Differential: Journal on Mathematics Education
Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational technology
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education"
:
10 Documents
clear
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MIND MAPPING
Farras, Haniyah Raihani;
Masri;
Asmara, Adi;
Ristontowi
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32502/differential.v3i1.555
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, Mind Mapping, dan Quantum Teaching di SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan tiga kelas sampel: kelas VII E (Quantum Teaching), VII D (Mind Mapping), dan VII B (konvensional). Data dikumpulkan melalui post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif matematika siswa berdasarkan model pembelajaran yang digunakan. Siswa pada kelas Quantum Teaching menunjukkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan dua kelas lainnya. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,23462 dan 0,43, serta t-hitung 33,737988 yang lebih besar dari t-tabel 3,10. Temuan ini menunjukkan bahwa Quantum Teaching lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam belajar matematika. Kata kunci : mind mapping, quantum teaching, konvensional
PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP
Haryanti, Oktavia Indah;
Sudihartinih, Eyus;
Purniati, Tia
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32502/differential.v3i1.557
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan resiliensi matematis siswa SMP melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung tahun ajaran 2023/2024 dan teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, diambil dua kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing kelas terdiri dari 31 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan instrumen non-tes berupa angket resiliensi matematis. Setelah dilakukan analisis data tes dan non-tes, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model CTL lebih tinggi secara signifikan daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung; (2) resiliensi matematis siswa setelah mendapatkan model CTL lebih tinggi secara signifikan daripada resiliensi matematis siswa sebelum mendapatkan model CTL. Oleh karena itu, model pembelajaran CTL dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan resiliensi matematis siswa.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ONLINE KAHOOT! TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Fajriyah, Euis;
Febriyana, Dyah;
Rahmiati, Ati;
Uctuvia, Vina
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32502/differential.v3i1.598
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, media yang digunakan dalam pendidikan menjadi lebih bervariasi. Platform pembelajaran berbasis game online Kahoot! adalah salah satu contohnya. Kahoot! adalah platform pembelajaran berbasis game online yang menggunakan survei, kuis, dan diskusi interaktif untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik. Matematika adalah salah satu mata pelajaram yang dapat menggunakan platform pembelajaran berbasis game online Kahoot! Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan Kahoot!, sebuah platform pembelajaran daring berbasis permainan, mempengaruhi hasil belajar matematika. Metodologi kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini memiliki dua kelompok sampel. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran matematika di kelas VIII, bab Pythagoras, di SMP Daarut Tazkiyah di Cirebon. Menurut analisis temuan penelitian, penggunaan media pembelajaran berbasis permainan daring Kahoot! memiliki dampak yang menguntungkan pada hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran memiliki kontribusi pengaruh sebesar 70,4% terhadap hasil belajar siswa. Model persamaan regresi Y = 11,713 + 0,752 X menunjukkan bahwa kinerja siswa saat menggunakan Kahoot! sebagai media pembelajaran berbanding lurus dengan prestasi akademis mereka. Kata kunci : media pembelajaran, game, Kahoot!
PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP
Sitepu, Israil;
Simanjuntak, Sinta
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32502/differential.v3i1.609
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Katolik Budi Murni 2 Medan tahun ajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas 8 SMP Katolik Budi murni 2 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa yang terdiri dari 31 siswa untuk kelas eksperimen dan 31 siswa untuk kelas kontrol. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran untuk pertemuan pertama adalah 40% dan pertemuan kedua adalah 71,11%, sehingga aktivitas siswa dapat dikategorikan meningkat dan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi siswa dengan pembelajaran matematika realistik dibandingkan pembelajaran biasa. Pembelajaran matematika realistik lebih baik dan lebih efisien diterapkan dalam pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.
PROFIL SUBJECTIVE WELL-BEING SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PERSPEKTIF GENDER
Syakira, Hadhona Fatmah;
Winarso, Widodo;
Haqq, Arif Abdul
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32502/differential.v3i1.625
Siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, kemudian berdampak pada kesejahteraan psikologis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat subjective well-being (SWB) siswa dalam pembelajaran matematika, menganalisis faktor yang mempengaruhinya, serta meninjau perbedaannya berdasarkan gender. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif komparatif, dengan data diperoleh melalui angket subjective well-being pada siswa kelas IX SMP IT Al Burhany, dipilih menggunakan purposive sampling. Analisis dilakukan melalui analisis deskriptif, analisis faktor principal component analysis (PCA), dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan tingkat subjective well-being siswa berada dalam kategori kuat. Analisis faktor menunjukkan bahwa faktor 1 merupakan faktor yang memengaruhi subjective well-being siswa dalam pembelajaran matematika, dengan nilai eigen terbesar dengan aspek adalah aspek sosial. Perbedaan signifikan juga ditemukan dalam tingkat subjective well-being antara siswa laki-laki dan perempuan berdasarkan hasil uji independent sample t-test, yang menunjukkan adanya pengaruh gender terhadap tingkat subjective well-being siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun secara umum siswa menunjukkan subjective well-being yang cukup baik, namun terdapat perbedaan pengalaman berdasarkan gender, khususnya dalam aspek sosial dan psikologis. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan pemahaman empiris tentang pengaruh gender terhadap subjective well-being siswa dalam pembelajaran matematika, yang dapat menjadi acuan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan inklusif.
KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI SUDUT KELAS III SD MUHAMMADIYAH 20 PALEMBANG
Azahra, Fadillah;
Parlinda, Helsi;
Nurhalizah;
Zairah, Rita;
Syutaridho
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32502/differential.v3i1.709
Siswa di tingkat sekolah dasar sering mengalami kesulitan dalam mempelajari materi sudut matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi siswa saat belajar materi sudut, serta faktor-faktor yang berkontribusi pada kesulitan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Studi ini melibatkan orang tua dan siswa kelas III SD Muhammadiyah 20 Palembang. Untuk mengumpulkan data, digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Digunakan model Miles dan Huberman untuk menganalisis data, yang mencakup pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis. kesulitan belajar yang dialami siswa terdiri dari kesulitan membaca dan memahami soal, kesulitan transformatif dan memproses, dan kesulitan menuliskan jawaban akhir. Ketiga. masalah ini berbeda dalam cara siswa menjawab pertanyaan guru di kelas. Namun, ada dua jenis faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa faktor internal, seperti motivasi, minat, dan rasa percaya diri; dan faktor eksternal, seperti keluarga dan lingkungan sekolah.
PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS APLIKASI (BANGUN RUANG SIMULASI 3D) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V
Nuraini, Intan;
Qonita, Oktia;
Syutaridho
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32502/differential.v3i1.713
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi dalam bentuk simulasi 3D bangun ruang dan dampaknya terhadap minat belajar siswa. Kegiatan penelitian dilakukan pada Semester Genap tahun ajaran 2024/2025, di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 158 Palembang dengan subjek penelitian siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD) yang berjumlah 35 Siswa. Adapun data yang didapat dalam penelitian ini yaitu data dokumentasi siswa, data hasil wawancara guru dan siswa serta data observasi aktivitas siswa yang disajikan dalam bentuk narasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi menunjukkan dampak pada pemahaman siswa terkait dengan materi pelajaran, kemudian memunculkan imajinasi berpikir siswa dari simulasi bangun ruang yang ditampilkan. Sehingga efek dari penerapan media memunculkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. Selain itu, siswa-siswa dalam kelompok juga menunjukkan keaktifan dalam proses pembelajaran. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis apikasi, khususnya simulasi 3D bangun ruang, dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Media pembelajaran berbasis aplikasi mampu memberikan pengalaman belajar yamg interaktif dan menarik bagi siswa, sehingga dapat memunculkan minat siswa dalam proses pembelajaran.
LKPD INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN CACAH UNTUK SISWA KELAS 2 DI SDN 159 PALEMBANG
Fadila, Salsya;
Syutaridho, Syutaridho
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32502/differential.v3i1.715
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif dalam pembelajaran bilangan cacah yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas 2 SD. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan isi LKPD, validasi oleh ahli, dan uji coba terbatas. LKPD yang dikembangkan memuat soal pengurutan bilangan, penghitungan jumlah benda, serta operasi penjumlahan dan pengurangan berdasarkan gambar kontekstual. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD sangat layak digunakan dari aspek isi, penyajian, dan visual. Uji coba terhadap 20 siswa menunjukkan bahwa 85% siswa mampu mengurutkan bilangan dengan benar, dan 100% siswa dapat menyelesaikan soal menghitung jumlah benda serta operasi penjumlahan dan pengurangan dalam pembelajaran gambar dengan benar. Respon siswa dan guru terhadap LKPD sangat positif. LKPD ini terbukti membantu pemahaman konsep matematika secara konkret dan menyenangkan sesuai tahap perkembangan kognitif siswa kelas rendah.
MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP
Jayusman, Fregis;
Nopriyanti, Tika Dwi;
Marhamah
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32502/differential.v3i1.728
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Statistik pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Negeri 60 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi (quasi-experimental) dengan model design One-group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes essay. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji paired samples test, tes kemampuan literasi statsitik kelas VIII.3 menerima hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi statistik pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 60 Palembang.
PBL BERBANTUAN MEDIA PADUDI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 236 PALEMBANG
Mawar, Maya Guita;
Firdaus, Masagus;
Ningsih, Yunika Lestaria
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32502/differential.v3i1.928
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Padudi (Papan dadu diagram batang) terhadap hasil belajar siswa pada materi penyajian data di SD Negeri 236 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berbentuk posttest only control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri 236 Palembang, Sampel penelitian adalah kelas IV. B yang berjumlah 22 siswa dan kelas IV.C yang berjumlah 25 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil posttes kelas eksperimen adalah 86.14 dan hasil posttes kelas kontrol adalah 69.20. Hasil hipotesis yang didapat dari uji independent t-test (uji-t) bahwa diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,025, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan dadu diagram batang (Padudi) terhadap hasil belajar materi penyajian data di SD Negeri 236 Palembang.