cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3: MARET 2018" : 20 Documents clear
Studi Penerapan Program Pembiasaan Membaca di Sekolah Dasar Febrianita Putri Solihah; Anang Santoso; Alif Mudiono
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 3: MARET 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.217 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i3.10681

Abstract

Reading habit in primary school has an important role to build literacy skills from early age. The purpose of this study is to describe the planning, implementation, and evaluation of the reading habit program in SD Muhammadiyah Kota Blitar. This research method uses phenomenology design. The results of the reading habit program are (1) the planning program was centered by headmaster design; (2) the implementation program consisted of opening class, reading habits on Tuesday in the yard, and creating reading habit areas; (3) the evaluation program carried out in monthly meeting and consist oral evaluation.Pembiasaan membaca di sekolah dasar erat kaitannya dengan pembangunan literasi pada diri siswa sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembiasaan membaca di SD Muhammadiyah Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Hasil dari pembiasaan membaca, meliputi (1) perencanaan program pembiasaan membaca berpusat pada rencana yang disusun oleh kepala sekolah; (2) penerapan program pembiasaan membaca terdiri dari opening class yang dilaksanakan di kelas dan pembiasaan membaca hari rabu yang dilaksanakan di halaman sekolah, serta adanya penciptaan lingkungan pembiasaan membaca; (3) evaluasi program pembiasaan membaca dilaksanakan pada rapat bulanan dan evaluasi lisan.
Pengembangan Buku Ajar Ekspresi Gen menggunakan Penelitian Deteksi dan Identifikasi Conception Rate Gene Sapi (Bos Taurus) Kembar Berbasis Mikrosatelit Evi Kristiana; Mohamad Amin; Umie Lestari
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 3: MARET 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.132 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i3.10630

Abstract

The needs analys to the students who take genetics course at the University of Jember shows that they are need textbooks based on research, especially gene expression material. The material has not been research-based and has not yet demanded students to utilize science and technology according to the KKKNI qualification framework. This study aims to develop textbooks of genetic subjects, especially gene expression material for undergraduate students, using the 4D development model. Validation and feasibility test data show that “Buku Ajar Ekspresi Gen menggunakan Penelitian Deteksi dan Identifikasi Conception Rate Gene Cow (Bos taurus) Kembar Berbasis Mikrosatelit” are very valid and very feasible so that it can be used by students of Jember University in genetics course.Analisis kebutuhan terhadap mahasiswa yang menempuh matakuliah genetika di Universitas Jember menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan buku ajar berbasis riset materi ekspresi gen. Materi tersebut belum berbasis riset dan belum menuntut mahasiswa untuk memanfaatkan IPTEKS sesuai kerangka kualifikasi dalam KKNI. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matakuliah genetika, khususnya materi ekspresi gen untuk mahasiswa S1, menggunakan model pengembangan 4D. Data hasil validasi dan uji kelayakan menunjukkan bahwa “Buku Ajar Ekspresi Gen menggunakan Penelitian Deteksi dan Identifikasi Conception Rate Gene Sapi (Bos taurus) Kembar Berbasis Mikrosatelit” sangat valid dan sangat layak sehingga dapat digunakan oleh mahasiswa Universitas Jember dalam matakuliah genetika.
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual Suci Perwitasari; Wahjoedi Wahjoedi; Sa’dun Akbar
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 3: MARET 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.383 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i3.10623

Abstract

Teaching materials that support thematic learning are essential for teachers and students in the learning process. Teaching materials that are appropriate to the student's condition and the student's student context (contextual) environment provide a meaningful learning experience for students. Therefore, the purpose of this study is the development of contextual thematic materials that are valid, practical, and effective. The research and development model used is Borg & Gall. This model was chosen because the stages are systematic and appropriate for developing printed materials. Data were collected through questionnaires, obervation sheets, and tests. The results of data analysis show that the book developed valid, practical, and effective use in learning.Bahan ajar yang mendukung pembelajaran tematik sangat penting bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang sesuai dengan kondisi siswa dan keadaan lingkungan tempat tinggal siswa (kontekstual) memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar tematik berbasis kontekstual yang yang valid, praktis, dan efektif. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Borg & Gall. Model ini dipilih karena tahapannya sistematis dan sesuai untuk mengembangkan bahan ajar cetak. Data dikumpulkan melalui angket, lembar obervasi, dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa buku.
Konstruksi Pengetahuan Multikultural dalam Buku Tematik Terpadu untuk SD/MI Kelas IV Sumirah Butet; Djoko Saryono; Taufik Dermawan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 3: MARET 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.107 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i3.10644

