Articles
50 Documents
Search results for
, issue
"Vol 7, No 2 (2025)"
:
50 Documents
clear
EVALUATING SCIENCE LEARNING ASSESSMENTS: ALIGNING 21ST-CENTURY SKILLS AND LOCAL WISDOM FOR FUTURE TEACHERS IN 5.0
Dewanti, Binar Ayu;
Septaria, Kiki;
Rosdiana, Silvi Rosiva;
Afiyah, Durrotul
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29100/.v7i2.6336
Recently, Indonesian higher education has redesigned curricula under the Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) policy to enhance student proficiency. This comprehensive framework covers learning outcomes, materials, processes, and assessment, with effective evaluation crucial for gauging learning outcomes and engaging students. This study explores the need for assessments based on local wisdom in science education to measure 21st-century skills for prospective teachers in Society 5.0. Using qualitative exploratory methods, the research involved interviews and document analysis with faculty from Universitas Islam Lamongan's Science Education Program. The findings reveal that while current assessments use diverse methods and address some 21st-century skills, they require better integration of local wisdom and consistent standards. Challenges include insufficient understanding of local wisdom integration, varied student competencies, and a lack of practical, context-driven strategies. The study recommends developing holistic assessments that incorporate local wisdom, practical experiences, and technology.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL LABORATORIUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA TEMA LAPISAN BUMI DAN ANTARIKSA
Sabililah, Alfia;
Vitasari, Mudmainah;
Kurniasih, Septi
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29100/.v7i2.6616
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan respon siswa terhadap Media Pembelajaran Virtual Laboratorium Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Tema Lapisan Bumi Dan Antariksa. Penelitian dan pengembangan merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari 4-D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran, tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan bagian hasil respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat validitas yang diperoleh dari para ahli materi, media, dan praktisi terhadap media pembelajaran virtual laboratorium berbasis inkuiri terbimbing memperoleh nilai persentase keseluruhan sebesar 85,82% dengan kategori “sangat valid”. Sedangkan Untuk hasil respon siswa menunjukkan nilai persentase sebesar 82,67% dan masuk dalam kategori “sangat baik”. Hal ini membuktikan bahwa produk yang dikembangkan dapat dilanjutkan pada tahap lanjut atau uji coba skala luas.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MAJALAH BERBASIS INQUIRY LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MEMFASILITASI BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII
Auliani, Adilla;
Leksono, Suroso Mukti;
Vitasari, Mudmainah
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29100/.v7i2.6759
Perkembangan teknologi dan informasi media pembelajaran berperan penting untuk membantu proses pembelajaran, sehingga dapat memfasilitasi siswa untuk berpikir secara kritis. Media pembelajaran yang menarik adalah salah satu hal yang dapat membantu memfasilitasi pembelajaran di sekolah. Penggunaan media pembelajaran di tengah-tengah perkembangan zaman akan membantu proses belajar mengajar semakin mudah untuk dilaksanakan dan sangat berperan penting bagi seorang siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Seorang siswa akan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan antusias untuk memiliki kemampuan berfikir kritis jika pembelajaran siswa terfasilitasi dengan baik. Penerapan model pembelajaran inquiry atau inkuiri merupakan aktivitas sistematis dalam pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk berpikir dengan cara analitik, kritis, dan kreatif sehingga mampu mendapatkan solusi dari permasalahan yang diberikan, secara mandiri oleh siswa tersebut. Media pembelajaran berbasis Inquiry learning menggunakan materi keanekaragaman hayati yang akan mempelajari materi lingkungan sekitar. berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran E- Majalah Berbasis Inquiry Learning Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Memfasilitasi Berfikir Kritis Siwa Kelas VII mendapatkan nilai presentase senilai 96,6% dengan kategori sangat baik untuk memfasilitasiberpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA.
PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TEMA BAHAYA MEROKOK
Nuryanti, Chandra Eka;
Sjaifuddin, Sjaifuddin;
Suryani, Dwi Indah
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29100/.v7i2.5786
Penelitian ini didasari oleh minimnya pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan e-book berbasis pedekatan saintifik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Memakai metode RnD model 4D yang dialterasi oleh Thiagaradjan. Penelitian dilaksanakan dengan bagian define, design dan develop. Instrumen yang dipakai yaitu lembar validasi oleh dosen asli materi, dosen ahli media dan guru IPA SMP di tiga sekolah berbeda yaitu SMPN 5 Rangkasbitung, SMPN 10 Kota Serang dan SMPN 6 Pasarkemis. Hasil memperlihatkan bahwa proses pengembangan e-book dikerjakan menggunakan tiga tahapan seperti identifikasi masalah (define), menghasilkan produk (design) dan mendapatkan kelayakan produk (develop). Tingkat kelayakan e-book berbasis pendekatan saintifik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis tema bahaya merokok memperoleh tolak ukur sangat valid dari ahli materi (85,19%), ahli media (91,66%) dan guru IPA SMP (83,48%). Sehingga nilai keseluruhan mendapatkan 86,78% yang termasuk kategori sangat valid, sehingga produk e-book dinyatakan sangat valid untuk proses pembelajaran.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERDADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN 86 SINGKAWANG
Susanti, Yuli;
Kariadi, Dodik;
Mulyani, Sri
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29100/.v7i2.6392
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengidentifikasi perbedaan dalam hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 86 Singkawang antara kelas yang menggunakan model TSTS dan kelas yang tanpa menggunakan model TSTS; 2) Mengetahui pengaruh model TSTS dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V; 3) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap model TSTS pada pelajaran IPAS. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan Nonequivalent Control Group Design. Pengumpulan data melalui tes dan non tes. Analisis data dengan uji T untuk dua sampel, perhitungan effect size dan persentase respon siswa. Hasil penelitian 1) Menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPAS siswa kelas V antara yang menggunakan model TSTS dan yang tanpa menggunakan model TSTS, hasil t_hitung t_tabel yaitu 7,521 2,014. 2) Terdapat pengaruh model TSTS dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V yaitu effect size hasil belajar sebesar 1,158. 3) Terdapat respon siswa terhadap model pembelajaran TSTS dengan persentase 89,06% berkriteria sangat baik. Disimpulkan terdapat pengaruh model Two Stay Two stray siswa kelas V SDN 86 Singkawang.
PENGEMBANGAN SOAL HOTS BERBASIS FOUR TIER MULTIPLE CHOICE (4TMC) MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP
Rohmawati, Wiwin;
Nulhakim, Lukman;
Suryani, Dwi Indah
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29100/.v7i2.6455
Penelitian ini ditujukan guna menganalisis tingkat kevalidan dan respon siswa pada soal HOTS berbasis 4TMC materi sistem pencernaan pada.manusia. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Pada penelitiaan ini menggunakan instrumen berupa instrumen wawancara, instrumen angket validasi dan angket respon siswa. Subjek dalam penelitian terdiri dari 2 ahli materi, 2 ahli evaluasi, dan 2 guru IPA serta 30 siswa SMP kelasVIII. Hasil validasi soal HOTS secara keseluruhan mendapatkan presentase kevalidan dari ketiga ahli (ahli materi, ahli evaluasi, ahli guru IPA) yaitu 94.95% dengan kategori.“Sangat Valid” dan hasil respon siswa didapatkan nilai persentase 86.33% dengan kategori “Sangat Baik, sehingga instrumen tes atau soal HOTS berbasis Four Tier multiple Choice materi sistem pencernaan pada manusia ini, dapat menjadi referensi sebagai intrumen tes berpikir tingkat tinggi materi sistem pencernan pada manusia.
