cover
Contact Name
I GST AYU EKA DAMAYANTHI
Contact Email
eebunud@gmail.com
Phone
+62 812-3768-5227
Journal Mail Official
eebunud@unud.ac.id
Editorial Address
Jl. P.B. Sudirman, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80112
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : -     EISSN : 23373067     DOI : https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v14.i04
Core Subject : Economy, Education,
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (EEB) is an electronic scientific journal that publishes the results of economic and business studies. EEB is published periodically every month with an online format. EEB Editor receives written results of studies in the fields of economics, management, and accounting, both empirical and theoretical studies which are analyzed qualitatively and quantitatively and have never and will not be published in other media. The incoming script will be evaluated and edited for uniformity of formats, terms and other procedures according to the style of the environment that applies to the E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Volume 02. No.03. Tahun 2013" : 4 Documents clear
PENGARUH JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN, PAJAK HIBURAN, PAJAK HOTEL DAN RESTORAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN GIANYAR Ni Nyoman Suartini; Made Suyana Utama
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Volume 02. No.03. Tahun 2013
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.451 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara serempak dan parsial jumlah kunjungan wisatawan, pajak hiburan dan PHR terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Gianyar, dan mengetahui pengaruh dominan dari ke tiga variabel bebas terhadap PAD Kabupaten Gianyar. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder, yang selanjutnya dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan,  pajak hiburan, pajak hotel dan restoran berpengaruh signifikan terhadap PAD Kabupaten Gianyar Tahun Anggaran 1991 -2010. Dari nilai koefisien regresi terstandar menunjukkan nilai variable PHR tertinggi, maka dapat disimpulkan PHR memiliki pengaruh paling dominan  terhadap PAD Kabupaten Gianyar. Pemerintah daerah disarankan agar memperbaiki mekanisme pemungutan PHR dan melakukan pendataan ulang terhadap jumlah hotel dan restoran. Kata Kunci: jumlah kunjungan wisatawan, pajak hotel dan restoran, pajak hiburan, pendapatan asli daerah
EFEK GENDER DAN PENDIDIKAN PADA HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KINERJA KARYAWAN BPR DI KABUPATEN GIANYAR KOMANG TRI AYU RISTAMI
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Volume 02. No.03. Tahun 2013
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (50.22 KB)

Abstract

ABSTRAK Bank Perkreditan Rakyat yang diangkat sebagai objek penelitian di Kabupaten Gianyar  menunjukkan pencapaian kinerja yang berbeda. Survei awal menemukan bahwa tingkat pendidikan karyawan dari keempat  BPR tesebut lebih banyak terdiri dari tamatan SMU dibandingkan sarjana maupun diploma dan karyawan jenis kelamin perempuan lebih banyak dibandingkan karyawan jenis kelamin laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan yang ada di ke empat BPR, pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan laki-laki berbeda dibandingkan kinerja karyawan  perempuan dan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan pada kelompok karyawan yang memiliki perbedaan tingkat pendidikan dan jenis kelamin. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan metode analisis ANOVA factorial univariat dengan 122 responden yaitu seluruh karyawan ke empat BPR tersebut. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil analisis juga menyatakan bahwa pendidikan dan gender sebagai moderator efek kecerdasan emosional berpengaruh  signifikan terhadap kinerja. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan perlu menerapkan  kecerdasan emosional sebagai kriteria seleksi karyawan baru. Sebaiknya perusahaan memprioritaskan calon karyawan yang memiliki kecerdasan emosional tinggi. Kata kunci: kecerdasan emosional,gender,tingkat pendidikan,kinerja.  
FORMULASI STRATEGI PEMASARAN SIMPANG INN HOTEL KUTA-BALI I Ketut Aryanata
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Volume 02. No.03. Tahun 2013
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.336 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran hotel Simpang Inn pada masa sekarang dan pada masa mendatang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 14 orang yang berasal dari manajemen Simpang Inn Hotel Kuta-Bali dengan menggunakan teknik sensus. Penelitian ini diuji dengan analisis SWOT dan Matrik Internal Ekasternal. Berdasarkan analisis terhadap lingkungan eksternal, diperoleh nilai sebesar 3,81 dan nilai lingkungan internal sebesar 3,99. Pada masa mendatang posisi Simpang Inn Hotel Kuta-Bali pada matrik IFAS dan EFAS berada pada Sel I yaitu pada posisi tumbuh dan kembangkan atau berada pada kompetitif pasar yang sangat kuat (competitive high market share) dalam bisnis perhotelan yang berdaya saing tinggi. Jadi formulasi strategi pemasaran yang memadai diterapkan adalah dengan melakukan pengembangan produk seperti membuat paket hari raya keagamaan dengan harga yang lebih kompetitif dan lebih variatif sehingga dapat memenuhi semua pangsa pasar. Pengembangan produk dapat dilakukan dengan diversifikasi produk dan modifikasi produk sehingga semua pasar dapat terlayani. Untuk pengembangan pasar dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan travel agent-travel agent yang ada di Bali dan juga diluar Bali, agar produk dan keberadaan Simpang Inn Hotel Kuta-Bali dapat diketahui di Bali dan luar Bali.   Kata Kunci           : Formulasi strategi pemasaran,Analisis SWOT, Matrik IE, Hotel
PENGARUH IOS, LEVERAGE, DAN DIVIDEND YIELD TERHADAP PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN SEKTOR MANUFAKTUR DI BEI Ni Gst. A. Pt. Silka Pratiska
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Volume 02. No.03. Tahun 2013
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.418 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji signifikansi pengaruh IOS, leverage, dan dividend yield secara parsial terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan, baik pengaruh langsung, tidak langsung, serta pengaruh totalnya. Sampel yang digunakan adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang membagikan dividen untuk periode pengamatan 2009 sampai 2011 dengan jumlah 34 perusahaan yang dikumpulkan melalui purposive sampling. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Penelitian ini menemukan bahwa : (1) hanya variabel IOS dan profitabilitas yang secara signifikan mempengaruhi nilai perusahaan, sedangkan variabel leverage dan dividend yield tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) Leverage terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan, sedangkan IOS dan dividend yield tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas. (3) Investment Opportunity Set sebagai indikator untuk pengklasifikasian  karakteristik perusahaan, tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap leverage dan dividend yield. (4) Profitabilitas merupakan variabel intervening pengaruh tidak langsung Leverage terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : Nilai perusahaan, profitabilitas, IOS, leverage, dividend yield  

