cover
Contact Name
Muhammad Istiqlal
Contact Email
m.istiqlal@gmail.com
Phone
+6285729356143
Journal Mail Official
m.istiqlal@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Sholeh Km. 04, RT.002 RW.001,Dsn.Bandungan,Ds. Gedangan,Kec. Tuntang, Semarang 50773
Location
Kab. semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27459985     DOI : https://doi.org/10.35672/afeksi.v2i2.28
Core Subject : Education, Social,
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that emphasized on improving the quality of education. Afeksi is published by Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran in corporate with Mahfud Ridwan Institute.
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 6 (2024)" : 28 Documents clear
Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasional pada Guru Madrasah: Scratch Marom, Saiful; Himmah, Wulan Izzatul
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 6 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i6.375

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan terkait pemahaman guru madrasah pada kemampuan berpikir komputasional sebelum maupun setelah kegiatan implementasi pelatihan scrath serta bagaimana efektivitas penggunaan teknologi scratch dalam proses pembelajaran di kelas oleh guru madrasah. Metode dalam penelitian yang akan telah digunakan adalah penelitian eksperimen  dengan desain one grup  pretest and posttest. Populasi pada kegiatan penelitian ini adalah guru madrasah di wilayah binaan kementerian agama di Kabupaten Semarang dan Kudus. Teknik sampling yang akan digunakan adalah teknik sampling incidental dimana yang akan terpilih menjadi sampel adalah guru yang akan ditugaskan oleh sekolah dalam mengikuti kegiatan pelatihan pembelajaran dengan menggunakan scratch. Selanjutnya akan digunakan uji peringkat bertanda alam mengetahui peningkatan kemampuan berpikir komputasional dengan menggunakan scratch. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pemahaman guru sebelum mengikuti kegiatan implementasi scratch pada proses pembelajaran  sebesar 13,33. Setelah diadakan kegiatan pelatihan implementasi scratch dalam pembelajaran pemahaman kemampuan berpikir komputasional guru menjadi 88,33. Nilai rata-rata tes kemampuan berpikir komputasional guru sebelum kegiatan pelatihan adalah 23, 89 dan selanjutnya setelah mengikuti kegiatan pelatihan maka nilai rata-rata menjadi 73,06. Berdasarkan hal tersebut maka dapat dilihat ada peningkatakan kemampuan beripikir komputasional akibat diadakan kegiatan pelatihan scratch dalam pembelajaran.
Evaluasi Penyerapan Kompetensi Siswa SMK Swasta Pembda Nias pada Mata Pelajaran Produktif Menggunakan Metode Penilaian Otentik Telaumbanua, Desman; Zega, Yulianus; Zalukhu, Sabar Jaya; Simatupang, Wakhinuddin; ana, Yuli
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 6 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i6.407

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penyerapan kompetensi siswa di SMK Swasta Pembda Nias pada mata pelajaran produktif menggunakan metode penilaian otentik. Penilaian otentik diterapkan untuk mengukur sejauh mana siswa menguasai kompetensi yang relevan dengan kebutuhan industri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penilaian otentik membantu siswa dalam memahami aplikasi praktis dari teori yang diajarkan, namun terdapat beberapa tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan sarana dan prasarana. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup perlunya peningkatan kapasitas guru dalam merancang penilaian otentik yang lebih efektif serta pemenuhan fasilitas yang mendukung kegiatan belajar praktik.
Pengaruh Model Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Kelas V pada Materi Manusia dan Lingkungan Jamahsyari, Yolan Faiz; Ismail, Ali; Aeni, Ani Nur
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 6 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i6.395

Abstract

Pendidikan memiliki peran dalam mengembangkan sikap, perilaku, dan keterampilan individu. Kompetensi guru, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan, menjadi kunci utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar, selain pencapaian akademis, penting juga untuk mengembangkkan keterampilan abad 21 seperti kreativitas, berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi. Salah satu model pembelajaran yang efektif adalah Teams Games Tournament (TGT). Model ini dirancang untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan meningkatkan keterlibatan aktif siswa, serta mengembangkan pemahaman dan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model TGT terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas V pada materi Manusia dan Lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian melibatkan 16 siswa kelas V SDN Sindangpala. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap: persiapan (uji coba instrumen dan validitas), pelaksanaan (Pembelajaran konvensiaonal, Pretest, perlakuan menggunakan model TGT, dan  Posttest), serta pengolahan data. Instrumen yang dilakukan menggunakan SPSS dengan uji Paired Sampel T-Test dan Uji N-Gain. Hasil menunjukan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan kognitif siswa, dengan nilai rata-rata Pretest sebesar 48,44 meningkat menjadi 77,81 pada Posttest. Uji Paired Sample T-Test menunjukan p-value sebesar 0,000 sementara Uji N-Gaini menghasilkan rata-rata 0,5692, menandakan efektivitas model TGT dalam meningkatkan kognitif siswa pada materi Manusia dan Lingkungan.
Implementasi Pendekatan TaRL dan Diferensiasi Berbantuan Media Digital Guna Meningkatkan Hasil Belajar Materi Teks Surat Siswa SMP Sari, Septa Kurnia; Mukhibun, Akhmad; Puryanto, Edi
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 6 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i6.325

