cover
Contact Name
Fitriana Ibrahim
Contact Email
fitrianaibrahim@gmail.com
Phone
+6281262845193
Journal Mail Official
jpkunkhair@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun Jl. Bandara Sultan Baabullah, Kelurahan Akehuda Kec. Kota Ternate Utara, 97728
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Published by Universitas Khairun
ISSN : -     EISSN : 29882427     DOI : https://doi.org/10.33387/jpku.v2i2
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) merupakan jurnal peer-reviewed yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Khairun. JPKU terbit 2 kali dalam setahun, yakni Edisi Juni dan Desember. Jurnal ini berisi artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitian di bidang pendidikan kimia dan Ilmu Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) menerbitkan naskah manuskrip pada bidang kajian meliputi: - Kimia organik dan anorganik - Pembelajaran kimia - Kimia analitik - Kimia fisik - Biokimia dan terapan
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2025): Vol 5, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)" : 8 Documents clear
Analisis Hasil Belajar Siswa Kelas XI dalam Memahami Materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 2 Tidore Kepulauan Hasan, Asriyani; Sugrah, Nurfatimah; Umar, sudir; Ibrahim, Fitriana
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 5, No 1 (2025): Vol 5, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v5i1.10113

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam memahami materi ikatan kimia pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tidore Kepulauan Tahun Ajaran 2024/2025, yang didesain dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah teknik sampling jenuh, di mana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes yang digunakan berupa soal essay yang berjumlah 10 item, dan teknik non tes berupa angket tanggapan siswa yang berjumlah 15 item. Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI SMAN 2 Tidore Kepulauan dalam memahami materi ikatan kimia terdistribusi dalam 3 kategori, yaitu kategori tinggi sebesar 65% untuk 2 siswa, kategori sedang sebesar 54% untuk 13 siswa, dan kategori rendah sebesar 25% untuk 10 siswa. Di lain pihak, faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa rata-rata berada di atas 44%, dan faktor eksternal rata-rata berada di atas 48%. ABSTRACTThis research was conducted to determine student learning outcomes and influencing factors in understanding chemical bonding material in class XI students of SMA Negeri 2 Tidore Kepulauan in the 2024/2025 academic year, which was designed with descriptive research. The sampling technique in the study was saturated sampling technique, in which the entire population was used as a sample of 25 students. The instruments used in this research were test and non-test techniques. The test technique used in the form of essay questions totaling 10 items, and non-test techniques in the form of student response questionnaires totaling 15 items. The results of the analysis showed that the learning outcomes of class XI students of SMAN 2 Tidore Islands in understanding chemical bonding material were distributed in 3 categories, namely the high category of 65% for 2 students, the medium category of 54% for 13 students, and the low category of 25% for 10 students. While internal factors that affect student learning outcomes are on average above 44%, and external factors are on average above 48%.
DesainDanUjiCobaMediaPembelajaranBerbasisCongklakUntuk MotivasiDanHasilBelajarSis Meningkatkan waKelasXSMAITAlbinaKotaTernatePadaMateri KonfigurasiElektron Sabar, Sumiyati; Liestianty, Deasy; Khadijah, Khadijah; merlin, merlin; Rahman, Nurul Aulia
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 5, No 1 (2025): Vol 5, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v5i1.10099

