cover
Contact Name
Annisa Junaid
Contact Email
annisa.junaid@gmail.com
Phone
+6282194098257
Journal Mail Official
jilmateks@umi.ac.id
Editorial Address
Panaikang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JILMATEKS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil
ISSN : 26557266     EISSN : 26557266     DOI : https://doi.org/10.33096
Core Subject : Engineering,
JILMATEKS Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil merupakan media publikasi tulisan ilmiah yang dibentuk oleh tim pengelola jurnal Program Studi Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia untuk mempublikasikan jurnal mahasiswa(i) teknik sipil berdasarkan hasil penelitian di bawah bimbingan dan arahan para dosen Program Studi Teknik Sipil dalam menghasilkan luaran penelitian yang inovatif dan memberikan kontribusi bagi kemajuan sains dan teknologi khususnya di bidang Teknik Sipil yang meliputi Teknik Struktur, Geoteknik, Teknik Transportasi, Teknik Keairan, dan Manajemen Konstruksi.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2022" : 16 Documents clear
Pengaruh Penambahan Abu Batu Karang Terhadap Durabilitas pada Campuran Aspal Beton Miftahulkhair, Muh.; Muhlis, Muhammad Ridwan; Badaron, St. Fauziah; Alifuddin, Andi; Bulgis
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 2 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/bg795353

Abstract

Campuran lapisan aspal beton yang menggunakan bahan penyusun berupa agregat dan aspal memiliki beberapa kelemahan salah satunya yaitu memiliki rongga pada campuran yang dapat menyebabkan kerusakan jalan. Berangkat dari kelemahan tersebut, dilakukan penggunaan bahan pengisi (filler) yang diharapkan dapat mengurangi rongga dan meningkatkan kinerja pada campuran aspal beton. Upaya untuk meningkatkan kinerja perkerasan jalan salah satunya dengan melakukan sebuah inovasi dengan menambahkan abu batu karang sebagai bahan pengisi (filler). Senyawa karbonat yang terkandung pada batu karang dapat berperan sebagai bahan anti pengelupasan yang diharapkan dapat meningkatkan keawetan pada kinerja campuran beton aspal. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh penambahan abu batu karang terhadap karakteristik Marshall, durabilitas, dan deformasi campuran aspal beton. Metode Penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen terhadap pemanfaatan abu batu karang pada campuran beraspal. Dari hasil penelitian dengan penambahan abu batu karang dengan pengujian Marshall didapatkan nilai optimum pada variasi penambahan abu batu karang 6% dengan nilai stabilitas sebesar 1066,55 kg. Untuk pengujian durabilitas digunakan penambahan abu batu karang sebesar 6% dengan durasi perendaman selama 1, 2, 3, 4 hari didapatkan nilai indeks kekuatan sisa berturut-turut 94,87%, 93,51%, 88,54%, dan 64,07%.
Analisis Percepatan Durasi Pekerjaan dengan Penambahan Penggunaan Material dan Tenaga Kerja Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I. Ponre-ponre Kabupaten Bone Chandra; Hafid, Chaerul Husni; Bachmid, Sofyan; Watono; Anies , Muh Kasim
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 2 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/0fnkc030

Abstract

Keterlambatan waktu pelaksanaan proyek konstruksi menimbulkan banyak sekali kerugian, bukan hanya dari waktu, tapi juga dari segi biaya. Keterlambatan ini juga terjadi pada proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi D. I Ponre-Ponre Kab. Bone yang mengalami keterlambatan waktu pelaksanaan sebesar 3,16% akibat banyaknya kelonggaran waktu pada jadwal pelaksanaan. Salah satu upaya untuk mengatasi keterlambatan pada proyek yaitu dengan mempercepat durasi pekerjaan sehingga kelonggaran waktu bisa diminimalisir. Percepatan waktu diperlukan untuk mengatasi keterlambatan waktu salah satunya dengan mempercepat penggunaan material dan tenaga kerja. Untuk itu tujuan penelitian adalah mengetahui seberapa besar percepatan panggunaan material dan tenaga kerja. Metode penelitian yaitu dengan menggunakan network planning untuk mempercepat durasi dengan cara mempercepat penggunaan material dan tenaga kerja. Network planning awal dibuat berdasarkan data sekunder, lalu dibuat network planning hasil percepatan durasi pekerjaan dengan percepatan penggunaan material dan tenaga kerja, lalu membandingkan hasil tersebut. Dari jadwal awal durasi penyelesaian pekerjaan yaitu 271 hari kalender, sedangkan setelah dipercepat dengan metode Network Planning, durasi penyelesaian menjadi 258 hari. Proyek mengalami percepatan durasi sebesar 13 hari penyelesaian atau mengalami percepatan durasi pelaksanaan sebesar 4.8% dan disertai dengan penggunaan material dan sumber daya yang lebih efektif.
Pengujian Kuat Geser Tanah dengan Metode Langsung (Direct Shear) Terhadap Perubahan Persentase Kadar Air Iskandar, Rima Melati; Djoeddawi, Andi Arufia; Karim, Arifuddin; Alifuddin, Andi; Maruddin, Mukti
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 2 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/qnnnhg81

