cover
Contact Name
RIZKI ANANDA
Contact Email
edukasi2019@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edukasi2019@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 26568063     EISSN : 26568071     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 73 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 5 (2024)" : 73 Documents clear
Implementasi Program Madrasah Ramah Anak di Tingkat Madrasah Aliyah Malindo, Sofea Erra; Putri, Wahyu Endah Adhella; Abidin, Zainal; Jannah, Nur Lailatul; Perguna, Luhung Achmad
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 5 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i5.7214

Abstract

Akhir-akhir ini, konstruksi pelabelan yang menganggap bahwasannya sekolah merupakan salah satu tempat yang aman dan ramah bagi anak, mulai mendapat kesangsian dari perspektif masyarakat, karena telah banyak diberitakan melalui media, bahwasannya tindak kejahatan seperti berbagai bentuk pelecehan dan kekerasan, marak terjadi di lingkungan sekolah. Oleh sebab itu, riset ini bertujuan untuk menganalisis implementasi MRA dan dampaknya bagi MAN 1 Malang, mengingat bahwasannya MRA merupakan salah satu program yang mendukung secara penuh, untuk mewujudkan lingkungan madrasah yang ramah dan aman terhadap anak. Riset ini memakai metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teori AGIL dari Talcott Parsons. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil riset menunjukkan, bahwasanya implementasi MRA menyesuaikan lembaga di MAN 1 Malang, seperti salah satu kebijakan di MRA yang tidak lagi memperkenankan TATIB di sekolah, namun pihak madrasah tidak menyetujui hal tersebut, karena mereka berpandangan, bahwasannya TATIB masih diperlukan di madrasah. Adapun dampak yang ditimbulkan dari implementasi MRA, berupa lingkungan madrasah yang aman dan sikap positif dalam diri peserta didik. Beberapa peserta didik telah dilatih untuk bersikap positif dan mencontohkan sikap tersebut kepada teman sejawat mereka. Dapat disimpulkan, bahwasanya MRA telah menjadi standar pedoman di MAN 1 Malang dan membawa dampak positif.
Empowering ESP Students Through a Scientific Approach: Unveiling the Impact on Engagement and Reading Comprehension Achievement Ismitasari, Elisa; Ruminda, Ruminda; Bachtiar, Bachtiar
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 5 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i5.7604

Abstract

This study is anchored in the constructivist theoretical perspective, which emphasizes the active role of learners in constructing knowledge through interaction and experience. It aims to investigate the efficacy of a scientific method in improving reading comprehension and student engagement among Informatics Study Program students at Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi, Indonesia. The study utilizes a mixed-methods research design to assess the effectiveness of traditional lecture methods and the scientific approach in enhancing reading achievement. The study was conducted at Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi in West Java and involved 68 second-semester students enrolled in the Informatics Study Program, with a specific focus on the English Practicum course. The results of the research found that the scientific approach led to better reading comprehension and higher engagement levels compared to traditional lectures. However, when comparing the two methods, the statistical analysis showed no significant difference between them, suggesting that the impact of the scientific approach may vary. The study also found the value of student-centered, evidence-based teaching methods for improving educational outcomes in English for Specific Purposes (ESP) settings. The study emphasizes the necessity of employing adaptable, empirically supported teaching methods to address a wide range of learning requirements and enhance educational achievements. Although the study has limitations that are specific to its environment and relies on data provided by the participants themselves, the findings strongly support a wider adoption of scientific approaches in teaching reading comprehension.
Dampak Media Youtube terhadap Keyakinan Diri Siswa Laki-Laki dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Putri, Novia Tryas; Hidayat, Sholeh; Atikah, Cucu
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 5 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i5.7573

