Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol 9, No 2 (2024): BATOBOH: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT"
:
11 Documents
clear
Peningkatan Kreativitas Masyarkaat Binaan TBM Makrame Kreatif melalui Pelatihan Makrame
Yulimarni, Yulimarni;
Ditto, Anin;
Yuliarni, Yuliarni;
Widdiyanti, Widdiyanti;
Sundari, Sri
Batoboh Vol 9, No 2 (2024): BATOBOH: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26887/bt.v9i2.4823
Kegiatan pelatihan yang merupakan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di TBM Makrame Kreatif yang beralamat di kelurahan Bukit Surungan. Sasarannya adalah masyarakat binaan TBM Makrame Kreatif yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan lanjutan dalam mengembangkan teknik dasar makrame sehingga bisa membuat produk makrame dengan menggunakan berbagai media. Untuk meningkatkan kreativitas masyarakat agar lebih kreatif dalam berinovasi melalui seni makrame. Untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar selalu berkarya dalam rangka membuka lapangan kerja. Pelatihan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan praktek. Pelatihan ini menghasilkan dua bentuk produk, terdiri dari tempat vas bunga gantung dan vas bunga dinding yang dikombinasikan dengan media anyam
Pelatihan Rajut untuk Ibu-Ibu PKK Di Nagari Sungai Tanang
Akmal, Ahmad;
Hendra, Hendra;
Utami, Muthia Budhi
Batoboh Vol 9, No 2 (2024): BATOBOH: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26887/bt.v9i2.4176
Nagari Sungai Tanang, yang berlokasi di Kecamatan Banuhampu, mempunyai potensi wisata yang belum tergali sepenuhnya, termasuk pemandian Tiagan yang pernah populer di tahun 1970-an dan objek wisata Tabek Gadang. Upaya pemulihan dan pengembangan pariwisata telah mendapat dukungan dari Gubernur Sumbar, Mahyeldi, yang mengakui potensi alam di Nagari ini sebagai daya tarik wisata penting. Untuk memanfaatkan potensi ini, infrastruktur dan cenderamata khas lokal menjadi fokus pembangunan, termasuk melalui pelatihan kerajinan rajutan bagi Ibu-ibu PKK. Pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan produk unik yang bisa menarik wisatawan dan meningkatkan pendapatan lokal. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan akademisi melalui kerjasama dengan perguruan tinggi, yang dapat membantu dalam mengembangkan keahlian masyarakat setempat dan memberikan solusi inovatif untuk mengembangkan ekonomi lokal melalui pariwisata dan kerajinan.
Implementasi dan Pengembangan Genre Musik Bungo Krinok untuk Pemajuan Kebudayaan Melayu Jambi
Bahar, Mahdi;
Gunawan, Indra;
Irianto, Ikhsan Satria;
Handayani, Lusi;
Riswani, Riswani
Batoboh Vol 9, No 2 (2024): BATOBOH: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26887/bt.v9i2.4852
Implementasi dan pengembangan genre musik Bungo Krinok adalah upaya pemajuan kebudayan Jambi melalui penggalian kekayaan tradisional. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Research and Development. Hasil dari pengembangan ini adalah ensambel Kalinong Gedang yang memiliki jumlah nada dan pola interval yang lebih variatif, jika dibangdingkan dengan kelitang kayu. Mitra dalam program pengabdian ini adalah Sanggar Seni Pinang Selayang yang berkerja sama dengan Pondok Pesantren Dinniyah Al-Azhar Muaro Bungo. Peserta pelatihan pada kegiatan ini adalah siswa dari Madrasah Ibtidaiyah (setingkat Sekolah Dasar) hingga siswa dari Madrasah Aliyah (setingkat Sekolah Menengah Atas) dengan tingkat kesulitan yang telah disesuaikan. Proses implementasi dari program ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelatihan dan tahap pertunjukan. Hasil dari implementasi dan pengembangan genre musik Bungo Krinok adalah dua komposisi musik, yaitu Nandung Bungo dan Bungo Bermadah.
Pembuatan Video Profil Desa Sri Tanjung Kabupaten Mesuji Lampung Sebagai Media Informasi dan Promosi
Amriyah, Chairul;
Witjaksono, M Dimas Yudi;
sari, Sonya Permata;
Wahyudi, Didik
Batoboh Vol 9, No 2 (2024): BATOBOH: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26887/bt.v9i2.4782
Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengenalkan informasi dan promosi dari potensi-potensi desa Sri Tanjung melalui pembuatan video profil desa, dengan memanfaatkan teknologi digital. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berada di desa Sri Tanjung, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji, Lampung, desa yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan. Desa Sri Tanjung memiliki beragam potensi yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan, beberapa diantaranya, perikanan, sentra kerupuk ikan, kemplang, dan kue semprong. Metode pengabdian ini menggunakan Community Based Research (CBR), metode ini relevan karena mahasiswa dapat mengembangkan ide dan bekerja sama dengan masyarakat untuk mengatasi masalah yang di hadapi. Hasil dari pembuatan video ini dapat memberikan dampak kesadaran publik terhadap potensi desa, dengan manampilkan produk unggulan dan budaya lokal desa Sri Tanjung melalui penyampaian visual yang dikemas dengan narasi menarik.
