cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
telaah.ummat@gmail.com
Editorial Address
Jalan KH. Ahmad Dahlan No 1, Pagesangan, Kota Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Telaah
ISSN : 24772429     EISSN : 26206226     DOI : 10.31764
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Telaah adalah wadah publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram. Artikel/karya tulis yang dimuat dalam jurnal ini adalah karya tulis hasil penelitian dan hasil pemikiran (telaah kritis) mengenai pendidikan, bahasa, serta sastra indonesia. Kontributor yang dapat mempublikasikan tulisanya pada jurnal ini adalah para akademisi (dosen dan guru), praktisi, dan pemerhati dibidang pendidikan, bahasa, dan sastra Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1: January 2025" : 22 Documents clear
Implikatur Tuturan Penutur dan Petutur pada Novel Online Sugar Karya Fit Tri Niswariyana, Ahyati Kurniamala; Hardi, Rahmat Sulhan; Akhmad, Akhmad; Akbar, M Aris; Afandi, Ahmad
Jurnal Ilmiah Telaah Vol 10, No 1: January 2025
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/telaah.v10i1.28549

Abstract

anguage is a tool for communicating and interacting with each other which is applied through speech tools in the form of speech or speech. Every speech spoken by the speaker has a certain meaning and intention in accordance with their respective goals. The study aims to analyze the speech of speakers and speech in the online novel Sugar by Fit Tri. The object of this research is several quotations of speech forms from the speaker and the speech in the novel. The method used in this study is a qualitative method with descriptive analysis. The source of the data is in the form of quotes from the conversations of characters in the novel Sugar. The data collection method uses the watch and record method. Based on the results of the analysis, there are implications of the speaker's speech and speech that emphasizes the theory of implication in the novel Sugar by Fit Tri.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN BUDAYA DALAM UPAYA MENJAGA KEARIFAN LOKAL Ihsani, Baiq Yuliatin; Bilal, Arpan Islami; Milandari, Baiq Desi
Jurnal Ilmiah Telaah Vol 10, No 1: January 2025
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/telaah.v10i1.29088

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bentuk implementasi pembelajaran bahasa dan budaya sebagai wujud dalam menjaga kearifan lokal di Pulau Lombok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah deskriptif. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analisys), yaitu suatu analisis terhadap isi yang diperoleh dari kuesioner. Hasil penelitian menyebutkan bahwa implementasi pembelajaran bahasa dan budaya sangat penting untuk diterapkan dengan tujuan untuk menjaga bahasa dan budaya yang mulai bergeser oleh pengaruh zaman. Implementasi pembelajaran bahasa dan budaya di sekolah-sekolah dapat diintegrasikan dengan adat istiadat kebudayaan daerah setempat dengan menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif seperti cooperative learning, problem-based learning, project-based learning dan lain-lain untuk membuat suasana pembelajaran lebih menarik dan kondusif. Langkah yang dapat dilakukan guru untuk menerapkan pembelajaran berbasis kearifan lokal adalah sebagai berikut: 1) Inventarisasi aspek potensi keunggulan lokal, 2) Menganalisis kondisi internal sekolah, 3) Menganalisis kondisi eksternal sekolah, 4) Penentuan jenis keunggulan lokal adalah dengan melakukan strategi penyelenggaraan pembelajaran berbasis keariafan lokal.Abstract:  This study aims to describe the implementation of language and culture learning as a form of maintaining local wisdom on Lombok Island. This research uses a qualitative approach and the method used is descriptive. The sample selection was done by cluster random sampling technique. This study used questionnaire and documentation data collection techniques. The analysis technique used is content analysis, which is an analysis of the content obtained from the questionnaire. The results of the study stated that the implementation of language and culture learning is very important to be implemented with the aim of maintaining language and culture which began to shift by the influence of the times. The implementation of language and culture learning in schools can be integrated with local cultural customs by using innovative learning models such as cooperative learning, problem-based learning, project-based learning and others to make the learning atmosphere more interesting and conducive. Steps that teachers can take to implement local wisdom-based learning are as follows: 1) Inventory the potential aspects of local excellence, 2) Analyzing the internal condition of the school, 3) Analyzing the external condition of the school, 4) Determining the type of local excellence is to carry out a strategy for organizing local wisdom-based learning.                   
Peningkatan Kecerdasan Logika Terhadap Efektifitas Pembelajaran di Kelas Berbasis Problem Solving Hanik, Hanik; Winata, Aliahardi; Muttaqin, Zedi; Isnaini, Isnaini; Saddam, Saddam; Azwar, Wahyu
Jurnal Ilmiah Telaah Vol 10, No 1: January 2025
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/telaah.v10i1.28051

