cover
Contact Name
Annisa Junaid
Contact Email
annisa.junaid@gmail.com
Phone
+6282194098257
Journal Mail Official
jilmateks@umi.ac.id
Editorial Address
Panaikang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JILMATEKS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil
ISSN : 26557266     EISSN : 26557266     DOI : https://doi.org/10.33096
Core Subject : Engineering,
JILMATEKS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil merupakan media publikasi tulisan ilmiah yang dibentuk oleh tim pengelola jurnal Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia untuk mempublikasikan jurnal mahasiswa(i) teknik sipil berdasarkan hasil penelitian di bawah bimbingan dan arahan para dosen Program Studi Teknik Sipil dalam menghasilkan luaran penelitian yang inovatif dan memberikan kontribusi bagi kemajuan sains dan teknologi khususnya di bidang Teknik Sipil yang meliputi Teknik Struktur, Geoteknik, Teknik Transportasi, Teknik Keairan, dan Manajemen Konstruksi.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2019): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Juli 2019" : 16 Documents clear
Uji Kepadatan Mutlak terhadap Indirect Tensile Strengh pada Campuran Aspal dengan Menggunakan Abu Serat Jute Firdani, Resky; Hasmin, Indra; Arifin, Winarno; Badaron, St. Fauziah; Salim
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 1 No. 3 (2019): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Juli 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/1pn8rh04

Abstract

Dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang berbanding lurus dengan beban kendaraan yang diterima oleh lapisan permukaan jalan sehingga banyak ditemukan lapisan permukaan jalan mengalami yang namanya deformasi ataupun keretakan. Salah satu cara untuk meminimalisir deformasi dari suatu perkerasan jalan adalah dengan pengujian kepadatan mutlak. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui nilai kepadatan tertinggi dari suatu lapisan perkerasan jalan sehingga nilai deformasi bisa diketahui. Setelah nilai kepadatan tertinggi diketahui dilakukan pengujian inderect tensile strenght agar dapat diketahui kemampuan perkerasan jalan sampai menemui nilai keretakan. Seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang menyebabkan cepatnya rusak dan retak pada permukaan jalan, maka perlu dilakukan modifikasi campuran dengan menggunakan bahan tambah abu serat jute sebagai filler dalam pencampuran aspal. Kemudian Pengujian Indirect Tensile Strenght. Dengan menggunakan nilai KAO Ialah 5,7%, sedangkan Variasi Abu jute ialah 0%, 0,2%, 0,4%, 0,6%, 0,8%, dan 1,0%. Dari hasil pengujian Kepadatan Mutlak terhadap Indirect Tensile Strenght dengan menggunakan abu serat jute mampu menerima beban 16881,33 KPa. Sedangkan Pengujian Kepadatan Standar hanya mampu menerima beban 15244,47 KPa. . Dari Pengujian ini dapat kita ketahuai Kepadatan mutlak lebih kuat menahan beban dibandingkan kepadatan standar.
Pengaruh Penambahan Serbuk Eceng Gondok terhadap Parameter Marshall Test pada Campuran Aspal Beton (AC-WC) A, Priskhal Irdhan; S, Iksan; Idrus, Yasnawi; Massara, Asma; Anies, Muh. Kasim
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 1 No. 3 (2019): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Juli 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/gy7znh24

