cover
Contact Name
Sudirman
Contact Email
p3m_plj@lp3i.id
Phone
+622131904598
Journal Mail Official
p3m_plj@lp3i.id
Editorial Address
Gedung Sentra Kramat, Jl. Kramat Raya No.7-9, Jakarta Pusat,DKI Jakarta 10450
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL ABDIMAS PLJ
ISSN : 27987469     EISSN : -     DOI : http://dx.doi.org/10.34127/japlj
Sekilas Jurnal Abdimas PLJ : Jurnal Abdimas PLJ (P-ISSN 2798-7469) ini merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit berdasarkan kaidah jurnal ilmiah ditujukan untuk mempublikasikan karya ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat. Terbit pada Juli dan Desember setiap tahunnya. Naskah dikirim kapan pun melalui online (Registrasi). Pengiriman naskah Januari s/d Juni akan diterbitkan dibulan Juli dan pengiriman naskah Juli s/d November akan diterbitkan dibulan Desember
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 59 Documents
PENINGKATAN PENGETAHUAN K3 DAN PENGGUNAAN APD PADA IKM PRODUKSI DAGING FROZEN KEMASAN DI PULO GADUNG Agung Edi Rustanto; Syamsurizal Syamsurizal; Nasril Nasril
JURNAL ABDIMAS PLJ Vol 2, No 2 (2022): JURNAL ABDIMAS PLJ, Desember 2022
Publisher : POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.585 KB) | DOI: 10.34127/japlj.v2i2.662

Abstract

Tujuan kegiatan PkM ini adalah diantaranya untuk meningkatkan pengetahuan para karyawan dalam menerapkan K3 dan penggunaan APD dalam proses produksi. Dengan pemahaman terhadap K3 dan APD maka karyawan dapat meminimalisir risiko yang berdampak terhadap keselamatan dan Kesehatan kerja karyawan. Penerapan K3 dan APD dalam bekerja akan dapat membuat karyawan bekerja secara lebih tenang dan nyaman sehingga dapat meningkatkan produksivitas kerjanya. Metode yang digunakan dalam meningkatkan pemahaman karyawan terhadap penerapan K3 dan penggunaan APD dilingkungan kerja yaitu melalui pelatihan-pelatihan dengan teknik ceramah dan diskusi dan melalui pendampingan secara berkelanjutan selama 2 bulan. Lokasi PkM ini dilakukan di IKM Raihan Pangan Utama yang merupakan usaha pengolahan daging Frozen di Pulogadung Jakarta Timur. Hasil dari kegiatan Pk Mini yaitu kegiatan PkM melalui pelatihan dan pendampingan secara efektif mampu meningkatkan pengetahuan karyawan tentang K3 dan penggunaan APD. Tingkat efektivitas pelatihan dan pendampingan yang dilakukan yaitu mencapai sebesar 81.1%.Kata Kunci: Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Alat Pelindung Diri
ASPEK PERIZINAN BAGI WIRAUSAHAWAN UMKM KADER PKK PH7 CILEUNGSI, BOGOR, JAWA BARAT Andi Setiawan; Retno Widowati; Damdam Damiyana; Minggu Minggu; Kania Farida
JURNAL ABDIMAS PLJ Vol 1, No 2 (2021): JURNAL ABDIMAS PLJ
Publisher : POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.499 KB) | DOI: 10.34127/japlj.v1i2.531

Abstract

An overview of the culinary business licensing for PKK cadres at Puri Harmoni 7 Housing in Cileunyi, Bogor, West Java is a difficult matter, requires no small amount of money, and complicated bureaucracy. This condition causes them to be lazy to take care of licensing. Reluctance and ignorance of the benefits of licensing can cause them to deal with the authorities. This community service is here to provide enlightenment about the ease of taking care of licensing online and its benefits. LP3I Jakarta Polytechnic in collaboration with PT Kinarya Insan Kreatif provides training and counseling. The method of activity is legal socialization through limited face-to-face lectures by complying with the 5 M health protocol. The object of this service is a contemporary food product that comes from cassava. This counseling material includes legal protection and assistance, obtaining a Business Identification Number permit, the establishment of  PT Perseorangan, and halal certificates. The implementation of this activity is carried out through the stages of problem identification, site survey, planning, implementation, and evaluation of activities as well as preparation of reports. The result obtained is knowledge about the importance of licensing, awareness and desire to take care of it in person and onlineKeywords: Counseling, Licensing, Entrepreneurship, MSME, PKK.
TIPS MEMBUAT CV ATS FRIENDLY Retno Setya Budiasningrum; Rahmi Rosita; Jajang Setiawan; Dyan Yuliana; Enny Diah Astuti
JURNAL ABDIMAS PLJ Vol 2, No 1 (2022): JURNAL ABDIMAS PLJ, Juli 2022
Publisher : POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.789 KB) | DOI: 10.34127/japlj.v2i1.631

