cover
Contact Name
Hasriani G
Contact Email
pekatpkm@gmail.com
Phone
+6285696685341
Journal Mail Official
pekatpkm@gmail.com
Editorial Address
Jalan Muhajirin, Makassar, Sulawesi-Selatan, Indonesia
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
ISSN : 29867819     EISSN : 29867819     DOI : -
Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts and publishes scientific articles focused on community service. Jurnal Pekat is an applied science paper. An applied science paper is based on original research related to community engagement program. The kind of research depends on your field or the topic of community engagement (a program that has been done, an experiment, the impact of your program, survey, interview, questionnaire, etc.). The research paper will be based on the analysis and interpretation between theory and community engagement program and you need to explain the problems faced by the local community where the program is conducted. Jurnal Pekat invites lecturers, students and community service activists to send manuscripts that discuss relevant topics with the focus above. Manuscripts are written using an academic approach or scientific method by presenting data on the impact of community service activities that have been carried out. The themes are written must have an impact or can be generalized to local, regional or national populations. Jurnal Pekat only considers the original paper for publication. It means that the manuscript has not been published and not considered to be published in another journal. Jurnal Gembira does not consider multiple submissions and redundant publications to be included.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 60 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025" : 60 Documents clear
OPTIMALISASI SHELVING DAN PENGOLAHAN KOLEKSI UNTUK MEMUDAHKAN TEMU BALIK INFORMASI DI UPT PERPUSTAKAAN SYEKH YUSUF UIN ALAUDDIN MAKASSAR Rohani, Rina; Wulansari, Putri; Wahdania Alfira; Muslimah, Muslimah; Ramadhani, Ulfiyah; Assagaf, S. Rajihul Fikri; Nasrul, Denni Ramadhani; Rusli, Saldiansyah; Djamal, Samhi Muawan; Umar, Touku; Abidin, Saenal
PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025
Publisher : MEDIA INOVASI PENDIDIKAN DAN PUBLIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perpustakaan perguruan tinggi memiliki peran stategis dalam menyediakan akses informasi cepat dan akurat bagi sivitas akademik. Namun, pada praktiknya sering ditemukan hambatan dalam temu balik informasi akibat penataan buku dan sistem pengolahan yang belum optimal. Penelitan pada program PKL ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalah dalam penataan (shelving) dan pengolahan koleksi di UPT Perpustakaan Syekh Yusuf UIN Alauddin Makassar serta melakukan optimalisasi untuk meningkatkan proses temu balik informasi. Metode yang digunakan adalah Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 30 hari dengan aktivitas pembuatan ulang nomor rak buku, penyusunan koleksi sesuai nomor klasifikasi, pembuatan dan penempelan barcode buku, dan penginputan data koleksi ke dalam Slims, hasil pelaksanaan PKL menunjukkan bahwa penataan yang belum terorganisir dan kerusakan barcode buku menjadi kendala utama dalam pencarian koleksi. Sehingga di perlukan beberapa upaya untuk mengoptimalisasikan penataan serta pengolahan koleksi di perpustakaan terebut.
EDUKASI TENTANG BAHAYA GEMPA BUMI DAN MITIGASINYA PADA MAHASISWA TEKNIK GEOLOGI UNIVERSITAS SULAWESI TENGGARA Nur Firdaus, Amritzal; Harisma; Hasria; Ngkoimani, La Ode; Al Firman; Saleh, Isman
PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025
Publisher : MEDIA INOVASI PENDIDIKAN DAN PUBLIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki kerentanan tinggi terhadap gempa bumi karena berada pada pertemuan tiga lempeng besar dunia, yaitu Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik. Sulawesi Tenggara termasuk wilayah yang memiliki potensi gempa bumi cukup tinggi akibat adanya sesar aktif, seperti sesar Lawanopo dan Kendari. Rendahnya tingkat pemahaman masyarakat, termasuk mahasiswa, terhadap bahaya gempa bumi dan upaya mitigasinya menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko bencana. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi kebencanaan mahasiswa Teknik Geologi Universitas Sulawesi Tenggara melalui edukasi bahaya gempa bumi dan mitigasinya. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, diskusi interaktif, dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa mengenai penyebab, jenis, dan dampak gempa bumi, serta langkah-langkah mitigasi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa juga menunjukkan sikap kritis dan kesadaran yang lebih tinggi terhadap pentingnya kesiapsiagaan bencana. Kegiatan ini membentuk peran mahasiswa sebagai agen perubahan dalam mendukung pengurangan risiko bencana di lingkungannya
