cover
Contact Name
I GST AYU EKA DAMAYANTHI
Contact Email
eebunud@gmail.com
Phone
+62 812-3768-5227
Journal Mail Official
eebunud@unud.ac.id
Editorial Address
Jl. P.B. Sudirman, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80112
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : -     EISSN : 23373067     DOI : https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v14.i04
Core Subject : Economy, Education,
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (EEB) is an electronic scientific journal that publishes the results of economic and business studies. EEB is published periodically every month with an online format. EEB Editor receives written results of studies in the fields of economics, management, and accounting, both empirical and theoretical studies which are analyzed qualitatively and quantitatively and have never and will not be published in other media. The incoming script will be evaluated and edited for uniformity of formats, terms and other procedures according to the style of the environment that applies to the E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Volume.02.No.07.Tahun 2013" : 4 Documents clear
Analisis Potensi Retribusi, Efektivitas, Efisiensi serta Kinerja Pelayanan Tera dan Tera Ulang pada Unit Pelaksana Teknis Metrologi I Dewa Komang Ary Gunartha
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Volume.02.No.07.Tahun 2013
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.187 KB)

Abstract

ANALISIS POTENSI RETRIBUSI,EFEKTIFITAS,EFISIENSI DAN KINERJA PELAYANAN TERA DAN TERA ULANG PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS METROLOGI PROVINSI BALI I Dewa Komang Ary Gunartha Nyoman Djinar Setiawina e-mail : aidewaary@yahoo.com Fakultas Ekonomi Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia ABSTRAK Pemerintah Provinsi Bali berusaha menjaga kepastian nilai pengukurannya alat Ukur,Takar,Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) serta menghindari berbagai kecurangan yang terjadi dalam bertransaksi di masyarakat. Pemerintah Provinsi Bali mempunyai kewajiban memberikan pelayanan tera dan tera ulang melalui Unit Pelaksana Teknis Metrologi. Instansi ini dengan berbagai upaya memberikan pelayanan yang terbaik serta meningkatkan penerimaan retribusi namun perkembangan dari tahun 2008 sampai 2012 kurang mengembirakan, jumlah masyarakat yang terlayani serta penerimaan retribusi mengalami penurunan, khususnya pada tahun 2010 penerimaan retribusi hanya sekitar Rp.84 jt atau 30 persen dari target yang ditentukan. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi dan kerjasama semua pihak untuk meningkatkan kinerja instansi ini secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potensi retribusi pelayanan tera atau tera ulang sehingga ini dapat dilihat kinerja instansi pemungut dari sisi finansial dan sisi non finansial dengan mengetahui efektivitas dan efisiensi pelaksanaa kegiatan tera ulang ini serta kinerja pelayanan tera ulang dimasyarakat.Sumber data yang digunakan meliputi data primer yang didapat dengan pengisian data kuisioner pada masyarakat yang telah mendapatkan pelayanan serta data sekunder dari Pemerintah Provinsi Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner,wawancara serta pustaka sedangkan alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis komparatif dengan metode CPI dan metode CCER. dan dengan kriteria efektivitas standar pelayanan. Hasil penelitian ini terdapat potensi retribusi pelayanan tera ulang yang belum dipungut Tahun 2010 dari bulan Agustus sampai Bulan Desember sebesar Rp.60.704.850 sebagai akibat belum adanya Peraturan Daerah yang mengatur tentang retribusi secara keseluruhan. Selanjutnya tingkat efektivitas pada pelaksanaan kegiatan tera atau tera ulang kurun waktu Tahun 2008 sampai dengan 2012 rata–rata sebesar 126,20 persen yang dikategorikan sangat efektif karena realisasi penerimaan retribusi melampui target yang ditetapkan, dan tingkat efisiensi dari pelaksaan kegiatan pelayanan tera atau tera ulang rata-rata sebesar 114,4 persen dimana termasuk kategori tidak efisien. Sedangkan Kinerja pelayanan tera ulang oleh Unit Pelaksana Teknis Metrologi dari 14 variabel yang merupakan indikator kepuasan pelanggan dikategorikan cukup efektif. Untuk meningkatkan retribusi dari pelayanan tera ulang hendaknya semua instansi terkait bekerja profesional serta berkoordinasi dengan baik.Nantinya ke depan ada kebijakan untuk mengetahui potensi sebenarnya dengan mendata terlebih dahulu seluruh UTTP yang ada di Provinsi Bali. Pengawasan serta penegakan hukum yang tegas serta secara kontinyu, sesuai aturan yang berlaku dan Efektifitas,Efisiensi serta Kinerja Instansi terus ditingkatkan dengan evaluasi secara berkala sehingga pelayanan serta peningkatan retribusi berjalan seiring. Kata Kunci: Potensi,Retribusi, Efektivitas, Efisiensi, Kinerja, Tera. THE ANALYSIS OF RETRIBUTION POTENCY, EFFECTIVENESS, EFFICIENCY AND PERFORMANCE OF CALIBRATION AND RE-CALIBRATION AT IMPLEMENTOR UNITED OF METROLOGY TECHNICAL ABSTRACT To maintain certainty of the measurement value of measuring instrument, measure, weight and appliance (UTTP) and avoid any fraud in the transaction the government of Bali Province has an obligation to provide calibration and re-calibration service through implementor unit of metrology technical. These agency with an any effort to provide the best service and increase revenue of levy but the development from 2008 upto 2012 was less encourage, the number of people served and admission levy was decreased, especially in the year of 2010 levy receipts only about Rp.84 million or 30 percent of the target specified. It is necessary for evaluation and cooperation of all parties in order to improve overall performance of the agency. The aim of this study is to find out how the potency retribution of calibration or re-calibration service so that it can be seen the performance of collectors from the financial and non-financial side by find out effectiveness and efficiency of re-calibration implementation and re-calibration service performance in the public. Source of data have been used primary data that obtained by filling in the questionnaire on the people who have been getting services and secondary data from the Government of Bali province. Data collection methods were questionnaires, interviews and literature while the analysis tool were descriptive analysis, comparative analysis by the CPI method and CCER method and the effectiveness of service standard criteria. Results of this study showed there were potency of re-calibration service charges that have not been collected in 2010 from August upto December were Rp.60.704.850 as result of lack of local regulation that governing the levy as a whole. Then level of effectiveness in the implementation of calibration or re-calibration period of 2008 upto 2012 have average of 126.20 per cent and categorized very effective because realization of levy receipts exceed the target specified, and the level of efficiency of implementation of service of calibration or re-calibration by average of 114.4 per cent it is not efficient category. While the performance of re-calibration service by the implementor unit of metrologi technical from 14 variables which as indicators of customer satisfaction was quite effective category. To improve the levy of re-calibration service should all relevant agency to work professionals as well as good coordinating. For the future there will exist a policy to know the actual potency by record prior all UTTP that exist in the province of Bali. Supervision and strict law enforcement and continuously, according to the rules and effectiveness, efficiency and agency performance continually improved by regular evaluation and improvement levy that service go hand in hand. Keywords: Potency, Retribution, Effectiveness, Efficiency, Performance, Calibration.
LINGKUNGAN KERJA, STRES, KONFLIK: PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA KARYAWAN KANTOR PUSAT PT. BANK SINAR HARAPAN BALI Putu Eka Vidya Jayani Putri
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Volume.02.No.07.Tahun 2013
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.756 KB)

Abstract

ABSTRAK   Motivasi dan kinerja karyawan dapat dipengaruhi oleh lingkungan kerja, Stres dan konflik antar karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja, stres dan konflik antar karyawan terhadap motivasi dan kinerja karyawan Kantor pusat, PT.Bank Sinar Harapan Bali (Bank Sinar). Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Kantor pusat, Bank Sinar yang berjumlah 150 responden dengan teknik penentuan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan Teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi, stres berpengaruh negatif dan signifikan terhadap motivasi, konflik antar karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, stres berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja, konflik antar karyawan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja dan  motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Lingkungan yang kondusif, rendahnya tingkat stres dan konflik yang dapat dikendalikan akan meningkatkan motivasi dan kinerja dapat tercapai sesuai yang diharapkan.   Kata kunci: Lingkungan kerja, stres, konflik antar karyawan, motivasi dan kinerja.
Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kinerja keuangan dan Eksposur Media Pada Tingkat Pengungkapan Lingkungan Rinny Amelia Hadjoh; I Wayan Sukarta
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Volume.02.No.07.Tahun 2013
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.86 KB)

