cover
Contact Name
Ragil Yovander, S.I.Kom
Contact Email
ragil.yovander@gmail.com
Phone
+6281275449559
Journal Mail Official
jmp@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Kampus Pattimura Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau Lt.2 Gobah-Pekanbaru Telp: 0761-855697
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Published by Universitas Riau
ISSN : 23385278     EISSN : 27453685     DOI : -
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ulasan, hasil pemikiran, dan penelitian tentang manajemen pendidikan yang meliputi: 1. Pengelolaan kurikulum, 2. Pengelolaan lulusan, 3. Pengelolaan proses pembelajaran, 4. Pengelolaan sarana dan prasarana, 5. Pengelolaan pendidikan, 6. Pengelolaan pembiayaan, 7. Pengelolaan penilaian, dan 8. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 3 (2024)" : 13 Documents clear
PENERAPAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURROTA A'YUNI PETAPAHAN Aflizah, Nur; Mutiah, Siti; Yunanda, Alif; Hidayat, Rizki; Afriza, Afriza
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 12, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.12.3.p.468-476

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan kebijakan punishment di Madrasah Ibtidaiyah Qurrota A'yuni Petapahan sebagai upaya untuk meningkatkan kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan. Fokus utama penelitian mencakup tahapan kebijakan punishment, persepsi tenaga pendidik, faktor pendukung dan penghambat, serta dampaknya terhadap kedisiplinan kerja. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan punishment, melalui pendekatan bertahap, efektif dalam meningkatkan kedisiplinan dan membentuk budaya kerja yang lebih profesional. Namun, terdapat kendala seperti kebijakan pemotongan gaji saat izin sakit, keterbatasan guru pengganti, dan persepsi ketidakadilan yang memengaruhi motivasi kerja. Rekomendasi yang diajukan mencakup revisi kebijakan pemotongan gaji untuk izin sakit, penyediaan guru pengganti, serta pemberian penghargaan bagi tenaga pendidik yang berprestasi. Dengan implementasi yang lebih adil dan fleksibel, kebijakan punishment dapat memberikan dampak positif yang lebih optimal bagi seluruh pihak.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR Alita, Dara Nur; Azhar, Azhar; Afrianto, Afrianto
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 12, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.12.3.p.356-369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir dengan 237 responden, sampel penelitian sebanyak 149 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan deskriptif inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 57,5%, terdapat pengaruh budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 62 % dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 73,1 %.
PENGARUH SUPERVISI DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PERILAKU SOSIAL GURU DI SMP NEGERI MUARA SUGIHAN SUMATERA SELATAN Susilawati, Susilawati; Putra, Alhadi Yan; Putra, Muhammad Juliansyah
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 12, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.12.3.p.418-426

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui pengaruh supervisi dengan perilaku sosial guru di SMP Negeri Muara Sugihan. 2) Mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dengan perilaku sosial guru di SMP Negeri Muara Sugihan.3) Mengetahui pengaruh antara supervisi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama terhadap perilaku sosial guru di SMP Negeri Muara Sugihan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak 107 orang yaitu guru-guru SMP yang mengajar di kecamatan Muara Sugihan. Sampel penelitian sebanyak 103 orang, dimana teknik pengambilan sampel dengan  metode random sampling. Data analisis  menggunakan rumus regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 26.00 For Windows. Penelitian ini Menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh supervisi dengan perilaku sosial guru di SMP negeri Muara Sugihan. 2) Ada pengaruh komunikasi interpersonal dengan perilaku sosial guru di SMP negeri Muara Sugihan.3) Ada pengaruh antara supervisi dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama terhadap perilaku sosial guru di SMP negeri Muara Sugihan.
PERAN TEKNOLOGI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL DI SMAN 2 PASURUAN Huda, Nurul; Siti Aminah, Ika Putri; Agustine, Fatimatuz Zahro; Fitri, Rosyidah Nikmatul
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 12, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.12.3.p.477-485

