cover
Contact Name
RIZKI ANANDA
Contact Email
edukasi2019@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edukasi2019@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 26568063     EISSN : 26568071     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2024)" : 15 Documents clear
Instrumen Penilaian Profil Pelajar Pancasila Aspek Akhlak Mulia dan Kreativitas di Sekolah Dasar Ni Ketut Ayu; I Gede Astawan; Made Vina Arie Paramita
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i3.6567

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian profil pelajar pancasila aspek akhlak mulia dan kreativitas untuk siswa sekolah dasar yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dan dilaksanakan dengan model RDR yang terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap research (studi pendahuluan), development (pengembangan), dan research (uji efektifitas produk). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada uji validitas menggunakan rumus Gregory dan uji reliabilitas menggunakan rumus Percentage Of Agreement. Perhitungan validitas isi instrumen penilaian aspek akhlak mulia menunjukkan hasil 0,95 oleh ahli/pakar dan 1,00 oleh guru/praktisi dengan kriteria validitas sangat tinggi. Perhitungan validitas instrumen penilaian kreativitas menunjukkan hasil sebesar 1,00 oleh ahli/pakar dan guru/praktisi dengan kriteria validitas sangat tinggi. Hasil perhitungan reliabilitas pada instrumen penilaian akhlak mulia menunjukkan hasil sebesar 95% oleh ahli/pakar dan 100% oleh guru/praktisi sehingga instrumen dinyataan reliabel. Perhitungan instrumen kreativitas menunjukkan hasil sebesar 100% oleh kedua ahli/pakar dan kedua guru/praktkisi sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa instrumen penilaian profil pelajar pancasila aspek akhlak mulia dan kreativitas valid dan dapat diandalkan. Oleh karena itu, instrumen ini layak untuk digunakan untuk mengevaluasi karakter profil pelajar pancasila yang berkaitan dengan aspek akhlak mulia dan kreativitas siswa di sekolah dasar.
Analisis Video Watu Gong sebagai Assesmen Diagnostik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Larasati Dwi Syukuria Mahrifah; Eko Wahyuni Rahayu; Setyo Yanuartuti
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i3.6119

Abstract

Penelitian ini membahas Assesmen diagnostic konten pada materi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai implementasi kurikulum merdeka tema kearifan Lokal di SMAN Rambipuji kabupaten Jember. Assemen diagnostic dilakukan dengan dua cara yaitu assesmen non - kognitif dan assesmen kognitif. Tujuan Assesmen diagnostic untuk mendapatkan bukti atau informasi yang lengkap sebagai umpan balik guru, murid dan orang tua. Peneliti melakukan assesmen diagnostic materi atau konten video cagar budaya prasasti watu gong sebagai tugas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Metode penelitian yang diguanakan yaitu kualitatif deskriptif teknik analisis konten video cagar budaya watu gong untuk mendapatkan informasi secara mendalam mengenai isi materi sebagai pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian ini menjabarkan assesmen diagnostic non – kognitif dan kognitif pada konten video cagar budaya Prasasti watu gong dalam membangun karakter Profil Pelajar Pancasila. Menemukan evaluasi pembelajaran dan tindak lanjut materi pada tema kearifan lokal yang perlu dikakukan pada Projek Peguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN Rambipuji kabupaten Jember
Game Edukasi untuk Siswa Diskalkulia Menggunakan Model MDLC Alviena Rosalina; Mety Liesdiani
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i3.6609

Abstract

Penggunaan game edukasi untuk pembelajaran dinilai dapat meningkatkan motivasi internal dan prestasi belajar siswa yang juga berlaku bagi siswa diskalkulia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang dinilai efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development/R & D) dan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil penelitian ini mencakup tahap penentuan konsep, tahap perancangan aplikasi, tahap pengumpulan bahan, tahap pembuatan aplikasi, tahap uji coba aplikasi, dan tahap penyebaran aplikasi. Karena keterbatasan waktu penelitian ini dicukupkan sampai tahap alpha testing. Berdasarkan pengujian yang telah dipaparkan dapat ditunjukkan bahwa Game Edukasi Geo-Kalkulia dinyatakan valid dan praktis dengan nilai validasi dari ahli materi dan ahli media sebesar 100% dan nilai validasi dari guru pengajar sebesar 79%. Hal ini menyimpulkan bahwa Game Edukasi Geo-Kalkulia layak diuji coba kepada siswa diskalkulia
Menganalisis Proses Belajar dan Pembelajaran dalam Teori Kognitif pada Peserta Didik di Sekolah Dasar Awalina Barokah; Arimbi Lolita Hayuningtyas; Izzah Lailatul Fazriah; Safnatun Nazah
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i3.6793