Abstract

Dampak dari pengguanan media yang masif dikalangan muda saat ini menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian meliputi: pola pikir siswa laki-laki terhadap pembelajaran seni tari, sikap mereka terhadap penggunaan media Youtube dalam konteks tersebut, dan pemanfaatan penggunaan Youtube pada pola pikir serta rasa percaya diri mereka. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian, seperti perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru seni tari, dan siswa laki-laki di SMP. Analisis mendalam dilakukan terhadap semua aspek yang berkaitan dengan penelitian untuk menghasilkan generalisasi yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media Youtube dapat mengubah pola pikir siswa laki-laki yang awalnya merasa tidak percaya diri dan memiliki pandangan bahwa seni tari adalah aktivitas yang feminin, menjadi lebih percaya diri dan terbuka terhadap seni tari. Temuan ini konsisten dengan teori pola pikir (mindset) yang dikembangkan oleh Carol Dweck, khususnya konsep growth mindset. Dengan proses dan stimulus yang tepat melalui media Youtube, siswa laki-laki dapat mengembangkan rasa percaya diri dalam menari. Media Youtube menyediakan stimulus visual dan contoh konkret yang menginspirasi, sehingga mengubah pandangan dan pola pikir mereka terhadap seni tari.
Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Flipbook pada Materi OJK untuk Meningkatkan Hasil Belajar Umami, Dyah Vira; Sakti, Norida Canda
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 5 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i5.7589

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi terbatasnya sumber belajar dan kurangnya pemahaman peserta didik pada mapel ekonomi sehingga hasil belajar belum mencapai ketuntasan klasikal. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui (1) kelayakan bahan ajar e-modul, (2) kepraktisan bahan ajar e-modul, (3) keefektifan bahan ajar e-modul, (4) respon peserta didik terhadap bahan ajar e-modul, (5) hasil belajar peserta didik setelah penggunaan e-modul. Penelitian ini menggunakan model 4D dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Hasil penelitian berupa produk bahan ajar e-modul pada materi otoritas jasa keuangan dengan output link dan qr code berbantuan website flipbook maker secara online. Berdasarkan rata-rata hasil validasi oleh para ahli E-Modul dikatakan sangat layak dan mendapatkan respon baik dari peserta didik. Peningkatan hasil belajar yang diukur menggunakan Gain Score dan uji T-Test menunjukkan kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan klasikal sedangkan kelas kontrol belum tercapai serta terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol. Sehingga dengan diciptakannya e-modul berbasis flipbook dapat membuat peserta didik mudah untuk memahami materi yang diberikan karena didesain secara praktis serta dapat menambah pengetahuan baru bagi peserta didik dalam proses pembelajaran.
Studi Tentang Status Perceraian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Dewi, Aprilia Karina; Arianto, Jumili; Supentri, Supentri
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 5 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i5.7504

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan ditemukannya permasalahan yang terdapat di SMPN 6 Tanjungpinang berupa dampak yang dialami peserta didik dengan situasi status perceraian orang tuanya yang berdampak pada pelaksanaan proses pembelajaran dan motivasi belajar di sekolah. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimanakah luaran dari fenomena perceraian orang tua terhadap kelangsungan motivasi belajar siswa di SMPN 6 Tanjungpinang. Untuk mencapai tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengkaji studi tentang status perceraian orang tua dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui pengamatan dan wawancara kepada guru Wali kelas dan Bimbingan Konseling serta siswa Kelas VIII.5 SMPN 6 Tanjungpinang. Hasil penelitian yang ditemukan di SMPN 6 Tanjungpinang menunjukkan bahwa siswa yang orang tuanya berpisah cenderung terdampak secara tidak langsung terhadap motivasi dan pretasi belajar mereka yang menurun. Menurunnya motivasi belajar siswa ditandai dengan anak yang tidak belajar dengan tekun, kurangnya minat serta ketajaman perhatian dan fokus untuk belajar, prestasi dalam belajar menurun, dan anak tidak mampu belajar dengan mandiri. Dari permasalahan dan hasil penelitian yang ditemukan, menunjukkan bahwa dibutuhkan adanya kerjasama dari berbagai pihak seperti, guru, teman, dan orang tua itu sendiri untuk lebih inisiatif dan peduli agar permasalahan tersebut tidak berdampak negatif secara struktural.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis di Kelas VIII Arianto, Dian; Hasibuan, Ainul Marhamah; Sari, Dewi Purnama
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 5 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i5.7468