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran teknologi dalam manajemen pendidikan Islam di SMAN 2 Pasuruan dengan tujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknologi dalam administrasi, pembelajaran, dan pengembangan karakter Islami siswa. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan Islam telah terbukti memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan pendidikan, seperti penggunaan platform digital Google Classroom dan Zoom untuk administrasi kelas dan pembelajaran daring. Selain itu, teknologi juga memperkaya metode pembelajaran dengan memfasilitasi pembelajaran interaktif yang dapat menjangkau siswa lebih luas dan lebih fleksibel. Namun, meskipun menawarkan berbagai keuntungan, penggunaan teknologi dalam pendidikan menghadapi sejumlah tantangan. Salah satu tantangan terbesar adalah keterbatasan infrastruktur teknologi di sekolah, seperti ketersediaan perangkat dan koneksi internet yang memadai. Selain itu, kesiapan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi secara optimal juga menjadi kendala. Oleh karena itu, diperlukan program pelatihan yang berkelanjutan untuk guru agar mereka dapat menguasai penggunaan teknologi yang efektif dalam mengajar. Pengembangan aplikasi pembelajaran yang interaktif juga penting untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa, terutama dalam pelajaran agama Islam. Dengan manajemen yang baik dan dukungan teknologi yang tepat, pendidikan Islam dapat berkembang secara terstruktur dan holistik. Teknologi dapat menjadi alat yang efektif dalam membantu siswa mengembangkan karakter Islami sesuai dengan ajaran agama, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan masa depan.
PENGARUH ETOS KERJA DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SDN GUGUS 1 KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR Irapis, Jon; Azhar, Azhar; Afrianto, Afrianto
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 12, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.12.3.p.370-382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etos kerja dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru-guru Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Gugus 1 Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir dengan 107 responden, sampel penelitian sebanyak 84 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan deskriptif inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh etos kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 59,2%, terdapat pengaruh iklim organisasi sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 64,7% dan pengaruh etos kerja dan iklim organisasi terhadap kinerja guru adalah sebesar 70,3 %.
PENGARUH EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SMK NEGERI KECAMATAN SEKAYU SUMATER SELATAN Wieratami, Dinda; Ahyani, Nur; Mahasir, Mahasir
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 12, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.12.3.p.427-435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeksripsikn dan menguji pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap disiplin kerja guru di SMK Negri Kecamatan Sekayu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berdasarkan asosiasi dan hubungan sebab akibat. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Sekayu Kec. Sekayu, Kab. Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Diantaranya adalah SMK Negeri 1 Sekayu, SK Ngeri 2 Sekayu, SMK Negeri 3 Sekayu. Sampel pada penelitian ini sejumlah 84 guru beserta kepala sekolah. Teknik pengupulan data pada penelitian ini menggunakan angket berupa instrument dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin Kerja sedikit dipengaruhi oleh Kepemimpinan Kepala Sekolah. Melalui uji t bahwa variable Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap disiplin kerja secara parsial. Uji F (simultan) menunjukkan variabel Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap Disiplin Kerja. Alasannya adalah 0,221 > 0,05 yang merupakan tingkat signifikansi.
INOVASI MANAJEMEN ADMINISTRASI : MENDORONG PELAYANAN PUBLIK BERKUALITAS DI SEKSI PENDIDIKAN DINIYAH DAN PONDOK PESANTREN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN MOJOKERTO Bachtiyar, Machfud; Hajar, Lum’atul; Thohir, Muhammad; Mardiyah, Mardiyah
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 12, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.12.3.p.446-458

