cover
Contact Name
Muhammad Syahrir
Contact Email
syahrir_gassa@yahoo.com
Phone
+6282252143772
Journal Mail Official
lppm@unm.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Gedung Menara Phinisi Lt 10 UNM
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 97862374     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Seluruh artikel dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian tahun 2019 bukan merupakan opini dan pemikiran dari editor
Articles 11 Documents
Search results for , issue "SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2" : 11 Documents clear
Pelatihan Deteksi Dini Siswa Berkebutuhan Khusus Bagi Orangtua dan Guru di SD Pertiwi Makassar Jafar, Eka Sufartianinsih; Ansar, Wilda; Bungawali, Andi Nahliah; Wahyuni, Andi Fitri
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak – Mitra Program Kemitraan ini adalah SD Pertiwi Makassar. Sekolah SD Pertiwi Makassar memiliki keterbatasan dalam mendampingi siswa berkebutuhan khusus, mulai dari segi pengetahuan, tenaga pendamping khusus, fasilitas (sarana dan prasarana) pendukung bagi siswa berkebutuhan khusus. Pelatihan Deteksi Dini Siswa Berkebutuhan Khusus Bagi Orangtua dan Guru di SD Pertiwi Makassar. Program ini bertujuan agar guru mampu untuk mendeteksi tanda-tanda anak berkebutuhan khusus dan memahami cara pendampingan anak berkebutuhan khusus di rumah dan di sekolah, sehingga orangtua dan guru dapat mendampingi siswa berkebutuhan khusus dengan pendampingan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa secara konsisten di lingkungan rumah maupun di sekolah. Harapannya materi pelatihan yang diberikan akan memberikan manfaat bagi orangtua dan guru di SD Pertiwi Makassar untuk memahami kondisi siswa berkebutuhan khusus dan mampu mendampingi siswa berkebutuhan khusus dengan baik. Adapun metode yang digunakan adalah dengan pemberian ceramah, role play deteksi dini menggunakan buku panduan deteksi dini anak berkebutuhan khusus, serta diskusi kasus antara orangtua dan guru. Berdasarkan hasil pretest dan posttest sebelum dan setelah pelatihan dilakukan, terdapat peningkatan skor yang signifikan (p=0.031<p=0.05) setelah pemberian pelatihan Pelatihan Deteksi Dini Siswa Berkebutuhan Khusus pada guru dan orangtua siswa di SD Pertiwi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang dilakukan dapat memberikan dampak positif untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman orangtua dan guru mengenai deteksi dini anak berkebutuhan khusus dan strategi pendampingan siswa berkebutuhan khusus di rumah dan di sekolah.Kata kunci: Pelatihan, Deteksi Dini, ABK, Orangtua, Guru
Peningkatan Kemampuan Berbicara dan Bercerita melalui Aktivitas Mendongeng bagi Siswa SDN 82 Pattene Darmayanti, Dyan Paramitha; Manda, Darman; Sakka, Abdul Rahman A.; Salwia, Salwia; Arifin, Iqbal
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan bercerita siswa SDN 82 Pattene melalui aktivitas mendongeng. Dengan demikian, mendongeng terbukti efektif sebagai metode pembelajaran kreatif yang dapat mengembangkan kemampuan berbicara dan membangun budaya literasilingkungan sekolah. Metode yang digunakan berupa pelatihan mendongeng interaktif yang melibatkan penjelasan teknik mendongeng, demonstrasi oleh pendongeng profesional, dan praktik langsung oleh siswa secara berkelompok. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 9 September 2025 dengan narasumber utama Kak Chairunnisa Latief, S.Pd (Kak Nisa), pendiri Kampung Dongeng Mardhati Makassar. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keberanian, ekspresi, dan kemampuan berbicara siswa. Siswa menjadi lebih aktif, komunikatif, serta memiliki minat yang lebih tinggi terhadap kegiatan literasi. Program ini juga mendorong lahirnya gerakan “Satu Hari Satu Cerita” sebagai bentuk keberlanjutan di sekolah. Dengan demikian, mendongeng terbukti efektif sebagai metode pembelajaran kreatif yang dapat mengembangkan kemampuan berbicara dan membangun budaya literasi di sekolah dasar.Kata kunci: Mendongeng; Kemampuan Berbicara;  Bercerita; Literasi Anak
Kenali Perasaanku: Modul Panduan Edukasi Emosi untuk Caregiver di Pusat Tumbuh Kembang Anak Fakultas Psikologi UNM Ansar, Wilda; Sufartianingsih, Eka; Bungawali, Andi Nahlia