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya variasi bahan ajar salah satunya yaitu LKS (Lembar Kerja Siswa) Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan Validitas LKS yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik untuk meningkatkan penalaran matematis di kelas VIII dan, (2) Untuk mendeskripsikan Kepraktisan LKS yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik untuk meningkatkan penalaran matematis di kelas VIII. Pengembangan LKS ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) lembar kerja siswa yang dikembangkan menggunakan Pendekatan Matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar memenuhi kriteria valid dengan nilai persentase rata-rata adalah 91,56 % dengan kategori sangat valid.; (2) lembar kerja siswa yang dikembangkan menggunakan Pendekatan Matematika realistik pada materi bangun ruang sisi datar memenuhi kriteria praktis dengan nilai persentase adalah 87,93% dengan kategori sangat praktis. Pengembangan Lembar Kerja Siswa menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dapat digunakan sebagai bahan ajar dikelas VIII khususnya pada materi bangun ruang sisi datar
Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Ekonomi Makro Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Handayani, Andi Asti; Supatminingsih, Tuti; Ridwan, Wardimansyah
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 5 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i5.7472

Abstract

Pembelajaran adalah upaya yang direncanakan oleh guru untuk menyebarkan pengetahuan dengan metode tertentu agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien dan mencapai prestasi terbaik mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran kooperatif pada hasil belajar siswa UNM, khususnya siswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan asosiatif dan menggunakan variabel Model Pembelajaran Kooperatif (X) dan Prestasi Belajar (Y). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarluaskan secara online. Penelitian ini melibatkan 30 responden yang berasal dari mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar yang aktif. Hasilnya menunjukkan koefisien regresi X sebesar 0,354 yang menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1% dalam model pembelajaran kooperatif akan meningkatkan prestasi belajar sebesar 0,354 menyatakan bahwa setiap peningkatan 1% dalam model pembelajaran kooperatif akan meningkatkan prestasi belajar sebesar 0,354 Ada kemungkinan bahwa pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (X) terhadap Prestasi Belajar (Y) adalah positif, berdasarkan nilai koefisien regresi yang positif. Selain itu, ada kemungkinan bahwa variabel Model Pembelajaran Kooperatif (X) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar (Y), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Karena itu, penting bagi guru dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran mereka dengan menerapkan strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif
Kekuatan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dalam Mengkoordinasikan Pendidikan Inklusif Rismita, Rismita; Chairunnisa, Connie; Istaryatiningtias, Istaryatiningtias; Dwiputra, Yoga
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 5 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i5.7638

Abstract

Tantangan yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman tentang pendidikan inklusif dan keterbatasan sumber daya (guru pendamping khusus). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dan kekuatan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengkoordinasikan program pendidikan inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (pemimpin sekolah, guru, dan staf pendukung), observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis tematik dengan menganalisis, dan menentukan pola untuk mengidentifikasi topik penelitian. Hasil penelitian adalah kepala sekolah mempunyai keterampilan komunikasi yang baik dan mampu membangun tim dengan para guru dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif walau tidak adanya guru pendamping khusus, hal ini dapat diatasi dengan kepemimpinan yang kuat. Kepala sekolah menyediakan sumber daya dan pelatihan bagi guru terhadap pendidikan inklusif. Kepala sekolah menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif memfasilitasi partisipasi dari semua pihak terkait untuk mengakomodasi siswa dengan kebutuhan belajar yang beragam dan perilaku yang kompleks dalam kelas, siswa inklusif mendapatkan dukungan dan kesempatan yang tepat untuk berhasil. Kepala sekolah berperan penting dalam meningkatkan kualitas pengajaran melalui dukungan, kolaborasi, umpan balik, dan pengembangan profesional. Kesimpulan/implikasi adalah kepemimpinan instruksional yang efektif merupakan kunci utama dalam mengkoordinasikan pendidikan inklusif untuk mencapai keberhasilan, sehingga diperlukan pelatihan kepemimpinan instruksional yang berfokus pada pendidikan inklusif
Film Animasi: Dapatkah Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak? Metrawarni, Efriana; Wahyuni, Devi; Primana, Tri Aditya; Faridah, Ida; Nur Putri, Oriza Sativa; Marseli, Muhamad; Sari, Anggraini Puspita
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 5 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i5.7577

