cover
Contact Name
Nur Hidayati
Contact Email
nur@pelitabangsa.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
info@jurnalapik.id
Editorial Address
Hegarmukti, Cikarang Pusat, Bekasi
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Cahaya Pengabdian
Published by Apik Cahaya Ilmu
ISSN : -     EISSN : 30481848     DOI : https://doi.org/10.61971/cp
Cahaya Pengabdian: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, diterbitkan oleh Apik Cahaya Ilmu. Cahaya Pengabdian mewadahi publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat dari berbagai macam disiplin ilmu yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Cahaya Pengabdian merupakan jurnal elektronik yang dikelola secara profesional dengan menggunakan Open Jurnal System, diterbitkan 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
Smartbox Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa MTs di Galeri Kreatif Bantur Endang Setiyo Astuti; Hernina Dewi Lestari; Siti Nurlaila; Yuni Kurniawati
Cahaya Pengabdian Vol. 1 No. 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Apik Cahaya Ilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61971/cp.v1i1.37

Abstract

The potential-Based Community Service Program (PMBP) aims to help develop human resources in the community, accompany children to learn and develop their respective talents and interests in midwifery. This service will start from March to May 2024. The target of the learning media creation activity is Madrasah Tsanawiyah students, The method used is learning by using learning media to deliver material about basic English vocabulary and the sport of football. From these activities it can be concluded that children will be more interested in exploring learning material with fun techniques, apart from eliminating children’s boredom when learning, learning media also provides many benefits for children and makes classes more interactive and fun, with media. learners, classes become more flexible and can be done anywhere and at any time.
Penerapan e-payment Menggunakan QRIS Sebagai Inovasi untuk Mempermudah Transaksi Pada Talenta Cafe di Jalan Kasah Yayu Kusdiana; Sri Wahyuni Zanra
Cahaya Pengabdian Vol. 1 No. 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Apik Cahaya Ilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61971/cp.v1i1.38

Abstract

Talenta Cafe is an UMKM in the culinary sector located in Tangkerang Tengah Subdistrict, Marpoyan Damai District, Pekanbaru which was founded in 2021. Talenta Café is a gathering place for young people in Pekanbaru and has comfortable, safe facilities, the food and drinks offered are not too expensive in compare it with other cafes and is accompanied by live music. This development answers the problems found in Talenta Café experience deficiencies in digital payments using today's technology. Therefore, in this development a QRIS payment application will be created as a digital payment which will make it easier for Talenta Cafe to market and develop its products. This design uses interview research methods, documentation and internet literature study. The method used in this community service is training in the use of QRIS.
Pelatihan Pencatatan Persediaan Barang Dagang pada Toko Sembako Sri/Eko Desa Wangandowo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan: Indonesia Nayla Safarah; Indah Aura Salsadila; Dini Syafa'ati; Ade Gunawan
Cahaya Pengabdian Vol. 1 No. 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Apik Cahaya Ilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61971/cp.v1i1.41

Abstract

Pencatatan persediaan barang dagang perlu dilakukan oleh pemilik usaha seperti toko sembako. Hal ini akan mempermudah pemilik usaha dalam pengendalian stok barang dagang. Namun, masih banyak pelaku usaha yang belum mengetahui pengelolaan barang dengan efisien dan efektif sehingga mempengaruhi pendapatan usahanya. Hal ini bisa terjadi karena ketidaktahuan pemilik usaha dalam mencatat persediaan barang dagang, Toko sembako Sri/Eko, sebagai objek pengabdian penulis menjadi salah satu toko yang tidak pernah mencatat persediaan barang dagangannya. Untuk itu, tim pengabdian melaksanakan pelatihan pencatatan persediaan barang dagang untuk pemilik toko sembako Sri/Eko. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman pemilik usaha terkait dengan pencatatan persediaan yang tepat. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah pelatihan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada metode pelatihan dilakukan dengan dua sesi yaitu penyampaian materi dan praktek. Hasil dari pelatihan pencatatan persediaan barang dagang ini, pemilik toko sembako Sri/Eko dapat memahami dan mempraktekan cara pencatatan dengan baik. Pemilik usaha toko sembako Sri/Eko membuat pencatatan persediaan dengan metode FIFO (first in fisrt out) dikarenakan pemilik toko sudah menggunakan metode tersebut dalam transaksi penjualannya. Tim pengabdian berharap setelah diadakannya pelatihan ini dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan terkait dengan pencaatatan persediaan barang dagang yang nantinya berguna terhadap pengendalian dan pengecekan stok barang dagang. Kata Kunci: Pelatihan, Persediaan, ,Barang Dagang, FIFO, Toko Sembako.
Bakti Sosial Gerakan Berbagi oleh Ikatan Mahasiswa Tegal di Desa Pangkah Diva Rosyidatunnuha; Nafisatul Alawiyah; Iiq Nahyu Risqiawati; Muhammad Shultoni
Cahaya Pengabdian Vol. 1 No. 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Apik Cahaya Ilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61971/cp.v1i1.45

