cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
ISSN : 25985175     EISSN : 25982877     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This journal is for academics, practitioners, and educational stakeholders who want to publish and develop research results and thoughts for the progress of education.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024" : 17 Documents clear
Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar dengan Storybook Berbasis Al-Qur’an di Sekolah Dasar Fase A Abdul Azis; Rahmat Rosyadi; Nesia Andriana
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v8i2.971

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan awal terkait pengembangan bahan ajar berupa storybook berbasis Al-Qur'an di Sekolah Dasar Fase A. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui studi literatur, dan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain Research and Development. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, studi pustaka, angket, serta analisis buku dan jurnal. Komponen analisis data meliputi media, materi, dan praktisi. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlu adanya variasi dan inovasi bahan ajar Akidah untuk memenuhi kebutuhan dalam pembelajaran.
Kontribusi Lifelong Learning Pada Pendidikan Vokasi Otomotif Non-Formal Terhadap Stakeholder dalam Lembaga Pendidikan Muhammad Idris Effendi; Fadliyanti Firdausia; Lailatul Nurjanah; R. Machmud Sugandi
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v8i2.889

Abstract

Penduduk yang terdidik dan terampil adalah aset berharga bagi suatu negara dalam menghadapi dinamika perkembangan ekonomi dan industri. Implementasi dan pengembangan pendekatan Pembelajaran Sepanjang Hayat (Lifelong Learning) dalam pendidikan vokasi non-formal di bidang teknik otomotif memiliki dampak positif yang luas pada berbagai pihak. Pendekatan ini memberikan peluang bagi individu untuk terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka di luar pendidikan formal, memungkinkan pemerintah meningkatkan kualifikasi tenaga kerja, yang mendukung daya saing ekonomi negara dan menciptakan masyarakat yang lebih terdidik. Bagi pengusaha, Lifelong Learning memastikan tenaga kerja yang terampil dan relevan dengan perkembangan industri, meningkatkan produktivitas dan kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar. Penyelenggara pendidikan memainkan peran penting dalam menyusun program pembelajaran yang responsif dan efektif, sedangkan masyarakat secara keseluruhan mendapat manfaat dengan menciptakan lingkungan ekonomi yang stabil, meningkatkan kesetaraan pendidikan, dan meningkatkan kualitas hidup. Investasi dalam pendidikan vokasi non-formal berbasis Lifelong Learning adalah langkah strategis untuk membangun masyarakat yang terampil, berpengetahuan, dan berdaya saing di era yang terus berkembang.
Implementasi Metode Al-Miftah Berbasis Flipped Classroom dalam Pembelajaran Kitab Kuning Kholifah Al-Faruq Fathurrohman; Ijudin Ijudin; Nenden Munawaroh
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v8i2.995

Abstract

Kitab kuning merupakan istilah pada buku referensi yang menjelaskan kandungan hukum dan ajaran Islam dalam bahasa Arab dan biasa dikaji di pondok pesantren. Terdapat berbagai cara untuk mempelajari kitab kuning, salah satunya dengan metode al-miftah lil ulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara lebih mendalam mengenai penerapan metode al-miftah lil ulum di Pondok Pesantren Darul Muwahhidin Tarogong Kidul Garut dengan mengadopsi sistem modern yaitu melalui model flipped classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, kualitatif, dan survei. Data dikumpulkan dan diolah berdasarkan triangulasi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode al-miftah lil ulum yang diterapkan dengan model flipped classroom di Pondok Pesantren Darul Muwahhidin memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman santri dalam membaca kitab kuning. Dengan demikian, penelitian ini akan mendukung inovasi pembelajaran kitab kuning modern dengan teknologi informasi secara lebih efektif.
Analisis Jenis dan Tingkat Kesulitan Belajar Dalam Pelajaran Tajwid Siswa MTs Qurrotu’ain Al Maaliki Ridham addimasyqi; Abas Mansur Tamam; Akhmad Alim
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v8i2.964

