EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Articles
20 Documents
Search results for
, issue
"Vol 7, No 1 (2025): February"
:
20 Documents
clear
Analisis Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XII Sekolah Menegah Kejuruan
Sunarti, Sunarti;
Suherman, Suherman;
Rusdiyani, Isti
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2025): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v7i1.7978
Penelitian ini menganalisis kesiapan berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri 3 Kabupaten Tangerang. Latar belakangnya mencakup tantangan lulusan SMK dalam mendapatkan pekerjaan akibat ketidakseimbangan antara jumlah pencari kerja dan peluang yang tersedia. Penelitian bertujuan memahami proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, serta faktor pendukung dan penghambat kesiapan berwirausaha siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif. Kebaruan penelitian ini adalah fokus pada pengembangan program kewirausahaan berbasis praktik nyata untuk menjawab tantangan lulusan SMK di era pascapandemi. Hasil menunjukkan perencanaan melibatkan Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa dengan dukungan kebijakan yang memadai. Pengorganisasian tugas dan alokasi sumber daya berjalan efektif, sementara pelaksanaan kegiatan berorientasi pada penerapan teori kewirausahaan dalam praktik seperti simulasi bisnis. Pengawasan memastikan program berjalan sesuai rencana, dan evaluasi digunakan untuk perbaikan program. Faktor pendukung meliputi motivasi siswa, pelatihan relevan, dan dukungan sekolah serta industri, sedangkan faktor penghambat mencakup keterbatasan sumber daya dan pengalaman praktik. Solusi yang diusulkan adalah peningkatan pelatihan berbasis praktik, pembinaan berkelanjutan, dan perluasan jaringan kerjasama. Survei internal menunjukkan 75% siswa merasa siap berwirausaha.
Pengembangan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Hidrokarbon di SMK Fase E
Rahmadoni, Gifran Noval;
Aini, Syamsi
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2025): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v7i1.7938
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi hidrokarbon untuk SMK Fase E, jurusan Teknik Kimia Industri (TKI) di SMTI Padang. Masalah yang dihadapi adalah peserta didik kesulitan memahami materi hidrokarbon yang bersifat abstrak dan belum tersedianya bahan ajar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D, meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate.Uji validitas dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan tiga orang guru DDTKI SMTI Padang. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru DDTKI dan 22 orang peserta didik fase F SMTI Padang. Instrumen yang digunakan berupa angket wawancara, validitas, dan praktikalitas. Hasil analisis validitas menghasilkan nilai rata-rata sebesar 0,88 yang tergolong valid. Hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa e-LKPD sangat praktis dengan nilai rata-rata 92,78% dari guru dan 92,59% dari peserta didik. Dengan demikian, e-LKPD berbasis PBL pada materi hidrokarbon untuk SMK fase E dinyatakan valid dan sangat praktis
Pendidikan Moderasi Beragama dalam Menangkal Radikalisme: Perspektif Al-Qur’an
Hasanah, Uswatun;
Raya, Ahmad Thib;
Saihu, Made
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2025): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v7i1.7995
Radikalisme di perguruan tinggi merupakan tantangan serius yang mengancam keberlanjutan kehidupan berbangsa dan bernegara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan moderasi beragama dalam menangkal radikalisme di Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui integrasi pendekatan Iceberg Theory dan Theory U dalam perspektif Al-Qur’an. Penelitian ini mengisi gap pada kurangnya kajian holistik yang menggabungkan teori psikososial dan perspektif Islam dalam merancang strategi pendidikan anti-radikalisme. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan fenomenologi melalui observasi partisipatif. Temuan utama menunjukkan bahwa radikalisme di kalangan mahasiswa dapat diminimalkan melalui penguatan nalar moderasi beragama yang terintegrasi dalam mata kuliah Agama dan Etika Islam. Pendekatan Iceberg Theory efektif dalam mengidentifikasi akar permasalahan yang tersembunyi, sementara Theory U memberikan panduan untuk merancang solusi inovatif yang mampu mengubah pola pikir mahasiswa secara mendalam. Penelitian ini memberikan kontribusi baru dengan merekomendasikan rekonseptualisasi kurikulum berbasis nilai-nilai moderasi beragama yang lebih eksplisit dan terstruktur. Implementasi ini berpotensi menciptakan pribadi yang tidak hanya kuat secara spiritual, tetapi juga harmonis dalam hubungan sosial. Selain itu, penelitian ini menawarkan panduan praktis bagi institusi pendidikan tinggi untuk mengintegrasikan pendekatan ini ke dalam kebijakan pembelajaran, sehingga menghasilkan generasi muda yang moderat dan toleran. Rekomendasi praktis mencakup penyusunan modul pembelajaran yang menekankan nilai moderasi beragama, pelatihan khusus bagi dosen, dan kolaborasi dengan komunitas lintas agama untuk memperkuat pemahaman inklusif dalam kehidupan kampus.
Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal DIY untuk Siswa Sekolah Dasar
Sumardi, Sumardi;
Putro, Ahmad Agung Yuwono;
Amini, Mukti
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2025): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v7i1.7949
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa buku saku kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan bahan ajar ini didasarkan pada kebutuhan siswa dan guru terhadap sumber belajar yang lebih kontekstual, ringan, dan mudah diakses. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Proses penelitian meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi, uji lapangan, dan finalisasi produk. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar buku saku ini masuk dalam kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Uji coba terbatas dan uji lapangan melibatkan siswa dan guru dari beberapa sekolah dasar di Gugus 3 Kapanewon Piyungan, Bantul. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan buku saku kearifan lokal DIY dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang budaya dan kearifan lokal, serta memberikan kemudahan dalam pembelajaran. Kesimpulannya, pengembangan bahan ajar ini memberikan kontribusi positif terhadap penguatan karakter dan pemahaman siswa mengenai nilai-nilai budaya lokal dalam pendidikan dasar. Kata kunci: Buku saku, Kearifan lokal, Pembelajaran SD
Hubungan Peran Kepala Sekolah dan Partisipasi Guru MGMP terhadap Kompetensi Kepribadian Guru PJOK SMK
Muslim, Muslim;
Hanafi, Syadeli;
Sholih, Sholih
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2025): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v7i1.7979
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara peran kepala sekolah dan partisipasi guru dalam MGMP terhadap kompetensi kepribadian guru PJOK SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif untuk menganalisis hubungan antar variabel. Pengujian statistik dilakukan menggunakan regresi, uji t, dan uji F untuk menguji hubungan dan signifikansi variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara peran kepala sekolah dengan kompetensi kepribadian guru, dengan nilai koefisien korelasi positif sebesar 0.527 dan uji signifikan parsial t hitung sebesar 4.205; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara partisipasi guru dalam MGMP dengan kompetensi kepribadian guru, dengan nilai koefisien korelasi positif sebesar 0.847 dan uji signifikan parsial t hitung sebesar 9.024; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara peran kepala sekolah dan partisipasi guru dalam MGMP secara bersama-sama dengan kompetensi kepribadian guru, dengan nilai koefisien korelasi berganda positif sebesar 0.878 dan uji signifikansi F hitung sebesar 63.661. Hasil ini menunjukkan bahwa kepala sekolah dan MGMP berperan signifikan dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru PJOK. Oleh karena itu, diperlukan strategi peningkatan peran kepala sekolah dan partisipasi aktif guru dalam MGMP untuk memperkuat kompetensi kepribadian guru.
Pendekatan Sistematis dalam Perencanaan Jaminan Mutu Pendidikan: Studi Kasus di Sekolah Dasar
Mahasina, Muhammad Ghoris Arkan;
Mujahidin, Endin;
Andriana, Nesia
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2025): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v7i1.7941
Penjaminan mutu pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga sekolah atau madrasah. Sistem penjaminan mutu pendidikan memungkinkan para pemangku kepentingan untuk menilai kualitas lembaga pendidikan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep perencanaan jaminan mutu di SD Al Husna. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan jaminan mutu di SD Al Husna telah dilakukan secara baik dan sistematis. Hal ini terlihat dari pelaksanaan standar pendidikan yang terintegrasi mencakup kurikulum, pembelajaran, penilaian, serta sarana dan prasarana. Proses tersebut menjadi landasan penting dalam memastikan kualitas pendidikan yang tinggi dan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan dampak penting terhadap pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan, khususnya dalam pengelolaan mutu di tingkat sekolah dasar. Temuan ini dapat menjadi model bagi institusi pendidikan lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendekatan perencanaan yang strategis dan kolaboratif. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti perlunya sinergi antara pihak sekolah dan pemangku kepentingan untuk mendukung keberlanjutan peningkatan mutu pendidikan sesuai standar nasional.
