cover
Contact Name
Dhita Paranita Ningtyas
Contact Email
dhita@trilogi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dhita@trilogi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Published by Universitas Trilogi
ISSN : 26220547     EISSN : 26219859     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia dini.
Arjuna Subject : -
Articles 51 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini" : 51 Documents clear
Efektivitas Media Video dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini: Studi Literatur Azizah, Alisah Nur; Loita, Aini; Rizqi, Anggi Maulana
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v8i1.2247

Abstract

Anak usia dini berada dalam fase perkembangan yang sangat pesat, namun memiliki rentang konsentrasi yang rendah. Mereka cenderung mudah terdistraksi terutama ketika metode pembelajaran yang digunakan monoton dan kurang menarik. Dalam permasalahan tersebut media pembelajaran sangat diperlukan yang mana melibatkan berbagai indera secara bersamaan menjadi penting untuk mendukung peningkatan konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat konsentrasi belajar anak usia dini dan mengevaluasi efektivitas peggunaan video pembelajaran sebagai media yang digunakan dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research). Data dikumpulkan dari berbagai sumber referensi ilmiah seperti jurnal, buku, dan artikel yang relevan dengan tujuan penelitian yaitu efektivitas video pembelajaran dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan video pembelajaran efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini. video yang menyajikan unsur visual dan auditori secara bersamaan sehingga mampu menarik perhatian anak, meningkatkan fokus, serta memfasilitasi anak untuk aktif selama pembelajaran berlangsung.
Strategi Pengembangan Empati dalam Pendidikan Anak Usia Dini 4-5 Tahun (Studi Deskriptif di TK PGRI 1 Bululawang) Kutfiana, Sovin; Emmanuel H, Sarah; Akbar, Mochamad Ramli
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v8i1.2322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap metode yang digunakan oleh guru dalam menumbuhkan empati pada anak-anak usia 4 hingga 5 tahun di TK PGRI 1 Bululawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran sosial-emosional seperti kegiatan bercerita, bermain peran, diskusi kelompok kecil, serta pembiasaan perilaku sosial positif dalam kehidupan sehari-hari. Melalui metode-metode tersebut, anak-anak mulai menunjukkan perilaku empatik seperti berbagi mainan, membantu teman yang kesulitan, dan menunjukkan kepedulian terhadap perasaan orang lain. Guru juga memberikan pendekatan individual bagi anak yang menunjukkan kesulitan dalam berempati, serta memberikan contoh konkret dalam situasi nyata yang dialami anak. Proses ini berlangsung dalam lingkungan belajar yang inklusif dan suportif, yang memungkinkan anak merasa aman dan dihargai. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pembelajaran sosial-emosional sejak usia dini sebagai landasan dalam pembentukan karakter anak. Dengan strategi yang tepat dan konsisten, guru memiliki peran sentral dalam menumbuhkan empati yang akan berdampak positif dalam kehidupan sosial anak di masa depan.
Permainan Hening Montessori untuk Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Darnis, Syefriani; Mahmood, Ashfaq
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v8i1.2219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan Permainan Hening Montessori dan peranannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini. Prinsip keheningan merupakan bagian penting dalam pendekatan Montessori, karena membantu anak mengembangkan kontrol diri dan ketenangan di tengah gaya hidup yang semakin bising. Penelitian dilakukan di TK Islam Amaryllis, Cibubur, Jakarta Timur, yang bukan sekolah berbasis Montessori, tetapi menerapkan beberapa aktivitas Montessori dalam pembelajaran. Sampel terdiri dari 30 siswa dari dua kelas (A1 dan B1) serta dua guru. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik studi fenomenologis untuk menggali makna pengalaman anak dalam permainan hening. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sekolah tidak sepenuhnya menggunakan metode Montessori, penerapan permainan hening dapat dilakukan secara efektif. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap keterampilan sosial anak, seperti kemampuan bekerja sama, menghargai orang lain, menunjukkan empati, serta melatih pengendalian diri. Penelitian ini membantah anggapan bahwa permainan hening hanya bisa diterapkan di sekolah Montessori. Dengan demikian, permainan hening Montessori dapat dijadikan alternatif kegiatan pembelajaran yang mendukung pengembangan sosial-emosional anak, serta menjadi dasar untuk merancang program bimbingan keterampilan sosial di PAUD.
Kajian Literatur: Perancangan Media Interaktif Untuk Mitigasi Bencana Bagi Anak Usia Dini Rachmawaty, Mia; Ningtyas, Dhita Paranita; Fitriani, Ipani; Choirudin, Choirudin
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v8i1.2347