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat kesulitan belajar siswa MTs Quratu’ain Al Maaliki Bogor tahun pelajaran 2023/ 2024 pada pelajaran tajwid dengan menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan non eksperimen yang berlokasi di MTs Qurrotu’ain Al Maaliki Bogor. Pemilihan sampel penelitian ini dengan memilih seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX MTs Qurrotu’ain Al Maaliki Bogor tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data peneliti gunakan adalah angket tes hasil belajar diagnostik. Instrumen yang dikembangkan merupakan modifikasi dari indikator pemahaman konsep menurut Benyamin S. Bloom. Hasil dari tes diagnostik dianalisis menggunakan analisis kombinasi jawaban dan ditentukan persentase kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jenis kesulitan siswa dalam memahami konsep dan tujuan ilmu tajwid dengan tingkat kategori kesulitan rendah (8,69%,). Jenis kesulitan belajar siswa pada indikator menentukan contoh relevan dengan tingkat kategori sedang (41,74%). Jenis kesulitan belajar siswa dalam menyimpulkan konsep tajwid dengan tingkat kategori tinggi (66,95%).
Kompetensi Kepribadian Pengasuh Asrama Pendidikan di Pesantren Zainurroyyan Utsman; Abdul Hayyie Al-Kattani; Ulil Amri Syafri
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v8i2.972

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pengemabangan ilmu dan teknologi. Jika pendidik di dalam suatu pendidikan itu dilakukan oleh orang tua, maka pondok pesantren dibimbing langsung oleh guru asrama atau lebih dikenal sebagai pengasuh asrama yang dimana memiliki tugas pokok dan fungsi untuk membimbing, mengasuh, mengontrol, membina, dan mengevaluasi santri dalam kegiatan sehari-hari. Metode penelitian dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang kriteria-kriteria yang harus dimiliki pengasuh asrama yang berkaitan dengan kompetensi kepribadian diantaranya adalah bersikap santun, memiliki wibawa, penyayang dan lain sebagainya.
Evaluasi Instrumen Tes Non Kognitif pada Pembelajaran Kelas Rangkap di Pendidikan Dasar Alvira Pranata
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v8i2.999

Abstract

Penelitian ini melakukan analisis berbasis bibliometrik terhadap tren penelitian instrumen tes non kognitif dalam konteks pembelajaran kelas rangkap di tingkat pendidikan dasar. Melalui pengumpulan dan analisis data bibliometrik, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi perkembangan penelitian terkait instrumen tes non kognitif dalam pengaturan pembelajaran kelas rangkap. Dengan menerapkan metode bibliometrik, penelitian ini memberikan gambaran tentang distribusi literatur, tren pengembangan, serta kontribusi penelitian terhadap pemahaman instrumen tes non kognitif dalam pendidikan dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang evolusi dan fokus penelitian instrumen tes non kognitif dalam konteks kelas rangkap, serta merangsang minat untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang ini.
Kolaborasi antara Peran Pendidik di Rumah dan Pendidik di Sekolah dalam Membimbing Cara Bergaul dengan Teman Sebaya (Fase 7 Tahun Kedua) Faris Fathan R; Imas Kania Rahman; Widyasari Yahya
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v8i2.978

