cover
Contact Name
Muhammad Shaleh Assingkily
Contact Email
assingkily27@gmail.com
Phone
+6282363776686
Journal Mail Official
assingkily27@gmail.com
Editorial Address
Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate 20371
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27770052     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and observers in the field of Education and Social Sciences to publish their research results in our journals, articles of which are focused on, among others: 1. Development and Design of Learning in the Field of Education 2. Learning Strategies in the Field of Education 3. Evaluation of Learning in the Field of Education 4. Educational Management 5. Inclusive Education 6. Social-Based Research on Education 7. Teacher Professionalism in Education 8. Utilization of Information and Digital Technology in Education 9. Community Service in the Field of Education and Social Sciences
Articles 66 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025" : 66 Documents clear
Implementasi Kompetensi Sosial Guru PAI dalam Membentuk Karakter Islami Siswa SMP Cerdas Murni Pasaribu, Devi Yani; Matsum, Hasan; Miswar, Miswar
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v4i3.492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kompetensi sosial guru PAI dalam membentuk karakter Islami siswa di SMP Cerdas Murni. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologis. Adapun jenis penelitian ini ialah field research dengan model analisis deskriptif data. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan berpanduan pada pendapat ahli, yaitu Miles & Hubberman melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi sebagai salah satu bentuk pengecekan keabsahan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kompetensi sosial guru PAI dalam membentuk karakter Islami siswa SMP Cerdas Murni sudah cukup baik, hal ini terlihat dari komunikasi yang terjalin antara guru PAI dengan seluruh anggota masyarakat sekolah. Kompetensi sosial guru PAI di SMP Cerdas Murni sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 74 mengenai indikator kompetensi sosial guru. Melalui kompetensi sosial, terbentuklah karakter Islami pada diri siswa, yaitu religius, rendah hati, sopan santun, jujur dan peduli sosial.
Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Ramli, Yuliarti; Setiawati, Henny; Tharikh, Andi Jusman
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v4i3.494

Abstract

Aktivitas belajar yang tinggi merupakan kunci untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Peserta didik yang terlibat aktif dalam pembelajaran cenderung memiliki motivasi yang lebih tinggi, lebih mampu berpikir kritis, dan memiliki keterampilan sosial yang lebih baik. Oleh karena itu, perlu adanya pendekatan pembelajaran yang mendorong keterlibatan peserta didik secara aktif. Model pembelajaran kooperatif, khususnya Course Review Horay (CRH), menawarkan alternatif yang menarik untuk meningkatkan aktivitas belajar. Dalam model ini, peserta didik bekerja sama dalam kelompok, berbagi pengetahuan, dan mendiskusikan materi pelajaran. CRH tidak hanya membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli sampai Agustus 2023. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa aktivitas belajar peserta didik kelas XI.MIA.3 SMA Negeri 1 Parepare mengalami peningkatan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH). Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya rata-rata aktivitas peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran dari siklus I ke siklus II, yaitu 39.73% menjadi 67.68%, sedangkan aktivitas peserta didik yang tidak sesuai dengan pembelajaran mengalami penurunan dari siklus I, yaitu 18.18% menjadi 9.09% pada siklus II.
Etika Antar Orang Berilmu Menurut Imam Ibnu Katsir pada Surah Al-Kahfi ayat 66-70 dan Dampaknya dalam Kehidupan Sosial Madani, Huzaifi Al; Sibawaihi, H.; Rahman, Abdul
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v4i3.500

Abstract

Etika dalam interaksi antar orang berilmu merupakan bagian penting dalam ajaran Islam, karena ilmu adalah cahaya yang harus dijaga dan disampaikan dengan penuh hikmah dan adab yang tinggi. Etika antar sesama ulama mencakup penghormatan terhadap ilmu dan pengaktualisasiannya dalam perilaku sehari-hari. Menghormati dan memuliakan orang lain adalah cara menjaga kualitas diri dan tidak melupakan kebaikan yang telah diberikan Allah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengertian etika antara orang berilmu, menjelaskan prinsip-prinsip etika tersebut berdasarkan ajaran Al-Quran, dan menganalisis dampaknya dalam kehidupan sosial, terutama dalam konteks majlis ilmu dan interaksi sehari-hari. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, mengandalkan analisis literatur terkait tanpa survei atau observasi lapangan. Data diperoleh dari sumber primer, seperti pembahasan etika dalam Surah Al-Kahfi ayat 66-70 menurut Imam Ibnu Katsir, serta sumber sekunder seperti kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Ghazali. Temuan penelitian menunjukkan bahwa etika orang berilmu meliputi sikap rendah hati, sabar, dan menghargai sesama, serta pentingnya menjaga ilmu dan berdakwah dengan lemah lembut. Kerendahan hati dan kesabaran, seperti yang tercermin dalam kisah Nabi Musa dan Khidr, menegaskan bahwa ilmu manusia sangat terbatas dibandingkan dengan ilmu Allah. Selain itu, etika antar ulama menjadi penting dalam menjaga interaksi yang sopan dan saling menghormati, sekaligus mengingatkan bahwa praktik ajaran Islam harus mencerminkan prinsipprinsip keadilan dan kejujuran. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi penerapan etika dalam berbagai lingkungan.
Edukasi dan Pendampingan Stunting pada Masyarakat Daerah Pesisir di Desa Labengki Kadir, Abdul; Murniasi, Eri; Yusran, Sartiah; Safei, Nur Hasanah; Syamsuddin, Syamsuddin; Iswandi, Iswandi; Assingkily, Muhammad Shaleh; Putri, Noni
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v4i3.501