TRANSFORMASI ASET SINGKONG MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN SINGKONG GULUNG BERSAMA IBU PKK DESA PATALAN Alif, Ilfa Walidatul; Moh. Anshori
PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025
Publisher : MEDIA INOVASI PENDIDIKAN DAN PUBLIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desa Patalan, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, memiliki potensi alam yang melimpah terutama tanaman singkong (cassava), namun pemanfaatannya masih terbatas karena minimnya inovasi dan pengetahuan masyarakat dalam mengolah hasil pertanian tersebut. Kegiatan pengebdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas ibu-ibu PKK Desa Patalan dalam mengolah singkong menjadi produk pangan inovatif bernilai jual tinggi, yaitu singkong gulung. Metode yang digunakan adalah pendekatan Assed Based Community D evelopment (ABCD) dengan tahapan Discovery, Dream, Design, dan Destiny. Kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan peserta, dengan rata-rata peningkatan pemahaman sebesar 55,2% setelah pelatihan. Sebanyak 75% peserta berkomitmen untuk memproduksi olahan singkong secara mandiri, dan 26,5% berminat mengembangkan usaha kelompok. Dampak kegiatan ini terlihat dari meningkatnya pengetahuan, keterampilan, serta semangat kewirausahaan masyarakat berbasis potensi lokal. Kesimpulannya, pelatihan ini mampu menjawab permasalahan kurangnya inovasi pengolahan hasil pertanian di Desa Patalan dan menjadi langkah awal bagi penguatan ekonomi kreatif desa yang berkelanjutan.
PENERAPAN SENAM SEHAT PADA LANSIA DALAM UPAYA PENYAKIT TIDAK MENULAR DI KELURAHAN SUKARAME Mavliani, alvinna; Setyawan, Annaas Budi; Nurrahmawati, Alfina; Kurmiantin, Twy; Aldini, Fhauzia Iin; Fitri, Yunisah; Yusnanda, Bunga; Muzaki, Farhan; Irma, Ajeng; Amalia, Lutfi; Ridwan, Muhammad
PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025
Publisher : MEDIA INOVASI PENDIDIKAN DAN PUBLIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyakit tidak menular seperti diabetes mellitus, hipertensi, dan asam urat merupakan masalah kesehatan yang banyak dialami oleh lansia dan dapat menurunkan kualitas hidup jika tidak dikendalikan dengan baik. Aktivitas fisik teratur menjadi salah satu upaya nonfarmakologis yang efektif untuk menjaga kesehatan lansia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran dan kesadaran lansia dalam menjaga kesehatan melalui Terapi Aktivitas Kelompok (TAK) berupa senam sehat lansia. Kegiatan dilaksanakan di posyandu Azzikra, dengan peserta sebanyak 25 orang lansia yang memiliki riwayat penyakit tidak menular. Kegiatan dimulai dengan pemeriksaan kesehatan sederhana (tekanan darah dan gula darah sewaktu), pelaksanaan senam sehat berdurasi ±30 menit. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kebugaran dan semangat peserta, disertai penurunan tekanan darah dan kadar gula darah sewaktu pada sebagian lansia, walaupun bersifat sementara. Peserta juga menunjukkan antusiasme tinggi dan berharap kegiatan serupa dilakukan secara rutin. Kegiatan TAK senam sehat terbukti memberikan manfaat fisik, sosial, dan psikologis bagi lansia, sehingga dapat dijadikan program berkelanjutan dalam mendukung upaya promotif dan preventif terhadap penyakit tidak menular di masyarakat.
PELATIHAN SATUAN TUGAS (SATGAS) REMAJA SIGAP PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL MENGGUNAKAN BONEKA (BOoklet daN pEta sKemA) H Wada, Fauziah; Puspitasari, Indah; Shoaliha, Maratun; Hasiolan, Mara Imbang Satriawan; Andas, Amzal Mortin
PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025
Publisher : MEDIA INOVASI PENDIDIKAN DAN PUBLIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kekerasan seksual pada anak dan remaja merupakan permasalahan serius yang membutuhkan upaya preventif berbasis pendidikan dan pemberdayaan komunitas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan remaja dalam mencegah kekerasan seksual melalui pembentukan dan pelatihan Satuan Tugas (Satgas) Remaja Sigap menggunakan media edukatif inovatif BONEKA (BOoklet daN pEta sKemA). Metode pelaksanaan meliputi empat tahap, yaitu studi pendahuluan, persiapan, pelaksanaan, dan monitoring. Kegiatan dilaksanakan di SD Negeri Margahayu IX, Bekasi, dengan peserta perwakilan siswa dari setiap kelas. Media BONEKA digunakan sebagai alat bantu visual dan informatif dalam memahami jenis kekerasan seksual, faktor risiko, serta langkah-langkah pencegahan dan pelaporan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan dan sikap siswa terhadap isu kekerasan seksual, terbentuknya lima kelompok Satgas yang aktif melakukan edukasi sebaya, serta meningkatnya keberanian siswa dalam menyampaikan kasus atau tanda kekerasan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pelatihan dengan media BONEKA efektif dalam meningkatkan literasi, kesadaran, dan partisipasi remaja terhadap upaya pencegahan kekerasan seksual berbasis sekolah dan komunitas.