Abstract

Jalan adalah salah satu transportasi yang berada didarat dan sangat mempunyai kunci penting dalam kehidupan manusia. Di dalam lapisan jalan perkerasan adakalanya mengalami mengalami masalah atau terjadi suatu ketidak berhasilan sebelum mencapai rencana yang telah disepakati. Penerapan penembahan sesuatu didalam adukan aspal agar pembentuk lapis perkerasan lentur mesti bisa kuat, aman, nyaman, serta mewujudkan lapisan perkerasan yang dapat mencapai kualifikasi yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menetukan komposisi campuran serbuk eceng gondok yang baik dalam pengujian Marshall Test serta untuk mengetahui pengaruh serbuk eceng gondok pada campuran aspal khususnya dengan pengujian Marshall Test. Takaran aspal rencana yang dipakai adalah 4,5% sampai 6,5% dengan jarak 0,5%. Pengetesan permulaan menggunaka alat yang telah ditentukan agar mencapai takaran aspal yang terbaik. Pengetesan berikutnya dengan menggunakan alat yang telah ditentukan serta dengan menggunakan bahan tambah. KAO yang digunakan yaitu 5,7% dengan variasi kadar serbuk eceng gondok yaitu 0,3%, 0,5%, 0,7%, 0.9%, dan 1.1%. Dari hasil pengujian Marshall Test, variasi kadar serbuk eceng gondok 0,7% menunjukkan takaran adukan yang mencapai kualifikasi bina marga. Berdasarkan kesimpulan tersebut variasi kadar serbuk eceng gondok 0,7% memberikan hasil lebih baik dari pada kadar serbuk eceng gondok yang lain.
Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Subtitusi Agregat Kasar Untuk Campuran Beton Ringan Yoesran, Almitra Pratiwi; Ramadhani, Nurlaeli; Hadi, Abdul Karim; Supardi, Sudarman; Fadhil, Arsyad
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 1 No. 3 (2019): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Juli 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/p36tzq33

Abstract

Atas dasar pertimbangan ekonomis dan struktural agregat ringan baik untuk digunakan. Jenis beton ringan termasuk beton yang bersifat ekonomis karna banyaknya penggunaan oleh masyarakat sehingga mengalami peningkatan dalam produksinya. Dalam tahap penelitian ini digunakan bahan dari hasil pengolahan limbah yang sudah memenuhi syarat yaitu plastik dengan logo PET (Poly Ethylane Terephthalate). Tahapan penelitian ini berupa pelelehan plastik, setelah itu dicetak, kemudian didinginkan membentuk agregat ringan, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan agar memenuhi persayaratan. Penelitian ini dijadikan acuan untuk mengetahui sifat beton ketika bercampur dengan agregat limbah plastik PET yang dijadikan sebagai bahan subtitusi/pengganti agregat kasar. Beton yang sudah dibuat kemudian dituang kedalam tabung silinder. Pengujian beton dilakukan pada umur 28 hari dengan persentase penggunaan limbah botol plastik PET antara lain 50%, 60%, 70%, 80%, 90%, dan 100%. Berdasarkan nilai kuat tekan yang didapat dengan menggunakan agregat ringan PET sebagai subtitusi pada variasi 50% diperoleh hasil terbesar yaitu 7,27 MPa. Sedangkan untuk nilai kuat tarik belah dengan menggunakan agregat limbah plastik sebagai subtitutisi diperoleh hasil terbesar pada variasi 70% yaitu sebesar 1,13 Mpa.
Analisis Pengaruh Perendaman terhadap Durabilitas dan Kuat Tarik Tidak Langsung pada Campuran Beton Aspal Damopolii, Andi Tamlicha Ali; Faisal; Arifin , Winarno; Massara, Asma; Salim
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 1 No. 3 (2019): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Juli 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/fx5e5292

Abstract

Jalan merupakan prasarana yang menunjang pertumbuhan suatu daerah sehingga perlu dilakukan usaha untuk menjaga kualitas layanan jalan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis pengaruh lama perendaman terhadap durabilitas dan kuat tarik tidak langsung pada campuran Waktu perendaman divariasikan menjadi 30 menit, 1 hari, 2 hari, 3 hari, 4 hari dan 5 hari. Dari hasil perendaman yang kami lakukan memperoleh nilai indeks kekuatan sisa berurutan sebesar 91,65%, 82,45%, 67,98%, 61,27%, 55,63% Dari hasil perendaman yang kami lakukan memperoleh nilai indeks durabilitas pertama nilai ‘r’ 0,603% kehilangan kekuatan 246,404 hingga hari kelima terus berkurang sebesar nilai ‘r’ 0,235% kekuatan berkurang 204,840 kg. kemudian untuk nilai indeks durabilitas kedua untuk hari pertama nilai ‘A’ 7,50% kekurangan stabilitas 92,50%, terus berkurang hingga hari kelima dengan nilai ‘A’ sebesar 0,56% kekurangan stabilitas 76,25%. Berdasarkan hasil tersebut variasi perendaman dapat menurunkan durabilitas campuran beton aspal. Setelah perendaman kami melalukan pengujian Indirect Tensile Strenght Test dengan variasi perendaman Dari hasil pengujian yang kami lakukan memperoleh nilai kuat tarik berurutan sebesar 55398, 50774,33KPa, 45675,64KPa, 37657,70KPa, 33942,41KPa, 30817,90KPa. Berdasarkan hasil tersebut dengan menggunakan variasi perendaman dapat menurunkan nilai kuat tarik pada campuran beton aspal.
Analisa Penilaian dan Penanganan Kondisi Jalan Menggunakan metode SDI, RCI dan IRI di Ruas Jalan Maros – Pangkep Zulfikar , Ahmad; Arifin, Ta’jul; Badaron, St. Fauziah; Haris, Muhammad; Gecong, Alimin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 1 No. 3 (2019): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Juli 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/9wbcv168