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah untuk mengedukasi dan pendampingan kepada masyarakat yang tinggal di daerah pesisir di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara tentang gambaran umum dan pencegahan dini terhadap bahaya stunting. Fokus pengabdian adalah pertama, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pesisir tentang pentingnya pemenuhan gizi seimbang bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak untuk mencegah stunting; kedua, untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya stunting terhadap perkembangan fisik dan kognitif anak; ketiga, untuk meningkatkan keterlibatan pemerintah daerah dan masyarakat umum dalam pengasuhan; dan keempat, untuk mendorong partisipasi pemerintah daerah dan masyarakat umum. Dalam pengabdian kepada masyarakat ini, digunakan metode community development, yaitu pendekatan yang melibatkan masyarakat secara langsung sebagai subjek dan objek kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan sebagai penerima manfaat langsung dari kegiatan tersebut. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Labengki memperoleh edukasi tentang gambaran umum stunting, yang membuat mereka lebih waspada terhadap ancaman stunting. Ini didasarkan pada apa yang kita ketahui tentang penyebab stunting, cara untuk mencegahnya, peran gizi seimbang dalam pencegahan stunting, dan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan. Pengabdian ini sangat penting dan membantu orang-orang menjalani pola hidup sehat dan mendapatkan gizi yang seimbang.
Analisis Penerapan Model Pembelajaran Beyond Centre and Circle Time dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Di RA Ulumul Qur’an Medan Kota Salsabila, Nadya; Khadijah, Khadijah; Daulay, Sholihatul Hamidah
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v4i3.502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial anak melalui model pembelajaran BCCT di RA Ulumul Qur’an Medan Kota tahun ajaran 2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), model yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan difokuskan pada kegiatan peningkatan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun. Dengan jumlah 16 peserta didik yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Subjek penelitian ini adalah kemampuan sosial anak khususnya berinteraksi, menyesuaikan diri, berperilaku baik dan bekerja sama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masingsiklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Populasi Penelitian adalah murid RA Ulumul Qur’an dengan jumlah 16 murid. Teknik pengumpulan data dengan lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian setelah diberikan tindakan I yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Beyond Center And Circle Time dari 16 anak yang diteliti terdapat 5 anak mencapai kriteria belum berkembang, 9 anak mencapai kriteria mulai berkembang dan 2 anak berkembang sesuai harapan. Pada siklus II terjadi peningkatan secara signifikan, diperoleh dari 16 anak terdapat 2 anak telah mencapai kriteria berkembang sesuai harapan (12,5%) dan 14 anak mencapai kriteria berkembang sangat baik (87,5%). Maka dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Beyond Center And Circle Time dapat meningkatkan kemampuan sosial anak usia dini di RA Ulumul Qur’an Medan Kota.
Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Self Control untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Mutiara, Mutiara; Asbi, Asbi
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v4i3.503

Abstract

Agresif adalah suatu cara untuk melawan dengan sangat kuat, berkelahi, melukai, menyerang, membunuh, atau menghukum orang lain atau secara singkatnya agresif adalah tindakan yang dimaksudkan untuk melukai orang lain ataumerusak milik orang lain. Perilaku agresif merupakan bagian dari kenakalan remaja yang perlu ditekan dan kendalikan secara bersama, baik oleh orang tua, guru, remaja itu sendiri pemerintah maupun masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku agresif siswa kelas VIII SMP Tamora Tanjung Morawa. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 7 orang siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket pemahaman dan wawancara yang sesuai dengan permasalahan self control untuk mengurangi perilaku agresif siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku agresif siswa yang awalnya cukup tinggi dan cenderung menyakiti teman-temannya sekarang sudah mulai mampu mengendalikan diri dan tidak lagi menyakiti dan melukai teman di sekolah.
Hakikat Pendidikan Multikultural: Upaya Mewujudkan Masyarakat Toleran dan Inklusif Azhari, Putri; Albina, Meyniar
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v4i3.504

