cover
Contact Name
Iis Wahyuningsih
Contact Email
iis.wahyuningsih@pharm.uad.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.perberdayaan@uad.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 25802569     EISSN : 26560542     DOI : 10.12928
Jurnal ini memiliki fokus pada hasil pengabdian dan pemberdayaan pada masyarakat, baik itu pengabdian dosen maupun KKN oleh mahasiswa. Selanjutnya, cakupan jurnalnya bisa dari berbagai bidang keilmuan, yang dapat memberikan banyak manfaat buat masyarakat.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2020)" : 17 Documents clear
PELATIHAN HARDINESS ANGGOTA KARANG TARUNA SEDYA BHAKTI UNTUK PENGEMBANGAN DESA WISATA EDUKASI Suyono, Hadi; Syuhada, Muhammad Nur; Sumaryanto, Sumaryanto
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jp.v4i3.2802

Abstract

Pelatihan merupakan tindakan efektif membangun kepribadian hardiness pada anggota karang taruna Sedya Bhakti. Tujuan dari program pelatihan ini adalah menumbuhkan  pribadi anggota Karang Taruna Sedya Bhakti yang tangguh dalam rangka mengembangkan desa wisata edukasi. Metode yang digunakan merupakan pelatihan untuk meningkatkan hardiness. Caranya adalah  melatih peserta mampu mengelola stres secara efektif, melatih kemampuan pemecahan masalah dan berfikir secara kreatif sehingga dapat membentuk kepribadian hardiness. Dalam pelatihan ini ada  15 anggota karang taruna  Sedya Bhakti yang  berpartisipasi dengan rentang usia 20 hingga 25 tahun.  Jenjang pendidikan anggota karang taruna Sekolah Menengah Atas  dan Strata 1. Hasil dari pelatihan ini diolah menggunakan analisa komparasi ujit-T dengan membandingkan tingkat hardines peserta sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil yang diperoleh dengan nilai t sebesar -3,780 yang berarti terjadi peningkatan hardiness perserta setelah mengikuti kegiatan. Adanya peningkatan hardiness anggota karang taruna Sedya Bhakti dapat sebagai bekal utama  menjalankan program pengembangan desa wisata edukasi secara mandiri.
PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DAN HIGH ORDER THINKING SKILLS Istihapsari, Vita; Hendroanto, Aan
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jp.v4i3.1254

Abstract

Guru matematika di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, banyak yang mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran matematika berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan High Order Thinking Skills (HOTS). Banyak kendala yang dirasakan oleh guru sehingga perlu adanya pendampingan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika berbasis PMR dan HOTS. Artikel ini mengulas tentang implementasi PMR dan HOTS pada kegiatan pembelajaran di kelas. Peserta pelatihan terdiri dari 54 guru dari 54 sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Bantul. Implementasi dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok Timur, Barat, dan Selatan. Metode yang digunakan yaitu Lesson Study dalam kelompok beranggotakan 15-19 guru. Implementasi dilakukan sebanyak 3 kali di waktu yang berbeda dan sekolah yang berbeda pula. Hasil dari kegiatan ini yaitu para guru berhasil menyusun desain PMR dan HOTS yang diimplementasikan pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas.
MODEL PENDIDIKAN INKLUSI DAN IMPLEMENTASINYA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR Bektiningsih, Kurniana; Trimurtini, Trimurtini; Muslikah, Muslikah; Widihastrini, Florentina; Susilaningsih, Sri
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jp.v4i3.2868