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Pada periode anak usia dini dan anak-anak awal, kemampuan mengenali dan mengelola emosi menjadi aspek krusial dalam perkembangan sosial dan kognitif, namun demikian anak-anak di usia TK sering kali mengalami kesulitan dalam memahami serta mengekspresikan perasaan mereka secara tepat. Pada kondisi ini peran caregiver sangat diperlukan, namun kenyataan dilapangan menunjukkan banyak caregiver yang masi berfokus pada kemampuan kognitif, dan adanya keterbatasan terkait regulasi emosi pada peserta didik. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan edukasi kepada caregiver terkai edukasi emosi pada anak usia dini. Metode pengabdian ini dilakukan dengan memberikan psikoedukasi dan pengenalan modul di pusat tumbuh kembang anak fakultas psikologi Unm. Terdapat sembilan responden yang terlibat dalam pengabdian ini. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman baru setelah mengikuti pengabdin ini. Hal ini ditunjukka dengan adanya peningkatan pemahaman pada sembilan responden. Implikasi Panduan Edukasi Emosi untuk caregiver pada pusat tumbh kembang anak disusun sebagai solusi untuk membantu guru dalam memberikan pendidikan emosional yang lebih efektif dan aplikatif.Kata kunci: Edukasi Emosi, Modul, Caregiver
PKM Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Example Pada Guru di UPT SDN 136 Barru Yulia, Yulia; Hakim, Abdul; Usman, Usman
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak – Berdasarkan rumusan dalam PKM ini adalah bagaimanakah penggunaan model pembelajaran example non example.  Adapun tujuan yang diharapkan dari PKM ini adalah untuk penyamaan persepsi proses penerapan pembelajaran example non example dalam pembelajaran  pada guru di UPT SDN 136 Barru. Pendekatan yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah melatih guru-guru dalam menerapkan model example non example, yaitu pendekatan penyuluhan ini untuk mendeskripsikan aktifitas langkah-langkah model pada guru-guru dalam pelaksanaan  penyuluhan. Jenis penyuluhan ini yang biasa juga disebut PKM dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan pembuatan media, Penyusunan RPP, peragaan model example non example. PKM ini dilaksanakan pada guru-guru UPT SDN 136 Barru dengan menerapan model pembelajaran example non example.Kata kunci: Model Pembelajaran example non example
Pelatihan Pengucapan Bacaan Shalat yang Benar dan Pemahaman Maknanya pada Jamaah Masjid Nur Muhammad Tombolo Somba Opu Gowa Ulum, Fatkhul; Susiawati, Susiawati; Bakhtiar, Fauziah; Kudus, Ruhul; Randy, Randy
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Masjid Nur Muhammad, Kabupaten Gowa, dengan tujuan meningkatkan ketepatan pengucapan bacaan shalat serta pemahaman maknanya di kalangan jamaah. Latar belakang kegiatan ini adalah masih banyaknya jamaah yang mengalami kesulitan dalam melafalkan bacaan shalat sesuai kaidah tajwid dan fonologi bahasa Arab, serta keterbatasan pemahaman terhadap arti doa-doa yang dibaca. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah ath-tharīqah as-shautiyyah berbasis pendekatan fonetik dan audio-lingual, yang dipadukan dengan penjelasan tafsir tematik sederhana untuk memperkuat penghayatan makna bacaan shalat. Program ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu sosialisasi, pelatihan, pendampingan, evaluasi, dan pembentukan kelompok belajar berkelanjutan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan pelafalan jamaah, terutama dalam membedakan huruf-huruf hijaiyah dan menerapkan kaidah panjang-pendek bacaan. Selain itu, pemahaman terhadap makna bacaan juga meningkat, sehingga ibadah shalat dilakukan dengan lebih khusyuk dan penuh kesadaran. Kegiatan ini berdampak pada penguatan kualitas ibadah individu sekaligus membangun budaya belajar bersama di lingkungan masjid, menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan nonformal yang aktif dalam pembinaan umat.Kata kunci: bacaan shalat, tajwid, fonetik, ath-tharīqah as-shautiyyah, pengabdian masyarakat
Pelatihan Penggunaan Scantools Kendaraan Ringan di SMK Negeri 4 Takalar Fauziah, Fauziah; Jumadin, Jumadin; Gani, Hamsu Abdul; HL, Haruna; Baharuddin, Siti Ruqaiyah
