cover
Contact Name
Purniadi Putra
Contact Email
putrapurniadi@gmail.com
Phone
+6285252101729
Journal Mail Official
jipsi199@gmail.com
Editorial Address
Jalan Dusun Turusan Desa Lorong Kecamatan Sambas Perumahan Lorong Asri , Kab. Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, 7946
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial
Published by CV putra publisher
ISSN : 28292723     EISSN : 28292723     DOI : -
he focus of this JIPSI journal is based on the results of educational research that contributes to the understanding, improvement, development of scientific theories and concepts and their application to education in Indonesia. The scope of education includes educational administration, guidance, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, Islamic religious education, non-formal education, special education, and psychology. Meanwhile, the scope of the study specifically for social issues is to publish the results of studies in the following fields; Anthropology, Sociology, History, Politics, Economics, Education, Culture, Psychology, Management, Arts, Linguistics, and Law
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2025): Juli" : 18 Documents clear
Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas XI MPLB SMK PGRI PEKANBARU Pada Mata Pelajaran PKK (Projek, Kreatif Dan Kewirausahaan) Melalui Model Project Based Learning Gani Haryana; Iswandi; Mariana Tarihoran; Renny Marina Aritonang; Nadia Susanti; Titin Rahayu; Anjeli
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2025): Juli
Publisher : CV Putra Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58540/jipsi.v4i2.855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) di kelas XI MPLB SMK PGRI Pekanbaru pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada tingkat kreativitas peserta didik, yaitu dari 71,62% pada siklus pertama menjadi 84,4% pada siklus kedua, dengan selisih peningkatan sebesar 19,67%. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning efektif dalam mendorong pengembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek. Dengan demikian, model PjBL dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang relevan dan kontekstual dalam mendukung capaian kompetensi pada mata pelajaran PKK di tingkat pendidikan kejuruan.
Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI-12 di SMA Negeri 8 Pekanbaru Caska; Leni Rosmita; Cah Dayani Saragih; Rahmayani; Risa Oktaviona; Yosi Sefrina
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2025): Juli
Publisher : CV Putra Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58540/jipsi.v4i2.856

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi jurnal umum dalam perusahaan jasa. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-12 SMA Negeri 8 Pekanbaru yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan observasi sebagai teknik utama, serta angket pengamatan sebagai teknik pendukung. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam keaktifan belajar siswa, dengan nilai ketuntasan yang semula sebesar 46% pada siklus pertama meningkat menjadi 85% pada siklus kedua. Temuan ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam membangkitkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, terutama pada materi yang bersifat aplikatif dan menuntut pemahaman konseptual. Implikasi teoritis dari penelitian ini memperkuat teori konstruktivisme yang menekankan pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam membangun pengetahuan. Sementara itu, secara praktis, penelitian ini memberikan alternatif strategi pembelajaran yang dapat diadopsi oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas interaksi dan pemahaman siswa dalam pembelajaran akuntansi di tingkat sekolah menengah.
Sintesis Literatur Tentang Manajemen Anggaran Pendidikan Dasar: Visualisasi Bibliometrik Dengan Vosviewer Teguh Trianung Djoko Susanto; Gelar Gelora Mestika; Aliya Rahmah; Aisy, Assifa Rohadatul
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2025): Juli
Publisher : CV Putra Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58540/jipsi.v4i2.862

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren literatur mengenai manajemen anggaran pendidikan di sekolah dasar negeri melalui pendekatan bibliometrik. Studi ini berupaya mengidentifikasi kesenjangan literatur dan memetakan struktur pengetahuan dalam bidang tersebut, khususnya terkait efisiensi anggaran dan perencanaan keuangan. Data diperoleh dari database Scopus menggunakan kata kunci “education”, “budget”, dan “management”, dengan kriteria inklusi berupa artikel jurnal terindeks Scopus yang diterbitkan dalam periode 2019–2025. Analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak VOSviewer dengan metode co-occurrence analysis untuk memetakan keterkaitan antar kata kunci. Hasil visualisasi menunjukkan bahwa istilah seperti “budget efficiency”, “financial planning”, “public school”, dan “elementary education” sering muncul bersama, mencerminkan fokus tematik penelitian dalam konteks pendidikan dasar negeri. Temuan ini mengungkap bahwa efisiensi manajemen anggaran erat kaitannya dengan praktik perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian anggaran yang partisipatif, transparan, dan akuntabel. Kontribusi unik dari penelitian ini terletak pada visualisasi tematik literatur manajemen anggaran di konteks sekolah dasar negeri, yang masih jarang dieksplorasi dalam kajian bibliometrik sebelumnya. Studi ini juga menutup kekosongan literatur terkait peta keilmuan yang komprehensif dalam bidang tersebut, serta memberikan implikasi penting bagi tata kelola keuangan yang lebih efektif guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan dasar.
Penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Inflasi di Kelas XI E-2 SMA Negeri 9 Pekanbaru Gusnardi; Riyantini; Leyra Rahmadhani Salman; Romauli Hutabarat; Nuraini; Duwi Lestari; Zulmahera
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2025): Juli
Publisher : CV Putra Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58540/jipsi.v4i2.865