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji inovasi dalam manajemen administrasi yang diterapkan oleh Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto guna mendorong pelayanan publik yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan dokumestasi. Pendekatan dalam Penilitian ini adalah menggunakan penelitian deskripstif kualitatif. Hasil penilitian menunjukkan bahwa Pengelolaan layanan administrasi pada Seksi PD Pontren kabupaten Mojokerto sudah dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen yakni adanya Perencanaan, Pelaksanaan dan tahap Monitoring dan evaluasi. Kemudian kualitas pelayanan publik seksi PD Pontren dapat dilihat melalui tiga indikator yakni standar pelayanan berbasis SOP, budaya pelayanan prima dan penilaian kepuasan terhadap pelayanan melalui hasil survey IKPP. adapun inovasi Manajemen Administrasi yang diterapkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yakni Sosialisasi Penggunaan Aplikasi sistem Informasi Pendidikan pada seluruh lembaga Pendidikan Pesantren di Kabupaten Mojokerto, Penyusunan SOP layanan seksi PD Pontren dengan detail dan jelas, dan Pembuatan Buku Saku Pelayanan untuk Mall Pelayanan Publik Seksi PDPontren. Serta masih beberapa program inovasi yang akan dibuat namun masih dalam tahap rencana pengembangan.
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI SE KECAMATAN PUJUD KABUPATEN ROKAN HILIR Muharman, Muharman; Azhar, Azhar; Afrianto, Afrianto
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 12, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.12.3.p.383-394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri seKecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir dengan 215 responden, sampel penelitian sebanyak 140 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan deskriptif inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 61,3 %, terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 58,8 % dan pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 70,4 %.
PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NON-FINANSIAL TERHADAP KINERJA GURU DI MAN 1 PRABUMULIH SUMATERA SELATAN Agustina, Angraini; Ahyani, Nur; Pahlawan, Pahlawan
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 12, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.12.3.p.436-445

Abstract

Hasil kinerja guru yang baik tidak dapat dipisahkan dari besar kecilnya balas jasa atau kompensasi. Banyak anggapan di masyarakat bahwa semakin besar kompensasi maka akan semakin tinggi pula kepuasan kerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompensasi finansial dan kompensasi non-finansial terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Alat pegumpulan data dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis memperlihatkan bahwa nilai koefesien determinasi (R Square) kompensasi finansial terhadap kinerja guru sebesar 0,362 yang berarti bahwa ada pengaruh kompensasi finansial terhadap kinerja guru sebesar 36,2%. Dan nilai koefesien determinasi (R Square) kompensasi non-finansial sebesar 0,698 yang berarti bahwa ada pengaruh kompensasi non-finansial terhadap kinerja guru sebesar 69,8%. Serta didapat nilai koefesien determinasi (R Square) kompensasi finansial dan kompensasi non-finansial terhadap kinerja guru sebesar 0,719 yang berarti bahwa ada pengaruh kompensasi finansial dan kompensasi non-finansial terhadap kinerja guru sebesar 51,6%.
IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK DITINJAU DARI BUDAYA SEKOLAH DAN SARANA PRASARANA DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG Ginting, Dorawati Br; Lian, Bukman; Rosani, Meilia
Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) Vol 12, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/jmp.12.3.p.395-406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi program sekolah penggerak ditinjau dari budaya sekolah dan sarana prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan di SMP Negeri 45 Palembang dengan informan kepala sekolah, wakasek, pengawas, guru, wali murid, dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara interaktif dan terus-menerus sampai tuntas menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data (merangkum dan memilih hal-hal pokok), penyajian data dalam pola singkat, dan diverifikasi atau disimpulkan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi program sekolah penggerak di SMP Negeri 45 Palembang sangat dipengaruhi oleh faktor budaya sekolah. Faktor-faktor seperti struktur program yang jelas, kebebasan dalam metode pembelajaran, inisiatif guru penggerak, dan komunikasi yang efektif menciptakan lingkungan yang mendukung. Namun, ada juga faktor-faktor yang dapat menghambat, seperti tanggung jawab yang tidak merata, kurangnya pengalaman guru, dan kurangnya koordinasi efektif.Selain budaya sekolah, sarana prasarana juga memainkan peran kunci dalam keberhasilan implementasi. Langkah-langkah seperti analisis kebutuhan, perencanaan partisipatif, dan inventarisasi yang cermat mendukung implementasi program. Namun, masalah seperti minimnya anggaran, kesalahan dalam inventarisasi, dan kendala dalam pendistribusian dapat menjadi hambatan serius.

Page 1 of 2 | Total Record : 13