Pelatihan Rias Seni Pertunjukan sebagai Upaya Pemberdayaan Perempuan Di Desa Mendalo Darat Kabupaten Muaro Jambi
Irianto, Ikhsan Satria;
Riswani, Riswani;
Handayani, Lusi;
Gustyawan, Tofan
Batoboh Vol 9, No 2 (2024): BATOBOH: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26887/bt.v9i2.4810
Mayoritas perempuan di Desa Mendalo Darat dapat dikategorikan sebagai masyarakat nonproduktif secara ekonomi. Hal ini disebabkan oleh kesibukan domestik dan minimnya pengembangan potensi diri, sehingga tidak memiliki waktu dan pengetahuan untuk berkontribusi secara ekonomi. Solusi dari permasalahan tersebut adalah pengembangan potensi perempuan dalam bidang tata rias seni pertunjukan. Solusi ini dilakukan sebagai upaya pemberdayaan perempuan di Desa Mendalo Darat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menyelenggarakan pelatihan tata rias secara teoritik dan praktik. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali para perempuan agar dapat menciptakan peluang kerja di bidang tata rias, khususnya tata rias seni pertunjukan. Pelaksanaan pengabdian menggunakan dua metode, yaitu metode diskusi dan metode praktik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu tahap diskusi, presentasi dan evaluasi.
PEMANFAATAN TATA RIAS SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DISABILITAS
Surya, Wirma;
Efendi, Leni;
Febrianty, Syielfi Dwi;
Darmansyah, Darmansyah
Batoboh Vol 9, No 2 (2024): BATOBOH: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26887/bt.v9i2.4701
Merias wajah adalah salah satu seni yang memiliki tujuan guna memperindah dan mempercantik paras dengan mempertegas beberapa bagian yang sudah indah dan menyamarkan beberapa kekurangan di wajah. Sehingga tata rias memiliki tujuan untuk menunjang rasa percaya diri seseorang. Menurut pendapat dari Tritanti, bahwa tujuan dari merias wajah adalah bisa mempercantik dan untuk diri sendiri maupun wajah orang lain sesuai dengan karakter wajah dan tujuan atau kegiatan yang akan di hadiri. Anak disabilitas dalam proses pembelajarannya sudah diajarkan untuk merias wajah orang lain hal itu juga dapat dijadikan proses untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka salah satunya yaitu agar mereka percaya diri dengan hasil make up yang dia kerjakan. Selain itu juga konsep diri yang dimiliki oleh anak disabilitas sangat baik mereka masih terus semangat dan kemauan mereka untuk belajar merias walaupun mereka berbeda dengan teman lainnya.
Inovasi Pembelajaran Akuntansi Melalui Penggunaan Software: Pelatihan Guru Akuntansi MGMP Kabupaten Purbalingga
Hasan, Imam;
Maulidah, Hikmatul;
Kartika, Dewi
Batoboh Vol 9, No 2 (2024): BATOBOH: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26887/bt.v9i2.4844
Perkembangan teknologi terus memberikan pengaruh signifikan dalam berbagai aspek, termasuk kegiatan pembelajaran. Pembelajaran akuntansi perlu mengadopsi teknologi agar tetap relevan dengan kebutuhan industri dan perkembangan zaman. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru akuntansi dalam menggunakan aplikasi Accurate sebagai bagian dari proses pembelajaran berbasis teknologi. Pelatihan yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kejobong ini menggunakan metode ceramah dan Problem-Based Learning (PBL) untuk memberikan pemahaman konseptual dan pengalaman praktis kepada 26 peserta. Kegiatan pelatihan dibagi menjadi dua sesi utama, yaitu Standar Akurat dan Mahir Akurat, yang dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan peserta dengan berbagai tingkat pemahaman. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan peserta mengoperasikan aplikasi ini, khususnya dalam pencatatan transaksi dan penyusunan laporan keuangan. Sebagian besar peserta mengungkapkan kepuasan tinggi terhadap materi pelatihan yang relevan dan metode yang interaktif. Pelatihan ini juga memberikan dampak positif terhadap kesiapan peserta dalam mengintegrasikan teknologi Accurate ke dalam proses pembelajaran di sekolah masing-masing. Temuan ini menunjukkan pentingnya penguatan kompetensi guru untuk mendukung inovasi dalam pembelajaran berbasis teknologi.