Abstract

Sekolah Dasar Inklusi satu-satunya di Kecamatan Pringapus yaitu SD N Klepu 02 memiliki kendala dalam pelaksanaan pendidikan inklusi karena tidak ada guru pendamping khusus. Di setiap kelas ada dua sampai empat Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang perlu dilayani secara khusus karena kebanyakan belum cakap dalam hal membaca dan menulis. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan para guru dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam mengelola pembelajaran bagi ABK khususnya dalam melayani pembelajaran dengan sistem Belajar dari Rumah (BDR) di masa pandemic covid-19. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini melalui pelatihan dan pendampingan bagi para guru SDN Klepu 02. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan guru tentang berbagai model pendidikan inklusi dari rata-rata skor 50 menjadi 76. Sedangkan model pengembangan kurikulum yang diimplementasikan di SDN Klepu 02 adalam model modifikasi dan model substitusi. Pembelajaran bagi siswa BDR yang diselenggarakan dalam masa pandemic covid-19 di SDN Klepu 02 dengan aspek menonjol yang tampak adalah melibatkan peran orangtua dan lingkungan belajar siswa (84%), fokus pada literasi dan numerasi, perilaku hidup sehat, spiritual keagamaan, penguatan karakter dan budaya (78%), serta menyederhanakan materi pokok dalam sub-sub materi agar terarah (78%).
PELATIHAN PEMBUATAN RPP MENGGUNAKAN METODE 4 C’S BAGI GURU-GURU MGMP BAHASA INGGRIS KALIMANTAN SELATAN Nadia, Hafizhatu; Yansyah, Yansyah; Murtiningsih, Tenny
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jp.v4i3.2308

Abstract

Pada saat ini, peserta didik diharapkan untuk memiliki keterampilan sosial dan personal abad 21, yaitu kreatifitas, kolaborasi, berpikir kritis, dan komunikatif karena keterampilan kognitif saja tidak cukup untuk menghadapi tantangan yang akan mereka temukan di masa depan. Hal ini kemudian menjadi tantangan bagi para guru untuk bisa mengintegrasikan keempat komponen tersebut dalam pembelajaran dalam kelas. Pertimbangan ini menjadi latar belakang pelatihan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang diperuntukkan untuk guru-guru MGMP di Kalimantan Selatan. Pelatihan ini berupa workshop satu hari dimana para guru belajar mengenai konsep 4 C’S dan di akhir sesi pelatihan mereka diminta untuk berkolaborasi membuat RPP. Pada kegiatan kolaborasi ini guru-guru berdiskusi tentang suatu topik, menentukan langkah-langkah pembelajaran, sekaligus memikirkan dibagian mana mereka menyisipkan 4 C. RPP ditulis pada sebuah kertas karton besar yang kemudian akan didisplay dan dipresentasikan. Pada akhir kegiatan, peserta diminta untuk merefleksi apa yang telah mereka pelajari dan mengisi angket yang berisi persepsi dan evaluasi terhadap program pengabdian masyarakat ini. Peserta kegiatan merasa senang dan mendapatkan manfaat berupa praktik langsung pembuatan RPP serta berkolaborasi dengan rekan MGMP dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA PADA USAHA PRODUKSI BUMBU BUBUK INSTAN “MEURASA” MASAKAN KHAS ACEH Aisyah, Yuliani; Agustina, Raida; Yunita, Dewi
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jp.v4i3.1951

Abstract

Provinsi Aceh merupakah salah satu daerah yang terkenal dengan berbagai jenis masakan tradisional yang sangat banyak menggunakan rempah-rempah dan bumbu dasar. Jenis masakan Aceh yang sudah sangat terkenal antara lain Mie Aceh, Nasi Goreng Aceh, Kari Aceh, Ayam Tangkap Aceh dan lain-lain. Mitra dalam kegiatan ini adalah unit usaha yang memproduksi bumbu bubuk instan “Meurasa” masakan khas Aceh. Permasalahan utama didalam memproduksi bumbu bubuk instan adalah pada proses pengeringan bahan bumbu, penggilingan, dan pengemasan bumbu. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah mengintroduksi beberapa teknologi yaitu berupa alat pengering tenaga surya dengan solar cell, mesin penggiling (grinder machine) dan mesin pengemas (sealer machine). Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup beberapa metode yaitu penyuluhan, pelatihan, dan demonstrasi. Hasil pelaksanan kegiatan pengabdian kepada masyarakat antara lain telah terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang alat pengering, mesin penggiling bumbu (grinder machine), dan mesin pengemas (sealer machine) pada mitra, telah dapat memperbaiki mutu produk, daan terjadi peningkatan jumlah produk yang dihasilkan sekaligus dapat memperluas pemasaran dengan peningkatan jumlah produk yang disuplai ke outlet-outlet dan swalayan. 
PENGENALAN SOFTWARE MINITAB KEPADA GURU-GURU DI WILAYAH GUGUS II INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN Susanti, Eka; Indrawati, Indrawati; Dwipurwani, Oki; Sitepu, Robinson; Cahyawati, Dian
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jp.v4i3.1224