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam memahami materi inflasi melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada kelas XI E-2 SMA Negeri 9 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Strategi pembelajaran CRT diintegrasikan dengan nilai-nilai budaya lokal Minang dan Melayu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa, guna meningkatkan keterlibatan dan pemahaman terhadap konsep ekonomi yang diajarkan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, catatan lapangan, dan refleksi siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa, ditandai dengan meningkatnya partisipasi dalam diskusi kelas, antusiasme terhadap materi pembelajaran, serta kemampuan siswa mengaitkan materi inflasi dengan konteks budaya mereka. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan pembelajaran yang responsif secara budaya efektif dalam menciptakan pembelajaran yang relevan dan bermakna, khususnya dalam konteks pendidikan ekonomi di tingkat menengah.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Projek IPAS Pada Materi Permintaan Dan Penawaran Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Kse Pada Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru Savira Fauziah; Ayu Sentani; Irma Juwita; Muvidellatul Husni; Putri Ramayana; Siska Anggreni; Lena Candra; Yulia Novita
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2025): Juli
Publisher : CV Putra Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58540/jipsi.v4i2.873

Abstract

Pembelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan membekali siswa dengan kemampuan memecahkan masalah nyata yang berkaitan dengan fenomena alam dan sosial di sekitarnya secara ilmiah. Berdasarkan hasil observasi awal di kelas X Akuntansi 1 SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar permintaan dan penawaran. Kesulitan ini disebabkan oleh rendahnya partisipasi siswa selama proses pembelajaran serta penerapan pendekatan pembelajaran konvensional yang belum mendorong keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) dalam pembelajaran Projek IPAS. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa pada materi permintaan dan penawaran, yang ditunjukkan melalui peningkatan nilai rata-rata, persentase ketuntasan belajar, serta keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi model PBL dengan pendekatan KSE dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kompetensi akademik dan sosial emosional siswa SMK.
Peningkatan Hasil Belajar Kelas XI Mengenai Kebijakan Fiskal Melalui Metode Problem Based Learning (PBL) di SMAN 15 Pekanbaru Indah Purba; Fajri; Ayu Melia; Cherly; Ega; Erwiza; Suarman; Erawati
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2025): Juli
Publisher : CV Putra Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58540/jipsi.v4i2.878

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran di era pendidikan abad ke-21 menuntut penggunaan metode yang mampu merangsang keterlibatan aktif peserta didik. Khusus pada pembelajaran ekonomi di tingkat SMA, topik mengenai kebijakan fiskal masih menjadi tantangan dalam pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pendekatan konvensional belum optimal dalam meningkatkan hasil belajar secara menyeluruh. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada kelas XI SMAN 15 Pekanbaru tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah diterapkannya model PBL, yaitu peningkatan sebesar 13,9% pada aspek kognitif, 12,49% pada aspek psikomotor, dan 10,2% pada aspek afektif antara siklus 1 dan siklus 2. Model PBL juga terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan metode PBL dapat menjadi strategi pedagogis yang tepat untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ekonomi yang kompleks. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat diterapkan secara luas dalam pembelajaran ekonomi guna meningkatkan capaian pembelajaran siswa secara holistik
Literasi Teknologi di Sekolah Dasar dalam Pendidikan STEAM Novi Marliani; Idha isnaningrum
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2025): Juli
Publisher : CV Putra Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58540/jipsi.v4i2.885

Abstract

Literasi teknologi merupakan kompetensi kunci abad ke-21 yang menuntut pendekatan pembelajaran interdisipliner dan kontekstual. Pendidikan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) menawarkan kerangka pedagogis yang integratif untuk mengembangkan literasi teknologi sejak jenjang pendidikan dasar. Artikel ini bertujuan menganalisis kontribusi pendidikan STEAM terhadap penguatan literasi teknologi berdasarkan kajian literatur dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa pendekatan STEAM efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep teknologi, keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kreativitas digital peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek dan kolaborasi lintas disiplin. Namun, implementasi di sekolah dasar masih menghadapi tantangan signifikan, seperti keterbatasan infrastruktur pendukung, kesiapan profesional guru, serta minimnya integrasi kebijakan kurikulum nasional. Untuk mengatasi hambatan tersebut, strategi yang disarankan meliputi penguatan kapasitas guru melalui pelatihan berbasis praktik, penyediaan sarana teknologi yang terjangkau, serta adopsi kurikulum adaptif yang kontekstual. Selain itu, kolaborasi antarpemangku kepentingan—termasuk institusi pendidikan, pemerintah, dan sektor swasta—diperlukan guna menciptakan ekosistem pendidikan STEAM yang inklusif dan transformatif. Kajian ini menegaskan urgensi pengembangan kebijakan pendidikan yang progresif untuk menjamin literasi teknologi sebagai fondasi kesiapan generasi muda menghadapi tantangan era digital.
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI AKL 3 Dalam Mata Pelajaran Perpajakan Melalui Media Kuis Digital Kiky Handayani; Miranti; Meisyalerita; Magdalena; Nenda; Nindi; Indah; Nursawiyah
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2025): Juli
Publisher : CV Putra Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58540/jipsi.v4i2.890

