cover
Contact Name
Yogi Kuncoro Adi
Contact Email
pedagogi@uniku.ac.id
Phone
+6282323239779
Journal Mail Official
pedagogi@uniku.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan Jl. Cut Nyak Dien No. 36A Kuningan, Jawa Barat, Indonesia, 45513
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Published by Universitas Kuningan
ISSN : 24074837     EISSN : 26141728     DOI : https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1
Core Subject : Education,
Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & November) sebagai media diseminasi hasil penelitian akademisi dan praktisi pendidikan dasar. Kami mengundang penulis untuk men-submit karya ilmiah di bidang pendidikan dasar yang belum pernah diterbitkan atau tidak sedang ditinjau oleh jurnal lain. Ruang lingkup jurnal ini adalah artikel dari penelitian yang berkaitan dengan pendidikan dasar termasuk strategi pembelajaran, media pembelajaran, kurikulum dan pembelajaran, manajemen pembelajaran dan/atau pendidikan, evaluasi pembelajaran, dan bimbingan konseling di sekolah dasar.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2024)" : 12 Documents clear
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SELAMA BDR PADA MASA COVID-19 DI KECAMATAN TANGSE Yusuf, Bustami; Amaliah, Mutia; Musfikar, Rahmat
Pedagogi Vol 11 No 1 (2024)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v11i1.7185

Abstract

ABSTRACTDuring the COVID-19 pandemic, large-scale activities were restricted, including in the world of education, which issued a policy requiring students to study from their homes, including schools in rural areas. During the COVID-19 pandemic, this study was conducted to determine the conditions for implementing learning from home in rural schools. The study was carried out at SMAN 1 Tangse and MAN 6 Pidie in Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Aceh, with the participation of four teachers and 152 class XII students from both schools. The quantitative method is used, with descriptive data analysis and multiple linear regression using the SmartPLS 3 program, to determine the conditions of BDR implementation by examining the influence of perceptions, media, methods, and learning constraints on learning outcomes. Based on the analysis of the data obtained, it can be concluded that the implementation of BDR is categorized as "Good" because the score obtained is greater than 3.40. In addition, there is a significant partial and simultaneous influence of perceptions, media, methods, and learning constraints on learning outcomes with t-count values above 1.96, p-values below 0.05, and f-square values greater than 0.15.Keywords: Studying From Home; Learning Achievement; Covid-19.
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN PENGUASAAN KONSEP DASAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SDN GUGUS 2 KECAMATAN CIPAYUNG KOTA DEPOK Indiana, Shintana
Pedagogi Vol 11 No 1 (2024)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v11i1.8507

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Cipayung Kota Depok. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 100 siswa. Berdasarkan uji normalitas menggunakan SPSS Versi 25 diperoleh nilai 0,2 > 0,05. Uji linieritas diperoleh 0,784 > 0,05, maka dikatakan bahwa data tersebut signifikan atau ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA. Berdasarkan hasil hipotesis diperoleh data bahwa kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA rxy sebesar 0,376 > 0, 195. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang rendah antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif dengan penguasaan konsep dasar IPA memberikan kontribusi sebesar 37,6% disebabkan karena peralihan kondisi belajar siswa pasca covid dan tema penelitian ini belum pernah dilakukan.Kata Kunci:  Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Penguasaan Konsep Dasar IPA
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA Yulianaristin, Eryna; Pramasdyahsari, Agnita Siska; Espiyati, Espiyati; Mushafanah, Qoriati
Pedagogi Vol 11 No 1 (2024)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v11i1.9525

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengkonfirmasi peningkatan kemampuan membaca siswa melalui penggunaan media kartu kata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dilakukan dengan empat tahapan yaitu siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas I A dengan sampel yang dipilih secara purposive berdasarkan rendahnya kemampuan membaca siswa. Topik penelitiannya adalah kemampuan membaca siswa dengan menggunakan media kartu kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian terdiri dari ujian lisan, lembar checklist, dan lembar observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa Kelas I A SDN Gayamsari 02 Semarang. Angka ketuntasan siswa meningkat dari 46% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Peningkatan persentase yang signifikan dari Siklus I ke Siklus II menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata dapat secara efektif meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I A SDN Gayamsari 02 Semarang.Kata kunci: kemampuan; membaca; kartu kata
INTERNALISASI NILAI KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR Suratman, Suratman; Muttaqin, Muhammad Fauzan; Fitriyani, Feny Nida
Pedagogi Vol 11 No 1 (2024)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v11i1.9526