Abstract

Pengolahan data dapat dilakukan dengan perhitungan manual ataupun menggunakan alat bantu aplikasi software pengolah data. Salah satu software untuk mengolah data statistik yang dapat digunakan adalah software Minitab. Pengenalan software Minitab kepada kalangan guru dilaksanakan dengan dua tahap, yaitu tahap pelatihan dan tahap pendampingan. Tahap pertama bertujuan untuk memperkenalkan software minitab 17 sebagai alat bantu pengolahan data dan diharapkan agar para guru yang menjadi khalayak dapat memperluas pengetahuan dan meningkatkan motivasi untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan data. Tahap kedua bertujuan untuk membantu para guru agar lebih mampu menganalisis data hasil penelitian yang telah dilakukan dan menambah motivasi mereka untuk membuat publikasi hasil penelitiannya.  Berdasarkan pengamatan selama pelaksanaan tahap pertama berkaitan dengan bagaimana merumuskan hipotesis, mengolah data dengan aplikasi Minitab, dan menganalisis luarannya menunjukkan bahwa peserta sudah dapat mengenal dan menggunakan software Minitab.  Meskipun demikian, masih perlu diberikan pelatihan lanjutan agar peserta dapat lebih memahami penggunaan Minitab dan menginterpretasikan luarannya.. Berdasarkan hasil pemberian kuesioner, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian pengenalan software Minitab 17 telah memberikan manfaat kepada peserta dan berdampak terhadap penambahan wawasan dan motivasi peserta untuk melakukan penelitian.
PELATIHAN BACA AL-QUR’AN DAN PENDAMPINGAN CALON SANTRI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR DI MASA COVID-19 Maslul, Syaifullahil; Thonthowi, Thonthowi; Fithroni, Fajar; Sadewa, Alan
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jp.v4i3.2539

Abstract

Pesantren merupakan salah satu khazanah dalam pendidikan Indonesia. Hal ini disebabkan model pendidikan yang berbeda dan alumni yang dihasilkan. Pondok Modern Darussalam Gontor adalah Pesantren yang telah berdiri sejak 1926. Model pendidikan dan peran alumni menjadi salah pertimbangan orang tua untuk memasukkan anaknya ke Pondok Modern Darussalam Gontor.  Persayaratan masuk Pondok Modern Darussalam Gontor adalah kemampuan baca Al-Qur’an. Sebagai upaya untuk mempersiapkan calon santri diadakanlah pelatihan baca Al-Qur’an dan pendampingan calon santri. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada masa pandemi covid-19. Metode yang dipergunakan adalah metode sorogan daring dan mengirimkan materi video ke peserta. Untuk pendampingan dilaksanakan selama pendaftaran sampai pengumuman kelulusan. Pengabdian berjalan lancar dengan kelulusan peserta pelatihan sebesar 95,91%. Para peserta yang lulus menjadi santri Pondok Modern Darussalam Gontor.
EDUKASI TENTANG AKTIVITAS FISIK DAN MAKAN BERANEKA RAGAM UNTUK HIDUP LEBIH SEHAT Handayani, Lina; Meirandika, Andi Jefry; Apriyanti, Hajijah; Aeni, Annisa Qurrotul; Yuniastuti, Risti Evi; Nugrahani, Anne Dian; Prasetyo, Fajar Adjie
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jp.v4i3.1964