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue VOLUME.14.NO.04.TAHUN.2025 VOLUME.14.NO.03.TAHUN.2025 VOLUME.14.NO.02.TAHUN.2025 VOLUME.14.NO.01.TAHUN.2025 VOLUME.13.NO.12.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.11.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.10.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.09.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.08.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.07.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.06.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.05.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.04.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.03.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.02.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.01.TAHUN.2024 VOLUME.12.NO.12.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.11.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.10.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.09.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.08.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.07.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.06.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.05.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.04.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.03.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.02.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.01.TAHUN.2023 VOLUME.11.NO.12.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.11.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.10.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.09.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.08.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.07.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.06.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.05.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.04.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.03.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.02.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.01.TAHUN.2022 VOLUME.10.NO.12.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.11.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.10.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.09.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.08.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.07.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.06.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.05.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.04.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.03.TAHUN. 2021 VOLUME.10.NO.02.TAHUN. 2021 VOLUME.10.NO.01.TAHUN. 2021 VOLUME.09.N0.12.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.11.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.10.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.09.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.08.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.07.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.06.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.05.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.04.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.03.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.02.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.01.TAHUN 2020 VOLUME.08.NO.12.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.11.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.10.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.09.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.08.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.07.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.06.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.05.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.04.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.03.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.02.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.01.TAHUN 2019 VOLUME.07.NO.12.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.11.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.10.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.09.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.08.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.07.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.06.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.05.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.04.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.03.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.02.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.01.TAHUN 2018 VOLUME.06.NO.12.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.11.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.10.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.09.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.08.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.07.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.06.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.05.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.04.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.03.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.02.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.01.TAHUN 2017 VOLUME.05.NO.12.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.11.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.10.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.09.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.08. TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.07. TAHUN 2016 VOLUME 05.NO.06. TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.05.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.04.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.03.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.02.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.01.TAHUN 2016 VOLUME 04.NO.12.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.11.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.10.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.09.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.08.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.07.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.06.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.05.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.04.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.03.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.02.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.01.TAHUN 2015 VOLUME 03.NO.12.TAHUN 2014 VOLUME 03.NO.11.TAHUN 2014 VOLUME.03.N0.02.TAHUN 2014 VOLUME.03.N0.01.TAHUN 2014 VOLUME 03.NO.10.TAHUN 2014 VOLUME 03.NO.09.TAHUN 2014 VOLUME 03.NO.08.TAHUN 2014 VOLUME 03. NO.07.TAHUN 2014 VOLUME 03.NO.06.TAHUN 2014 VOLUME.03.NO.05 TAHUN 2014 VOLUME.03.NO.04.TAHUN 2014 VOLUME.03.NO.03.TAHUN 2014 Volume.02.N0.06.Tahun 2013 Volume.02.No.12.Tahun 2013 Volume.02. No. 10. Tahun 2013 Volume.02.No.09.Tahun 2013 Volume.02.No.08.Tahun 2013 Volume.02.No.07.Tahun 2013 Volume.02.No.05.Tahun 2013 Volume.02.No.04.Tahun 2013 Volume 02. No.03. Tahun 2013 Volume 02. No.02. Tahun 2013 Volume.02.No.01.Tahun 2013. Volume 01.No.02.Tahun 2012. Volume 01.No.01.Tahun 2012. More Issue