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi dinamika perkembangan serta ciri khas media interaktif yang digunakan dalam pembelajaran mitigasi bencana pada anak usia dini, dengan pendekatan tinjauan pustaka secara sistematis. Sebanyak 101 artikel ditelusuri, disaring berdasarkan pedoman PRISMA, diperoleh 20 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemanfaatan teknologi digital, seperti aplikasi berbasis perangkat seluler, virtual reality (VR), augmented reality (AR), permainan edukatif (serious games), dan e-book interaktif dalam konteks pendidikan kebencanaan. Media yang dikembangkan mengutamakan aspek interaktif, tampilan visual yang menarik, narasi yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Lima bentuk utama media yang teridentifikasi: video animasi interaktif, permainan edukatif berbasis STEAM, e-book interaktif, simulasi berbasis PowerPoint, dan aplikasi AR sederhana. Seluruh media tersebut dinilai efektif dalam menyampaikan informasi kesiapsiagaan secara kontekstual dan mudah dipahami anak. Hasil temuan menegaskan bahwa media digital interaktif memiliki peran strategis dalam membangun kesadaran dan keterampilan mitigasi bencana sejak usia dini.
Persepsi dan Sikap Ibu tentang Pemberian Imunisasi pada Bayi dan Batita di Rumah Vaksinasi Kota Palembang Intania, Iren; Aisyah, Mutiara Suffa; Rahmadani, Alini; Putri, Alica Naswa; Andika, Windi Dwi; Suningsih, Taruni
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v8i1.2176

Abstract

Persepsi dan sikap ibu terhadap imunisasi merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan program imunisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi dan sikap ibu dalam pemberian imunisasi kepada bayi dan batita di Rumah Vaksinasi Kota Palembang. Penelitian ini Menggunakan metode kualitatif deskriptif yang melibatkan 3 orang responden. Pengumpulan  data melalui kuesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh responden memiliki persepsi positif tentang pemberian imunisasi sebagai langkah preventif tentang penyakit menular. Meskipun sebagian ibu pernah mengalami efek samping seperti demam dan bengkak pasca imunisasi, mereka tetap menunjukkan sikap positif dan merekomendasikan imunisasi kepada ibu lainnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ibu memiliki persepsi dan sikap positif sebagai faktor pendukung utama dalam pemberian imunisasi pada bayi dan batita di Rumah Vaksinasi Kota Palembang
Pembentukan Karakter Sopan Santun Pada Anak Usia 4-5 Tahun Tasya, Luthfiyyah; Sitorus, Ahmad Syukri
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v8i1.2252

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter sopan santun pada anak usia dini di TK IT Bunayya 7. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan meliputi pembiasaan penggunaan kata-kata sopan seperti “tolong”, “maaf”, “terima kasih”, dan “permisi” dalam aktivitas sehari-hari di sekolah. Guru berperan sebagai teladan utama dalam membentuk perilaku sopan anak. Temuan ini sejalan dengan teori pendidikan anak oleh Montessori, Skinner, Vygotsky, dan Ki Hajar Dewantara yang menekankan pentingnya keteladanan dan lingkungan kondusif dalam pembelajaran karakter. Tantangan utama yang dihadapi adalah kurangnya keterlibatan orang tua dalam mendukung pembiasaan tersebut di rumah. Oleh karena itu, sinergi antara sekolah dan keluarga sangat penting untuk memastikan pembentukan karakter sopan santun berjalan optimal.
Efektivitas Media Pasir Berwarna dalam Mengenalkan Konsep Sains pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK As-Syifa Aceh Besar Yunisari, Dewi; Rosmiati, Rosmiati; Wahyuni, Sri
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v8i1.2213