Abstract

Pentingnya peran ruas jalan Maros- Pangkep sebagai jalur penghubung pusat kegiatan dan industri antara tiga zona administratif di Sulawesi Selatan yaitu Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Pangkep menyebabkan tingginya kebutuhan pergerakan di ruas jalan itu. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan tindakan pemeliharaan ruas jalan yang tepat berdasarkan hasil evaluasi kondisi lapisan permukaan perkerasan jalan berdasarkan metode International Roughness Index (IRI), Surface Distress Index (SDI) dan Road Condition Index (RCI). Pengumpulan data dengan survei lapangan dilakuakan yaitu melalui observasi kondisi jalan secara visual untuk kebutuhan evaluasi dengan metode SDI dan RCI. Selain itu, pengamatan dengan mobil dibutuhkan sebagai data masukan untuk analisis nilai IRI menggunakan aplikasi Roaddroid. Hasil evaluasi dengan metode IRI yaitu 71% segmen jalana yang diamati dalam kondisi baik, 29% kondisi sedang, tidak ditemukan kondisi rusak ringan dan rusak berat. Untuk metode SDI, 78.6% jalan terpantau dalam kondisi baik, 10.7% kondisi sedang, 7.1% rusak ringan, dan 3.6% dikategorikan rusak berat. Untuk metode RCI, 93% kondisi baik, dan 7% kondisi sedang, tanpa segmen jalan yang dinilai rusak ringan dan rusak berat. Hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi dalam penentuan kebijakan dan tindakan preventif/ pemeliharaan jalan di ruas Jalan Maros-Pangkep.
Analisis Energi Spesifik pada Ambang Tajam dan Ambang Lebar pada Saluran Terbuka (Uji Laboratorium) Mushardiansyah , Enggar; Ibrahim , Maulana Malik; Musa , Ratna; Wellang , Musyafir; Haris , Muhammad
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 1 No. 3 (2019): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Juli 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/ayp42451

Abstract

Gambaran mengenai fenomena hidrolis aliran yang melewati bangunan keairan sangat diperlukan dalam proses perencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil aliran sesudah melewati ambang, dan menganalisis pengaruh tinggi muka air ambang terhadap besarnya loncat air. Metode eskperimental dengan pengamatan terhadap parameter aliran dilakukan pada saluran kecil. Hasil penelitian membuktikan adanya tingkat kesulitan yang cukup tinggi pada aliran melalui ambang lebar dan ambang tajam berdasarkan data hasil perhitungan energi spesifik. Kecendrungan ini ditunjukkan salah satunya melalui kondisi aliran yakni ditemukannya perubahan tampang aliran melalui ambang pada saluran dengan berbagai variasi debit. Adapun factor-faktor penghambatnya sering dijumpai kendala berupa kemampuan untuk memahami konsep secara benar. Adapun factor-faktor pendukungnya perlu dilakukan suatu proses pembelajaran di laboratorium hidrolika agar bisa lebih meningkatkan kemampuan dalam memahami konsep energi spesifik. Dari penelitian ini hasil analisis menunjukkan klasifikasi aliran sebelum transisi terjadi aliran subkritis sedangkan klasifikasi aliran bagian transisi terjadi aliran kritis sedangkan untuk klasifikasi aliran bagian hilir terjadi aliran subkritis.
Analisis Laju Perubahan Nilai California Bearing Ratio terhadap Tingkat Kepadatan Tanah Timbunan Untuk Subgrade Nurjannah; Musdalifah; Karim, M. Arifuddin; Aminuddin, Muliadi; Maruddin, Mukti Maruddin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 1 No. 3 (2019): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Juli 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/bwamys19