Abstract

Penggunaan teori kognitif pada strategi pembelajaran dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan berperan penting dalam menghormati peran aktif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah supaya kita sebagai pendidik bisa lebih memahami motorik anak, keaktifan anak dalam di kelas saat pembelajaran, kita juga bisa mengetahui proses anak mengingat sesuatu dan bisa memecahkan masalah yang terjadi dalam pembelajaran. Sedangkan pada penelitian ini, Manfaat nya adalah bisa lebih mengetahui proses belajar anak dalam perkembangan kognitif pembelajarannya melalui pemahaman anak dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian literature dengan kajian pustaka berdasarkan jurnal atau teori yang diteliti . Hasil menunjukkan teori yang akan dibahas dalam jurnal ini teori Kognitif yang merupakan perkembangan kemampuan berpikir dan perkembangan individu dalam kemampuan kognitif tidak bisa diukur secara umum karena masih ada faktor lingkungan sosial yang mempengaruhinya. Kesimpulan yang ditemukan pada penelitian ini adalah dimana perlunya guru harus berhati-hati untuk menarik perhatian siswa selama proses belajar mengajar Karena setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dan perlunya Pembelajaran yang harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa yang bersangkutan
Instrumen Evaluasi Profil Pelajar Pancasila Aspek Bergotong Royong dan Bernalar Kritis di SD Maha Riska Eca Pratiwi; I Gede Astawan; Putu Aditya Antara
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i3.6624

Abstract

Merdeka Belajar sebagai salah satu solusi dalam membentuk kepribadian peserta didik, salah satu tujuan dari program tersebut adalah membentuk profil pelajar pancasila. Untuk mengetahui sejauh mana dan bagaimana ketercapaian indikator profil pelajar pancasila maka diperlukan instrumen evaluasi sebagai alat ukur. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian Research, Development, Research (RDR) yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari tiga tahapan yakni (1) research (studi pendahuluan), (2) development (pengembangan) dan (3) research (uji efektivitas produk). Dari penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa lembar kuesioner berjumlah 40. Uji validitas dan reliabilitas melibatkan dua ahli dan dua praktisi, uji validitas menggunakan Rumus Gregory dan uji reliabilitas menggunakan Rumus Percentage of Agreement. Dari hasil perhitungan uji validitas oleh ahli didapatkan nilai validitas sebesar 1,00 pada kedua aspek sedangkan, uji validitas oleh praktisi sebesar 1,00 pada aspek gotong royong dan 0,95 pada aspek bernalar kritis. Sedangkan untuk uji reliabilitas didapatkan nilai reliabilitas dari kedua ahli sebesar 100% pada kedua aspek, untuk nilai reliabilitas dari kedua praktisi sebesar 100% pada aspek gotong royong dan nilai reliabilitas sebesar 95% untuk aspek bernakar kritis. Dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi profil pelajar Pancasila pada aspek gotong royong dan bernalar kritis valid dan reliabel.
Peningkatan Konsentrasi Belajar Menggunakan Strategi Tiered Task pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder Fitri Maulidazani; Budi Susetyo; Marlina Marlina
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i3.5598