Abstract

This research tries to construct multiculturalism knowledge in integrated thematic textbook based on multiculturalism indicator. The outlines of indicators of multiculturalism outline consist of (1) an appreciation of the reality of cultural plurality in society, (2) recognition of human dignity and human rights, (3) development of world community responsibility, and (4) development of human responsibility towards Earth. The four indicators of multiculturalism are spelled out in units of Teks Ayo Membaca, Teks Latihan, dan Teks Literasi. The method used in this research is hermeneutic Ricoeur. Based on the four descriptions of indicators of multiculturalism found a number of developments that make up the construction. The construction of multiculturalism formed can be likened to a building consisting of foundation (Indonesian diversity), pole (fourth indicator of multiculturalism, and roof (equality).Penelitian ini berusaha mengonstruksi pengetahuan multikulturalisme dalam buku teks tematik terpadu berdasarkan jabaran indikator multikulturalisme. Jabaran indikator multikulturalisme secara garis besar terdiri atas (1) apresiasi terhadap adanya kenyataan pluralitas budaya dalam masyarakat, (2) pengakuan terhadap harkat manusia dan hak asasi manusia, (3) pengembangan tanggung jawab masyarakat dunia, dan (4) pengembangan tanggung jawab manusia terhadap planet bumi. Keempat indikator multikulturalisme dijabarkan pada beberapa unit Teks Bacaan yakni Teks Ayo Membaca, Teks Latihan, dan Teks Literasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah hermeneutik Ricoeur. Berdasarkan keempat jabaran indikator multikulturalisme tersebut ditemukan sejumlah pengembangan yang membentuk konstruksi. Konstruksi multikulturalisme yang terbentuk dapat diibaratkan sebuah bangunan yang terdiri atas pondasi (keragaman Indonesia), tiang (keempat indikator multikulturalisme, dan atap (keseteraan).
Meningkatkan Hasil Belajar Geografi menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Visual Sudarman Sudarman; Budi Handoyo; Dwiyono Hari Utomo
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 3: MARET 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.865 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i3.10679

Abstract

The objective of this research is to improve the students’ achievement using guided inqury learning model-assisted visual aids. The design of this research is classroom action research (CAR) that carried out to be two cycyles. The steps of this reaserch are planning, acting, observing, and reflecting. The subjects are 31 students of XI IS-1 grade of  SMA Negeri 5 Barabai. The collected data are qualitative data from observers who observing the teachers’ and students’ activities and also the qualitative data took from the result of formative test at the end of each cycle. The data anlysis using descriptive qulitative-quantitaive analysis. The result of the research from cycle 1 to 2 shows that the use of guided inquiry learning-assissted visual aids can improve the students’ achievement of flora and fauna in Indonesia and the world materials. The teacher’s activities improve from 69,44% of cycle 1 become 94,44% of cycle 2. The students’ activities improve from 66,67% of cycle 1 become 91,67% of cycle 2. The students’ achievments also improve from 54,84% on the cycle 1 to 87,09% on the cycle 2. Therefore, the guided inquiry learning-assisted visual aids is able to inprove the students’ achievemnt of XI IS-1 of  SMA Negeri 5 Barabai.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media visual. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tahapan dari penelitian ini pada tiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas XI IS1 SMA Negeri 5 Barabai. Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif yaitu data yang diambil dari observer yang mengamati aktivitas guru dan peserta didik dan juga data kuantitatif yang diambil dari hasil tes setiap akhir siklus. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif-kuantitatif. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II menunjukkan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi flora dan fauna di Indonesia dan dunia. Aktivitas guru meningkat dari 69,44% di siklus I menjadi 94,44% pada siklus II. Aktivitas peserta didik meningkat dari 66,67% pada siklus I menjadi 91,67% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 54,84% pada siklus I menjadi 87,09% pada siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IS-1 SMA Negeri 5 Barabai.
Pengaruh Interactive Demonstration terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X pada Materi Hukum Newton Nora Susiana; Lia Yuliati; Eny Latifah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 3: MARET 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.73 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i3.10631