HOMECARE PADA PASIEN DENGAN MASTEKTOMI H Wada, Fauziah; Puspitasari, Indah; Sunirah, Sunirah; Hasiolan, Mara Imbang Satriawan; Prima, Ashar
PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025
Publisher : MEDIA INOVASI PENDIDIKAN DAN PUBLIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada wanita di Indonesia, dan tindakan mastektomi menjadi pilihan terapi yang sering dilakukan untuk mengontrol penyakit. Namun, pasien pasca-mastektomi kerap mengalami masalah fisik dan psikologis seperti nyeri, keterbatasan gerak, serta perubahan citra tubuh yang membutuhkan perawatan lanjutan di rumah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian pasien dan keluarga dalam melakukan perawatan pasca-mastektomi melalui penerapan asuhan keperawatan berbasis homecare yang komprehensif. Metode kegiatan meliputi survei lapangan, pengkajian masalah pasien, pendidikan kesehatan mengenai perawatan luka dan manajemen nyeri, serta praktik perawatan langsung di rumah pasien di wilayah kerja Puskesmas Karang Kitri, Kota Bekasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pasien dan keluarga tentang perawatan luka, manajemen drain, latihan rentang gerak, serta pengelolaan stres pasca-operasi. Kegiatan ini juga meningkatkan motivasi pasien dalam proses pemulihan dan memperkuat kolaborasi antara tenaga kesehatan dan keluarga. Dengan demikian, program homecare terbukti efektif mendukung pemulihan pasien pasca-mastektomi serta meningkatkan kualitas hidup mereka.
PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT RW 10 MELALUI EDUKASI KESEHATAN TENTANG PENCEGAHAN DBD DI KELURAHAN SIDOMULYO TIMUR Aziz, Ari Rahmat; Riska Ardhya Saraswati; Hidayat, Anugerah; Wahyuni, Hati Sri; Zanti, Wahdini Putri; Rahayu, Windy Lavenia; R. Dia, R. Dia; Izzati, Helga Rahma; Sari, Dewi Puspita; Farniati, Farniati; Putricia, Alyssa Salma; Ananda, Reza Dwi; Allima, Nur
PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025
Publisher : MEDIA INOVASI PENDIDIKAN DAN PUBLIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan masalah kesehatan serius di Indonesia, terutama saat musim hujan. Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti ini masih sering terjadi akibat rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pencegahan DBD. Berdasarkan survei di RW 10 Kelurahan Sidomulyo Timur, diperoleh Angka Bebas Jentik (ABJ) sebesar 78,6% dan Breteau Index (BI) sebesar 21 yang menunjukkan risiko penularan sedang hingga tinggi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pencegahan DBD melalui edukasi kesehatan menggunakan metode penyuluhan, ceramah, dan diskusi interaktif dengan media leaflet dan power point. Evaluasi dilakukan menggunakan pre-test dan post-test untuk menilai efektivitas kegiatan.  Hasilnya menunjukkan peningkatan rata-rata skor pengetahuan dari 74,93 menjadi 99 atau meningkat 32,13%. Selain peningkatan skor, masyarakat juga menunjukkan antusiasme tinggi dan komitmen untuk menerapkan perilaku 3M Plus dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini membuktikan bahwa edukasi kesehatan efektif meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam pencegahan DBD, sehingga diharapkan dapat menurunkan risiko penularan dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat di RW 10 Kelurahan Sidomulyo Timur.  