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan internalisasi nilai karakter pada kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler Pramuka di sekolah. Metode dalam penelitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif untuk mengidentifikasi peran kegiatan Pramuka sebagai instrumen pembentukan karakter di SDN Pekuncen 02. Pengumpulan data melalui data primer diperoleh melalui serangkaian teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh melalui analisis dokumen seperti profil sekolah, visi, dan misi sekolah, program-program pramuka gugus depan. Keabsahan data diverifikasi melalui triangulasi sumber dan metode untuk memastikan keandalan dan kevalidan hasil penelitian, kemudian dianalisis secara teliti melalui proses pengumpulan data, reduksi, display data dan verifikasi untuk di simpulkan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa melalui kegiatan ekstrakurikuler kepramukaaan siswa dibentuk untuk memiliki karakter yang mencakup nilai-nilai karakter seperti kerjasama, kerja keras, kemandirian, disiplin, dan kepedulian terhadap sesama. Pembelajaran ekstrakurikuler pramuka di sekolah menggunakan banyak metode pembelajaran yang menggabungkan antara belajar dan bermain sehingga kegiatan Pramuka menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa sehingga internalisasi karakter pada kegiatan pramuka menjadi lebih efektif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: internalisasi; nilai karakter; ekstrakurikuler pramuka.
SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MEYUSUN MODUL AJAR Wijayama, Bayu
Pedagogi Vol 11 No 1 (2024)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v11i1.9532

Abstract

Para guru masih menghadapi berbagai tantangan dalam melaksanakan tugasnya. Beberapa di antaranya adalah keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan, akses yang terbatas terhadap pelatihan dan pengembangan, serta perubahan paradigma dalam metode pembelajaran. Penelitian dengan judul “Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Modul Ajar” ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun modul ajar, kemudian untuk menganalisis bagaimana langkah-langkah supervisi akademik agar dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun modul ajar. Supervisi akademik yang dibahas dalam penelitian ini ialah serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan pendidik pada pengelolaan proses belajar mengajar demi terwujudnya pendidikan yang berhasil dimana ilmu dapat disampaikan dengan baik. Modul ajar dikembangkan dengan berpedoman pada capaian pembelajaran yang mana targetnya adalah Profil Pelajar Pancasila . Modul ajar ini dapat berupa metode, sarana, media, pedoman, ataupun petunjuk  yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memaksimalkan pembelajaran. Modul ajar ini merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan di SDN Pesantren Kota Semarang. Penelitian tindakan adalah intervensi praktis di dunia nyata yang bertujuan memperbaiki situasi praktis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif di mana peneliti bertindak sebagai perencana, pelaksana, pengumpul, penganalisis data, serta pelapor hasil penelitian. Dalam studi ini, supervisi klinis dilaksanakan melalui empat langkah: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Supervisi akademik ini dapat meningkatkan kemampuan pendidik dalam menyusun modul pembelajaran yang terdiri dari berbagai alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang dengan menarik dan sistematis.Kata kunci:  Kompetensi Guru; Modul Ajar; Supervisi Akademik
PROFIL PELAKSANAAN ASESMEN DIAGNOSTIK PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SD GUGUS IV TEMBUKU Setiawati, Ni Wayan Indah; Numertayasa, I Wayan; Astuti, Ni Putu Eni
Pedagogi Vol 11 No 1 (2024)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v11i1.9548

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan asesmen diagnostik dalam pembelajaran berdiferensiasi di SD Gugus IV Tembuku. Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada kebebasan belajar dan penyesuaian dengan kebutuhan individu siswa, telah diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang praktik asesmen diagnostik oleh guru-guru kelas IV di tujuh sekolah dasar dalam gugus tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumen, kemudian dianalisis menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan variasi dalam pelaksanaan asesmen diagnostik, dari tes tertulis hingga wawancara langsung, dengan sebagian besar guru melaksanakan asesmen non-kognitif. Kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan sumber daya, dan kurangnya pemahaman tentang metode asesmen yang tepat. Agar Sekolah Dasar di Gugus IV Tembuku dapat melakukan evaluasi diagnostik, manajemen waktu sangatlah penting. Guru harus membuat rencana yang cermat, termasuk menetapkan tujuan materi dan mengembangkan jadwal penilaian yang terorganisir. Disarankan agar pelatihan dan dukungan lebih lanjut diberikan kepada guru untuk meningkatkan efektivitas asesmen diagnostik, serta penelitian lanjutan dilakukan untuk mengeksplorasi aspek lain dari pembelajaran berdiferensiasi.Kata kunci:  pembelajaran berdiferensiasi; asesmen diagnostik; sekolah dasar
IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR KELAS V Novena, Brigita Pundi
Pedagogi Vol 11 No 1 (2024)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v11i1.9683

Abstract

Pendidikan perlu memfasilitasi peserta didik sesuai dengan karakteristiknya. Pendidikan yang tepat perlu menyesuaikan karakteristik peserta didik dengan kebutuhan belajarnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu pendekatan yang mampu menjembatani perbedaan karakteristik siswa. Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dapat menjadi pilihan yang tepat untuk pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan TaRL pada kelas V SD Negeri Maguwoharjo I. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber datanya antara lain proses pembelajaran IPA menggunakan pembelajaran diferensiasi, serta catatan lapangan proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) melalui pembelajaran diferensiasi. Teknik pengumpulan data biasanya melibatkan observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TaRL yang meliputi pemetaan kebutuhan siswa terhadap materi siklus udara, merencanakan dan melaksanakan rencana pembelajaran yang berbeda, merefleksikan dan menghasilkan pembelajaran, serta merencanakan perbaikan pembelajaran berkelanjutan, menghasilkan perubahan hasil belajar dan meningkatkan hasil belajar. semangat siswa dalam belajar.Kata kunci:  Implementasi; Pendekatan; TaRL; Sekolah Dasar.
RELATIONSHIP BETWEEN READING HABITS AND READING COMPREHENSION ABILITY IN FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS Nurjanah, Nurjanah; Djuanda, Dadan; Iswara, Prana Dwija
Pedagogi Vol 11 No 1 (2024)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v11i1.9705