Abstract

Newton's law is one of the materials of Physics which is still considered difficult by students, thus causing the skills to solve low Physics problems. Good problem solving skills will make it easier for students to understand the concepts being studied. This study aims to determine whether there is influence of Interactive Demonstration learning model on problem solving skills on Newton law’s. This research is an experimental research. The sample consisted of 33 students of grade X SMAN 1 Singosari. Technique of data analysis in this research use paired t test statistic and N-gain. The Results paired t test obtained t value = 33.664 with a significance of 0.000 smaller than 0. This result shows that there is influence of Interactive Demonstration learning model on Newton law’s problem solving skills in grade X SMAN 1 Singosari students.Hukum Newton merupakan salah satu materi Fisika yang masih dianggap sulit oleh siswa, sehingga menyebabkan kemampuan pemecahan masalah Fisika yang rendah. Kemampuan pemecahan masalah yang baik akan memudahkan siswa untuk memahami konsep yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Interactive Demonstration terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 33 siswa kelas X SMAN 1 Singosari. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik paired t test dan N-gain. Hasil paired t test diperoleh nilai t = 33,664 dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,00. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Interactive Demonstration terhadap kemampuan pemecahan masalah materi hukum Newton pada siswa kelas X SMAN 1 Singosari.
Pengembangan Paket Bimbingan Rasa Hormat untuk Siswa Sekolah Dasar Septinda Rima Dewanti; M. Ramli; Novi Rosita Rahmawati
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 3: MARET 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.378 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i3.10658

Abstract

Education should not only focus on student academic development but also on characters that needed in the diversity society. Conflicts are often happened because of lack of awareness to understand others uniqueness like in Indonesia, so that respect is needed in Indonesia. Elementary school as the basic of the education should be able to provide facilities for students and teacher to develop characters such as respect. In this stage, students are able to learn virtues that they will understood until they grow in the future. This research is for to know the acceptblelity respect guidance package both in theories and practices. Borg and Gall approach is used in this research. The subjects in this reaserch are student in fourth, fifth and sixth grade in Laboratory Elementary School of States University of Malang. The result from this reaserch is useful, eligible, and accurate to develop student’s respect in elementary school.Kondisi masyarakat yang heterogen mengharuskan pendidikan untuk tidak hanya mengembangkan kemampuan akademik siswa, namun pendidikan juga harus mampu mengembangkan karakter pribadi yang diperlukan dalam masyarkat. Respect atau rasa hormat merupakan nilai kehidupan yang penting dimiliki oleh setiap orang dalam masyarakat yang beragam seperti Indonesia. Agar dapat mengembangkan rasa hormat dengan lebih baik, diperlukan suatu paket bimbingan rasa hormat yang dapat diterima secara teoritik dan praktik. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan model penelitian dan pengembangan yang digunakan Borg and Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4, 5, dan 6 Sekolah Dasar (SD) Laboratorium Universitas Negeri Malang. Dari penelitian dihasilkan paket bimbingan rasa hormat yang terdiri dari buku kegiatan siswa dan panduan guru/konselor yang telah teruji kegunaan, kelayakan dan ketepatannya.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA Klotilda Margareta Woa; Sugeng Utaya; Singgih Susilo
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 3: MARET 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.806 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i3.10709