Edukasi Sharing Session Mengenai Kesuksesan Akademis dan Sosial di SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Kota Pekalongan
Shofiani, Rissa;
Alfisyah, Ahmad;
Pujiono, Imam Prayogo;
Anwar, M. Shokhib;
Fadilah, Gita
Batoboh Vol 9, No 2 (2024): BATOBOH: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26887/bt.v9i2.4881
Peserta didik tingkat SMA seyogyanya sudah mampu menentukan karir yang akan dipersiapkan untuk masa depannya. Tujuan pelaksanaan sharing session yang dihadirkan sebagai wadah motivasi akademik dan sosial yang lebih mendalam mengenai melanjutkan keperguruan tinggi. Metode pengabdian menggunakan metode berbasis ceramah dalam bentuk sharing session. Sharing session ini berbagai metode interaktif, termasuk presentasi, diskusi, dan aktivitas refleksi. Selain itu, peserta didik dapat mengaplikasikannya dalam perjalanan pendidikannya, baik di SMA maupun untuk bekal nanti di perkuliahan. Sharing session ini diikuti peserta didik SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan luring di Laboratorium Komputer, SMA Sains Cahaya Al-Qur’an. Sharing Session dapat menumbuhkan pengetahuan dan wawasan yang diharapkan dapat menjadi dorongan peserta didik untuk berprestasi dalam pendidikannya. Lokasi Pengabdian di Jalan Kyai Akrom Khasani Jenggot, Pekalongan Selatan. Kegiatan Sharing Session yang merupakan program tahunan di SMA Sains Cahaya Al-Quran Pekalongan sebagai upaya dalam meningkatkan motivasi dan semangat belajar peserta didik, khususnya Kelas XII sebagai informasi dan referensi untuk masuk perguruan tinggi.
Pelatihan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka bagi Calon Guru Sekolah Dasar
Sunaengsih, Cucun;
Djuanda, Dadan;
Isrok'atun, Isrok'atun;
Syahid, Aah Ahmad;
Nurafifah, Tias Siti
Batoboh Vol 9, No 2 (2024): BATOBOH: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26887/bt.v9i2.4757
Kurikulum merdeka memberikan otonomi yang lebih besar kepada sekolah dan guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik murid. Hal ini menuntut guru untuk memiliki kompetensi dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berorientasi pada Kurikulum Merdeka. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali calon guru Sekolah Dasar (SD) dengan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat RPP yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Pelatihan ini dilaksanakan di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang dengan dihadiri oleh 35 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Hasil dari kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan peserta mengenai teknik membuat RPP Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar, mengetahui tentang perbedaan RPP Kurikulum Merdeka dan RPP Kurikulum sebelumnya sehingga dapat mengidentifikasi perbedaannya, dan peserta dapat menyusun RPP Kurikulum Merdeka berupa Modul Ajar. Kegiatan pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam persiapan calon guru Sekolah Dasar dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan calon guru dapat lebih siap dalam menghadapi tantangan pembelajaran yang dinamis dan mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan.Kata Kunci: Calon Guru; Kurikulum Merdeka; Pelatihan; RPP; Sekolah Dasar.
Peran Orang Tua Dalam Membangun Lingkungan Rumah Literasi Digital Untuk Anak Usia Dini
Thahir, Muthahharah;
Rachmaniar, Ananda;
Lestari, Esi;
Alisha, Salma;
Luthfiani, Nissa
Batoboh Vol 9, No 2 (2024): BATOBOH: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26887/bt.v9i2.4886
Pendampingan orang tua dalam membentuk lingkungan rumah yang mendukung literasi anak usia dini di era digital bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam memanfaatkan teknologi digital secara bijak. Kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahapan: pembukaan, pelaksanaan, dan penutupan. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta memiliki pemahaman lebih baik tentang strategi mengelola penggunaan teknologi digital, memilih konten yang sesuai, serta menggabungkan aktivitas literasi digital dan tradisional. Diskusi terbuka dan evaluasi memperkuat kepercayaan diri orang tua dalam mengimplementasikan strategi literasi di rumah. Saran untuk kegiatan serupa di masa depan termasuk memperluas jangkauan program, meningkatkan intensitas kegiatan, menyediakan dukungan berkelanjutan, dan berkolaborasi dengan sekolah. Pendampingan ini efektif dalam membangun kesadaran orang tua tentang pentingnya literasi di era digital dan mendukung perkembangan literasi anak secara holistik.