Abstract

This research is motivated by the low literacy scores of Indonesia according to the 2022 PISA, ranking 68 out of 81 countries, as well as the indication of low reading habits which consequently lead to difficulties in reading comprehension abilities. The aim of this research is to determine the relationship between reading habits and reading comprehension abilities among students. This study adopts a quantitative approach with a correlational method to identify the relationship between the variables under investigation. The research instruments used include interview guidelines, reading habits questionnaires, and Indonesian language tests. The results of this study indicate that (1) students' reading habits vary, some have high and moderate reading habits; (2) the level of students' reading comprehension abilities also varies, ranging from literal, reorganization, inferential, evaluative to appreciative levels, and there are those with low, moderate, and high reading comprehension abilities; (3) the significance value of 0.496 indicates a low significant relationship between reading habits and reading comprehension abilities among students. This low relationship suggests that further research on the relationship between reading determinant variables needs to be explored, for instance, for potential artificial intelligence development.Keywords: Reading Habits; Reading Comprehension Ability; Students
ANALYSIS OF BEHAVIORAL ASPECTS RELATED TO STUDENTS' MATHEMATICAL SELF-EFFICACY Arifin, Slamet; Rufiana, Intan Sari; Mashfufah, Aynin; Ekawati, Ratna
Pedagogi Vol 11 No 1 (2024)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v11i1.9815

Abstract

Penelitian ini berusaha mengidentifikasi aspek-aspek perilaku yang berkaitan dengan mathematics self-efficacy siswa. Penelitian ini dijalankan dengan mengacu pada langkah-langkah sistematis litearatur review yang terdiri dari: 1) search for literature; 2) Search for inclusion; 3) Asses quality; 4) Extract data; dan 5) Analysis and synthesize data. Pada tahap awal pengumpulan data, 2075 artikel terjaring dengan kata kunci “mathematics self-efficacy”. Selanjutnya, peneliti melakukan pembatasan dengan memilih artikel yang secara khusus berkaitan dengan bidang pendidikan. Hasil tersebut mengerucut pada 534 artikel. Selanjutnya, peneliti melakukan sortir artikel berdasarkan kualitas publikasi yang ditemukan seperti kualitas publisher, keterkaitan dengan topik mathematics self-efficacy di bidang pendidikan dasar dan memutuskan menganalisis 10 artikel secara in-depth. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aspek-aspek perilaku yang secara berkaitan dengan mathematics self-efficacy terdiri dari: 1) Keyakinan terhadap kemampuan matematis yang dimiliki; 2) Keputusan dalam mengambil tindakan ketika mengahadapi tantangan matematis; 3) target tujuan ketika belajar matematika; 4) usaha yang dilakukan ketika menghadapi masalah matematis; 5) ketahanan ketika menghadapi permasalahan matematis; dan 6) Ketertarikan ketika belajar matematika
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPAS SISWA SEKOLAH DASAR Nitasari, Alfi; Saputro, Anip Dwi; Sumaryanti, Lilis
Pedagogi Vol 11 No 1 (2024)
Publisher : UNIKU PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/pedagogi.v11i1.10497

Abstract

Penelitian mengenai pendidikan ini mempunyai tujuan untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPAS siswa sekolah dasar. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode berbasis angka atau disebut kuantitatif dan jenisnya pendekatan ex post facto serta teknik dalam pengambilan atau penarikan sampelnya nonprobability sampling dengan melalui purposive sampling. Populasi penelitian ini secara keseluruhan ialah semua siswa dari kelas V di SD Muhammadiyah Ponorogo yang terdiri atas 127 siswa dengan sampel atau subjek penelitian sejumlah 96 siswa serta teknik mengumpulkan datanya dengan memanfaatkan membagikan angket kepada siswa dan dokumentasi penting yang dimiliki guru. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis melalui penerapan uji statistik dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25. Hasil uji hipotesis melalui analisis regresi linier menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,029 yang lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil pengujian penelitian ini mengindikasikan bahwa pola asuh orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPAS siswa. Oleh karena itu dapat dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPAS siswa di sekolah dasar, dengan kontribusi sebesar 5%. Sehingga semakin baik pola pengasuhan dari orang tua, maka semakin tinggi prestasi belajar IPAS siswa kelas V di sekolah dasar tersebut.

Page 1 of 2 | Total Record : 12