Abstract

This research was conducted at SMAN 1 Bajawa with the aim to know the effect of Problem Based Learning model of learning to solve the problem of geography in high school students. This type of research is quasi experiment with pretest and posttest control group design. The results of this study indicate that the average value of the ability to solve the problem of experimental class geography using Problem Based Learning model is higher and increased compared to the control class using the conventional learning model. This is proven also through hypothesis testing with independent samples test the ability to solve the problem of geography obtained results 0.030 <0.05 then the model of learning Problem Based Learning has a significant effect on the ability to solve the problem of geography of high school students. Based on the results of hypothesis testing can be concluded that the model of Problem Based Learning effective learning is used to improve the ability to solve the problem of geography of high school students. For Geography educator, it is suggested to use Problem Based Learning model to improve students' geography problem solving ability.Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Bajawa dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi pada siswa SMA. Jenis penelitian ini eksperimen semu (quasi experimen) dengan desain pretest and posttest control group. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan memecahkan masalah geografi kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dan mengalami peningkatan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran yang konvensional. Hal ini dibuktikan juga melalui uji hipotesis dengan independent samples tes kemampuan memecahkan masalah geografi diperoleh hasil 0,030 < 0,05 maka model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memecahkan masalah geografi siswa SMA. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan memecahakan masalah geografi siswa SMA. Bagi tenaga pendidik Geografi disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah geografi pada siswa.
Pengaruh Learning Cycle 5E terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII Rahmawati Rahmawati; Supriyono Koes Handayanto; I Wayan Dasna
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 3: MARET 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (679.914 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i3.10624

Abstract

 This study is aimed at identifying whether there is any difference of science process skills between the students taught using Learning Cycle 5E and those who are taught using conventional strategy controlled with preoccupied knowledge. This study used quasi experimental method with post-test only control group design involving eight grade students selected using simple random sampling. The experimental class was taught using Learning Cycle 5E and control class was taught using conventional learning. The instruments used to measure the students’ science process skills were written test in the form of essay writing, practical test, and observation sheet of instructional activity. The result shows that the science process skills of the students taught using Learning Cycle 5E was significantly different from those who were taught using conventional way with average value of process skill 28.7 and 23.0 for those who were taught using conventional strategy.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan dengan Learning Cycle 5E dengan peserta didik yang dibelajarkan dengan konvensional yang dikontrol pengetahuan awal. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dengan post-test only control group design yang melibatkan peserta didik kelas VIII yang dipilih secara simple random sampling. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains berupa tes tertulis berbentuk uraian dan tes praktik serta lembar observasi selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan menggunakan Learning Cycle 5E berbeda secara signifikan daripada keterampilan proses sains peserta didik yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 28,7 dan peserta didik yang dibelajarkan dengan konvensional memiliki nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 23,0. 
Unsur Puitika dalam Bahan Ajar Puisi Berpola KTSP dan Kurikulum 2013 Much. Nuril Huda; Wahyudi Siswanto; Sunoto Sunoto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, No 3: MARET 2018
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.579 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v3i3.10643