Abstract

Aktivitas fisik merupakan suatu kegiatan  menggerakkan anggota tubuh supaya lebih sehat. Aktivitas fisik sangat perlu dilakukan oleh mayarakat, karena dengan melakukan aktivitas fisik dapat meminimalisir terjadinya penyakit. Akan tetapi, saat ini masih banyak masyarakat yang belum sadar mengenai pentingnya aktivitas fisik bagi kesehatan. Melihat pentingnya aktivitas fisik untuk kesehatan tersebut sangatlah perlu dilakukan oleh masyarakat. Rendahnya kegiatan aktivitas fisik apabila terus dibiarkan, akan menjadi masalah yang harus segera ditanggulangi. Makan beraneka ragam merupakan pemenuhan zat gizi untuk bisa terpenuhinya sumber zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur. Makanan yang beragam menggunakan berbagai jenis bahan makanan yang dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan. Oleh karena itu, masih perlu adanya edukasi kepada masyarakat untuk menanggulangi permasalahan tentang aktivitas fisik dan makan beraneka ragam. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan edukasi program kesehatan kepada masyarakat tentang aktivitas fisik dan makan beraneka ragam supaya hidup menjadi lebih sehat. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah berupa kegiatan penyuluhan (diskusi dan tanya jawab), kegiatan senam, serta kegiatan pemasangan spanduk. Hasil dari pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan berjalan dengan lancar dan baik. Ibu-ibu yang hadir dalam kegiatan tersebut mempunyai antusias yang tinggi serta sangat aktif dalam mengikuti program yang telah dilakukan. Dengan adanya program pengabdian masyarakat masyarakat menjadi lebih mengetahui akan pentingnya aktivitas fisik dan makan beraneka ragam.
PERAN SERTA KADER DALAM PEMENUHAN KELENGKAPAN DAN KETEPATAN PENCATATAN DATA POSYANDU ANYELIR 1 DUSUN WONOCATUR, BANGUNTAPAN, BANTUL Syam, Nur Syarianingsih; Ningrum, Nungky Angginia; Emily, Denda Sabrina; Herianti, Nurul Liana; Dewi, Sofia Fitria; Hijriani, Rida Kurnia
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jp.v4i3.1995

Abstract

Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mepercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan kader terhadap pentingnya kelengkapan dan ketepatan pencatatan data kegiatan posyandu. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah ceramah, simulasi dan tanya jawab. Sasaran pengabdian ini adalah kader Posyandu Anyelir 1 Dusun Wonocatur. Hasil diketahui kendala dalam melengkapi laporan data posyandu adalah pengetahuan dan usia kader. Dampak dari pengabdian ini adalah terjadi peningkatan pengetahuan kader terkait kelengkapan dan ketepatan pencatatan, pendokumentasian dan pelaporan data kegiatan posyandu.
ANALISIS DAMPAK PELATIHAN MICROCONTROLLER BERBASIS ARDUINO DI SMA PERGURUAN BUDDHI Dethan, Jacob Febryadi Nithanel; Daniawan, Benny; Rino, Rino; Hariyanto, Susanto; Wijaya, Ardie; Safitri, Ramona; Lasut, Desiyanna; Arijanto, Rudy; Fennita, Fennita
Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/jp.v4i3.1281

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini yang telah mencapai era industri 4.0 mendorong terjadinya perubahan gaya hidup manusia yang lebih tergantung dengan teknologi. Untuk itu, siswa SMA harus diberikan pemahaman terkait perkembangan teknologi. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan mengadakan pelatihan terkait sistem otomasi yang dalam hal ini dapat diajarkan menggunakan microcontroller Arduino. Dalam pelatihan yang telah diselenggarakan, kami melihat minat besar yang muncul dari peserta pelatihan yang dapat dinilai dari hasil pengisian kuesioner yang diberikan ke peserta. Dari maksimum 152 responden, 61,6% peserta menyatakan bahwa pelatihan ini menarik dan 30,5% menjawab sangat menarik. Kemudian, 57,9% responden menjawab pelatihan ini bermanfaat dan 40,1% menyatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat. Selain itu, kami juga mengadakan survei terpisah untuk melihat minat siswa dari jurusan IPS dan secara mengejutkan kami temukan bahwa 65,3% siswa IPS menyatakan bahwa pelatihan ini menarik dan 29,2% menyatakan sangat menarik. Mayoritas siswa IPS juga menjawab bahwa pelatihan ini bermanfaat (58,3%) dan sangat bermanfaat (40,3%). Sehingga, kami menemukan adanya peningkatan minat siswa untuk mempejari sistem otomasi secara signifikan karena 90,7% dari total peserta belum pernah mempelajari Arduino sebelumnya.

Page 1 of 2 | Total Record : 17