Abstract

Curriculum vitae is the most important thing when applying for a job, but unfortunately, most applicants cannot win the attention of the recruiters because their profile is too simple. Applicants should tell more about themselves, especially their abilities to pursue the recruiters’ attention. Conducting the training may help the students of PKBMN 23 Jakarta create a curriculum vitae that ATS friendly. By giving them training, hopefully, the participants will be able to create a good curriculum vitae ATS friendly and pass the screening by the ATS software.Keywords: CV, Tips, ATS Friendly
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT CURRICULUM VITAE PESERTA PKBM MELALUI KEGIATAN PELATIHAN DALAM PENGABDIAN MASYARAKAT Enny Diah Astuti; Nika Sintesa
JURNAL ABDIMAS PLJ Vol 1, No 1 (2021): JURNAL ABDIMAS PLJ
Publisher : POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.033 KB) | DOI: 10.34127/japlj.v1i1.482

Abstract

Membuat Curriculum Vitae merupakan satu hal penting dalam persiapan memasuki dunia kerja. Mempersiapkan Curriculum Vitae untuk melamar kerja dapat menjadi langkah pertama untuk mendapatkan pekerjaan baru Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini  adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik pada PKBM dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia industri di tengah keterbatasan selama masa pandemi. Kegiatan dilakukan melalui media daring dibagi dalam dua tahapan yaitu pertama,  penyampaian pengetahuan dalam bentuk teori dan kedua, praktek bersama membuat curriculum vitae melalui demo yang dilakukan dipandu secara online serta dibimbing oleh tim dosen dari pengabdian masyarakat. Pelaksanaan pengabdian masyarakat berjalan dengan lancar sesuai yang telah diagendakan. Pelatihan dilaksanakan melalui webinar secara daring dengan narasumber dari tenaga pengajar dosen Politeknik LP3I Jakarta. Dalam acara yang berlangsung tertib disampaikan materi berupa teori dan praktek tentang petunjuk pembuatan Curriculum Vitae (CV) yang menarik bagi Perusahaan. Disampaikan juga secara praktek demo langsung melalui media online bagaimana membuat CV secara manual dan membuat CV menggunakan template. Pendampingan dilakukan oleh dosen sebagai fasilitator untuk mempermudah para peserta menerima materi yang disampaikan, kemudian  mempraktekkannya secara langsung. Dari kegiatan pengabdian masyarakat ini para peserta mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan sehingga lebih siap untuk terjun ke dunia pekerjaan dan lebih percaya diri berbekal pengetahuan yang telah mereka miliki baik soft skill maupun hard skill sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Pengabdian masyarakat kali ini dapat disimpulkan berhasil dan dirasakan manfaat yang sangat besar. Besar harapan pada kegiatan pengabdian masyarakat kedepan kerjasama yang telah terjalin dengan baik dapat terus dilanjutkan.Kata kunci : curriculum vitae, strategi, dunia kerja
TEKNIK JITU MEMENANGKAN TAHAPAN TES WAWANCARA KERJA DI PERUSAHAAN Retno Setya Budiasningrum; Rahmi Rosita; Jajang Setiawan; Dyan Yuliana; Enny Diah Astuti
JURNAL ABDIMAS PLJ Vol 1, No 2 (2021): JURNAL ABDIMAS PLJ
Publisher : POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.163 KB) | DOI: 10.34127/japlj.v1i2.519