Abstract

Daya dukung tanah sangat ditentukan oleh sifat Kerapatan ( ). Kepadatan ( dan kuat geser (c dan ). sifat tersebut sangat terkait dengan persentase air yang dimiliki. Pada penelitian ini, digunakan direct shear sebagai pengujian utama ditunjang dengan pengujian fisis dan mekanis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan nilai kohesi, sudut keruntuhan dalam dan kuat geser terhadap persentase kadar air pada konsistensi tanah, dengan menggunakan metode eksperimental. Dalam penelitian ini diuji sebanyak 81 spesimen yang berasal dari 3 tipe tanah dengan ukuran butiran halus dan kasar yang berbeda. Adapun hasil akhir yang didapatkan dari pengujian mekanis diperoleh nilai kohesi untuk tanah tipe I 0,143 kg/cm2, 0,133 kg/cm2, 0,043 kg/cm2, tanah tipe II 0,056 kg/cm2, 0,040 kg/cm2, 0,027 kg/cm2, tanah tipe III 0,093 kg/cm2, 0,063 kg/cm2, 0,040 kg/cm2, dan nilai sudut keruntuhan dalam untuk tanah tipe I 33°, 34°, 39°, tanah tipe II 17°, 38°, 40°, tanah tipe III 13°, 37°, 39°. Ini menggambarkan kuat geser langsung dengan persentase kadar air yang berbeda apabila semakin tinngi nilai kohesi maka semakin rendah nilai sudut keruntuhan dalam yang dihasilkan. Daya dukung tanah sangat ditentukan oleh sifat Kerapatan ( ). Kepadatan ( dan kuat geser (c dan ). sifat tersebut sangat terkait dengan persentase air yang dimiliki. Pada penelitian ini, digunakan direct shear sebagai pengujian utama ditunjang dengan pengujian fisis dan mekanis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan nilai kohesi, sudut keruntuhan dalam dan kuat geser terhadap persentase kadar air pada konsistensi tanah, dengan menggunakan metode eksperimental. Dalam penelitian ini diuji sebanyak 81 spesimen yang berasal dari 3 tipe tanah dengan ukuran butiran halus dan kasar yang berbeda. Adapun hasil akhir yang didapatkan dari pengujian mekanis diperoleh nilai kohesi untuk tanah tipe I 0,143 kg/cm2, 0,133 kg/cm2, 0,043 kg/cm2, tanah tipe II 0,056 kg/cm2, 0,040 kg/cm2, 0,027 kg/cm2, tanah tipe III 0,093 kg/cm2, 0,063 kg/cm2, 0,040 kg/cm2, dan nilai sudut keruntuhan dalam untuk tanah tipe I 33°, 34°, 39°, tanah tipe II 17°, 38°, 40°, tanah tipe III 13°, 37°, 39°. Ini menggambarkan kuat geser langsung dengan persentase kadar air yang berbeda apabila semakin tinngi nilai kohesi maka semakin rendah nilai sudut keruntuhan dalam yang dihasilkan.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Transportasi Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process Abrar, Muhammad Fadhel; Wahyuni, Derlin Sri; Badaron, St. Fauziah; Haris, Muhammad; Alkam, Rani Bastari
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 2 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/ftpd1g16

