalam kategori cukup (C) dengan pencapaian 71%, meningkat pada siklus II menjadi kategori baik (B) 90%. Peningkatan kualitas proses pembelajaran ini diiringi dengan meningkatnya keterampilan berbicara peserta didik. Berdasrkan tabel skor pada siklus I, terdapat 6 peserta didik yang mencapai skor keberhasilan keterampilan berbicara atau >76. Sehingga keterampilan berbicara peserta didik pada siklus I mencapai kualifikasi cukup (C) dengan persentase 60%. Berdasarkan tabel skor pada siklus II, terdapat 9 peserta didik yang mencapai skor keberhasilan keterampilan berbicara atau >76. Sehingga keterampilan berbicara peserta didik pada siklus II mencapai kualifikasi baik (B) dengan persentase 90%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Listen Read Discuss (LRD) efektif dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan berbicara peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri 180 Barru.
MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL RODA BERPUTAR KELAS 4.1 Azzahra, Faradiba; Isa, Abd Hamid; Mooduto, Yulanti, S
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 4 (2025): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i4.71672

Abstract

Abstrak; Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa melalui penggunaan media interaktif WordWall roda berputar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek sebanyak 23 siswa kelas 4.1 MIM Unggulan Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis berdasarkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan, sedangkan siklus II hanya satu pertemuan. Setiap siklus mengikuti empat tahapan, yaitu: persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada konsentrasi belajar siswa. Pada observasi awal, hanya 6 siswa (25%) yang memiliki konsentrasi belajar tinggi. Pada siklus I, jumlah siswa yang memiliki konsentrasi tinggi meningkat menjadi 16 siswa (67%). Selanjutnya, pada siklus II, ketuntasan mencapai 23 siswa (96%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif WordWall roda berputar secara efektif mampu meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas 4.1 di MIM Unggulan Kota Gorontalo. Temuan ini menunjukkan bahwa media interaktif WordWall roda berputar dapat menjadi alternatif pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
Hubungan Keterampilan Guru Membimbing Diskusi Kelompok Kecil dengan Prestasi Belajar IPAS Siswa Kelas Tinggi SD Inpres 4/82 Melle Kecamatan Palakka Kabupaten Bone Muliadi, Muliadi; Hafid, Abd; Khulaikah, Asnah Zul
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 4 (2025): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i4.72123

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru membimbing diskusi kelompok kecil dan prestasi belajar IPAS siswa kelas tinggi, serta mengetahui hubungan yang signifikan antara keterampilan guru membimbing diskusi kelompok kecil dengan prestasi belajar IPAS siswa kelas tinggi SD Inpres 4/82 Melle Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V dan VI SD Inpres 4/82 Melle yang berjumlah 35 siswa, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh keterampilan guru membimbing diskusi kelompok kecil berada pada kategori sedang (62,86%), sementara itu, prestasi belajar IPAS siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 85,24%. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan signifikan antara keterampilan guru membimbing diskusi kelompok kecil dengan prestasi belajar IPAS siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,626 yang termasuk dalam kategori kuat, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara keterampilan guru membimbing diskusi kelompok kecil dengan prestasi belajar IPAS siswa kelas tinggi SD Inpres 4/82 Melle Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.
Gaya Kepemimpinan Perempuan Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru di Lembaga Pendidikan Islam Wulan, Diyah Nawang; Ariyanto, Ayok; Syukroni, Azid
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 4 (2025): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i4.71915

Abstract

Penelitian ini mengkaji gaya kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di SD Muhammadiyah Ponorogo. Gaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan yang demokratis, kolaboratif dan berbasis empati terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi, kerja sama dan hubungan interpersonal guru. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi, dengan validitas data yang dijaga melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan perempuan tidak hanya berdampak pada peningkatan kompetensi guru sosial, seperti keahliah komunikasi lebih efektif dan kerja sama tim yang solid, tetapi juga meningkatkan motivasi kerja dan rasa tanggung jawab terhadap tugas-tugas pendidikan. Dengan membangun suasana yang mendorong pertumbuhan pribadi serta kualitas kerja, gaya kepemimpinan perempuan ini berperan penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang efisien serta mengoptimalkan proses pembelajaran di sekolah. Dengan demikian, kepemimpinan kepala sekolah perempuan yang demokratis, kolaboratif dan berbasis empati menjadi salah satu.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SD Pada, Amir; Idrus, Nur Abidah; Salokang, Elmiani
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 4 (2025): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i4.74319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V UPT SPF SD Inpres Barombong 2. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dan desain penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan tipe tipe Nonequivalent Control Group Design. Data analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran wordwall selama dua kali pertemuan, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran meningkat hingga mencapai kategori sangat baik, (2) gambaran hasil belajar pendidikan pancasila pada siswa mencapai kategori sangat tinggi, (3) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan rumus Independent Sample t-Test berbantuan IBM SPSS Statistic.
Hubungan Penggunaan Whatsapp Dengan Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Salam, Rosdiah; Sahabuddin, Erma Suryani; Tiara, Tiara
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 4 (2025): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i4.71804

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan penggunaan WhatsApp dengan keterampilan menulis karangan Bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Sumber data pada penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuisioner dan tes kepada responden. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SD Telkom Makassar, dengan jumlah sampelnya 28 siswa yang dipilih dengan menggunakan Non Probability Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan Tes menulis. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan (p) hubungan antara penggunaan WhatsApp dengan Keterampilan menulis karangan Bahasa Indonesia siswa adalah 0,017. Karena nilai signifikan (p) < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan WhatsApp dengan keterampilan menulis karanganBahasa Indonesia siswa kelas VB di SD Telkom makassar. Selain itu, nilai Koefisien korelasi Pearson (r) antara penggunaan WhatsApp dan keterampilan menulis siswa yaitu -0,448 yang berarti hubungan antara penggunaan WhatsApp dengan tingkat kesalahan keterampilan menulis siswa masuk dalam kategori korelasi sedang yaitu diantara 0,40 s/d 0,60. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan WhatsApp dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar secara negatif dengan korelasi sedang yang berarti bahwa semakin sering siswa menggunakan WhatsApp, semakin rendah pula keterampilan menulis karangannya.
Burung Arue dan Burung Talokot”: Kekayaan Sastra Kalimantan Barat dan Relevansinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia Afryaningsih, Yunika; Setyowati, Dessy; Safrianty, Nany
JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Vol 4, No 4 (2025): April
Publisher : Universtas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jppsd.v4i4.71971

Abstract

Permasalahan yang kerap mengemuka dalam praktik pendidikan di berbagai daerah, termasuk Kalimantan Barat, yaitu adanya kesenjangan antara materi ajar sastra anak yang disajikan di ruang kelas dengan konteks sosial-budaya peserta didik. Penelitian ini bertujuan menggali dan menganalisis kandungan nilai personal dalam seri bacaan sastra anak “Burung Arue dan Burung Talokot” (Kumpulan Cerita Rakyat Kalimantan Barat), serta mengevaluasi relevansinya sebagai materi ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD). Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi dokumen dan teknik analisis isi, penelitian ini mengidentifikasi lima dimensi nilai personal: perkembangan intelektual, sosial, emosional, etis-religius, dan imajinasi. Temuan ini menegaskan pentingnya pemanfaatan narasi lokal sebagai sumber belajar yang kontekstual, bermakna, dan mendukung pelestarian budaya. Penelitian ini juga merekomendasikan penguatan kurikulum berbasis budaya lokal dan integrasi cerita rakyat ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD.

Page 1 of 2 | Total Record : 16