Abstract

This research aims to inspect poetic’s elements of poetry in KTSP and 2013’s curriculum along with education appropriate. This research use research design literature study. The research data is poetry text in KTSP and curiculum 2013 textbooks. The result indicate that rhyme and rhythm aspect is priority of old poetry. The typography more priority by contemporary poetry. This study give of new poetry and modern poetry which more focusing poetics based of imagery.Penelitian ini bertujuan mengkaji unsur puitika dalam teks puisi buku teks pelajaran KTSP dan kurikulum 2013 serta kesesuaian pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kajian pustaka. Data penelitian berupa teks puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur rima irama ditonjolkan oleh puisi lama. Unsur puitika berupa unsur tipografi ditonjolkan oleh puisi kontemporer serta puisi baru dan puisi modern menonjolkan puitika berdasarkan unsur imaji.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 8: AUGUST 2025 VOL 10, NO 7: JULY 2025 Vol 10, No 4: APRIL 2025 Vol 10, No 3: MARCH 2025 Vol 10, No 2: FEBRUARY 2025 Vol 10, No 1: JANUARY 2025 Vol 9, No 12: DECEMBER 2024 Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024 Vol 9, No 10: OCTOBER 2024 Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024 Vol 9, No 8: AUGUST 2024 Vol 9, No 7: JULY 2024 Vol 9, No 6: JUNE 2024 Vol 9, No 5: MAY 2024 Vol 9, No 4: APRIL 2024 Vol 9, No 3: MARCH 2024 Vol 9, No 2: FEBRUARY 2024 Vol 9, No 1: JANUARY 2024 Vol 8, No 10: OCTOBER 2023 Vol 8, No 9: SEPTEMBER 2023 Vol 8, No 8: AUGUST 2023 Vol 8, No 7: JULY 2023 Vol 8, No 6: JUNE 2023 Vol 8, No 5: MAY 2023 Vol 8, No 4: APRIL 2023 Vol 8, No 3: MARCH 2023 Vol 8, No 2: FEBRUARY 2023 Vol 8, No 1: JANUARI 2023 Vol 7, No 12: DECEMBER 2022 Vol 7, No 11: NOVEMBER 2022 Vol 7, No 10: OKTOBER 2022 Vol 7, No 9: SEPTEMBER 2022 Vol 7, No 8: AGUSTUS 2022 Vol 7, No 7: JULI 2022 Vol 7, No 6: JUNI 2022 Vol 7, No 5: MAY 2022 Vol 7, No 4: APRIL 2022 Vol 7, No 3: MARET 2022 Vol 7, No 2: FEBRUARI 2022 Vol 7, No 1: JANUARI 2022 Vol 6, No 12: DESEMBER 2021 Vol 6, No 11: NOVEMBER 2021 Vol 6, No 10: OKTOBER 2021 Vol 6, No 9: SEPTEMBER 2021 Vol 6, No 8: AGUSTUS 2021 Vol 6, No 7: JULI 2021 Vol 6, No 6: JUNI 2021 Vol 6, No 5: MEI 2021 Vol 6, No 4: APRIL 2021 Vol 6, No 3: MARET 2021 Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021 Vol 6, No 1: JANUARI 2021 Vol 5, No 12: DESEMBER 2020 Vol 5, No 11: NOVEMBER 2020 Vol 5, No 10: OKTOBER 2020 Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020 Vol 5, No 8: AGUSTUS 2020 Vol 5, No 7: JULI 2020 Vol 5, No 6: JUNI 2020 Vol 5, No 5: MEI 2020 Vol 5, No 4: APRIL 2020 Vol 5, No 3: MARET 2020 Vol 5, No 2: FEBRUARI 2020 Vol 5, No 1: JANUARI 2020 Vol 4, No 12: DESEMBER 2019 Vol 4, No 11: NOVEMBER 2019 Vol 4, No 10: Oktober 2019 Vol 4, No 9: SEPTEMBER 2019 Vol 4, No 8: AGUSTUS 2019 Vol 4, No 7: JULI 2019 Vol 4, No 6: JUNI 2019 Vol 4, No 5: MEI 2019 Vol 4, No 4: APRIL 2019 Vol 4, No 3: MARET 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 1: JANUARI 2019 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 7: JULI 2018 Vol 3, No 6: JUNI 2018 Vol 3, No 5: MEI 2018 Vol 3, No 4: APRIL 2018 Vol 3, No 3: MARET 2018 Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 2, No 12: Desember 2017 Vol 2, No 11: November 2017 Vol 2, No 10: Oktober 2017 Vol 2, No 9: September 2017 Vol 2, No 8: AGUSTUS 2017 Vol 2, No 7: JULI 2017 Vol 2, No 6: Juni 2017 Vol 2, No 5: Mei 2017 Vol 2, No 4: April, 2017 Vol.2, No.3, Maret 2017 Vol.2, No.2, Februari 2017 Vol.2, No.1, Januari 2017 Vol.1, No.12, Desember 2016 Vol.1, No.11, Nopember 2016 Vol.1, No.10, Oktober 2016 Vol.1, No.9, September 2016 Vol.1, No.8, Agustus 2016 Vol.1, No.7, Juli 2016 Vol.1, No.6, Juni 2016 Vol.1, No.5, Mei 2016 Vol.1, No.4, April 2016 Vol.1, No.3, Maret 2016 Vol.1, No.2, Februari 2016 Vol.1, No.1, Januari 2016 More Issue