Abstract

A job interview is one of the processes in recruitment. This process is very important because the results of the interview will determine the destiny of job seekers. Preparing for a job interview is very important in order to be successful in winning it. Hence, the ability to deal with interview questions is needed by job seekers. The purpose of this community service activity is to help the students of PKBM Ristek Nusantara Jaya Jakarta in increasing their knowledge of job interviews. Implementing this activity started by providing information about preparing for a job interview and showing them some techniques in dealing with interview questions, and it continued with the activity of questions and answers, then ended with the evaluation activity. By having the knowledge of job interviews, participants can prepare themselves and have the confidence to be able to win a job interview successfully.Keyword : Self-preparation, Self-confident, Techniques of job interview 
MENILAI KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA MELALUI PODCAST Ali Satri Efendi
JURNAL ABDIMAS PLJ Vol 1, No 1 (2021): JURNAL ABDIMAS PLJ
Publisher : POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (952.161 KB) | DOI: 10.34127/japlj.v1i1.477

Abstract

Menilai keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa adalah hal yang rumit bagi guru, apalagi ada keterbatasan aktu dan kesempatan siswa untuk mempraktikan kemampuan mereka di kelas. Kedekatan siswa dengan teknologi harusnya dimanfaatkan oleh guru untuk menjadikannya kegiatan alternatif agar kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa dapat meningkat dan memungkinkan guru untuk menilai kemampuan mereka tanpa batas ruang dan waktu. Podcast yang saat ini tengah populer di kalangan anak muda bisa menjadi salah satu media alternatif yang dapat dipergunakan karena pembuatannya cukup sederhana dengan keterbukaan siswa terhadap teknologi. Artikel ini diharapkan mampu menjadi acuan dan referensi guru-guru dalam menggunakan Podcast dalam kegiatan belajar-mengajar. Sejalan dengan hasil penelitian-penelitian sebelumnya, Podcast menjadi media yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam Bahasa Inggris dan memudahkan guru dalam melakukan penilaian.Kata Kunci : Kemampuan Berbicara Siswa, Bahasa Inggris, Penilaian, Podcast, Teknologi.
PELATIHAN CANVA SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA SISWA/I SMK PARIWISATA CITAYAM Faridah Faridah; Nurlina Nurlina; Yoeliastuti Yoeliastuti; Herry Syafrial; Edi Wahyu Wibowo
JURNAL ABDIMAS PLJ Vol 2, No 2 (2022): JURNAL ABDIMAS PLJ, Desember 2022
Publisher : POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.663 KB) | DOI: 10.34127/japlj.v2i2.660

Abstract

In the era of industrial technology 4.0, technology media is increasingly being used in trade and business activities. The internet is a part of human life in the use of promotional media, because any media uses the internet a lot. One of the platforms that is currently in great demand is Canva media. Canva makes graphic design and publishing content easier and faster than any other graphic software. The problem that occurs to students at Citayam Tourism Vocational School is the lack of understanding of students about the Canva application as a digital media. The purpose of this service is as a solution in increasing the knowledge of students and teachers who take part in the training to better understand the importance of promotional media in the era of technology that is more effective and efficient in its delivery. This Community Service activity is carried out using lecture, question and answer methods and demonstrations. As a result of this activity, participants can receive knowledge and can use the Canva application in promotional activities. Community service implementation activities are carried out in stages, namely by communicating with the school in order to find out the weaknesses and needs of learning materials. The second stage is to carry out material giving activities that are carried out online by training students using the Canva application.Keywords: Training, Canva, Promotion 
PENGELOLAAN ARSIP DIGITAL MENGGUNAKAN DROPBOX, ONE DRIVE DAN GOOGLE DRIVE Enny Diah Astuti; Widiarti Lestariningsih
JURNAL ABDIMAS PLJ Vol 1, No 2 (2021): JURNAL ABDIMAS PLJ
Publisher : POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.635 KB) | DOI: 10.34127/japlj.v1i2.517