Abstract

Anak  ADHD mengalami permasalahan pada pemusatan perhatian atau tidak dapat berkonsentrasi terhadap suatu objek, salah satunya konsentrasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil asesmen, ditemukan peserta didik ADHD yang teridentifikasi masalah dengan konsentrasi rendah. Tiered task merupakan salah satu strategi pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan berdasarkan kesiapan, minat dan profil belajar anak dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini menguji efektivitas strategi tiered task dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD pada pembelajaran TIK di SMP Negeri 23 Padang.  Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dalam bentuk SSR jenis A-B-A, yaitu melihat kondisi peserta didik sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan instrumen durasi. Data dianalisis menggunakan grafik visual yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar anak ADHD pada pembelajaran TIK di SMP Negeri 23 Padang setelah diterapkannya strategi tiered task. Penelitian ini memberikan referensi bagi guru sebagai strategi baru dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di sekolah inklusif
Reward And Punishment; Implementasi dalam Membentuk Karakter Sikap Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Jamilah Jamilah; Yuhani Yuhani; Hamdan Hamdan; Rizky Takriyanti; Aulia Ulfa
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i3.6509

Abstract

Reward and Punishment  merupakan salah satu perwujudan nyata dalam membentuk karakter sikap sopan santun siswa dalam mencapai tujuan yang ditetapkan untuk pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi reward and punishment dan dampak implementasi reward and punishment dalam membentuk karakter sikap sopan santun siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui pendekatan eksploratif dengan menggunakan insrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi reward dan punishment dalam membentuk karakter sikap sopan santun siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Kota Jambi telah menghasilkan peningkatan signifikan dalam prilaku siswa. Implementasinya berupa memberikan nasehat, motivasi, dukungan kurikulrm merdeka dan kurikulum 2013 dan mengajarkan pembiasaan yang baik. Adapun dampaknya yaitu tingkat prilaku sopan santun yang semakin meningkat. Sikap siswa yang semakin baik (perbaikan akhlak), dan memberikan efek jera kepada siswa, sehingga menimbulkan rasa kesadaran yang tinggi dalam mengikuti aturan dan meninggalkan apa yang dilarang di sekolah. Dengan demikian, maka penerapan reward dan punishment sangat memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter sopan santun siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Kota Jambi.
Pengembangan E-Modul Layanan Informasi Berbasis Android tentang Kepercayaan Diri Iis Mulyati; Aunurrahman Aunurrahman; Luhur Wicaksono
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i3.6862

Abstract

Kepercayaan diri yang tinggi dapat membawa manfaat yang signifikan seperti peningkatan kualitas hidup, kesuksesan karir, hubungan sosial yang lebih baik, dan kemampuan mengatasi tantangan sehari-hari. Sebaliknya, rasa percaya diri yang rendah dapat menghambat perkembangan siswa, membatasi potensi dirinya, dan mengganggu kesejahteraan mental. Penelitian ini berfokus pada pengembangan e-modul kepercayaan diri berbasis Android untuk membantu konselor bimbingan dalam mencapai tujuan konseling dan pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model 4-D: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini melibatkan 46 siswa kelas X MAN 1 Pontianak, beserta pakar media, desain, dan konten. Fase Define mencakup analisis bagian depan, pembelajar, tugas, dan konsep untuk merumuskan tujuan pembelajaran, sedangkan fase Desain melibatkan konstruksi uji kriteria, pemilihan media, dan keputusan format. E-modul dikembangkan menggunakan PowerPoint, dikonversi ke format APK. Hasil validasi ahli media, desain, dan konten menunjukkan validitas tinggi, sedangkan uji pengembangan menghasilkan penilaian kuantitatif sangat positif. Umpan balik positif dari guru bimbingan dan siswa menegaskan relevansi dan efektivitas e-modul dalam meningkatkan rasa percaya diri dalam layanan konseling di Madrasah.
Pengaruh Penguasaan Akuntansi Dasar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa XII Akuntansi SMK dengan Anxiety sebagai Variabel Moderasi Sekar Nur Hasanah; Rochmawati Rochmawati
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i3.6614

