cover
Contact Name
Winda Ramadianti
Contact Email
math-edu@umb.ac.id
Phone
+6285292562687
Journal Mail Official
math-edu@umb.ac.id
Editorial Address
Jl.Bali Kota Bengkulu
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Math-UMB.EDU
ISSN : 27154912     EISSN : 23392754     DOI : 10.36085
Core Subject : Education,
Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali penerbitan dalam setahun yaitu pada bulan Maret, Juli, dan November
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH" : 12 Documents clear
PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES TIPE PISA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA Reska Dina Putri; Putri Yuanita; Kartini
Jurnal Math-UMB.EDU Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/mathumbedu.v12i2.7388

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen tes tipe PISA untuk menfasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa fase D pada materi statistika. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, angket respon siswa, serta instrumen tes. Analisis data penelitian meliputi analisis validitas, reliabilitas, serta indeks kesukaran dan daya beda. Metode penelitian ini yaitu pengembangan dengan dua tahapan preliminary dan formative evaluation. Tahapan preliminary melalui 3 kegiatan yaitu: analisis kebutuhan, analisis peserta didik dan analisis kurikulum, sehingga hasil kegiatan ini berupa masalah serta memberikan solusi berupa desain produk awal (prototype) soal yang dikembangkan. Selanjutnya tahapan formative evaluation terdiri dari self evaluation yaitu peneliti melakukan evaluasi terhadap soal yang dikembangkan. Selanjutnya, expert review dengan cara memberikan instrumen tes pada 3 ahli yaitu 3 dosen pendidikan matematika untuk dapat memberikan penilaian terhadap soal yang dikembangkan, sejalan dengan ini dilakukan pengujian terhadap 3 orang siswa dengan kemampuan heterogen untuk memperoleh keterbacaan soal disebut tahap one-to-one, selanjutnya tahap small group, produk diujicobakan pada 6 siswa dengan kemampuan heterogen. Siswa diminta mengerjakan, mengamati, dan memberikan saran serta komentar terhadap soal mengukur KBKM siswa fase D pada materi statistika melalui angket respon siswa. Tahapan terakhir yaitu tahap field test, produk diujicobakan kepada 30 orang siswa sehingga diperoleh soal valid, reliabel serta memiliki daya beda dan indeks kesukaran yang baik. Hasil pengembangan yang dilakukan diperoleh 26 soal dari 36 soal yang dikembangkan yang dapat digunakan. Kata Kunci: Pengembangan Tes, Tipe PISA, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA MATERI MENGGURUTKAN BILANGAN UNTUK SISWA KELAS I SD Hengkang Bara Saputro; Akila, Amanda
Jurnal Math-UMB.EDU Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/mathumbedu.v12i2.7397

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui kualitas multimedia interaktif berbasis canva  pada materi menggurutkan bilangan untuk siswa kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, angket guru dan siswa. Hasil validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 91% dengan katagori “sangat layak”, hasil validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 94% dengan katagori “sangat layak”, hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai sebesar 85” dengan katagori “sangat layak”, hasil validasi ahli bahasa diperoleh nilai sebesar 96% dengan katagori “sangat layak”, hasil respon guru kelas diperoleh nilai sebesar 93% dengan katagori “sangat layak” dan respon siswa sebesar 100% dengan kriteria “sangat layak”. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas multimedia interaktif berbasis canva pada materi menggurutkan bilangan layak untuk digunakan dalam pembelajaran siswa kelas I Sekolah Dasar. Kata kunci: multimedia interaktif, canva, matematika SD, menggurutkan bilangan
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA WISATA RELIGI BAYT AL-QURAN AL-AKBAR Ria Erviana; Aditama Suteja; Rohman; Lidya Cahyani; Sisca Puspita Sepriliani
Jurnal Math-UMB.EDU Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/mathumbedu.v12i2.7426

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi unsur budaya dan konsep matematika yang terdapat pada objek wisata religi Bayt Al-Qur'an Al-Akbar. Bayt Al-Qur'an Al-Akbar terkenal dengan Al-Qur'an raksasa yang dipahat pada lembaran kayu tembesu, menjadi salah satu destinasi wisata religi unggulan yang menggabungkan keindahan seni ukir khas Palembang dengan nilai-nilai religius. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi dan mengadopsi prosedur penelitian Spradley yang terdiri dari enam langkah. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dengan pengurus, dokumentasi lapangan, dan studi literatur. Teknik analisis data yaitu analisis domain dan taksonomi. Hasil dari penelitian ini berupa kajian unsur budaya khas Palembang yang berupa seni ukir dengan berbagai motif di dalam Bayt Al-Quran Al-Akbar dan berbagai konsep yang termasuk didalam konsep matematika yaitu refleksi, translasi, segitiga siku-siku, persegi panjang, dan balok. Penelitian ini tidak hanya memperkaya pemahaman tentang keterkaitan antara budaya dan matematika, tetapi juga menekankan pentingnya pelestarian warisan budaya Palembang melalui seni ukir yang unik. Kata kunci: Bayt Al-Qur'an Al-Akbar, Konsep Matematika, Seni Ukir
THE EFFECTIVENESS OF SOCIAL MEDIA UTILIZATION AS A COLLABORATIVE TOOL IN HIGH SCHOOL MATHEMATICS LEARNING Sarwoedi; Idi Warsah; Jumira Warlizasusi; Adisel
Jurnal Math-UMB.EDU Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/mathumbedu.v12i2.7462