Moderasi Beragama dalam Perspektif Mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri melalui Budaya Lokal
Lopis, Yorhans S
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2025): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v7i1.8000
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis pandangan mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang tentang moderasi beragama dalam konteks budaya lokal Nusa Tenggara Timur. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 50 mahasiswa dari berbagai fakultas dan angkatan melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa IAKN Kupang memandang moderasi beragama sebagai nilai yang telah terintegrasi dalam budaya lokal setempat seperti ritual "Saut Saut" dan tradisi "Bua Gae". Mereka mengidentifikasi elemen-elemen budaya lokal yang mempromosikan toleransi, dialog antar iman, dan hidup berdampingan secara harmonis. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa mahasiswa menyadari tantangan dalam mempertahankan moderasi beragama di tengah arus modernisasi dan pengaruh eksternal. Sebagai implikasi, diperlukan penguatan kurikulum pendidikan agama yang mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal dan moderasi beragama, serta pengembangan program kemahasiswaan yang mendorong dialog lintas agama dan budaya. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang peran institusi pendidikan tinggi keagamaan dalam membangun pemahaman moderasi beragama yang berakar pada kearifan lokal.
Pengembangan Modul Pembelajaran Aksara Jawa untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa SD
Pratiwi, Yuni;
Putro, Ahmad Agung Yuwono;
Amini, Mukti
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2025): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v7i1.7950
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas modul pembelajaran Aksara Jawa bagi siswa kelas V SD Negeri Bangunharjo, Sewon. Modul ini dikembangkan sebagai solusi atas keterbatasan sumber belajar yang ada serta rendahnya minat dan pemahaman siswa dalam membaca dan menulis Aksara Jawa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Uji coba dilakukan dalam tiga tahap, yaitu uji coba awal dengan 6 siswa dan 2 guru, uji coba lapangan utama dengan 12 siswa dan 2 guru, serta uji coba operasional dengan lebih banyak siswa untuk menguji efektivitas secara lebih luas. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa modul pembelajaran ini memperoleh skor rata-rata 85,94% dari ahli materi dan 88,20% dari ahli media, yang masuk dalam kategori "sangat valid." Uji coba lapangan menunjukkan bahwa penggunaan modul ini meningkatkan pemahaman siswa tentang Aksara Jawa dengan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 0,92 berdasarkan skala Guttman. Hasil ini menunjukkan bahwa modul ini lebih efektif dibandingkan metode konvensional yang masih mengandalkan hafalan dan buku teks tanpa media pendukung yang menarik. Selain itu, guru juga memberikan respons positif, dengan 96,15% menyatakan bahwa modul ini sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa modul pembelajaran Aksara Jawa dapat menjadi alternatif bahan ajar yang efektif dan menarik bagi siswa Sekolah Dasar. Oleh karena itu, integrasi modul ini dalam pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah dasar dapat menjadi strategi yang tepat untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis Aksara Jawa.
Adaptasi Psychological Well-Being Short Scale pada Mahasiswa
Humaidah, Ananda;
Mulyono, Rachmat
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2025): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v7i1.7990
Perkembangan penelitian psychological well-being di Indonesia, cenderung mempunyai keterbatasan dalam alat ukur. Hal ini dikarenakan belum adanya adaptasi skala psychological well-being versi short scale di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi alat ukur Ryff Psychological Well-being versi short-scale. Penelitian ini menggunakan enam dimensi dalam psychological well-being yaitu penerimaan, kemandirian, hubungan positif dengan individu lain, penguasaan lingkungan, tujuan hidup, pertumbuhan pribadi dengan jumlah 18 item versi short scale. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 439 mahasiswa. Analisis faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA) menggunakan bantuan software Mplus 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model skala fit (RMSEA = 0.06) mengukur psychological well-being dan semua item memiliki nilai t > 1.96, tergolong valid. Implikasi penelitian ini adalah alat ukur psychological well-being versi short scale dapat digunakan untuk mengukur variabel psychological well-being pada penelitian selanjutnya.
Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Siswa dalam Pembelajaran IPAS di SD
Susanti, Novita Dwi;
Hayati, Kulsum Nur;
Widiasih, Widiasih
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2025): February
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v7i1.7945
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas e-modul berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar dan penguatan karakter siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Uji validasi oleh ahli menunjukkan bahwa e-modul memenuhi kriteria kelayakan tinggi dari aspek materi, media, dan desain instruksional. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa e-modul praktis digunakan dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata angket respon siswa dan guru yang tinggi. Analisis statistik menggunakan uji N-gain dan t-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penggunaan e-modul ini. Selain itu, hasil observasi menunjukkan adanya penguatan karakter siswa, khususnya dalam aspek gotong royong dan kemandirian. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar e-modul ini diuji dalam jangka waktu yang lebih panjang serta dikembangkan dengan fitur interaktif tambahan untuk meningkatkan efektivitasnya.