Abstract

Kegiatan baksos ini ditujukan untuk Masyarakat yang kurang mampu dan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya. Bakti sosial, atau lebih dikenal sebagai baksos, adalah kegiatan yang bertujuan untuk menunjukkan dan memperkuat rasa kemanusiaan antar sesama manusia. Melalui baksos, kita dapat mempererat hubungan dan kekerabatan dengan orang lain, serta mewujudkan rasa cinta kasih, tolong-menolong, dan kepedulian. Kegiatan bakti sosial dan berbagi ini tidak hanya bertujuan untuk membantu masyarakat Desa Pangkah dalam jangka pendek, tetapi juga untuk menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan. Kegiata bakti sosial dan grebeg ini dilakukan di Desa Dermasuci kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Metode yang dilakukan yaitu dengan melalui survey langsung. Hasil yang didapatkan dari kegiatan bakti sosial Grebeg ini adalah dapat mempererat hubungan silaturahmi dengan satu sama lain, menjadi lebih peka terhadap lingkungan sosial, menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama serta meningkatkan kebahagiaan. Memberi sebagai bentuk kepedulian orang lain adalah sesuatu yang berhubungan dengan kebahagiaan bahkan kesehatan.
Pendampingan Pemutakhiran Basis Data Objek Pajak Non PBB Empat Jenis Pajak Kabupaten Tegal Catur Wahyudi; Tofik Hidayat; Hasbi Firmansyah; Mohammad Arridho Nur Amin; Mei Rani Amalia; Agnes Dwita Susilawati
Cahaya Pengabdian Vol. 1 No. 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Apik Cahaya Ilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61971/cp.v1i1.47

Abstract

Program pendampingan pemutakhiran basis data objek pajak non PBB untuk pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, dan pajak reklame di daerah Kabupaten Tegal dilakukan oleh pemerintah daerah melalui BAPENDA. Program ini dilakukan dengan maksud agar pemerintah memiliki data terbaru yang nantinya digunakan sebagai dasar dalam penghitungan PAD yang bersumber dari pajak tersebut. Mengingat bahwa pajak merupakan salah satu PAD terbesar dari pemerintah Kabupaten Tegal maka dengan adanya pemutakhiran data pajak tersebut akan memudahkan pemerintah daerah dalam meminta pajak pada masing-masing subjek pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, dan pajak reklame di Kabupaten Tegal.
Pelatihan Sistem Pembagian Tugas Pencatatan Keluar dan Masuk Barang di Sakura GirlShop Ni Made Satya Utami; I Ketut Setia Sapta; Yenny Verawati; Nyoman Ayu Purnami Sukmayanti
Cahaya Pengabdian Vol. 1 No. 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Apik Cahaya Ilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61971/cp.v1i1.49

Abstract

One of the regional economic forces that support the Indonesian economy is the presence of business actors, Micro, Small and medium enterprises (MSMEs). One of them is the Sakura Girl shop, although many consumers visit, they face the problem of human resources who have not fully understand the distribution of tasks and recording in and out of goods that have not been realized properly due to lack of assistance in the process of checking the stock of goods. Answering these challenges using the Participation Research Action (PRA) method is to discuss with the Owner and employees, by providing assistance and training to existing human resources aimed at improving employees' knowledge, skills, and performance so that there is no social gap between employees.
Program Donation Lecture untuk Meningkatkan Sukses Mahasiswa Berkarir di Berbagai Sektor Industri Dico Mawabagja; Abdul Halim Anshor; Muhamad Ridwan; Adi Kurniawan; Sekar Kinasih; Diki Darmawan
Cahaya Pengabdian Vol. 1 No. 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Apik Cahaya Ilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61971/cp.v1i1.53

Abstract

Dalam menghadapi tantangan pasar kerja yang semakin membutuhkan tenaga kerja terampil, PT. NOK Indonesia bersama AOTS dan UPB meluncurkan program Donation Lecture. Program ini bertujuan untuk mengintegrasikan teori dan praktek industri melalui kurikulum yang dibangun berdasarkan kebutuhan industri terkini. Metodologi yang diterapkan meliputi pengajaran langsung oleh praktisi industri dan serangkaian kegiatan seperti kunjungan industri, workshop QC Seven Tools, serta penerapan IoT dalam proses industri. Hasil program menunjukkan peningkatan kesiapan dan keterampilan peserta, mempersiapkan mereka dengan kompetensi yang relevan untuk pasar kerja. Kesimpulannya, program Donation Lecture berhasil mengembangkan kurikulum yang efektif dalam mengintegrasikan teori dan aplikasi praktis, meningkatkan kualitas lulusan yang siap bersaing di industri. Program ini menawarkan model kolaboratif yang dapat diterapkan lebih luas untuk meningkatkan sinergi pendidikan dan kebutuhan industri.
Implementasi Website dan Media Sosial Desa Gombolirang sebagai Upaya Digitalisasi Pemerintah Desa di Kabupaten Banyuwangi Zhidan Fahrus; Agus Setiawan; Djien Pramana; Nanda Firdaus Pandu Negara; Jastin Wiliam Arindo; Sepyan Purnama Kristanto; Lutfi Hakim
Cahaya Pengabdian Vol. 1 No. 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Apik Cahaya Ilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61971/cp.v1i1.56