Abstract

This study aims to analyze the impact of logical intelligence on the effectiveness of problem-based learning strategies. The research adopts the Systematic Literature Review (SLR) method, utilizing data from 22 peer-reviewed international journal articles indexed in Google Scholar and published by various academic sources. The findings reveal that logical intelligence significantly influences the effectiveness of classroom learning strategies. Logical intelligence serves as a critical factor in enhancing students' academic outcomes, where the implementation of problem-solving approaches fosters critical and logical thinking skills essential for addressing academic challenges. By understanding these characteristics, educators can design appropriate teaching strategies, establish inclusive learning environments, and provide opportunities for students to contribute optimally. Additionally, the study highlights the importance of integrating traditional and digital instructional media to enrich students' learning experiences. This combination not only increases student engagement but also ensures that the learning process remains relevant and meaningful. The conclusions emphasize that incorporating logical intelligence into problem-based learning strategies can substantially enhance classroom learning effectiveness, offering valuable insights for educators aiming to improve pedagogical practices.
Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Gubuk Makam Lombok Tengah Widhyastuti, kadek Listya; Hidayatullah, Muhammad Isro'
Jurnal Ilmiah Telaah Vol 10, No 1: January 2025
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/telaah.v10i1.28791

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi pendidikan inklusi di SD Negeri Gubuk Makam, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ini telah menerapkan program pembiasaan bernama GASPUL MENU OLAH-OLAH, yang mencakup olahraga, olah rasa, olah pikir, dan olah hati. Program ini membantu siswa berkebutuhan khusus (ABK) berintegrasi dengan siswa lainnya dalam pembelajaran reguler. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala, seperti kurangnya data spesifik mengenai ABK dan minimnya pelatihan guru dalam pendidikan inklusi. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru, kerja sama dengan orang tua, dan dukungan lintas sektor untuk memperkuat pelaksanaan pendidikan inklusi di masa mendatang.
Pemertahanan Bahasa Sasak di Tengah Modernitas pada Sekolah Dasar Darmurtika, Linda Ayu; Ibrahim, Taupik; Rafsanjani, Ayatullooh; Komala, Yulia; Agustina, Fadiya; Hayatunnufus, Hayatunnufus
Jurnal Ilmiah Telaah Vol 10, No 1: January 2025
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/telaah.v10i1.28899

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pemertahanan bahasa Sasak di tengah modernitas pada sekolah dasar di Kota Mataram dengan menggunakan pendekatan systematic literature review. Sumber literatur yang digunakan berasal dari database terindeks Scopus, DOAJ, dan Google Scholar dengan rentang tahun publikasi 2014–2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelestarian bahasa Sasak di Kota Mataram menghadapi tantangan kompleks, seperti dominasi bahasa Indonesia, kurangnya kurikulum yang mengakomodasi budaya Sasak, minimnya dukungan kebijakan pemerintah, serta dampak globalisasi dan teknologi yang mengurangi ruang lingkup penggunaan bahasa Sasak di kalangan generasi muda. Beberapa strategi potensial telah diidentifikasi, antara lain integrasi bahasa Sasak ke dalam kurikulum sekolah, pemanfaatan teknologi digital sebagai media pembelajaran, dan penguatan peran komunitas lokal. Meskipun demikian, efektivitas serta implementasi strategi-strategi tersebut memerlukan kajian lebih mendalam untuk memastikan keberlanjutan bahasa Sasak di era modern. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pelestarian bahasa daerah sebagai bagian dari identitas budaya lokal.
Peningkatan Kemampuan Menulis Proposal Kegiatan Melalui Model Pembelajaran Student Cetered Learning (SCL) fitriani, farida; Arfiny, Baiq Desy
Jurnal Ilmiah Telaah Vol 10, No 1: January 2025
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/telaah.v10i1.28989