Abstract

Pengenalan sains pada Anak Usia Dini penting untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, kemampuan berpikir logis, dan dasar keterampilan ilmiah. Anak usia 5–6 tahun berada pada fase perkembangan kognitif yang pesat dan membutuhkan pengalaman konkret untuk memahami konsep sains. Namun, pembelajaran masih minim menggunakan media dari lingkungan sekitar, yang berdampak pada rendahnya pemahaman anak terhadap konsep dasar sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas media pasir berwarna dalam mengenalkan konsep sains pada anak usia 5–6 tahun di TK As-Syifa Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pasir berwarna memberikan pengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep sains anak. Anak menjadi lebih fokus, antusias, dan aktif saat belajar, serta mengalami suasana bermain yang menyenangkan dan bermakna. Kesimpulannya, media sederhana seperti pasir berwarna dapat menjadi sarana efektif dalam pembelajaran sains di usia dini. Guru dan praktisi pendidikan diharapkan lebih kreatif memanfaatkan media dari lingkungan sekitar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sains yang menyenangkan dan mendalam.
Pentingnya Pengembangan Literasi Pada Anak Usia Dini Syafe’i, Muhammad; Sholihah, Mar’atus; Dzakia, Fatin Aida
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v8i1.2389

Abstract

Optimalisasi perkembangan anak usia dini merupakan penentu dalam pembentukan kepribadian anak. Karena pada usia ini merupakan periode yang paling mendasar dalam pertumbuhan anak, maka keberhasilan seorang anak bergantung bagaimana kitab isa mengembangkan seluruh aspek pada anak. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor yang ditemukan terhadap pengembangan literasi pada anak usia dini. Metode penelitian dalam artikel ini adalah kajian literature yang didukung dari beberapa data-data karya tulis ilmiah, kemudian dikaji untuk dihubungkan dengan penelitian sebagai pemecahan masalah. Literasi tidak hanya berkaitan dengan kemampuan membaca dan menulis. Literasi merupakan kemampuan menggunakan Bahasa dan gambar dalam berbagai bentuk dan variasi untuk membaca, menulis, mendengarkan, berbicara, memirsa, menyajikan, dan berpikir secara kritis tentang informasi/ gagasan.  Kontribusi orangtua dalam mengembangkan literasi bersama anak dapat menunjang kesuksesan anak di masa mendatang. Maka hal ini perlu diketahui agar orangtua mengetahui pentingnya membangun lingkungan yang kaya literasi untuk mendukung perkembangan kemampuan literasi dasar anak.
Peningkatan Kemampuan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Media Plastisin Ratnawati, Yeni; Muntomimah, Siti; Haryono, Sarah Emmanuel
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v8i1.2319

Abstract

Kreativitas anak usia dini seringkali belum berkembang secara optimal akibat pembelajaran yang kurang memberikan ruang eksplorasi secara bebas. Dalam praktiknya, guru cenderung memberikan contoh karya yang harus ditiru anak, sehingga proses berpikir orisinil dan kebebasan berekspresi menjadi terhambat. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan membuat bentuk buah dan sayur menggunakan media plastisin yang terbuat dari tepung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan MCTaggart dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan bertahap selama 2 siklus yang saling terintegrasi satu sama lain. Penelitian ini dilakukan di kelas B KB Srikandi, Kabupaten Malang dengan jumlah 22 anak sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi partisipatif yang mengharuskan keterlibatan langsung peneliti. Kreativitas dalam penelitian ini diukur dengan indikator Guilford yaitu kelancaran, keluwesan, originalitas, dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak dari dua siklus yang dilakukan. Secara kolektif, kreativitas anak di kelas B tersebut meningkat dari 59% menjadi 96%. 16 anak mencapai kategori BSH dan 5 anak meningkat menjadi BSB, hanya 1 anak kategori MB yang memerlukan bimbingan lanjutan. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan plastisin efektif dalam menumbuhkan kreativitas anak usia dini.
Model Pembelajaran Talking Stick untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Octavia, Astri; Muazzomi, Nyimas; Utami, Winda Sherly
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v8i1.2221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Bina Mulya Kec. Pelepat Ilir Kab. Bungo. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan bentuk one grup pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak di TK Bina Mulya Kec.Pelepat Ilir Kab. Bungo dengan jumlah 40 orang anak. Sampel pada penelitian adalah anak kelas TK B uisa 5-6 tahun dengan jumlah 28 orang anak, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi, lembar observasi yang digunakan yaitu instrument penelitian yang telah diuji validasi. Data dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan paired samples t-test. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran talking stick terhadap peningkatan kemampuan berpikir simbolik anak. Perhitungan effect size menghasilkan nilai sebesar 4, yang masuk dalam kategori efek kuat. Dengan demikian, model pembelajaran talking stick efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5–6 tahun. Peneliti merekomendasikan penggunaan model ini secara aktif dalam proses pembelajaran PAUD