Abstract

Peran orangtua dalam mendidik anak sangatlah penting. Pendidikan yang baik mampu membekali anak dalam menghadapi kehidupannya di masa mendatang.Termasuk mengajari bagaimana cara bergaul dengan Teman-Temanya yang sebaya maupun tidak. Setiap orangtua wajib mempelajari seni mengasuh dan mendidik anak apalagi di era modern saat ini dengan tantangan dan ujian yang luar biasa. Salah satu contoh memberikan pendidikan yang baik pada anak adalah dengan memasukan anak ke sekolah-sekolah yang baik yang mengajarkan agama, adab dan lain-lain. Sebagai orangtua kita tidak boleh melepaskan penuh pendidikan kepada guru-guru yang ada di sekolah. Bukan berarti memasukan anak ke sekolah yang bagus sudah memenuhi kebutuhan pendidikan yang baik bagi anak. Orangtua dan Guru harus berkolaborasi dalam mendidik, supaya keseimbangan terjadi dan mendapatkan hasil yang baik. Apalagi saat anak memasuki fase baligh yang ada di fase tujuh tahun kedua. Tidak bisa semua di serahkan kepada guru yang ada di sekolah, dan juga belum tentu orangtua memiliki pengetahuan yang luas dalam mendidik di fase ini. Maka itu diperlukan kolaborasi antara guru dan orangtua.
Pengembangan: Bahan Ajar Teks Anekdot Berbasis HOTS Siswa Kelas X MA Sirojut Tholibiin Mita Dwi Yulianti; Lailiyatus Sa'diyah; Saptono Hadi
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v8i2.919

Abstract

Riset dilatarbelakangi dari hasil observasi di kelas X. Hasil observasi peneliti menemukan permasalahan yang dapat ditanggulangi dengan menghasilkan bahan-bahan ajar pembelajaran teks-anekdot berfundamental HOTS. Menjelaskan bahwa tingkat kelayakan bahan-bahan ajar teks-anekdot berfundamental HOTS untuk siswa kelas X. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar teks anekdot berbasis HOTS ini menunjukkan hasil validasi Ahli Bahasa (85%), validasi Ahli Mater (93%), selanjutnya validasi dari Ahli Bahan Ajar (75%). Hasil kepraktisan oleh guru menunjukkan hasil 75%, prakti pengujian langusng produk pada kelas-kecil dari angket siswa sebesar 77%. Ditemukan kelayakan pemakaian secara berkelanjutan bahan ajar tersebut di kelas.
Pengembangan Augmented Reality Book sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Visual Spasial Siswa SD di Kabupaten Blitar Cindya Alfi; Mohamad Fatih; Nur Cholifah; Muhammad Iswan
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v8i2.953

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk untuk mengetahui kevalidan produk serta mengetahui kelayakan media pembelajaran Augmented Reality Book dapat meningkatkan kemampuan Visual Spasial peserta didik. Instrument yang digunakan penelitian ini yaitu angket dan tes dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE dalam 5 tahapan yaitu 1 analisis kebutuhan (analyze), 2 membuat rancangan produk (design), 3 pengembangan media (development), 4 uji validasi ahli (Implementation), dan 5 revisi produk (evaluation). Teknik Pengumpulan data penelitian pengembangan ini menggunakan angket/kuesioner penilaian dengan analisis data menggunakan skala likert, dari beberapa Uji Ahli yaitu Uji Ahli Media, Ahli Materi dan Ahli Bahasa yang bertujuan untuk menilai kevalidan produk dan guru untuk menguji kelayakan produk. Instrumen tes diberikan kepada siswa untuk mengukur peningkatan kemampuan visual spasial. Berdasarakan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut penilaian oleh ahli media 97,5% dengan kriteria sangat valid. Selanjutnya hasil validasi ahli materi 95% artinya sangat valid dan hasil validasi ahli Bahasa 80,5% artinya media yang dikembangkan cukup valid dengan revisi kecil. Sedangkan penilaian kelayakan produk oleh guru diperolah hasiil 95% yang dapat dimaknai media sangat layak di uji coba kepada siswa. Hasil gain-score menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan visual spasial pada siswa sebesaar 0,96 dengan kategori peningkatan tinggi.
Penerapan Model Explicit Instruction Pembelajaran Calistung Siswa Kelas 1 MIMA 34 Hasyim Asyari Kabupaten Jember Beby Dwi Febriyanti; Nur Ali; Rully Khoirul Hidayat
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v8i2.715