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Dengan menulis pelajar dapat mengungkapkan gagasan, pendapat dan perasaan kepada pihak lain dengan memperhatikan grafologi, struktur Bahasa, dan kosakata agar penulisan menjadi lebih menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran student centered learning dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskripsi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa semester satu Program Studi Pendidkan Dokter Hewan Universitas Pendidikan Mandalika tahuan 2024-2025. Jumlah responden adalah 36. Adapun hasil dari penelitian ini tergolong baik. Hal tersebut, dapat dilihat dari hasil rerata pre tes 65.67 dan pos tes 73.86. Dari hasil tersebut terdapat peningkatan 12% dari pre tes dan pos tes. Jadi dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran SCL merupakan car aterbaik untuk mengarahkan mahasiswa dalam mengungkapkan agasan dan pikiran untuk membuat proposal kegiatan yang baik.
Pengaruh Media Belajar “Tanam Cuaca” terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SDN 32 Cakranegara Lestari, Wahyuni; Khazanah, Uswatun; Sri Wahyuni, Dian Eka Mayasari; Chomaria, Nur
Jurnal Ilmiah Telaah Vol 10, No 1: January 2025
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/telaah.v10i1.26518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh media pembelajaran “Tanam Cuaca” terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam materi “Pengaruh Perubahan Cuaca”. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain siklus, melibatkan dua siklus masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner motivasi, dan penilaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media “Tanam Cuaca” secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa, yang tercermin dari peningkatan skor motivasi dan hasil belajar. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat dari 59,25 menjadi 71,11, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82,40 dengan persentase ketuntasan mencapai 85,18%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media interaktif ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Interferensi Bahasa dalam Pembelajaran BIPA : Faktor Penyebab dan Dampaknya Kartono, Azwir; Nasution, Jamaludin; Ambarita, Surya Ningsih; Zulfikar, Zulfikar; Roniati, Roniati
Jurnal Ilmiah Telaah Vol 10, No 1: January 2025
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/telaah.v10i1.29134

Abstract

Bahasa merupakan komponen penting bagi manusia, dalam berinteraksi bahasa digunakan sebagai alat komunikasi agar proses interaksi tersebut menjadi lancar dan mudah difahami oleh lawan interaksi. Dalam praktik berkomunikasi, sebagian besar penduduk dunia sudah terbiasa menggunakan dua bahasa atau dinamakan penutur bilingual. Hal yang lazim terjadi pada penutur bilingual adalah Interferensi di dalalm bahasa dan dapat merusak kaidah-kaidah kedua bahasa yang dikuasai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memaparkan dengan jelas gambaran umum tentang Interferensi bahasa pada kelas pengajaran BIPA, apa yang menjadi faktor penyebabnya, dan apa dampak yang ditimbulkan terhadap bahasa yang mengalami interferensi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (Library Research).
ANALISIS FONOLOGI BAHASA SASAK DIALEK NGENO- NGENE DI DESA SESELA Muhdar, Syafruddin; Muhardini, Sintayana; Milandari, Baiq Desi; Mariyati, Yuni; Waluyan, Roby Mandalika
Jurnal Ilmiah Telaah Vol 10, No 1: January 2025
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/telaah.v10i1.28990