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran pada materi konfigurasi elektron. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis congklak dan mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah reseach and development (R D) menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan tahapan penelitian yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru kimia dan siswa kelas X SMA IT Albina Kota Ternate . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui kevalidan media yang dikembangkan menggunakan lembar validasi ahli materi dan media, untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan menggunanakan soal pretest dan posttest serta angket motivasi dan untuk mengetahui kepraktisan media yang dikembangkan menggunakan angket respon guru dan siswa. Analisis data yang digunakan berupa rumus persentase, analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS. Hasil analisis diperoleh persentase kevalidan yaitu 98.21% yang termasuk kategori sangat valid, persentase keefektifan yaitu 73.0313% termasuk kategori sangat efektif, persentase kepraktisan respon guru yaitu 97.62% dan respon siswa yaitu sebesar 95.44% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Sehingga diketahui media yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.Kata Kunci:               Media berbasis pembelajaran congklak, Motivasi; Hasil belajarAbstractThis research is motivated by the lack of variation in the use of learning media on electron configuration material. The purpose of this study is to produce congklak-based learning media and to determine the validity, effectiveness and practicality of the media developed. This type of research is research and development (R D) using the ADDIE development model, with research stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The sample in this study were chemistry teachers and class X students of SMA IT Albina Ternate City. The instruments used in this study to determine the validity of the media developed using expert validation sheets for material and media, to determine the effectiveness of the media developed using pretest and posttest questions and motivation questionnaires and to determine the practicality of the media developed using teacher and student response questionnaires. Data analysis used in the form of percentage formulas, descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis using SPSS. The results of the analysis obtained a percentage of validity of 98.21% which is included in the very valid category, a percentage of effectiveness of 73.0313% which is included in the very effective category, a percentage of practicality of teacher responses of 97.62% and student responses of 95.44% which is included in the very practical category. So it is known that the media developed can be used in the learning process.Congklak learning-based media, Motivation,Learning outcomes
Tinjauan Literatur Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Inovasi Pembelajaran Kimia Munandar, Haris; Arwin, Muh.
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 5, No 1 (2025): Vol 5, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v5i1.10034

Abstract

Artikel ini mengkaji pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam inovasi pembelajaran kimia melalui pendekatan kajian literatur yang sistematis. Fokus kajian diarahkan pada publikasi ilmiah primer yang terbit pada rentang tahun 2022 hingga 2025, dengan penelusuran data dilakukan melalui portal SINTA. Hasil telaah menunjukkan bahwa integrasi AI dalam pembelajaran kimia mampu meningkatkan pemahaman konsep yang kompleks dan abstrak, memperkuat literasi numerasi, serta mendorong keterlibatan aktif siswa melalui berbagai bentuk inovasi, seperti chatbot edukatif, sistem penilaian otomatis, dan pembelajaran adaptif. Meskipun demikian, pemanfaatan AI di bidang pendidikan masih menghadapi sejumlah tantangan, termasuk kesiapan infrastruktur, literasi digital pendidik, serta isu etika dan privasi data. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara pendidik, pengembang teknologi, dan pemangku kebijakan untuk mengoptimalkan implementasi AI secara efektif, etis, dan inklusif dalam pembelajaran kimia abad ke-21.
ANALISIS KEMAMPUAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA TERNATE PADA MATERI IKATAN KIMIA Drakel, Arnia -; Mauraji, Ilham SW; Amin, Muhamamd; Sriwahyuni, Elsa
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 5, No 1 (2025): Vol 5, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v5i1.10017

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan gaya belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya Jenis Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi penelitian ini di kelas XI SMA Negeri 1 Kota ternate yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes soal 10 item dan 46 item angket gaya belajar serta 10 item angket hasil belajar siswa. Teknik analisis data adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan gaya belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Ternate pada materi Ikatan Kimia berada pada gaya belajar audiotori dengan persentase rata-rata 47% dari 36 siswa yang dijadikan sampel. Faktor yang paling menentukan kemampuan gaya belajar siswa adalah faktor internal pada aspek minat dengan persentase 66,25% pada kriteria Tinggi dan faktor eksternal berada pada aspek orang tua dengan persentase 60,5% Pada kriteria Tinggi.. Kata Kunci:               Kemampuan Gaya Belajar, Ikatan Kimia, SMA Negeri 1 Kota ternateAbstractThis research was conducted to determine students' learning style abilities in studying Chemical Bonding material, and the factors that influence it. This type of research is quantitative descriptive research. The population of this study was class XI of SMA Negeri 1 Ternate City, totaling 36 people. The data collection technique in this research is a 10-item test technique and a 46-item learning style questionnaire and a 10-item student learning outcomes questionnaire. The data analysis technique is quantitative analysis. The results of the research show that the learning style abilities of class The factor that most determines a student's learning style ability is internal factors in the interest aspect with a percentage of 66.25% in the High criteria and external factors are in the parental aspect with a percentage of 60.5% in the High criteria.Keyword:Learning Style Ability, Chemical Bonds, SMA Negeri 1 Ternate City
Adsorpsi Logam Merkuri (Hg) Pada Limbah Tambang Emas Menggunakan Rumput Kerbau (Paspalum Conjugatum) Torano, Iklima Hi. Ismail; Zam, Zulkifli Zam; Cipta, Indra; Limata, Nur Asbirayani; Jayali, Ahmad Muchsin
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 5, No 1 (2025): Vol 5, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v5i1.10255