Abstract

Kurikulum merdeka menekankan pada pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan siswa. Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat memahami materi pembelajaran secara komprehensif dan sesuai dengan tingkatannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan implementasi pendekatan pembelajaran TaRL (Teaching at the Right Level) dan berdiferensiasi pada siswa jenjang SMP. Implementasi TaRL diawali dengan diagnostik awal ranah kognitif dan non-kognitif, pengelompokan peserta didik, dan perencanaan pembelajaran. Diagnostik awal ini diterapkan dalam pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang merepresentasikan proses pembelajaran. Sumber data berupa peristiwa pembelajaran dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 138 Jakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipatoris dan analisis dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis model interaktif. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi antar-peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implemantasi TaRL serta diferensiasi konten dan proses pembelajaran menunjukkan keberhasilan. Hal ini ditandai dengan keaktifan peserta didik dari berbagai tingkatan kognitif dapat terlibat dalam pembelajaran. Penerapan media digital jamboard dan video edukatif ini menunjukkan respon positif terhadap hasil pembelajaran. Penelitian ini diharapkan berdampak pada pemahaman konsep dan pemahaman menganai integrasi pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini juga diharapkan memperkaya khazanah keilmuan kependidikan dan pengajaran inovatif bidang bahasa dan sastra.
Toleransi Beragama dan Aktualisasinya dalam Kehidupan Beragama di Salatiga: Studi Kasus Konsep Toleransi Komisi Fatwa MUI Kota Salatiga Nugroho, Muhammad Aji
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 6 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i6.397

Abstract

Salatiga sebagai kota dengan keberagaman agama yang tinggi, memerlukan pendekatan yang tepat dalam memelihara keharmonisan antar umat beragama. Toleransi menjadi kunci penting dalam menjaga kerukunan sosial dan mengurangi potensi konflik antar umat beragama, namun perlu batasan yang tepat dari toleransi, sehingga tidak mencampuradukkan persoalan privat dalam wilayah umum, yang pada akhirnya dapat merusak esensi dasar dari toleransi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep toleransi dalam Islam dan implementasinya dalam kehidupan beragama di Salatiga, dengan fokus pada pandangan Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Salatiga periode 2018-2023 terkait toleransi beragama. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus untuk menggali pemikiran Komisi Fatwa MUI Kota Salatiga terkait penerapan toleransi beragama di masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MUI Kota Salatiga menekankan pentingnya sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan, serta menjaga kesatuan bangsa dalam kerangka kebhinnekaan. Konsep toleransi ini tercermin dalam berbagai fatwa yang mengedepankan prinsip perdamaian, kerja sama, dan penghindaran tindakan yang dapat memicu ketegangan antar umat beragama. Sikap ini diwujudkan dengan menghargai dan menghormati kegiatan keagamaan lain tanpa harus terlibat aktif mengikuti peribadatannya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperkuat toleransi beragama di Indonesia serta menjadi referensi bagi pengembangan kebijakan yang lebih inklusif dalam menghadapi tantangan keberagaman agama di masa depan.
Penerapan Aplikasi Quizizz Berbasis Mode Kertas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SDN 8 Mamboro Tunnisah, Taskirah; Nashrullah, Nashrullah; Redna, Redna
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 6 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i6.386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 8 Mamboro pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan aplikasi Quizizz berbasis mode kertas sebagai media pembelajaran. Quizizz adalah media pembelajaran interaktif yang mampu mendukung keterlibatan langsung antara guru dan siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui serangkaian siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dirancang dalam tiga siklus. Subjek penelitian terdiri dari 18 siswa kelas IV B SDN 8 Mamboro, yang mencakup 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I, rata-rata ketercapaian hasil belajar adalah 38,89%; meningkat menjadi 66,67% pada siklus II; dan mencapai 88,89% pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Quizizz berbasis mode kertas sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, aplikasi ini berhasil menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, mengurangi kebosanan siswa, dan berkontribusi pada peningkatan hasil belajar secara signifikan dari siklus I hingga siklus III.
Pendidikan Informal dalam Um’ma: Analisis Makna, Sosiologia dan Pedagogis Um’ma dalam Budaya Bodomaroto Sumba Barat Djawa, Maya
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 6 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i6.354