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi bahwa kemampuan menyimak anak usia 5 sampai dengan 6 tahun di salah satu taman kanak-kanak swasta di Jakarta Barat belum mencapai tingkat optimal. Tujuan Penelitian untuk menyelidiki penggunaan film animasi untuk mengembangkan kemampuan menyimak anak-anak yang berusia lima hingga enam tahun. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian adalah tindakan kelas yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan, dengan rentang usia 5 hingga 6 tahun dengan melibatkan beberapa tahapan, yaitu perencanaan kegiatan, pelaksanaan skenario pembelajaran, pengamatan menggunakan lembar observasi yang disiapkan oleh peneliti, serta refleksi terhadap pelaksanaan pembelajaran untuk mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan dalam upaya perbaikan aktivitas pengembangan. Penelitian ini membuktikan bahwa pada Siklus I terdapat 12 dari 20 anak mengalami peningkatan kemampuan menyimak dengan menggunakan film animasi. Kemudian 18 dari 20 anak mengalami peningkatan kemampuan menyimak melalui film animasi yang berkembang secara maksimal pada siklus II. Hasil penelitian mengindikasikan adanya peningkatan kemampuan menyimak dengan menggunakan film animasi. Dapat disimpulkan penggunanaan animasi menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, terstruktur, dan bermakna untuk anak usia dini
Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Formal Orang Tua dan Penerapan Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Prestasi Belajar PPKn Atillah, Najjasya; Setiyadi, Yulianto Bambang
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 5 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i5.7359

Abstract

Prestasi belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor di dalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan agar peneliti mengetahui bagaimana pengaruh latar belakang pendidikan formal orang tua dan penerapan pola asuh demokratis orang tua sebagai aspek yang bisa mempengaruhi prestasi belajar PPKn pada siswa SMP. Jenis penelitian ini menerapkan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei, data pada penelitian ini didapatkan peneliti melalui kuesioner serta dokumentasi. Populasi penelitian terdiri atas 224 siswa SMP Negeri 1 Tanon kelas VIII, dan teknik Proportional Random Sampling menurut Arikunto digunakan  untuk pengambilan sampel sebanyak 56 siswa. Program  SPSS versi 22 digunakan peneliti untuk teknik analisis data. Hasilnya dari penelitian menunjukkan jika variabel latar belakang pendidikan formal orang tua mempunyai pengaruh parsial terhadap prestasi belajar PPKn, variable penerapan pola asuh demokratis orang tua juga mempunyai pengaruh parsial terhadap prestasi belajar PPKn dan secara simultan, latar belakang pendidikan formal orang tua dan penerapan pola asuh demokratis orang tua berpengaruh pada prestasi belajar PPKn. Dapat disimpulkan bahwa faktor eksternal menentukan prestasi belajar PPKn peserta didik ketika di sekolah.

Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 5 (2025): Oktober Vol 7, No 4 (2025): Agustus Vol 7, No 2 (2025): In Press Vol 7, No 1 (2025): February Vol 6, No 6 (2024): December Vol 6, No 5 (2024) Vol 6, No 4 (2024) Vol 6, No 3 (2024) Vol 6, No 2 (2024): In Press Vol 6, No 2 (2024) Vol 6, No 1 (2024) Vol 5, No 6 (2023): December Vol 5, No 6 (2023) Vol 5, No 5 (2023) Vol 5, No 5 (2023): October Vol 5, No 4 (2023) Vol 5, No 4 (2023): August Vol 5, No 3 (2023) Vol 5, No 3 (2023): June Vol 5, No 2 (2023) Vol 5, No 2 (2023): April Vol 5, No 1 (2023) Vol 5, No 1 (2023): February Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346 Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400 Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000 Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200 Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600 Vol 4, No 6 (2022): December 2022 Vol 4, No 6 (2022) Vol 4, No 5 (2022) Vol 4, No 4 (2022) Vol 4, No 3 (2022) Vol 4, No 2 (2022) Vol 4, No 1 (2022) Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500 Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500 Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382 Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091 Vol 3, No 2 (2021): April Pages 250-630 Vol 3, No 1 (2021): February, Pages 1-260 Vol 3, No 6 (2021) Vol 3, No 5 (2021) Vol 3, No 4 (2021) Vol 3, No 3 (2021) Vol 3, No 2 (2021) Vol 3, No 1 (2021) Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250 Vol 2, No 2 (2020): August, Pages 113-214 Vol 2, No 1 (2020): April, Pages 1-112 Vol 2, No 2 (2020) Vol 2, No 1 (2020) Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137 Vol 1, No 2 (2019): August Pages 56-96 Vol 1, No 1 (2019): April, Pages 1-55 Vol 1, No 3 (2019) Vol 1, No 2 (2019) Vol 1, No 1 (2019) More Issue