Abstract

Pendidikan berkualitas menjadi kunci dalam membentuk generasi muda yang unggul di tengah tuntutan abad ke-21. Perkembangan teknologi digital memberikan peluang signifikan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, termasuk melalui pemanfaatan media kuis interaktif berbasis aplikasi. Namun, masih terdapat keterbatasan pemanfaatan media digital dalam meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Perpajakan di tingkat SMK. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus untuk menguji efektivitas media kuis digital Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI AKL 3 SMK Negeri 1 Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik meningkat dari 85,20 sebelum tindakan menjadi 89,80 setelah penggunaan media kuis digital, yang mencerminkan peningkatan signifikan. Selain itu, ditemukan peningkatan motivasi belajar, keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran, dan pemahaman konsep perpajakan. Penerapan media kuis digital juga mendorong antusiasme peserta didik untuk belajar secara mandiri dan kolaboratif. Oleh karena itu, integrasi media kuis digital dalam proses pembelajaran sangat direkomendasikan sebagai strategi inovatif untuk meningkatkan hasil belajar dan mendukung pembelajaran aktif yang relevan dengan era digital.
Implementasi Nilai-Nilai Keadilan Sosial Dalam Pendidikan Islam: Tantangan dan Peluang Nauval Satria Pratama; Faza Sabila Firdaus; Raihanna Zahwa; Dika Putra Madya; Abdul Fadhil
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2025): Juli
Publisher : CV Putra Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58540/jipsi.v4i2.943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren literatur mengenai manajemen anggaran pendidikan di sekolah dasar negeri melalui pendekatan bibliometrik. Studi ini berupaya mengidentifikasi kesenjangan literatur dan memetakan struktur pengetahuan dalam bidang tersebut, khususnya terkait efisiensi anggaran dan perencanaan keuangan. Data diperoleh dari database Scopus menggunakan kata kunci “education”, “budget”, dan “management”, dengan kriteria inklusi berupa artikel jurnal terindeks Scopus yang diterbitkan dalam periode 2019–2025. Analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak VOSviewer dengan metode co-occurrence analysis untuk memetakan keterkaitan antar kata kunci. Hasil visualisasi menunjukkan bahwa istilah seperti “budget efficiency”, “financial planning”, “public school”, dan “elementary education” sering muncul bersama, mencerminkan fokus tematik penelitian dalam konteks pendidikan dasar negeri. Temuan ini mengungkap bahwa efisiensi manajemen anggaran erat kaitannya dengan praktik perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian anggaran yang partisipatif, transparan, dan akuntabel. Kontribusi unik dari penelitian ini terletak pada visualisasi tematik literatur manajemen anggaran di konteks sekolah dasar negeri, yang masih jarang dieksplorasi dalam kajian bibliometrik sebelumnya. Studi ini juga menutup kekosongan literatur terkait peta keilmuan yang komprehensif dalam bidang tersebut, serta memberikan implikasi penting bagi tata kelola keuangan yang lebih efektif guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan dasar.
Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Solidaritas Sosial: Telaah Teori Fungsionalisme Mohammad Dzaky Zaidan; Al Bani Ridho Pratama; Alfina Meiza Fasya; Muhammad Hanif Fadhilah; Abdul Fadhil
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 (2025): Juli
Publisher : CV Putra Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58540/jipsi.v4i2.946

Abstract

Di tengah tantangan erosi solidaritas sosial, Pendidikan Islam seringkali dipandang berperan penting dalam menjaga kohesi masyarakat. Berangkat dari latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara sistematis bagaimana ajaran dan praktik dalam Pendidikan Islam berfungsi membangun solidaritas sosial melalui pendekatan Teori Fungsionalisme. Menggunakan metode studi pustaka kualitatif, penelitian ini mengkaji berbagai sumber data primer dan sekunder, termasuk literatur teoretis mengenai Fungsionalisme, Pendidikan Islam, serta artikel penelitian yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa elemen-elemen inti seperti ukhuwah Islamiyah, ta’awun, dan kegiatan kolektif secara fungsional bertindak sebagai mekanisme efektif untuk menanamkan kesadaran kolektif, memfasilitasi integrasi, dan mensosialisasikan nilai bersama. Kontribusi utama penelitian ini adalah menyediakan kerangka analisis sosiologis yang menjelaskan bagaimana institusi Pendidikan Islam secara sistematis menjalankan fungsi esensial seperti transmisi nilai dan penguatan ikatan sosial dalam memelihara stabilitas dan kohesi masyarakat, melampaui pemahaman deskriptif konvensional

Page 1 of 2 | Total Record : 18