Abstract

Pendidikan informal adalah pendidikan sepanjang masa dalam keluarga yang menolong pembentukan karakter manusia di dalamnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis makna dan fungsi um'ma dalam budaya Bodomaroto, mengkaji aspek sosiologis dan pedagogisnya. Metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosio-pedagogis digunakan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasilnya menunjukkan um'ma sebagai identitas budaya, pusat ritual Marapu, interaksi keluarga, dan menjaga keseimbangan dengan alam. Dari perspektif sosiologis, um’ma memperkuat tatanan sosial dan nilai-nilai komunitas, sedangkan dari perspektif pedagogis, um’ma berperan dalam tempat pelaksanaan pendidikan informal yang mengajarkan nilai-nilai moral. Signifikansi penelitian ini adalah untuk memperkaya pemahaman tentang peran orang tua dan anak dalam keluarga sebagai subyek pembelajar dengan menjadikan manusia dan dunia sebagai media pendidikan informal berbasis budaya lokal sehingga mencapai suatu transformasi hidup yang lebih baik.
Innovations in Islamic Education Management: A Case Study of Vocational High School in Jambi City Anto, Budi; Us, Kasful Anwar; Shalahudin, Shalahudin
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 6 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i6.405

Abstract

This study aims to identify and analyze innovations in Islamic education management at SMK Muhammadiyah Kota Jambi to address the challenges of globalization. Using a qualitative approach, data were collected through in-depth interviews, participatory observations, and document analysis. Findings reveal that innovations were implemented through the integration of Islamic values into vocational curricula, the use of digital technology in management and teaching, and visionary leadership fostering multi-stakeholder collaboration. The integration of Islamic project-based curricula enhanced students' motivation and equipped them with both technical skills and strong Islamic values. Technological advancements improved administrative efficiency and facilitated interactive learning. Visionary leadership played a crucial role in building partnerships with industries and government, contributing to resource enhancement and skill training. These findings highlight the importance of a holistic and adaptive approach to Islamic education management, ensuring graduates are technically competent and morally grounded to meet contemporary demands. This study emphasizes the strategic role of innovation in maintaining the relevance and sustainability of Islamic education institutions.
Teknik Analisis Validitas Tes menggunakan SPSS dalam Mengukur Kemampuan Hasil Belajar Materi SKI Kelas XI SMA Raihanan Syafiq, Salsabila Nafis; Alwi, Jihan Laurenza; Zuhriah, Indah Aminatuz
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 6 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i6.388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas tes menggunakan SPSS dalam mengukur kemampuan hasil belajar materi Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 11 Madrasah Aliyah Negri 1 Magetan yaitu terdapat 7 kelas, yang masing-masing kelas berisi 30 anak, dan total seluruh siswa yaitu 209 anak. Sampel penelitian dipilih dengan Teknik Random Sampling, peneliti mengambil sampel dari setiap kelas 11 Madrasah Aliyah Negri 1 Magetan 15 anak dari absen pertama sampai absen limabelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi berupa pemberian tes objektif. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan uji SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa analisis validitas tes yang diberikan kepada siswa layak untuk digunakan sebagai salah satu tes untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Terapi Spiritual bagi Santri dengan Retardasi Mental Berat Arifah, Yenny Wardati; Handayani, Mila Sri; Setyo, Bono; Santyani, Wina
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 5, No 6 (2024)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59698/afeksi.v5i6.282

Abstract

Santri dengan retradasi mental termasuk dalam penyandang disabilitas cukup tinggi di Indonesia yang mengalami penurunan intelegtual, gangguan adaptasi sosial, keterbatasan aktivitas dan partisipasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi terapi spiritual bagi santri dengan retardasi mental berat di Pondok Pesantren Ainul Yakin Putri Bantul. Penetilian ini menggunakan jenis penelitian case study research (studi kasus). Tempat penelitian di Pondok Pesantren Ainul Yakin Putri Bantul. Data dikumpulkan melalui observasi kepada santri dengan retardasi mental berat. Kemudian menambah informasi dari 1 guru pondok dan 2 pengurus pondok. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sholat sebagai terapi spiritual efektif digunakan untuk membantu stimulasi dan perkembangan maladaptif menjadi adaptif, serta penggunaan strategi pembelajaran dengan konsep SKP sangat membantu santri PS dengan golongan santri serba bantu memiliki pemkembangan sosial yang lebih baik, walaupun masih membutuhkan 2 orang yang merawat dalam kegiatan sehari hari.  

Page 1 of 3 | Total Record : 28