INTERNALISASI NILAI SASTRA MELALUI PELATIHAN MENULIS DAN PEMBACAAN PUISI BAGI SISWA MTsS AL-BASIR KABUPATEN JENEPONTO Hasbi, Nur; Rahmi Mardatillah; Safitri, Nur Anita Syamsi; Fadilah Neyarasmi; Ade Yustina
PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025
Publisher : MEDIA INOVASI PENDIDIKAN DAN PUBLIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis dan membacakan puisi pada siswa MTsS Al-Basir Kabupaten Jeneponto melalui pendekatan partisipatif (participatory approach). Pendekatan ini menekankan keterlibatan aktif peserta dalam seluruh tahapan kegiatan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi, sehingga siswa tidak hanya menjadi penerima pengetahuan, tetapi juga menjadi subjek utama dalam proses pembelajaran. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri atas tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan digunakan metode learning by doing melalui pemaparan materi sastra, pelatihan menulis puisi dengan tema yang dekat dengan kehidupan siswa, serta pembacaan puisi dengan bimbingan teknik vokal, intonasi, dan ekspresi. Sebagai bentuk motivasi, diberikan hadiah sederhana bagi peserta yang menunjukkan kreativitas dan penghayatan terbaik. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan minat dan kepercayaan diri siswa dalam berkarya sastra, serta tumbuhnya kesadaran apresiatif terhadap nilai-nilai sastra. Kegiatan ini juga menghasilkan rekomendasi tindak lanjut berupa pembentukan komunitas literasi sekolah untuk menjaga keberlanjutan program. Dengan demikian, pendekatan partisipatif terbukti efektif dalam mengembangkan potensi kreatif siswa dan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap dunia sastra.
PENGUATAN LITERASI LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN AKSARA LONTARA PADA SISWA UPT SDN 4 TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO Hasbi, Nur; Rahmi Mardatillah; Muhammad Musawir; Atikah Nurul Asdah; Sri Mulyani R
PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025
Publisher : MEDIA INOVASI PENDIDIKAN DAN PUBLIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berjudul “Penguatan Literasi Lokal melalui Pembelajaran Aksara Lontara pada Siswa UPT SDN 4 Tarowang Kabupaten Jeneponto”. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan minat, pemahaman, dan kemampuan siswa sekolah dasar dalam mengenal, membaca, dan menulis aksara Lontara sebagai bagian dari pelestarian budaya Bugis-Makassar. Literasi lokal dipandang sebagai sarana penting dalam membentuk karakter dan identitas budaya di tengah arus globalisasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif edukatif yang menempatkan siswa sebagai subjek aktif dalam pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan melalui tahap pengenalan, latihan membaca dan menulis, serta evaluasi hasil belajar. Media pembelajaran seperti kartu huruf, poster, dan video edukatif digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif sehingga siswa lebih mudah memahami bentuk serta makna aksara Lontara. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis aksara Lontara serta tumbuhnya rasa bangga terhadap budaya daerah. Evaluasi menunjukkan bahwa sekitar 80% peserta berhasil membaca dan menulis kata sederhana dalam aksara Lontara dengan benar. Pembelajaran berbasis literasi lokal ini terbukti efektif dalam memperkuat identitas dan karakter siswa sekaligus menjadi strategi pelestarian budaya daerah di tingkat pendidikan dasar.
PELATIHAN MODERASI BERAGAMA, DEEP LEARNING DAN PEMANFAATAN TIK BAGI GURU MAN 1 MUARO JAMBI DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN INOVATIF Handayani, Reli; Falani, Ilham; Zam Zam Al Arif, Tubagus; Abrar, Mukhlas; Johan Wicaksana, Ervan; Fajaryani, Nunung
PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT) Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025
Publisher : MEDIA INOVASI PENDIDIKAN DAN PUBLIKASI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MAN 1 Muaro Jambi dalam mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama, pendekatan Deep Learning, serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran inovatif. Latar belakang kegiatan ini berangkat dari pentingnya menanamkan sikap toleransi, berpikir kritis, dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi dalam proses pendidikan abad ke-21. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif dan kolaboratif melalui tahapan analisis kebutuhan, pelatihan, workshop, serta evaluasi hasil. Data diperoleh melalui observasi, post-test, dan praktik langsung penggunaan media digital seperti Slido. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru memiliki pemahaman sangat baik terhadap konsep moderasi beragama (rata-rata 4,5), pendekatan Deep Learning (4,4), dan evaluasi pembelajaran (4,3). Selain itu, peserta berhasil membuat dan mengoperasikan ruang interaksi berbasis Slido secara mandiri, yang mencerminkan peningkatan kompetensi digital. Secara keseluruhan, pelatihan ini berhasil memperkuat kesiapan guru dalam merancang pembelajaran yang reflektif, kolaboratif, dan berorientasi pada karakter siswa. Program ini diharapkan menjadi model pengembangan kapasitas guru madrasah dalam mewujudkan pembelajaran yang inovatif, moderat, dan adaptif terhadap tantangan era digital.