Abstract

This study examines the effectiveness of social media as a collaborative tool in high school mathematics learning. Social media enables students to collaborate, share materials, and engage in discussions flexibly. Using a qualitative descriptive approach, this study analyzes fiveteen accredited national and international journal articles as its research subjects, this research analyzes various social media platforms, including WhatsApp, Telegram, and Instagram, and their impact on student motivation, participation, and learning outcomes. The results indicate that social media enhances student collaboration, motivation, and understanding of mathematical concepts. However, challenges such as distractions, platform misuse, and low digital literacy among students persist. To address these issues, the study suggests strategies such as focused learning groups and digital literacy training for students and teachers. With proper management, social media can effectively improve the quality of mathematics learning in high schools.Keywords: Social media, collaboration, mathematics learning
PEMBELAJARAN IN ACTION : APAKAH EFEKTIF MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA? R, Nurmala; Usman Mulbar; Muhammad Darwis M
Jurnal Math-UMB.EDU Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/mathumbedu.v12i2.7526

Abstract

Salah satu kompetensi yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk melihat keterkaitan antar konsep dalam matematika sehingga perlu dikuasai siswa agar dapat memahami matematika secara utuh dan menerapkannya dalam berbagai konteks. Pembelajaran in action, menawarkan sebuah desain pembelajaran yang menekankan partisipasi aktif siswa dalam eksplorasi dan resolusi masalah, dihipotesiskan memiliki potensi signifikan dalam memfasilitasi pengembangan kemampuan koneksi matematis siswa. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan tersebut terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Desain penelitian yang diadopsi adalah OneGroup Pretest Posttest Design. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kompetensi koneksi matematis yang disusun dalam format uraian dan diberikan sebelum dan setelah pembelajaran in action. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  pembelajaran  in action  yang  dirancang  dengan  baik,  yang  melibatkan  siswa  secara  aktif  dalam  menghubungkan  konsep  matematika  dengan  berbagai  representasi,  mengaplikasikannya  dalam  konteks  nyata,  dan  merefleksikan  pemahaman  mereka,  dapat  meningkatkan  kemampuan  koneksi  matematis  siswa.  Kata Kunci:  koneksi matematis, pembelajaran in action
STUDENTS’ CRITICAL THINKING AT INFORMAL DEDUCTION LEVEL IN PISA-LIKE PROBLEMS ON SPACE AND SHAPE CONTENT Aini, Afifah Nur; Nikmatuzzahro, Alfina
Jurnal Math-UMB.EDU Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/mathumbedu.v12i2.7680

Abstract

Critical thinking is a person's ability to recognize, analyze, and solve problems. Indicators of critical thinking are focus, reason, inference, situation, clarity, and overview. This study was conducted to determine the critical thinking ability of students with the Informal Deduction thinking level in solving PISA-like problems on the content of space and shape on the material of Circles. This research is a qualitative descriptive study with subjects of grade XI students of Madrasah Aliyah at Jember. The instruments used were the Van Hiele Geometry Test (VHGT), PISA-like problems, and interview guidelines. Data analysis included data reduction, data presentation, and conclusion. Data validity was carried out through triangulation of techniques and sources. In the initial stage, VHGT was carried out on 26 students to determine their level of thinking. Then 2 students were selected at the Informal Deduction Level who have high mathematical ability and good communication. Next, a test was carried out to determine their critical thinking abilities. The results of the data analysis showed that students with the informal deduction thinking level were able to focus, reason, inference, situation, clarity, and overview. Keywords: Critical thinking, Van Hiele Thinking Level, PISA-like problem
ANALISIS PROSES KONSTRUKSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT Fauziyah, Nur; Cici Nurlia Hani
Jurnal Math-UMB.EDU Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/mathumbedu.v12i2.7714