Abstract

Salah satu bandar udara internasional terbesar di kawasan Timur Indonesia berada di Kota Makassar yaitu Bandar Udara Sultan Hasanuddin. Dalam melakukan perjalanan dari Bandar udara Sultan Hasanuddin menuju Kota Makassar, para penumpang kedatangan dihadapkan pada pemilihan angkutan umum. Angkutan umum berupa bus Damri Bandara atau Taksi Bandara. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor apakah yang mempengaruhi pemilihan moda angkutan umum dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin – Makassar, dan moda transportasi yang banyak dipilih oleh penumpang. Penelitian ini menggunakan survei dengan kuesioner yang disebar di Bandar Udara Sultan Hasanuddin. Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) adalah metode analisis yang digunakan. Hasil perhitungan diketahui bahwa faktor kenyamanan adalah faktor yang paling mempengaruhi penumpang untuk menggunakan angkutan umum dengan bobot prioritas 23%, faktor headway 21%, keamanan 20%, kemudahan 13%, ongkos 12%, kemudian waktu yang ditempuh 11%. Bobot prioritas antar faktor untuk moda taksi bandara ialah faktor kenyamanan dengan bobot prioritas 23%, waktu perjalanan 20%, kemudahan 19%, biaya 18%, headway 11%, dan keamanan 9%. Sedangkan nilai bobot prioritas Bus Damri adalah kemudahan 21%, biaya 19%, headway 18%, waktu perjalanan 17%, keamanan 16%, kenyamanan 9%. Moda yang paling banyak dipilih adalah Taksi Bandara dengan proporsi 60% dan bus Damri 40%.
Analisis Campuran Split Mastic Asphalt dengan Bahan Tambah Abu Serat Jute Arifuddin; Fahriansah , Fadli; Arifin , Winarno; Massara, Asma; Salim
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 2 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/cjpha521

Abstract

Campuran Split Mastic Asphalt (SMA) memerlukan bahan stabilisasi yang berupa serat selulose dimana terdapat berbagai macam sumber serat selulosa di alam, salah satunya adalah serat jute. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan abu serat jute dengan kadar 0%, 0,2%, 0,4%, 0,6%, 0,8% dan 1% pada campuran Split Mastic Asphalt (SMA) terhadap karakteristik Marshall dan nilai deformasinya, serta menentukan kadar abu serat jute optimum yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja campuran Split Mastic Asphalt (SMA). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental, yang kemudian menggunakan analisis regresi untuk melihat hubungan antara variabel-variabelnya. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh kadar aspal optimum sebesar 6,75%, serta kadar abu serat jute optimum sebesar 1% karena terjadi peningkatan nilai karakteristik Marshall yaitu nilai Stabilitas 692,663 kg, nilai Voids in Mineral Aggregate (VMA) 18,289%, Voids Filled with Asphalt (VFA) 75,129%, density 2,249 kg/mm3, dan Marshall Quotient (MQ) 238,944 kg/mm, serta menurunkan nilai flow hingga 2,800 mm dan Voids in Mix (VIM) 4,473%. Penambahan abu serat jute optimum juga menaikkan nilai stabilitas dinamis hingga 1702,70 lintasan/mm dan menurunkan nilai deformasi hingga 2,98 mm, nilai deformasi plastis awal (D0) sebesar 0,9 mm, dan laju deformasi sebesar 0,0247 mm/menit.
Tinjauan Perencanaan Geometrik Jalan Menggunakan Peta Google Earth dan Pengukuran Langsung: Tinjauan Perencanaan Geometrik Jalan Menggunakan Peta Google Earth dan Pengukuran Langsung Yanto, Arif; Rizikan, Waode Rezki Ummayah; Maricar, Muh. Husni; Mallombasi, Ali; Watono
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 2 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/qeht5a60