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak – Kemajuan teknologi otomotif modern menuntut tenaga kerja dengan kompetensi diagnostik digital yang tinggi, terutama di lingkungan pendidikan vokasi. Namun, banyak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di daerah masih menghadapi keterbatasan dalam penggunaan perangkat scantool untuk mendiagnosis sistem injeksi elektronik kendaraan ringan. Kondisi ini menunjukkan adanya kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan kemampuan peserta didik dalam mengoperasikan alat diagnostik digital. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan penggunaan scantool terhadap peningkatan kompetensi teknis guru dan siswa SMK Negeri 4 Takalar. Metode pelatihan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain one-group pretest–posttest yang melibatkan 25 peserta. Data dikumpulkan melalui observasi, tes pengetahuan, dan penilaian praktik, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji paired sample t-test untuk mengukur peningkatan kemampuan diagnostik. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada penguasaan konsep sistem OBD-II dan keterampilan operasional scantool, dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 45%. Temuan ini mengonfirmasi bahwa pelatihan berbasis praktik langsung efektif meningkatkan kesiapan vokasional peserta didik menghadapi tuntutan industri otomotif digital. Pelatihan ini juga merekomendasikan integrasi scantool-based learning ke dalam kurikulum praktik otomotif di SMK sebagai strategi penguatan link and match antara dunia pendidikan dan industri otomotif nasional.Kata kunci: scantool, kompetensi vokasional, pelatihan otomotif, pendidikan kejuruan, OBD-II
PKM Pengembangan Strategi Promosi Olahraga Petanque di Sulawesi Selatan Melalui Media Sosial Badaru, Benny; Yunus, Irfan; Alimsyah, Andi Saiful; Yani, Ahmad
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan strategi promosi olahraga Petanque di Provinsi Sulawesi Selatan melalui pemanfaatan media sosial. Pengabdian dilaksanakan di tujuh kabupaten/kota, yaitu Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kota Parepare, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Soppeng, dan Kabupaten Luwu Timur. Metode kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan pembuatan konten digital, serta pendampingan pengelolaan akun media sosial resmi FOPI daerah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa setiap daerah kini memiliki akun media sosial aktif (Instagram, TikTok, dan Facebook) sebagai sarana promosi olahraga Petanque. Dampak positif yang terukur meliputi meningkatnya partisipasi masyarakat, terbentuknya komunitas pelajar Petanque, dan meningkatnya keikutsertaan daerah dalam Babak Kualifikasi PORPROV Sulawesi Selatan tahun 2025. Kegiatan ini membuktikan bahwa strategi promosi berbasis media sosial dapat menjadi model efektif dalam memperkuat eksistensi dan pembinaan olahraga baru di daerah.Kata kunci: Petanque, promosi olahraga, media sosial, FOPI, Sulawesi Selatan
Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk Pembuatan Video dan Visualisasi Konten Pembelajaran bagi Guru di Kabupaten Gowa Anwar, Citra Rosalyn; Mawarni, Sella; Baids, Fajrin; Yusuf, Nuraini; Sofyan, Sofyan
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Perkembangan teknologi digital dengan hadirnya kecerdasan buatan (AI) membawa perubahan signifikan dalam pembelajaran. AI tidak hanya menawarkan kemudahan dalam menciptakan media pembelajaran yang lebih interaktif, tetapi juga mendorong munculnya inovasi dalam cara guru menyampaikan materi. Di Indonesia, arah kebijakan pendidikan semakin menegaskan pentingnya penguasaan AI. Mulai tahun ajaran 2025/2026, mata pelajaran kecerdasan buatan dan coding akan masuk ke dalam kurikulum sekolah sebagai mata pelajaran pilihan, dengan implementasi bertahap sejak kelas 5 SD hingga SMA. Perubahan ini menunjukkan bahwa literasi digital dan pemanfaatan AI bukan lagi sekadar tambahan, melainkan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pendidik maupun peserta didik. Pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini berfokus pada pelatihan pemanfaatan media digital berbasis AI bagi guru di SMA Negeri 4 Gowa. Tujuan dari pelaksanaan PKM ini yakni untuk membekali guru dengan keterampilan praktis dalam menggunakan aplikasi AI yang mampu mendukung pembelajaran. Aplikasi AI yang diajarkan meliputi aplikasi pembuat video dan visualisasi konten pembelajaran sehingga mampu membekali guru untuk menghadirkan pengalaman belajar yang lebih kreatif, menarik, dan bermakna. Metode yang digunakan dalam PKM ini meliputi analisis kebutuhan, perancangan materi pelatihan, pelatihan berbasis praktik, pendampingan intensif, serta evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya antusiasme dan peningkatan literasi digital guru serta keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis AI.Kata kunci: kecerdasan buatan, pelatihan, video pembelajaran, literasi digital, konten pembelajaran.