Abstract

Kemampuan membaca merupakan kemampuan awal yang harus dikuasi oleh siswa, kemudian disusul dengan kemampuan menulis serta berhitung. Banyak orang tua yang mempersiapkan anaknya sebelum masuk pendidikan sekolah dengan menitipkan anaknya di lembaga Paud. Tapi, tidak jarang juga orang tua yang tanpa menitipkan anaknya di Paud, biasanya yang berada di lingkungan pedesaan. Sebagaimana kondisi siswa kelas 1 di MIMA 34 Hasyim Asyari ini, hanya sedikit yang berasal dari Paud. Sehingga diperlukan suatu solusi yang dapat membantu anak dalam menguasai ketiga kemampuan dasar tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap pembelajaran membaca, menulis, dan menghitung. Penggunaan model ini dirancang untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan mudah dimengerti oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yakni siswa dan datanya berupa kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Keabsahan data diuji dengan peneliti menggunakan triangulasi teknik. Disimpulkan bahwa siswa kelas I MIMA 34 Hasyim Asyari dengan menggunakan model explicit instruction sudah dikategorikan BSH dan BSB yang artinya siswa sudah mampu berkembang dengan baik. Penguasaan kemampuan pembelajaran calistung didapat hasil 90% siswa sudah dapat membaca, 76% siswa dapat menulis dengan baik, dan 87,6% siswa sudah dengan mudah mengenal bilangan 1-10 dan penghitungannya.

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 4 (2025): Volume 9, Nomor 4 Tahun 2025 Vol 9 No 3 (2025): Volume 9, Nomor 3 Tahun 2025 Vol 9 No 2 (2025): Volume 9, Nomor 2 Tahun 2025 Vol 9 No 1 (2025): Volume 9, Nomor 1 Tahun 2025 Vol 8 No 4 (2024): Volume 8, Nomor 4 Tahun 2024 Vol 8 No 3 (2024): Volume 8, Nomor 3, 2024 Vol 8 No 2 (2024): Volume 8, Nomor 2, 2024 Vol 8 No 1 (2024): Volume 8, Nomor 1, 2024 Vol 7 No 4 (2023): Volume 7, Nomor 4, 2023 Vol 7 No 3 (2023): Volume 3 Nomor 3, 2023 Vol 7 No 2 (2023): Volume 7 Nomor 2, 2023 Vol 7 No 1 (2023): Volume 7, Nomor 1, 2023 Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022 Vol 6 No 3 (2022): Volume 6, Nomor 3, Juli 2022 Vol 6 No 2 (2022): Volume 6, Nomor 2, April 2022 Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022 Vol 5 No 4 (2021): Volume 5, Nomor 4, Oktober 2021 Vol 5 No 3 (2021): Volume 5, Nomor 3, Juli 2021 Vol 5 No 2 (2021): Volume 5, Nomor 2, April 2021 Vol 5 No 1 (2021): Volume 5, Nomor 1, Januari 2021 Vol 4 No 4 (2020): Volume 4, Nomor 4, Oktober 2020 Vol 4 No 3 (2020): Volume 4, Nomor 3, Juli 2020 Vol 4 No 2 (2020): Volume 4, Nomor 2, April 2020 Vol 4 No 1 (2020): Volume 4, Nomor 1, January 2020 Vol 3 No 4 (2019): Volume 3, Nomor 4, Oktober 2019 Vol 3 No 3 (2019): Volume 3, Nomor 3, Juli 2019 Vol 3 No 2 (2019): Volume 3, Nomor 2, April 2019 Vol 3 No 1 (2019): Volume 3, Nomor 1, Januari 2019 Vol 2 No 4 (2018): Volume 2, Nomor 4, Oktober 2018 Vol 2 No 3 (2018): Volume 2, Nomor 3, Juli 2018 Vol 2 No 2 (2018): Volume 2, Nomor 2, April 2018 Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018 Vol 2 No 1 (2018): Volume 2, Nomor 1, Januari 2018 Vol 1 No 1 (2017): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2017 More Issue