Abstract

AbstrakMerkuri (Hg) adalah logam berat yang bersifat beracun dan dapat memiliki dampak serius pada kesehatan manusia serta lingkungan. Senyawa merkuri sering ditemukan dalam bentuk ion, senyawa organik, atau sebagai uap. Penggunaan merkuri dalam industri, seperti penambangan emas, dapat menyebabkan pencemaran tanah dan air, yang berpotensi mengakumulasi dalam rantai makanan. Paparan merkuri dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kerusakan sistem saraf dan gangguan perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan tanaman rumput kerbau (Paspalum conjugatum) dalam fitoremediasi, yang berprinsip pada pengadsorpsi logam merkuri (Hg) dari limbah tambang emas di Desa Kusubibi, menggunakan spektrofotometri serapan atom (AAS). Penanaman rumput kerbau dilakukan dengan cara stek batang. Tanaman berhasil tumbuh baik di tanah tercemar merkuri selama 90 hari. Hasil analisis menunjukkan bahwa konsentrasi merkuri pada akar, daun, dan batang masing-masing sebesar 733,28 μg/kg, 868,51 μg/kg, dan 522,66 μg/kg. Total konsentrasi merkuri di tanah setelah penanaman adalah 1154,52 μg/kg. Nilai Bioaccumulation Factor (BCF) dan Translocation Factor (TF) masing-masing adalah 1,84 dan 1,18, menunjukkan bahwa Paspalum conjugatum dapat berfungsi sebagai fitoakumulator yang efektif dalam menyerap dan mentranslokasikan merkuri dari tanah ke bagian tanaman. Hasil ini menegaskan potensi tanaman rumput kerbau sebagai alternatif dalam remediasi lingkungan tercemar logam berat, khususnya merkuri dari limbah tambang.. Kata Kunci:Merkuri, Limbah, Tanaman Rumput KerbauAbstractMercury (Hg) is a heavy metal that is toxic and can have serious impacts on human health and the environment. Mercury compounds are often found in the form of ions, organic compounds, or as vapor. The use of mercury in industries such as gold mining can lead to soil and water contamination, which has the potential to accumulate in the food chain. Exposure to mercury can result in various health issues, including damage to the nervous system and developmental disorders. This study aims to evaluate the ability of buffalo grass (Paspalum conjugatum) in phytoremediation, based on the principle of adsorbing mercury (Hg) from gold mining waste in the village of Kusubibi, using atomic absorption spectrophotometry (AAS). The buffalo grass was planted using stem cuttings. The plants thrived well in mercury-contaminated soil for 90 days. Analysis results showed that the concentration of mercury in the roots, leaves, and stems was 733.28 μg/kg, 868.51 μg/kg, and 522.66 μg/kg, respectively. The total concentration of mercury in the soil after planting was 1154.52 μg/kg. The Bioaccumulation Factor (BCF) and Translocation Factor (TF) values were 1.84 and 1.18, respectively, indicating that Paspalum conjugatum can function as an effective phytoremediator in absorbing and translocating mercury from the soil to the plant parts. These results underscore the potential of buffalo grass as an alternative for remediating environments contaminated with heavy metals, particularly mercury from mining waste.Mercury, Paspalum Conjugatum
Analisis Penggunaan Chemistry Laboratorium Application Untuk Mahasiswa Pendidikan Kimia Pada Praktikum Kimia Dasar Ramadhani, Sitti Fatimah; Jumriani, Jumriani; Islam, Muhammad Fajar
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 5, No 1 (2025): Vol 5, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v5i1.9897