PENDIDIKAN SAINS BERBASIS BUDAYA DI TIMOR TENGAH SELATAN: INTEGRASI TRADISI 'MAMAT' MELALUI PENDEKATAN ESD
Nabuasa, Desi Aryanti
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29100/.v7i2.6667
Tradisi "mamat" atau konsumsi sirih pinang merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakat di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur. Selain memperkuat ikatan sosial dan budaya, tradisi ini memiliki implikasi kesehatan melalui kandungan kimiawi sirih dan pinang. Penelitian ini bertujuan menganalisis tradisi "mamat" dari perspektif etnosains dan mengintegrasikannya dalam pembelajaran sains melalui pendekatan Education for Sustainable Development (ESD). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi literatur dengan mengumpulkan, menelaah, dan mensintesis informasi dari 26 artikel terkait etnosains, sirih pinang, dan aspek sosial dari aktivitas mengonsumsi sirih pinang. Hasil kajian menunjukkan bahwa sirih mengandung senyawa antiseptik, sedangkan pinang mengandung alkaloid stimulan. Namun, konsumsi jangka panjang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan seperti kanker mulut. Studi ini juga mengusulkan integrasi tradisi "mamat" ke dalam pembelajaran sains untuk memberikan pemahaman mendalam kepada siswa mengenai perlunya keseimbangan antara pelestarian budaya dan pengelolaan risiko kesehatan. Simpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya menggabungkan nilai-nilai budaya dengan pengetahuan ilmiah untuk mendorong kesadaran siswa tentang keberlanjutan sosial dan kesehatan.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI SUHU, KALOR DAN PEMUAIAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP
Aziza, Eltina Ravida;
Sholahuddin, Arif;
Annur, Syubhan
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29100/.v7i2.6403
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan serta keefektifan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline bermuatan etnosains pada materi suhu, kalor dan pemuaian untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap (Analysis, Design, Development, Implementation Evaluation). Hasil pengembangan multimedia interaktif ini diuji cobakan kepada kelompok kecil sebanyak 10 siswa dan uji coba kelas sebanyak 30 siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitaif yang meliputi analisis validitas Aiken’s V, analisis kepraktisan menggunakan persentase dan analisis keefektifan menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan mendapat skor validitas sebesar 0,80, skor kepraktisan 86% dan skor keefektifan sebesar 0,61. Berdasarkan perolehan skor tersebut maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan efektif jika digunakan pada pembelajaran IPA dan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE NESTED DAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 11 SAMARINDA
Abdullah, Muhammad Syafa'at;
Akhmad, Akhmad;
Maasawet, Elsje Theodora;
Turista, Dora Dayu Rahma
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29100/.v7i2.6728
Siswa kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda mempunyai permasalahan ialah pasif saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan hasil belajar yang rendah pada saat tidak menggunakan model pembelajaran yang cenderung berfokus dalam kegiatan pelajar. Kemudian, untuk penggunaan model pembelajaran yang dipakai oleh pengajar disekolah itu ialah model rolling play, discovery learning, praktikum, ceramah dan diskusi. Penelitian ini bertujuan dalam menelaah pengaruh model pembelajaran tipe nested, mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri, serta pengaruh kombinasi model tipe nested dan inkuiri atas hasil pembelajaran siswa kelas X pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti yakni quasi-experimental design yang juga melalui pretest-posttest control group design, sampel penelitian diambil melalui teknik purposive sampling. Hasil analisis data pada ANACOVA menunjukkan memiliki taraf signifikansi (p) (Sig.) sejumlah 0,000 0,05. Sehingga, mampu ditari kesimpulan bahwasanya terdapat pengaruh model pembelajaran nested, inkuiri, serta pengaruh kombinasi model pembelajaran tipe nested dan inkuiri atas hasil pembelajaran siswa kelas X di mata pelajaran biologi di SMA Negeri 11 Samarinda.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN EFESIENSI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH
Nada, Alifa Qathrun;
Irhasyuarna, Yudha;
Sauqina, Sauqina
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29100/.v7i2.6512
Kurangnya motivasi dan semangat dalam belajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional terutama dalam pelajaran IPA, serta lamanya bagi peserta didik dalam mengerjakan LKPD. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan efesiensi belajar peserta didik pada pelajaran IPA pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen semu (quasy experimental design) yaitu penelitian yang melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas Eksperimen dan 30 peserta didik pada kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan soal pretest posttest. Hasil penelitian menunjukkan : (1) motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 0,003 0,05 sehingga model pembelajaran yang digunakan terdapat perbedaan yang signifikan, (2) perrbandingan waktu penggunaan model Index Card Match dengan LKPD juga efesien karena penggunaan model pembelajaran tidak banyak menghabiskan jam pelajaran, dan (3) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match didapatkan t hitung 3, 519 t tabel 2,00247sehingga model pembelajaran lebih kooperatif lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match yang digunakan efektif dan memiliki perbedaan yang signifikan daripada model konvensional.