Abstract

The tendency of companies use technology increasing for achieving its high performance. Impact on using of technology that have a significant effect on the pollution damage to the environment. Role of the media in this case is important to control to the running of  company. The purpose of this study is to examine and obtain empirical evidence of the influence of firm size, financial performance and media exposure on the disclosure of environmental information in their annual reports. Sampling technique which used in this study were stratified random sampling and obtained 30 samples of firms with one hundred and fifty observations over the years 2006-2010. The analysis technique is multiple linear regression. The result of analysis describe the size of company measured by the natural logarithm of total assets and the company's financial performance has a positive effect on environmental disclosure at annual reports. On the other hand the media exposure variable has no effect on environmental disclosures at annual reports.
DAMPAK KEBIJAKAN MONETER TERHADAP PERTUMBUHAN ROA INDUSTRI PERBANKAN REGIONAL STUDI KASUS PADA PT BANK SINAR HARAPAN BALI Dewa Nyoman Gede; I Wayan Sudirman
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Volume.02.No.07.Tahun 2013
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.35 KB)

Abstract

Perkembangan industri perbankan regional di daerah Bali tidak saja bermanfaat dalam rangka peningkatan peran mediasi perbankan yang berfungsi mendorong pertumbuhan produksi dan investasi ditingkat regional, tetapi juga dapat menjadi alternative pemerataan usaha yang banyak menyerap lapangan kerja. Meskipun keberadaan industri perbankan sangat strategis sebagai agent of development ditingkat regional, namun masih menjadi permasalahan yang perlu dikaji secara lebih mendalam yaitu bahwa kebijakan moneter Bank Indonesia yang dilaksanakan berlaku umum, dapat menjadi faktor kendala dalam memperkuat pertumbuhan usaha perbankan regional. Penelitian ini memilih Bank Sinar Harapan Bali sebagai representative industri perbankan tingkat regional untuk dikaji dan dipetakan arah pertumbuhan usahanya yang terdampak dari penetapan kebijakan moneter Bank Indonesia. Pertumbuhan usaha Bank Sinar Harapan Bali ditentukan berdasarkan tolok ukur kinerja Return On Asset (ROA), yang akan dipengaruhi oleh arah kebijakan moneter Suku bunga SBI dan kebijakan moneter Giro Wajib Minimum (GWM). Kedua instrumen kebijakan SBI dan GWM adalah perangkat kebijakan moneter Bank Sentral yang akan berdampak pada kinerja usaha Bank Sinar Harapan Bali, baik melalui pengaruh langsung maupun melalui pengaruh secara tidak langsung melalui LDR dan NIM. Hasil analisis menunjukkan bahwa SBI memiliki hubungan negative dengan ROA sebesar -0.359, sedangkan GWM ditemukan positif sebesar 0.155 terhadap ROA. Hal ini menunjukkan bahwa instrument SBI berdampak menurunkan kinerja ROA, sedangkan parameter GWM berdampak positif dan searah terhadap ROA Bank Sinar Harapan Bali.  Jika dianalisis pembentukan kinerja ROA melalui kinerja variabel antara LDR dan NIM, tampak bahwa keduanya memberikan dukungan positif, sehingga apabila hubungan tidak langsung dari kebijakan moneter SBI berperan semakin menguat dimasa depan, maka dampak kinerja negative  SBI dapat direduksi melalui peran mediasi LDR dan NIM. Kebijakan Bank Indonesia dalam rangka peningkatan SBI sebagai instrumen ternyata tidak sejalan dengan kepentingan untuk menumbuhkan dan memperkuat usaha perbankan regional, hal yang mungkin berbeda dengan perbankan swasta nasional yang memiliki jaringan usaha di seluruh Indonesia dengan posii permodalan yang jauh lebih besar, serta dengan dukungan sumber daya pengelola yang lebih professional.     Kata Kunci : Kebijakan Moneter Bank Regional