Abstract

Keterbatasan fasilitas laboratorium konvensional mendorong perlunya alternatif inovatif dalam pembelajaran praktikum kimia. Salah satu solusi yang potensial adalah penggunaan Chemistry Laboratory Application berbasis digital. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas penggunaan aplikasi Irydium Chemistry Lab dalam praktikum kimia dasar pada mahasiswa program studi pendidikan kimia. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, survei, dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa meskipun aplikasi nonpraktikum telah umum digunakan, namun ternyata masih banyak mahasiswa yang baru mengenal aplikasi praktikum virtual. Mereka menilai Irydium mudah diinstal, ramah pengguna, dan membantu dalam memahami konsep dasar kimia. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pendidik dan pemangku kebijakan untuk mengoptimalkan penggunaan laboratorium virtual, baik di tingkat perguruan tinggi maupun pendidikan menengah melalui kegiatan PPL dan praktik mengajar di masa depan.
PRODUKSI BAHAN BAKAR GEL ALTERNATIF (BIOETANOL) DARI CAPTIKUS LOKAL Sahdan, Putri; Muliadi, Muliadi; Mustafa, Linda Kurnia; Miharja, Muhammad Hidayat Jaya
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 5, No 1 (2025): Vol 5, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v5i1.10110

Abstract

Putri Sahdan 2024. Produksi Bahan Bakar Gel Alternatif (Bioetanol) dari Captikus Lokal. Pembimbing I Muliadi S.Si.,M.Si dan Pembimbing II Ilham S.W Mauraji S.Pd.,M.Pd.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bioetanol gel dari bahan baku captikus, menentukan pengaruh konsentrasi etanol terhadap sifat fisik gel, serta mengukur lama nyala dan kadar abu yang dihasilkan. Bioetanol gel dibuat dengan mencampurkan larutan Carbopol sebagai pengental dengan etanol 70% menggunakan magnetic stirrer selama 1 jam. Konsentrasi etanol divariasikan (50–200 mL), dan produk akhir diuji viskositas, lama nyala, serta kadar abu. .Hasil pengujian menunjukkan bahwa viskositas bioetanol gel meningkat seiring dengan kenaikan konsentrasi carbopol, dari 35,5 cP pada konsentrasi 0,6% hingga 500 cP pada konsentrasi 1,5%. Lama nyala bioetanol gel menurun dengan meningkatnya viskositas, dari 5 menit 35 detik pada viskositas 35,5 cP menjadi 1 menit pada viskositas 500 cP.  Dengan  hasil tersebut penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan 150 mL etanol dan 1,5 gram Carbopol menghasilkan gel dengan lama nyala terbaik, yaitu 5 menit 35 detik, tidak ada kadar abu yang dihasilkan setelah pembakaran, karena bahan-bahan yang digunakan, seperti carbopol, etanol, dan aquades, merupakan senyawa organik yang dapat terbakar atau menguap sepenuhnya tanpa meninggalkan residu.Kata Kunci: Bioetanol gel, captikus, Carbopol, bahan bakar alternatif, lama nyala, kadar abu.
PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI PEMBUATAN INDIKATOR DAN PENENTUAN TRAYEK pH ASAM BASA BERBAHAN ALAM Moligai, Nursafina Banse; Annisa, Dira Ayu; Baturante, Nur Jannah; Nur Abu, St Hayatun
Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) Vol 5, No 1 (2025): Vol 5, No 1 (2025): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Publisher : Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/jpku.v5i1.10004

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan serta kepraktisan e-LKPD berbasis Learning Cycle 5E pada materi pembuatan indikator dan penentuan trayek pH asam-basa berbahan alam. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dengan kategori sangat valid, dengan nilai rata-rata 86%. Uji kepraktisan berdasarkan angket respon guru dan siswa juga menunjukkan hasil sangat praktis, dengan nilai rata-rata 88% dari guru dan 85% dari siswa. Dengan demikian, e-LKPD berbasis Learning Cycle 5E yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia, khususnya pada materi pembuatan indikator dan penentuan trayek pH asam-basa berbahan alam. Kata Kunci:               e-LKPD, Learning Cycle 5E, asam-basa, indikator alami, pembelajaran kimiaAbstractThis study aims to develop and test the feasibility and practicality of e-LKPD based on Learning Cycle 5E on the material for making indicators and determining the pH route of acids and bases made of natural materials. The validation results show that the product developed meets the eligibility criteria with a very valid category, with gives an average score of 86%. The practicality test based on the teacher and student response questionnaire also showed very practical results, with an average score of 88% from teachers and 85% from students. Thus, the e-LKPD based on Learning Cycle 5E developed is suitable for use as a teaching material in chemistry learning, especially in the material for making indicators and determining the pH route of acids and bases made of natural materials.e-LKPD, Learning Cycle 5E, acid-base, natural indicators, chemistry learning

Page 1 of 1 | Total Record : 8