Abstract

Rendahnya hasil belajar merupakan kesulitan belajar yang masih ditemui di lapangan, sehingga penting untuk dianalisis faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam proses belajar dengan tujuan mengevaluasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penguasaan akuntansi dasar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar, pengaruh penguasaan akuntansi dasar terhadap hasil belajar, pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar, anxiety dapat memoderasi pengaruh penguasaan akuntansi dasar terhadap hasil belajar, anxiety dapat memoderasi pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar XII Akuntansi SMK NU Gresik. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Akuntansi SMK NU Gresik Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian sebanyak 84 peserta didik dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan software IBM SPSS Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penguasaan akuntansi dasar dan kemandirian belajar secara simultan terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh signifikan penguasaan akuntansi dasar terhadap hasil belajar, tidak terdapat pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar, anxiety tidak dapat memoderasi penguasaan akuntansi dasar terhadap hasil belajar, anxiety tidak dapat memoderasi kemandirian belajar terhadap hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa penguasaan akuntansi dasar dan kemandirian yang tinggi akan meningkatkan hasil belajar dan anxiety yang tinggi akan menurunkan pengaruh penguasaan akuntansi dasar terhadap hasil belajar XII Akuntansi SMK NU Gresik.
Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Khusus Olahragawan Siti Afiyatus Salamah; Istaryatiningtias Istaryatiningtias; Rismita Rismita
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i3.6772

Abstract

Sekolah Khusus Atlet di SMA Negeri Ragunan Jakarta tengah menerapkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi dari awal hingga akhir, meliputi desain, instalasi, proses, produk, dan tindak lanjut. Penelitian ini tergolong penelitian asesmen karena menggunakan pendekatan kualitatif dan Model Penilaian Ketimpangan (DEM). Subjek penelitian yang ditetapkan antara lain: kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dua orang guru mata pelajaran, siswa yang terlibat dalam implementasi Kurikulum Merdeka, ibu asrama, dan pelatih. Pendekatan penelitian yang digunakan meliputi wawancara menyeluruh, observasi cermat, dan dokumentasi cermat. Berdasarkan penelitian, SMA Negeri Ragunan telah menyelesaikan Tahap Desain implementasi kurikulum, tetapi masih ada peluang untuk perbaikan dalam pengelolaan dan pengaturan implementasi Kurikulum Merdeka. Selama Tahap Instalasi, sekolah berupaya memenuhi kebutuhan dan kompetensi guru sekaligus melengkapi infrastruktur yang masih dibutuhkan. Dalam tahap pertama dari empat tahap yang membentuk implementasi Kurikulum Merdeka, yaitu "proses", Anda akan menemukan hal-hal seperti perencanaan dan mengatasi kendala; pada yang kedua, "produk," Anda akan melihat apa yang terjadi ketika Kurikulum Independen tidak dijalankan dengan sempurna.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 5 (2025): On Progress Vol 7, No 4 (2025): Agustus Vol 7, No 2 (2025): In Press Vol 7, No 1 (2025): February Vol 6, No 6 (2024): December Vol 6, No 5 (2024) Vol 6, No 4 (2024) Vol 6, No 3 (2024) Vol 6, No 2 (2024): In Press Vol 6, No 2 (2024) Vol 6, No 1 (2024) Vol 5, No 6 (2023) Vol 5, No 6 (2023): December Vol 5, No 5 (2023) Vol 5, No 5 (2023): October Vol 5, No 4 (2023) Vol 5, No 4 (2023): August Vol 5, No 3 (2023): June Vol 5, No 3 (2023) Vol 5, No 2 (2023): April Vol 5, No 2 (2023) Vol 5, No 1 (2023) Vol 5, No 1 (2023): February Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346 Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400 Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000 Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200 Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600 Vol 4, No 6 (2022): December 2022 Vol 4, No 6 (2022) Vol 4, No 5 (2022) Vol 4, No 4 (2022) Vol 4, No 3 (2022) Vol 4, No 2 (2022) Vol 4, No 1 (2022) Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500 Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500 Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382 Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091 Vol 3, No 2 (2021): April Pages 250-630 Vol 3, No 1 (2021): February, Pages 1-260 Vol 3, No 6 (2021) Vol 3, No 5 (2021) Vol 3, No 4 (2021) Vol 3, No 3 (2021) Vol 3, No 2 (2021) Vol 3, No 1 (2021) Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250 Vol 2, No 2 (2020): August, Pages 113-214 Vol 2, No 1 (2020): April, Pages 1-112 Vol 2, No 2 (2020) Vol 2, No 1 (2020) Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137 Vol 1, No 2 (2019): August Pages 56-96 Vol 1, No 1 (2019): April, Pages 1-55 Vol 1, No 3 (2019) Vol 1, No 2 (2019) Vol 1, No 1 (2019) More Issue