Abstract

Setiap siswa memiliki cara belajar yang unik sesuai dengan karakter dan kemampuannya. Dalam menyusun pengetahuan, terdapat dua gaya kognitif yang berperan penting, yaitu gaya kognitif tergantung lapangan (field dependent) dan gaya kognitif mandiri lapangan (field independent). Gaya kognitif mandiri lapangan bersifat analitis dan kurang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses konstruksi pengetahuan siswa dalam gaya kognitif mandiri lapangan dalam memahami materi logaritma pada mata pelajaran matematika di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dan 2 subjek yang diambil adalah 32 siswa dari kelas yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling. Hasil uji menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif mandiri lapangan memiliki konstruksi pengetahuan yang cenderung berpikir fokus, dapat mengidentifikasi apa yang mereka amati, mudah menganalisis informasi dalam bentuk teks atau video, memiliki konstruksi pengetahuan konseptual dan prosedural yang baik, serta memiliki pengetahuan metakognitif yang baik. Mereka cenderung memiliki keterampilan strategi, manajemen waktu, dan refleksi diri yang baik. Kata Kunci: gaya kongnitif, Field Independent, kontruksi pengetahuan
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI PADA MATERI GEOMETRI Heni Herawati; Iik Nurhikmayati
Jurnal Math-UMB.EDU Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/mathumbedu.v12i2.7730

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk mengukur kemampuan representasi pada materi geometri, yang valid dan efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dibatasi hingga tahap implementasi, subjek penelitian yang terdiri dari 5 siswa kelas VIII di SMP. Instrumen yang digunakan meliputi lembar kepraktisan untuk guru dan siswa, lembar validitas dari ahli media dan materi, serta tes efektivitas. Skala likert digunakan untuk mengumpulkan hasil uji kepraktisan dan validitas, sementara analisis N-gain digunakan untuk menilai efektivitas. Hasil menunjukan skor validitas 85% dari ahli media dan 75% dari ahli materi, serta skor praktis 100% dari guru dan 80,5% dari siswa yang mengindikasikan LKPD ini valid dan praktis. LKPD ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan representasi siswa dengan menyediakan berbagai jenis tugas yang mendorong penggambaran hubungan antara konsep matematika, seperti teorema pythagoras, dan menyajikan masalah nyata. Pengaruh penelitian ini terhadap pembelajaran matematika adalah peningkatan pemahaman siswa tentang konsep teorema pythagoras dan meningkatkan kemampuan representasi mereka dalam penguasaan materi matematika. Kata Kunci: kemampuan representasi, LKPD, teorema pyhagoras
IMPROVEMENT OF MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES OF GRADE III ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS APPLYING THE MAKE A MATCH LEARNING MODEL Rahmi Hidayati; Yulia Futri; Firda Halawati
Jurnal Math-UMB.EDU Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/mathumbedu.v12i2.7834

Abstract

The aim of this study was determining the effectiveness of the application of the make-a-match learning model in learning mathematics. The study is a quantitative experimental study with the population being students in one of the elementary schools in Balangan Regency and the sample being grade III students in the elementary school. To measure the activity of learning activities, the data analysis used is descriptive statistics to find out how effective the application of the make-a-match learning model is for grade III elementary school, a on-paired sample test was carried out. The results of the study showed that in learning mathematics on fractions in grade III by applying the make-a-match learning model, there was an increase in students' mathematics learning activities as reviewed from student learning outcomes of 71.2%, classically completeness reached up to 90% and learning implementation was 77.1%. The results of the effectiveness of the application-of-the make-a-match learning model itself were declared effective, this was seen from the sig value of 0.000 less than 0.005 which stated that the average completeness of learning outcomes reached and exceeded the KKM. Keywords: mathematics learning, make-a-match, learning outcomes
ETHNOMATHEMATICS IDENTIFICATION IN BATU URIP COMMUNITY ACTIVITIES TO IMPLEMENT MATHEMATICAL CONCEPTS Dwi Yanti; Drajat Friansyah; Sarkowi
Jurnal Math-UMB.EDU Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/mathumbedu.v12i2.7839

Abstract

Culture is something that has been inherent in everyday life for generations, because culture is a complete and comprehensive unity that applies in a community, so that it allows for mathematical concepts embedded in mathematical practices or activities. As we know that mathematics is a frightening learning for students, besides being frightening, there are still many students who feel anxious when learning mathematics, this shows that students' mathematics learning is not meaningful, so that students' understanding of the concept is still very weak. The purpose of this study was to identify ethnomathematics contained in the activities of the Batu Urip community. This research is a qualitative descriptive study using ethnographic methods. This research was conducted in the Batu Urip sub-district, Lubuklinggau Timur I district, Lubuklinggau city. The object of this study is the daily activities carried out by the Batu Urip community in buying and selling activities such as weight measurements and grouping of goods. The results of the study indicate that in the activities of the community in selling and measuring the weight of vegetables, fruits, and rice, there are ethnomathematics elements that can be used in learning mathematics related to culture in everyday life. The concepts found are the concept of a linear equation system and its mathematization process, and the concept of function limits such as 1 rice canting, 1 banana comb, 1 kebat and 1 vegetable cup.. Keywords: Ethnomathematics, mathematical concepts, Batu urip

Page 1 of 2 | Total Record : 12