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue VOLUME.14.NO.04.TAHUN.2025 VOLUME.14.NO.03.TAHUN.2025 VOLUME.14.NO.02.TAHUN.2025 VOLUME.14.NO.01.TAHUN.2025 VOLUME.13.NO.12.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.11.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.10.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.09.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.08.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.07.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.06.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.05.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.04.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.03.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.02.TAHUN.2024 VOLUME.13.NO.01.TAHUN.2024 VOLUME.12.NO.12.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.11.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.10.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.09.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.08.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.07.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.06.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.05.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.04.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.03.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.02.TAHUN.2023 VOLUME.12.NO.01.TAHUN.2023 VOLUME.11.NO.12.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.11.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.10.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.09.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.08.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.07.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.06.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.05.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.04.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.03.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.02.TAHUN.2022 VOLUME.11.NO.01.TAHUN.2022 VOLUME.10.NO.12.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.11.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.10.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.09.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.08.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.07.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.06.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.05.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.04.TAHUN.2021 VOLUME.10.NO.03.TAHUN. 2021 VOLUME.10.NO.02.TAHUN. 2021 VOLUME.10.NO.01.TAHUN. 2021 VOLUME.09.N0.12.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.11.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.10.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.09.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.08.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.07.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.06.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.05.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.04.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.03.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.02.TAHUN 2020 VOLUME.09.NO.01.TAHUN 2020 VOLUME.08.NO.12.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.11.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.10.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.09.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.08.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.07.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.06.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.05.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.04.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.03.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.02.TAHUN 2019 VOLUME.08.NO.01.TAHUN 2019 VOLUME.07.NO.12.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.11.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.10.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.09.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.08.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.07.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.06.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.05.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.04.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.03.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.02.TAHUN 2018 VOLUME.07.NO.01.TAHUN 2018 VOLUME.06.NO.12.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.11.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.10.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.09.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.08.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.07.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.06.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.05.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.04.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.03.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.02.TAHUN 2017 VOLUME.06.NO.01.TAHUN 2017 VOLUME.05.NO.12.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.11.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.10.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.09.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.08. TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.07. TAHUN 2016 VOLUME 05.NO.06. TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.05.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.04.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.03.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.02.TAHUN 2016 VOLUME.05.NO.01.TAHUN 2016 VOLUME 04.NO.12.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.11.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.10.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.09.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.08.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.07.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.06.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.05.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.04.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.03.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.02.TAHUN 2015 VOLUME 04.NO.01.TAHUN 2015 VOLUME 03.NO.12.TAHUN 2014 VOLUME 03.NO.11.TAHUN 2014 VOLUME.03.N0.02.TAHUN 2014 VOLUME.03.N0.01.TAHUN 2014 VOLUME 03.NO.10.TAHUN 2014 VOLUME 03.NO.09.TAHUN 2014 VOLUME 03.NO.08.TAHUN 2014 VOLUME 03. NO.07.TAHUN 2014 VOLUME 03.NO.06.TAHUN 2014 VOLUME.03.NO.05 TAHUN 2014 VOLUME.03.NO.04.TAHUN 2014 VOLUME.03.NO.03.TAHUN 2014 Volume.02.N0.06.Tahun 2013 Volume.02.No.12.Tahun 2013 Volume.02. No. 10. Tahun 2013 Volume.02.No.09.Tahun 2013 Volume.02.No.08.Tahun 2013 Volume.02.No.07.Tahun 2013 Volume.02.No.05.Tahun 2013 Volume.02.No.04.Tahun 2013 Volume 02. No.03. Tahun 2013 Volume 02. No.02. Tahun 2013 Volume.02.No.01.Tahun 2013. Volume 01.No.02.Tahun 2012. Volume 01.No.01.Tahun 2012. More Issue