cover
Contact Name
Muhammad Amran
Contact Email
neysaamran@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
ilhambakhtiar86@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
ISSN : 25974424     EISSN : 25974440     DOI : -
Core Subject : Education,
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan September yang sebelumnya dua kali. JIKAP PGSD dikelola oleh Prodi PGSD Kampus VI UNM Bone.
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 3 (2025): September" : 27 Documents clear
Pengembangan E-Flipbook IPAS Materi Keanekaragaman Hayati Kelas V Berbantuan Educaplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kusumawardani, Sani; Prasetyaningtyas, Fitria Dwi
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 3 (2025): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i3.74139

Abstract

ketergantungan yang terlalu besar pada buku teks sebagai sumber utama pembelajaran dapat membatasi kesiapan siswa dalam menghadapi tantangan dunia nyata, khususnya dalam memahami keanekaragaman hayati secara kontekstual. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V dan guru. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes (pretest-posttest) dan non-tes (wawancara, angket kebutuhan, dan angket validasi ahli). Analisis data meliputi uji normalitas, uji T-test, dan uji N-Gain. Hasil validasi menunjukkan bahwa E-Flipbook dinyatakan sangat valid, dengan skor 88% (ahli materi) dan 86% (ahli media), sehingga layak diujicobakan. Uji efektivitas membuktikan media ini signifikan dalam meningkatkan hasil belajar, dengan nilai T-test 0,00 (berarti ada perubahan perilaku belajar) dan N-Gain 0,76 (skala kecil) serta 0,72 (skala besar) yang tergolong "tinggi". Media ini tidak hanya menjadi solusi inovatif bagi guru dalam menyampaikan materi secara interaktif, tetapi juga mengurangi ketergantungan pada metode konvensional.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS V SD nurfaisah, andi; Latri, Latri; Cahyanianugrah, Nur
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 3 (2025): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i3.77110

Abstract

This research aims to describe the implementation of the Role Playing learning method to improve students' understanding of Pancasila values. This study uses a qualitative descriptive approach with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The subjects of this research were fifth-grade students at SD Inpres Malengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. The research findings show that the application of the Role Playing learning method in Pancasila education subjects can increase students' understanding of Pancasila values. This is indicated by the increase in student activity during the learning process and the improvement of their understanding as seen from the results of the final evaluation
Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD Arinastia, Savira Izza; Rahmawati, Ery; Wibowo, Satrio
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 3 (2025): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i3.75817

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif dengan two group pretest-posttest design. Hasil dari penelitian ini terlihat dari nilai rata – rata kelas eksperimen dengan nilai pretest 71,30 dan posttest 85,89 sedangkan nilai rata – rata kelas kontrol dengan nilai pretest 62,37 dan posttest 74,78. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji independent sampel test menunjukkan bahwa data yang diperoleh sudah homogen maka yang dilihat adalah Equal Variances Assumed diperoleh nilai Sig. (2- tailed) 0,001 < 0,05 (Ho ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD. Adapun aktifitas siswa yang diukur menggunakan lembar observasi aktivitas siswa tergolong aktif dengan perolehan prosentase sebesar 88,5%.
Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD Rukayah, Rukayah; Nur, Muhammad Awal; Faqrasyia, Muqhni
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 3 (2025): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i3.73478

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap kemampuan menulis narasi siswa. Jenis penelitian yaitu Pre-eksperimen dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas adalah strategi Directed Reading Thinking Activity dan variabel terikat adalah kemampuan menulis narasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 20 Totakka Kabupaten Soppeng berjumlah 125 siswa. Penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling dengan sampel siswa kelas V berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Analisis data menggunakan analisis statistik deksriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebelum menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity rata-rata pretest siswa 58,39 berada pada kategori sedang dan setelah menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity rata-rata posttest siswa meningkat menjadi 84,11 berada pada kategori sangat baik (2) terdapat pengaruh signifikan strategi Directed Reading Thinking Activity terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V SDN 20 Totakka Kabupaten Soppeng.
Pengaruh Model Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge Terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V SD Auliya, Hikmaya; Dewi, Anggra Lita Sandra; Erdiana, Lita
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 3 (2025): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i3.76528

Abstract

Di era digital, integrasi teknologi sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Observasi awal menunjukkan bahwa hanya 45% siswa kelas V yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) mata pelajaran IPAS, sementara 55% lainnya belum tuntas. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan kurangnya pemanfaatan teknologi dan metode pengajaran yang monoton. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap hasil belajar IPAS serta mendeskripsikan aktivitas siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design, melibatkan kelompok eksperimen yang menerapkan TPACK dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil uji komparatif menunjukkan perbedaan signifikan (p-value 0,000 ≤ 0,05) antara kedua kelompok. Rata-rata peningkatan nilai pretest–posttest pada kelompok eksperimen sebesar 66%, sedangkan kontrol hanya 28%. Observasi aktivitas siswa menunjukkan 78% siswa aktif, dengan keterlibatan diskusi dan kemampuan bertanya tertinggi (68%). Penelitian ini menegaskan efektivitas TPACK dalam meningkatkan hasil belajar dan partisipasi, serta mendorong sekolah mengoptimalkan fasilitas teknologi.
Analisis Literatur Berbasis Aplikasi Elicit: Strategi Guru dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Ali, Andi Muhammad; Handayani L, Rifhani; Akbar, Azaz
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 3 (2025): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i3.76630