Pelatihan Menjahit bagi Mahasiswa Administrasi Pendidikan UNM melalui Kemitraan dengan ICMI Institute Sulawesi Selatan Arismundar, Arismundar; Mus, Sumarlin; Ansar, Ahlun
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak – Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar menjahit dan menumbuhkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa melalui pelatihan intensif. Pelatihan dilaksanakan dengan melibatkan 20 mahasiswa dari Jurusan administrasi pendidikan Universitas Negeri Makassar, bekerja sama dengan ICMI Institute Sulawesi Selatan. pelaksana dilakukan melalui tahapan perencanaan, sosialisasi, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Kegiatan diawali dengan penyampaian teori mengenai pengenalan alat dan bahan, teknik pengukuran, serta pembuatan pola dasar, kemudian dilanjutkan dengan praktik kelompok di bawah bimbingan instruktur. Untuk menilai efektivitas kegiatan, dilakukan evaluasi diakhir kegiatan  untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta, serta survei kepuasan untuk mengetahui respons terhadap pelaksanaan pelatihan.Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada penguasaan keterampilan dasar menjahit, seperti kemampuan membuat pola, memahami jenis bahan, dan melakukan teknik dasar menjahit. Selain peningkatan keterampilan teknis, pelatihan ini juga memberikan sosial berupa peningkatan kreativitas, serta kesadaran akan potensi keterampilan menjahit sebagai peluang usaha produktif. Kata kunci: pelatihan menjahit, kewirausahaan mahasiswa, pengabdian masyarakat, pemberdayaan.
Pelatihan Musik Digital sebagai Upaya Menghadapi Tantangan dan Peluang di Era Teknologi Bagi Sekolah Seni SMKN 2 Gowa Faisal, Faisal; Kurniawan, Rahmat; Inayah, Faidhul
Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2
Publisher : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Perkembangan teknologi digital telah membawa transformasi signifikan dalam dunia musik, termasuk dalam pendidikan seni. SMKN 2 Gowa, sebagai sekolah seni unggulan di Sulawesi Selatan, menghadapi tantangan dalam mengintegrasikan musik digital ke dalam pembelajaran akibat keterbatasan kompetensi teknologi di kalangan pengajar dan siswa. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan terkait musik digital melalui pelatihan terstruktur yang mencakup pengenalan terkait musik digital, pengenalan dan praktik perangkat keras dan lunak, wawasan terkait peluang karir dan kewirausahaan di bidang musik digital, dan praktik pembuatan musik digital. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, persiapan teknologi, pelatihan, pendampingan teknis, hingga evaluasi hasil produksi musik. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam memproduksi musik digital serta meningkatnya kesadaran terhadap peluang karier di bidang musik digital. Kegiatan ini juga mendorong terbentuknya komunitas musik digital berkelanjutan di sekolah. Kata kunci: Pelatihan, Musik Digital, Peluang Karir, Smkn 2 Gowa, Perangkat Digital

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2025:PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 12 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2023:PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 1 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 12 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 11 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 10 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 9 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 8 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 7 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 6 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 5 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 4 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 3 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 2 SEMINAR NASIONAL 2021 : PROSIDING EDISI 1 Vol 2019, No 11: PROSIDING 11 Vol 2019, No 10: PROSIDING 10 Vol 2019, No 9: PROSIDING 9 PROSIDING EDISI 10: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 9: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 8: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 7: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 6: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 5: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 4: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 3: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 2: SEMNAS 2020 PROSIDING EDISI 1: SEMNAS 2020 Vol 2019, No 3 (2019): PROSIDING 3 Vol 2019, No 12 : PROSIDING 12 Vol 2019, No 8: PROSIDING 8 Vol 2019, No 7: PROSIDING 7 Vol 2019, No 6: PROSIDING 6 Vol 2019, No 5: PROSIDING 5 Vol 2019, No 4: PROSIDNG 4 Vol 2019, No 2: Prosiding 2 Vol 2019, No 1: Prosiding 1 Vol 2018, No 9: POSIDING 9 Vol 2018, No 8: PROSIDING 8 Vol 2018, No 4: Prosiding 4 Vol 2018, No 2: Prosiding 2 Vol 2018, No 7: PROSIDING 7 Vol 2018, No 6: PROSIDING 6 Vol 2018, No 5: Prosiding 5 Vol 2018, No 3: Prosiding 3 Vol 2018, No 1: Prosiding 1 More Issue