Abstract

Dalam pembangunan jalan raya, dibutuhkan data topografi untuk perencanaan geometrik jalan. Dengan cakupan wilayah yang cukup luas, tentu kegiatan pengukuran data topografi akan sangat membutuhkan waktu, tenaga, dan juga biaya yang tinggi. Adanya pemetaan secara digital melalui Google Earth dinilai bisa membantu mempercepat kegiatan pengumpulan data topografi yang mendukung proses perencanaan geometrik jalan raya. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pemanfaatan data Google Earth untuk kepentingan pemetaan dalam perencanaan Geometrik jalan jika dibandingkan dengan data ukur langsung dari segi selisih data, perbedaan biaya, waktu dan tenaga. Dalam penelitian ini dibutuhkan data Topografi pengukuran langsung dan data topografi Google Earth. Dari hasil Analisa diperoleh selisih absis terjauh terdapat pada STA 4+000, yakni 45.5378 m, sedangkan selisih ordinat terejauh terdapat pada STA 4+500, yakni 64.2071 m,dan melalui plotting gambar profil memanjang dari kedua trase jalan, diperoleh selisih elevasi terbesar pada STA 4+500 yakni 39,14 m. Pengukuran langsung menggunakan total station memerlukan biaya sebesar Rp 7.000.200.-Sedangkan biaya personil langsung terhadap pengambilan data topografi melalui Google Earth adalah sebesar Rp 89.639,46.-
Pengaruh Penambahan Serbuk Kayu Terhadap Sifat Mekanik Beton Hasbi; Ramadanti , Andi Adriani; Hadi, Abd. Karim; Idrus, Yasnawi; Fadhil, Arsyad
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 2 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/0fwrpy03

Abstract

Serbuk kayu adalah serbuk yang diperoleh dari sisa pengolahan kayu. Limbah bersifat organik seperti serbuk kayu dapat dijumpai pada industri pengrajin atau pengolahan kayu untuk pembuatan perabot yang saat ini pemanfaatannya belum optimal. Timbulnya dampak negatif pada lingkungan bisa terjadi jika hanya membiarkan serbuk kayu membusuk, dibakar, atau ditumpuk sehingga penanggulangannya perlu dipertimbangkan dengan baik. Oleh karena itu penelitian ini merupakan salah satu upaya dalam menanggulangi permasalahan tersebut dengan menggunakan bahan tambah dari serbuk kayu pada campuran beton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh serbuk kayu sebagai bahan tambah terhadap sifat mekanik beton yaitu kuat tekan dan kuat tarik belah. Penelitian ini dilakukan di dalam laboratorium dengan mutu beton rencana (f’c) 17 MPa serta variasi serbuk kayu yang digunakan yaitu 0%, 10%, 20%, 30%, dan 40%. Hasil pengujian kuat tekan beton tertinggi terjadi pada variasi serbuk kayu 20% sebesar 19,17 MPa pada umur 28 hari, untuk hasil pengujian kuat tarik belah beton tertinggi terjadi pada variasi serbuk kayu 30% sebesar 4,79 MPa pada umur 28 hari. Berdasarkan penelitian ini, ketika penambahan serbuk kayu melebihi 20% akan menyebabkan nilai kuat tekan turun, begitu juga dengan nilai kuat tarik belah akan turun jika penambahan serbuk kayu melebihi 30%.
Analisis Kinerja Ruas Jalan Perkotaan dengan Menggunakan Visual Basic Application Hidayatullah, Rahmad; Alwi, Muhammad Taufiq Hidayat; Badaron, St. Fauziah; Syarkawi, Mukhtar Thahir; Zaifuddin
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 2 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/sqqf2v22

Abstract

Salah satu titik rawan kemacetan di Kota Makassar berada di jalan Batua Raya. Kondisi yang terjadi di lapangan di beberapa titik pada ruas ini terlihat terjadi adanya penurunan kinerja pelayanan jalan yang dapat menyebabkan terjadinya kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja ruas jalan Batua Raya dan menghitung kinerja ruas jalan Batua Raya dengan menggunakan alat bantu Visual Basic Application (VBA) berdasarkan PKJI 2014. Manfaat dari penggunaan alat bantu Visual Basic Application (VBA) yaitu dapat mempercepat perhitungan dengan waktu yang efisien. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei geometrik dan survei volume lalu lintas yang diperlukan sebagai data input dalam analisis kinerja ruas jalan. Hasil dari perhitungan secara manual dan dengan menggunakan alat bantu Visual Basic Application (VBA) didapatkan hasil yang sama. Dimana volume lalu lintas pada titik pertama yaitu 1764 smp/jam dan titik kedua yaitu 1834,1 smp/jam, kelas hambatan samping pada titik pertama dan pada titik kedua yaitu Sedang, kecepatan arus bebas pada titik pertama yaitu 47,72 km/jam dan titik kedua yaitu 47,96 km/jam, kapasitas ruas jalan pada titik pertama yaitu 3528,93 smp/jam dan pada titik kedua 3542,17 smp/jam, derajat kejenuhan pada titik pertama didapatkan 0,50 dan pada titik kedua didapatkan 0,52, dan tingkat pelayanan yang didapatkan pada titik pertama dan titik kedua masuk ke dalam kategori B.
Evaluasi Penerapan Green Construction Pada Proyek Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan UIN Alauddin Di Kota Makassar Rajhab, Muhammad; Pratama, M. Kevin Hary; Supardi, Sudarman; Watono; Arsal, St Fatmah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 2 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/w6wdbc24