Abstract

Peran sentral tanah dalam menyokong pekerjaan konstruksi dan pendukung pondasi bangunan serta sebagai dasar pendukung seluruh beban di atasnya baik itu beban konstruksi maupun beban lalu lintas menjadikan analisis kekuatan tanah dasar sebagai tahapan penting dalam perencanaan konstruksi. Tanah timbunan untuk subgrade sangat dipengaruhi oleh daya dukung tanah. Beberapa parameter pengujian bisa menjadi gambaran untuk mengetahui daya dukung tanah, diantaranya California bearing ratio (CBR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat fisik dan mekanis pada tanah yang mempengaruhi daya dukung tanah untuk subgrade dan mengetahui laju perubahan nilai California bearing ratio (CBR) terhadap tingkat kepadatan pada tanah berbutir kasar. Penelitian ini menggunakan dua jenis sampel yaitu 70% butiran kasar (sand): 30% butiran halus dan 70% butiran kasar (5% gravel, 65% sand) : 30% butiran halus. Dimana pada masing-masing sampel tersebut menggunakan 5 benda uji dengan kadar air bervariasi yaitu 5%, 10%, 15%, 20% dan 25%. Adanya perbedaan kadar air yang pada masing-masing benda uji, menyebabkan nilai CBR yang diperoleh juga berbeda-beda. Pada sampel 1 diperoleh nilai CBR tertinggi dengan kadar air 15% yaitu 23,640% sedangkan pada sampel 2 diperoleh nilai CBR tertinggi dengan kadar air 15% yaitu 27,598%. Dengan demikian material ini dapat digunakan sebagai timbunan untuk subgrade karena nilai CBR yang diperoleh memenuhi syarat.
Pengaruh Variasi Substitusi Agregat Pasir Pabrikasi dan Pasir Alami Terhadap Kuat Tekan Beton Azwar , Muhammad; Ashad, Hanafi; Fadhil, Arsyad; Mappiasse, Anwar
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 1 No. 3 (2019): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Juli 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/f2kesh48

Abstract

Saat ini penggunaan beton sebagai pembentuk struktur bangunan semakin meningkat. Beton banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan material lain. Dengan meningkatnya penggunaan beton, maka meningkat pula kebutuhan material agregat halus. Penggunaan pasir pabrikasi merupakan salah satu usaha untuk mengetahui alternatif material alam sebagai agregat halus untuk produksi beton, mengingat tingginya permintaan akan pasir alami sebagai penyusun komposisi beton. Penelitian ini menggunakan agregat pasir pabrikasi sebagai substitusi pasir alami, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh variasi pasir pabrikasi yang memberikan nilai kuat tekan maksimum pada beton normal. Adapun variasi pasir pabrikasi yang diuji adalah pada kadar 0%, 20%, 40%, 60%, 80% dan 100% menurut proporsi berat pasir alami. Uji kuat tekan dilaksanakan untuk umur 28 hari. Dari proses pengujian itu, diperoleh nilai kuat tekan untuk kadar pasir pabrikasi 0% yakni 23,590 MPa, variasi 20 % yaitu 23,968 MPa, variasi 40% diperoleh 25,195 MPa, variasi 60% sebesar 23,496 MPa, variasi 80% senilai 22,930 MPa dan variasi 100 % sebesar 21,986 MPa. Penggunaan pasir pabrikasi optimal yaitu yang membantu komposisi beton mencapai kuat tekan maksimal yaitu sebesar 36% kadar pasir pabrikasi dengan nilai kuat tekan yang dihasilkan sebesar 24,401 MPa.
Manajemen Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Konstruksi Gedung (Studi Kasus: Pembangunan RSIA Ananda Kota Makassar): Studi Kasus: Pembangunan RSIA Ananda Kota Makassar Rahajaan , Muchlas; Gafi , Muhammad Gery Ari; Supardi , Sudarman; Bachmid , Sofyan; Arsal , St. Fatmah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 1 No. 3 (2019): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Juli 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/w2bz6b43