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada era digital saat ini sangat cepat dan secara signifikan ikut mempengaruhi  dalam pengelolaan  arsip. Salah satu cara pengelolaan arsip yang sangat mudah dilakukan saat ini adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Kita bisa melakukan penyimpanan arsip melalui beberapa platform cloud atau drive yaitu : dropbox, onedrive dan google drive. Metode penyampaian materi memberikan pengetahuan mengenai perbedaan drive yang bisa digunakan sebagai media penyimpanan arsip. Kemudian instruktur memberikan simulasi bagaimana cara pengarsipan file secara elektronik di masing-masing drive yang digunakan, baik melalui drop box, one drive dan google drive. Sebagai penyelia fasilitas cloud atau drive yang bisa dimanfaatkan sebagai media dalam penyimpanan arsip dalam manajemen pengelolaan arsip tentunya memiliki keamanan yang tidak mudah dijebol sehingga data baik berupa gambar, streaming media, pengeditan dokuman serta berbagai macam dokumen dapat tersimpan secara aman dalam drive tersebut. Salah satu faktor penentu dalam pengelolaan arsip adalah sumber daya manusia (SDM) mengenai keterampilan dan keahlian yang ikut berperan dalam menentukan kualitas pekerjaan tersebut. Dengan mengikuti pelatihan pengelolaan arsip digital melalui drop box, one drive, dan google drive maka akan meningkatkan kompetensi serta mendapat pengakuan secara formal terhadap keahlian pengelolaan arsip secara digital.Kata kunci : Arsip, Digital, Drive
KUNCI SUKSES MEMPERSIAPKAN ADMINISTRASI DAN WAWANCARA KERJA DENGAN MENGGUNNAKAN BAHASA INGGRIS DAN INDONESIA Sudirman Sudirman; D Purnomo; Agung Edi Rustanto; Nur Haris Efendi; Rini Mardikawanty; Badriyah Badriyah
JURNAL ABDIMAS PLJ Vol 2, No 1 (2022): JURNAL ABDIMAS PLJ, Juli 2022
Publisher : POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.109 KB) | DOI: 10.34127/japlj.v2i1.632

Abstract

The purpose of this activity is to improve the quality of Human Resources in conducting job interviews which is the first door for someone to get a job. It is hoped that the key to successful training in preparing for administration and job interviews using English and Indonesian can improve the ability of participants in preparing the administration needed to apply for jobs and also the ability of participants to conduct job interviews using both Indonesian and English. The method used is through presentation and practice (drilling). Thus, students from State PKBM 23  Central Jakarta will gain experience on how to conduct job interviews. The results obtained in this activity are an increase in knowledge and skills regarding documents needed in the world of work and confidence in facing job interviews.Keyword : Administration, Interview, Drilling, Job
PENGEMBANGAN SDM DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS TI SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG PENGEMBANGAN PESERTA DIDIK PKBM 21 TEBET Evalina Evalina; Fatimah Malini Lubis
JURNAL ABDIMAS PLJ Vol 1, No 1 (2021): JURNAL ABDIMAS PLJ
Publisher : POLITEKNIK LP3I JAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.85 KB) | DOI: 10.34127/japlj.v1i1.483

Abstract

Saat ini perekonomian Indonesia sedang mengalami penurunan, seiring dengan adanya wabah pandemik Covid 19.  Namun, hal ini harus diantisipasi oleh masyarakat Indonesia dengan melakukan pengembangan SDM yang dapat mengikuti perkembangan zaman, yaitu dengan menggunakan teknologi informasi di segala bidang, termasuk bidang pendidikan dan bisnis.  Politeknik LP3I Jakarta bekerjasama dengan PKBM 21 Tebet Jakarta yang memiliki peserta pendidikan berlatar belakang beragam, dari berbagai jenis pekerjaan melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (P2M).  Hal yang dilakukan adalah mengantisipasi kebutuhan untuk pengembangan peserta didik sebagai wirausaha yang berorientasi pada teknologi informasi.  Metode pelaksanaannya, yaitu dengan menggunakan webinar,  seminar, ataupun workshop yang dilakukan secara online. Pertemuan (meeting) dilakukan tatap muka secara online dan disampaikan melalui media Internet.  Webinar dapat dihadiri oleh banyak orang yang berada di lokasi yang berbeda-beda.  Melalui Webinar ini, kita dapat berinteraksi secara langsung, melalui gambar (video) ataupun text (chat).  Hasil dari webinar ini adalah 1) Adanya kesadaran untuk pengembangan diri masing-masing peserta didik dan tutor untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi. 2) Peserta didik dan tutor dapat terinspirasi berwirausaha berbasiskan teknologi informasi.  Kesimpulan kegiatan pengabdian masyarakat menghasilkan wawasan pada para peserta didik dan tutor untuk berwirausaha berbasiskan teknologi informasi.Kata kunci: Pengembangan SDM, Wirausaha, Teknologi Informasi, Pandemic Covid 19