Abstract

Konsep green construction dapat diterapkan pada semua jenis pekerjaan konstruksi, terlebih pada pembangunan rumah sakit. Namun konsep ini masih sangat asing terdengar bagi pelaku jasa konstruksi khususnya di Sulawesi Selatan Penerapan green construction sangat berdampak positif bagi lingkungan rumah sakit dan menjaga kelestarian lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator yang sudah diterapkan dan faktor kendala yang menjadi penghalang dalam penerapan green construction pada proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan UIN Alauddin di Kota Makassar. Data primer dikumpulkan dengan cara membagikan kuesioner kepada para pihak terkait yang terlibat dalam proyek pembangunan gedung sedangkan data sekunder diambil dari aturan GBCI (Green Building Council Indonesia versi 1.2). Berdasarkan hasil penelitian, proyek ini menerapkan 88,6% kategori Green Construction tahap konstruksi dan kendala yang ada dari beberapa kategori Green Construction adalah sulitnya mendapatkan tenaga ahli yang memiliki sertifikat sebagai greenship professional, kurangnya informasi terkait kandungan kimia yang ada di beberapa produk bahan material yang aman bagi lingkungan, untuk beberapa kualitas material yang berada dalam regional proyek konstruksi yang dikerjakan masih di bawah kualitas material yang ada di wilayah lain, begitu juga masalah ketersediaan material yang terkadang sulit untuk didapat.
Aplikasi Serbuk Limbah Nikel sebagai Bahan Subtitusi Semen untuk Produksi Beton Struktural R, Wahyudi.; Hamzah, Muh. Ayinul Yaqin; Ashad, Hanafi; Fadhil, Arsyad; Mappiasse, Muh. Anwar
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil Vol. 4 No. 2 (2022): JILMATEKS (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Sipil) April 2022
Publisher : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33096/nt0f7437

Abstract

Pengertian dasar dari subtitusi serbuk limbah nikel dengan semen adalah pencampuran material pengganti yang dapat ditukar atau menggantikan semen tanpa kehilangan nilai atau kegunaan material tersebut sehingga menjadi suatu campuran yang homogen. Limbah nikel merupakan hasil residu yang dihasilkan oleh industry peleburan baja salah satunya berupa limbah/slag secara fisik berbentuk seperti agregat kasar dan dihaluskan menjadi menyerupai semen. Dalam penelitian ini akan dibahas bagaimana pengaruh subtitusi antara semen dan serbuk limbah nikel terhadap mutu beton yang dihasilkan, seberapa banyak serbuk nikel slag yang bisa menghasilkan kuat tekan beton maksimum, dan bagaimana pengaruh serbuk limbah nikel terhadap karakteristik mekanik beton. Metode yang digunakan yaitu variasi pencampuran serbuk limbah nikel dari 0 %, 5 %, 10 %, 15 %, dan 20 % dengan mutu rencana 60 Mpa diuji kuat tekan dan kuat tarik beton pada umur 28 hari. Dari hasil penelitian didapatkan semakin tinggi pemakaian serbuk limbah nikel cenderung semakin rendah mutu beton yang dihasilkan, dari komposisi beton 5% sampai 20% tidak ada persentase yang menunjukkan kuat tekan maksimum atau tidak memenuhi kuat tekan yang direncanakan, serbuk limbah nikel tidak berpengaruh positif terhadap karakteristik beton, kuat tekan tertinggi pada variasi 0 % 65,64 Mpa dan terendah pada slag 20 % = 43,99 Mpa, hasil kuat tarik belah tertinggi pada variasi slag 0 % = 8,79 Mpa dan terendah pada slag 20 %= 4,25 Mpa.

Page 1 of 2 | Total Record : 16