Abstract

Layanan Digitalisasi Desa Gombolirang untuk menunjang Program Smart Kampung Kabupaten Banyuwangi belum berjalan optimal. Hal ini disebabkan karena kurangnya ketersedian perangkat desa yang mengelola kanal informasi elektronik. Hal ini menyebabkan masyarakat untuk saat ini hanya bisa melihat informasi yang tersedia melalui papan informasi yang berada di kantor desa sehingga informasi program kerja dan informasi berkaitan dengan desa kurang tersampaikan dengan optimal. Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) ini, diusung program implementasi website desa dan kanal media sosial untuk mendukung proses digitalisasi dalam pemerintahan desa di Kabupaten Banyuwangi, terutama di Desa Gombolirang. Program yang dicanangkan meliputi implementasi website desa dan kanal media sosial serta pelatihan untuk penggunaan dan pengembangannya. Hasil yang didapatkan, program KKN-T ini dapat berjalan dengan baik, seluruh program kerja dapat berjalan dengan optimal dan mendapatkan respon yang sangat baik dari mitra dengan prosentase kepuasan mencapai 76,95%. Adanya program ini diharapkan dapat memaksimalkan penerapan digitalisasi desa untuk mendukung program smart kampung yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sehingga dapat mempercepat penerapan konsep smart city di Kabupaten Banyuwangi.
Manfaat Pengadaan Tong Sampah Organik dan Anorganik Bagi Masyarakat Desa Kuta Buloh 1 Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan Fitri Mawarni; Ayu Rahma Putri; Nurhalimah; Rahmawati; Sri Armanusa; Israk Zulfazril; Khalil Mubarak; Ilham Gebri Pratama; Usman Ali; Mukhlizar; Darkasih; Murhaban
Cahaya Pengabdian Vol. 1 No. 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Apik Cahaya Ilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61971/cp.v1i1.57

Abstract

Sebagai Mahasiswa, kebersihan lingkungan menjadi salah satu perhatian khusus yang harus benar-benar diperhatikan karena jika lingkungan tercemar dengan berbagai jenis sampah maka akan menyebabkan banyak efek buruk bagi masyarakat sekitar, terlebih sampah plastik yang sangat sulit untuk terurai yang membutuhkan waktu bertahun lamanya untuk terurai. Semua orang pasti sudah mengetahui apa itu sampah yaitu suatu barang yang dibuang, tidak lagi digunakan baik karena sudah tidak bisa lagi digunakan (rusak) atau tidak diperlukan lagi. Ketika sampah tersebut tidak dipilah dan diproses dengan baik, maka akan terjadi pencemaran lingkungan. Sampah selalu diartikan dengan hasil pembuangan dari semua aktivitas kegiatan yang dilakukan manusia, ada yang mudah melebur dan ada yang tidak bisa melebur dengan alam. Manfaaat pemilahan sampah organik dan sampah anorganik adalah memudahkan pekerjaan pekerja lingkungan dan pemahaman bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.
Upaya Peningkatan Kualitas UMKM The Paris Paradise Medan Arwin Arwin; Yuliana Yuliana; Weny Weny
Cahaya Pengabdian Vol. 1 No. 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Apik Cahaya Ilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61971/cp.v1i1.69

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ini berfokus pada peningkatan kualitas di UMKM The Paris Paradise. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu meningkatkan kualitas UMKM The Paris Paradise Medan terutama dalam menambah volume penjualan. Dengan program ini diharapkan agar ke depannya omset penjualan di The Paris Paradise meningkat. Adapun metode pelaksanaannya adalah menggunakan metode observasi sebagai upaya untuk mencari tahu kendala UMKM dan membantu memecahkan permasalahan serta memberikan solusi yang tepat dalam meningkatkan UMKM. Selain observasi, pengabdi juga menggunakan metode wawancara untuk memahami berbagai kekurangan dan kelebihan dan memahami kemampuan daya beli produk sebagai peluang dalam meningkatkan penjualan. Berdasarkan kegiatan pengabdian yang dilakukan, bisa disimpulkan bahwa UMKM The Paris Paradise dalam hal meningkatkan volume penjualan dibutuhkan pembaruan inovasi dalam hal rasa dan menu lamien yang lebih varian supaya bisa menarik lebih banyak konsumen untuk datang.