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam mengembangkan Profil Pelajar Pancasila pada pendidikan dasar dengan memanfaatkan aplikasi Elicit sebagai alat bantu analisis literatur. Kajian literatur dilakukan terhadap berbagai artikel ilmiah yang relevan dengan topik pengembangan karakter, implementasi Kurikulum Merdeka, serta peran guru dalam pembentukan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru memiliki peran sentral dalam menanamkan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, yakni beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Strategi yang banyak diterapkan meliputi pembelajaran berbasis proyek,  pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran berbasis inkuiri yang menekankan pengalaman langsung serta kolaborasi siswa. Kendati demikian, beberapa tantangan masih ditemui, seperti keterbatasan sarana sekolah dasar, pemahaman guru yang belum merata terhadap konsep Profil Pelajar Pancasila, serta resistensi dalam menerapkan metode inovatif. Penelitian ini menegaskan bahwa aplikasi Elicit mampu membantu peneliti mengelola literatur secara lebih efisien, sehingga memberikan kontribusi terhadap pemetaan strategi pembelajaran yang dapat mendukung terwujudnya Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar
Perbandingan Model STAD Dan LOK-R Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas V Maemunah, Siti; Sari, Elok Fariha
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 3 (2025): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i3.74394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan LOK-R (Latihan Otak Kanan-Reguler) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Kelas eksperimen menggunakan model LOK-R, sedangkan kelas kontrol menggunakan model STAD. Data diperoleh melalui tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, independent samples t-test, dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua model pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Namun, model LOK-R memberikan peningkatan yang lebih tinggi secara signifikan, dengan rata-rata N-Gain sebesar 71,67% (kategori tinggi), dibandingkan STAD yang memperoleh 65,41% (kategori sedang-tinggi). Selain itu, pembelajaran dengan model LOK-R mendorong keterlibatan emosional, kreativitas, dan motivasi belajar siswa secara lebih optimal. Temuan ini merekomendasikan model LOK-R sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi yang bersifat abstrak seperti pecahan.
Analisis Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi dan Keterampilan Berbahasa di sekolah Dasar Hafid, Abd; Rosmalah, Rosmalah; Satriani, DH, Satriani, DH
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 3 (2025): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i3.77109

Abstract

This qualitative study aims to describe teachers’ perceptions of differentiated instruction and language skills learning at SD Inpres 12/79 Biru II, Bone Regency. The findings indicate that most teachers have participated in training on differentiated instruction and understand its theoretical concepts (content, process, and product) as outlined in the Merdeka Curriculum; however, they have not yet implemented them in classroom practice. In contrast, teachers have already applied language skills learning—even though they lack a theoretical understanding of the underlying concepts, including listening, speaking, reading, writing, and the integration of these skills. The study concludes that teachers possess theoretical knowledge and perceptions of differentiated instruction but have not implemented them. On the other hand, in language skills instruction, teachers have practiced it in class without sufficient theoretical understanding of the concept as a whole. Conclusion Teachers have a theoretical perception of differentiated instruction but have not applied it in teaching. And Teachers lack an understanding of language skills instruction but have implemented it without grasping its core concepts.
Pengaruh Media Interaktif Audiovisual Berbasis Wordwall terhadap Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar Firdaus, Virania Nabila; Rahmawati, Ery; Wibowo, Satrio
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 3 (2025): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i3.75640

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media audiovisual Wordwall interaktif terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD. Menggunakan desain quasi-eksperimental dengan kelompok kontrol nonequivalent, sampel terdiri dari 40 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen V-C dan kelas kontrol V-A. Instrumen penelitian mencakup soal pretest-posttest dan kuesioner siswa. Hasil menunjukkan perbedaan rata-rata hasil belajar: kelas kontrol dari 53,3% (pretest) menjadi 60,5% (posttest) dengan selisih 7,2%, sedangkan kelas eksperimen meningkat dari 62,3% menjadi 86,5% dengan selisih 24,5%. Uji T menunjukkan nilai thitung 3,554 > ttabel 2,878 dan signifikansi 0,002 < 0,005, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, membuktikan adanya pengaruh signifikan dari media interaktif. Respon siswa terhadap media interaktif mendapat skor 92% dan dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, media audiovisual Wordwall interaktif terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD.
Pengembangan Aplikasi Android “PENA” Mengenai Perjalanan Nabi dalam Berdakwah Pada Pembelajaran PAI Kelas VI SD Nugraha, Adi Rangga; Mustika, Neneng Lia Lia; Nurazizah, Salwa Tasya; Aeni, Ani Nur
JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 9, No 3 (2025): September
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jkp.v9i3.72109

Abstract

Aplikasi PENA (Perjalanan Nabi) dikembangkan sebagai media pembelajaran interaktif berbasis digital untuk membantu siswa dalam memahami kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW dan para Khulafa Al-Rasyidin. Pengembangan aplikasi ini menggunakan model ADDIE yang mencakup tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Produk diuji coba pada 19 siswa kelas VI di SDN Pabuaran, Kabupaten Sumedang, untuk mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman siswa. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan 95% (sangat layak), sementara hasil validasi dari ahli media juga mengindikasikan bahwa aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil angket siswa, aplikasi PENA memperoleh rata-rata 93,71% (sangat layak) dalam aspek pembelajaran dan media. Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi PENA merupakan media yang efektif dan menarik dalam pembelajaran sejarah Islam, terutama dalam materi dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Penelitian ini juga memberikan dampak positif membantu siswa belajar PAI lebih efektif.

Page 1 of 3 | Total Record : 27