Abstract

Kompleksitas permasalahan yang menyangkut keselamatan dan kesehatan kerja banyak menyita keseriusan para pemangku organisasi termasuk para pelaku konstruksi. Proyek konstruksi dengan skala yang bervariasi melibatkan banyak sumber daya sehingga berisiko baik dari aspek produktivitas pekerja, biaya, waktu, mutu pekerjaan, dan termasuk risiko yang menyangkut kesehatan dan keselamatan kerja. Untuk mengantisipasi segala risiko yang ada, perlu dilakukan manajemen risiko agar kecelakaan kerja bisa dihindari dan potensi dampak yang akan ditimbulkan tidak menghalangi kelancaran jalannya pekerjaan. Lingkup penelitian ini meliputi identifikasi, penilaian, dan tindakan pengendalian akan risiko K3 pada proyek pembangunan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ananda, Kota Makassar. Survei dilakukan dengan pembagian kuesioner terhadap tiga puluh orang pekerja proyek yang menempati posisi pekerjaan yang beragam dalam proyek ini. Kuesioner yang terkumpul kemudian diolah dengan matriks penilaian risiko sesuai dengan format dari NHS Highland yang merupakan versi turunan dari panduan manajemen risiko AS/NZS 4360:2004. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden secara umum menilai bahwa material terjatuh dari ketinggian dan mengenai para pekerja berisiko sangat tinggi dalam pelaksanaan proyek ini.
Evaluasi Keselamatan Lalu Lintas pada Jalan Utama di Kota Makassar Berdasarkan Konsep Transportasi Berkelanjutan Dwiyanto, Agus; Hasrul; Said, Lambang Basri; Badaron, St. Fauziah; Zaifuddin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 1 No. 3 (2019): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) Juli 2019
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/mnd40379

Abstract

Pesatnya pertumbuhan transportasi di suatu wilayah berdampak pada tingginya pergerakan yang secara negatif menimbulkan problematika lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keselamatan lalu lintas dengan terlebih dahulu mengidentifikasi karakteristik kecelakaan lalu lintas di Kota Makassar. Data jumlah kecelakaan lalu lintas dikumpulkan berdasarkan faktor keberlanjutan transportasi pada indikator sosial dari segi keselamatan jalan raya di Kota Makassar mulai tahun 2014 sampai 2017. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara survei pada aparat kepolisian dimana data-data diambil langsung pada Polrestabes Makassar untuk mengetahui tingkat kecelakaan pada empat tahun belakangan demi mengetahui seberapa tidak terpenuhinya tingkat keselamatan lalu lintas di Kota Makassar untuk keberlanjutan transportasi jalan raya. Berdasarkan tingkat kecelakaan lalu lintas yang ada di Makassar pada tahun 2014, 2015, 2016 dan 2017 terdapat (16,9%, 17,6%, 19,9% dan 22,7%) angka kecelakaan dari jumlah kendaraan yang ada di Kota Makassar. Berdasarkan tingkat fatalitas jumlah kematian yang ada pada tahun 2014¸ 2015, 2016 dan 2017 akibat kecelakaan lalu lintas yaitu (10,5%, 10,7%, 18,1% dan 19,4%) dari total korban kecelakaan di Kota Makassar. Kedua indikator tersebut menunjukan tren meningkat, sehingga dapat dikatakan bahwa indikator keselamatan lalu lintas dalam transportasi berkelanjutan di Kota Makassar belum terpenuhi dalam batas-batas evaluasi keselamatan lalu lintas yang dilakukan dalam penelitian ini.

Page 1 of 2 | Total Record : 16