Abstract

Abstrak: Salah satu bidang kebahasaan yang menjadi objek kajian dalam penelitian ini adalah bidang fonologi. Sistem berbahasa dalam bidang fonologi pertama-tama dipandang dari penggunaan bahasa apakah secara lisan maupun tulisan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah sistem fonologi  bahasa  Sasak  dialek  Ngeno-ngene  di  Desa  Sesela  Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak, metode wawancara, metode transkrifsi, dan metode dokumentasi. Data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan   mengunakan   metode deskriftif kualitatif.Berdasarkan  hasil  analisis  data  yang telah  dilakukan  maka dapat disimpulkan bahwa, ruang lingkup sistem fonologi „dialek ngeno-ngene pada masyarakat Sesela antara lain: (1) sistem vokal (sistem vokal murni: a, i, e, u, o, ∂(2) sistem konsonan (sistem konsonan tuggal ada 19 meliputi b, p, m, w, d, t, n, ℓ, r, s, y, ñ, j, c, g, k, ŋ, h, dan q), dan (3) penyukuan terdiri atas 4 pola yaitu v, vk, kv, dan kvk. Abstract:  One of the linguistic fields examined in this study is phonology. The language system in phonology is primarily viewed from the perspective of whether the language is used orally or in written form. The research problem addressed in this study is: What is the phonological system of the Sasak language, Ngeno-ngene dialect, in Sesela Village, Gunungsari Subdistrict, West Lombok Regency?. The data collection methods used in this research include observation, interviews, transcription, and documentation. The collected data were then analyzed using a qualitative descriptive method. Based on the data analysis, it can be concluded that the scope of the phonological system of the Ngeno-ngene dialect among the people of Sesela includes the following: (1). Vowel system (pure vowels): a, i, e, u, o, ∂, (2).Consonant system (single consonants, totaling 19): b, p, m, w, d, t, n, ℓ, r, s, y, ñ, j, c, g, k, ŋ, h, and q, (3). Syllable structure, which consists of four patterns: V, VK, KV, and KVK. 
PEMAKAIAN BAHASA PEDAGANG DALAM TRANSAKSI PENJUALAN DI PASAR PEGONDANG DESA SAKRA LOMBOK TIMUR : KAJIAN SOSIOLINGUISTIK Zulkarnaen, Lalu Purnama; Maharoni G, Lalu Aswandi; Pamungkas, Bayu Aji
Jurnal Ilmiah Telaah Vol 10, No 1: January 2025
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/telaah.v10i1.29165

Abstract

Abstrak: Penelitian yang berjudul “Pemakaian Bahasa Pedagang dalam Transaksi Penjualan di Pasar Pegondang Desa Sakra Lombok Timur; Kajian Sosiolinguistik” bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemakaian bahasa yang digunakan oleh pedagang kepada pembeli saat transaksi penjualan berlangsung, beserta faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan teori Dell Hymes, yaitu SPEAKING. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif dengan tujuan memaparkan pemakaian bahasa pedagang dan faktor-faktor yang memengaruhi keragaman bahasa di pasar Pegondang Desa Sakra Lombok Timur. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap. Metode penyimakan dilakukan dengan cara merekam percakapan pedagang dan pembeli. Data yang sudah diperoleh diskripsikan lalu dipilah sesuai dengan data yang ditemukan. Adapun bahasa-bahasa yang dipakai oleh pedagang dalam transaksi penjualan setidaknya ada tiga bahasa, yakni bahasa Sasak, Sumbawa, dan Bahasa Bugis. Dalam kegiatan transaksi sering terjadi bahasa yang informasinya  tidak bisa diterima antara penutur yang satu dengan yang lain, permaslahannya yang timbul masyarakat yang mengadakan transasik di Pasar Pegondang tidak menggunkan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantarnya sehingga menimbulkan sulit saling memahami antara satu sama lain, keunikan inilaha yang membuat penliti mengungkap hal yrtsebut . Target dari hasil penelitian ini paling tidak bisa membuat kamus bahasa untuk transaksi dan bisa dijadikan refernsi untuk para peneliti yang mengkaji bagian sosiolinguistik.Abstract:  Research entitled "Sellers' Use of Language in Sales Transactions at Pegondang Market, Sakra Village, East Lombok; Sociolinguistic Study" aims to describe the language used by traders to buyers during sales transactions, along with the factors that influence it. This research uses Dell Hymes' theory, namely SPEAKING. The method used is a qualitative descriptive method with the aim of explaining the language use of traders and the factors that influence language diversity in the Pegondang market in Sakra Village, East Lombok. The data collection method in this research uses the free, engaged, skilled listening technique. The listening method is carried out by recording conversations between traders and buyers. The data that has been obtained is described and then sorted according to the data found. There are at least three languages used by traders in sales transactions, namely Sasak, Sumbawa and Bugis. In transaction activities, language often occurs where the information cannot be accepted between one speaker and another. The problem that arises is that people who carry out transactions at Pegondang Market do not use Indonesian as their language of instruction, making it difficult to understand each other. This uniqueness is what makes researchers revealed this. The target of the results of this research is at least to create a language dictionary for transactions and can be used as a reference for researchers studying sociolinguistics.                     

Page 1 of 3 | Total Record : 22