Abstract

Pendidikan multikultural merupakan pendekatan dalam sistem pendidikan yang bertujuan untuk mengakomodasi dan menghargai keberagaman budaya, etnis, agama, bahasa, dan latar belakang sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengertian dan hakikat pendidikan multikultural dalam konteks pendidikan di Indonesia. Metodologi yang digunakan adalah library research atau studi pustaka, di mana data dikumpulkan dari berbagai sumber tertulis seperti buku, jurnal, artikel ilmiah, serta dokumen terkait pendidikan multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural tidak hanya mencakup pengetahuan tentang budaya-budaya lain, tetapi juga mempromosikan sikap toleransi, pemahaman lintas budaya, dan keterampilan untuk mengatasi konflik yang muncul dari perbedaan sosial. Kesimpulannya, pendidikan multikultural berperan penting dalam membentuk masyarakat yang inklusif dan adil, serta mendukung pembelajaran yang holistik dan partisipatif.
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di SDN 025266 Binjai Timur Ginting, Deasy Br; Amini, Amini; Pratiwi, Sri Nurabdiah
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v4i3.505

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Negeri 025266 Binjai Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Responden penelitian yakni kepala sekolah, guru dan siswa SD Negeri 025266 Binjai Timur. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah untuk meningkatkan minat baca di SD Negeri 025266 Binjai Timur sudah dilaksanakan melalui kegiatan atau pembiasaan yang ada di sekolah. Nilai-nilai karakter yang sudah diterapkan di SD Negeri 025266, di antaranya jujur, disiplin, tanggung jawab dan gemar membaca. Sehingga siswa sesuai karakter budaya sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa.
Akselerasi Manajemen Baitul Mal Waal Tamwil Berbasis Masjid di Kota Lhokseumawe Dan Kabupaten Aceh Barat Yusuf, Muhammad Yasir; Jalaluddin, Jalaluddin; Maulana, Hafiizh; Pranata, Eka Octavian
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v4i3.506

Abstract

Masjid sebagai lembaga keagamaan yang menjadi pusat aktivitas ibadah, memiliki potensi yang besar dalam pengembangan dan pemberdayaan umat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membangun paradigma baru tentang tata kelola masjid yang mampu menjadi sumber penghimpunan dan penyaluran pembiayaan syariah melalui akselerasi Baitul Maal waal Tamwil (BMT). Pengabdian dilakukan pada 2 (dua) wilayah strategis di Provinsi Aceh; yaitu Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Barat. Masjid yang akan menjadi sasaran dalam pengabdian ini adalah Masjid Baiturrahman Kota Lhokseumawe dan Masjid An-Nur Meulaboh. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam 4 tahapan, yaitu proses koordinasi dan komunikasi gagasan pengembangan ekonomi masjid, pemetaan/maping potensi masjid, dan pelatihan manajemen pengelolaan BMT Masjid. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan, respons dan pandangan pengurus BKM di Masjid Baiturrahman Kota Lhokseumawe dan Masjid An-Nur Meulaboh sangat baik dan membutuhkan pendampingan lanjutan untuk pengembangan unit usaha masjid. Pelatihan manajemen pengelolaan BMT Masjid menjadi landasan bagi penguatan Sumber Daya Insani pengelola unit usaha dalam akad dan keuangan syariah, mengembangkan kelembagaan BMT, dan kemampuan untuk merancang bisnis yang adaptif dengan kebutuhan jamaah.
Pengaruh Suasana, Kenyamanan, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Radiansyah, Egi; Andini, Ayu
EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober 2024-Januari 2025
Publisher : Association of Islamic Education Managers (Permapendis) Indonesia, North Sumatra Province

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56832/edu.v4i3.507

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh suasana, kenyamanan, dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen yang berkunjung ke Kalibata Coffee and Resto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan cara accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan jumlah sampel ditentukan menggunakan rumus Hair et al. (2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa suasana, kenyamanan, dan fasilitas masing-masing memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Secara keseluruhan, suasana, kenyamanan, dan fasilitas berkontribusi positif terhadap tingkat kepuasan konsumen yang berkunjung ke Kalibata Coffee and Resto. Penelitian ini memberikan wawasan baru bagi pemilik usaha dalam merancang strategi yang efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan fokus pada perbaikan ketiga faktor tersebut.