cover
Contact Name
RIZKI ANANDA
Contact Email
edukasi2019@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
edukasi2019@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 26568063     EISSN : 26568071     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 106 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2024)" : 106 Documents clear
Kemampuan Bepikir Kritis Matematis ditinjau dari Rasa Ingin Tahu dalam Model Pembelajaran PBL dengan Pendekatan Kontekstual Fatin, Nisrina; Zaenuri, Zaenuri; Walid, Walid
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i1.5874

Abstract

Penerapan model pembelajaran PBL dalam kegiatan pembelajaran melalui pendekatan kontesktual merupakan dua strategi pembelajaran yang saling terkait dengan masalah kehidupan sehari-hari sebagai konteks bagi siswa dalam belajar dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis sehingga kemampuan afektifnya yakni rasa ingin tahu akan berkembang juga. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan PBL dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan kajian studi literatur. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengkaji 15 artikel yakni 11 artikel nasional dan 4 artikel internasional. Model PBL dengan pendekatan kontekstual mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang mana dilihat dari rasa ingin tahu siswa. Tak hanya itu modeI pembeIajaran PBL memiliki beberapa indikator yang berkaitan dengan aspek rasa ingin tahu, sehingga rasa ingin tahu dapat berkembang atau meningkat pada modeI pembeIajaran PBL sama haInya dengan kemampuan berpikir kritis. Hasil Iiteratur yang teIah dikaji dapat disimpulkan bahwa penerapan modeI pembeIajaran PBL dengan pendekatan kontekstuaI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis diIihat dari rasa ingin tahu siswa.
Implementasi Program Tahsin dalam Upaya Memberantas Buta Huruf Al-Qur’an Sonia, Gina Aria; Nugraha, Mulyawan Safwandy; Nursobah, Asep
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i1.6002

Abstract

Al-Qur'an, sebagai petunjuk hidup umat Islam, memiliki nilai keagamaan yang tinggi. Belajar Al-Qur'an melibatkan keterampilan membaca dengan lancar, pengucapan yang fasih sesuai aturan qiro'ah, dan pemahaman mendalam terhadap makna-makna Al-Qur'an. Namun, masalah buta huruf Al-Qur'an, terutama di Indonesia, menjadi sorotan serius, karena lebih dari separuh penduduk Muslim di Indonesia belum bisa membaca Al-Qur'an, hal ini tentu menciptakan kekhawatiran dari berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program tahsin di SMAN Tanjungsari 1 sebagai upaya memberantas buta huruf Al-Qur'an. Metode yang digunakan yaitu (field research), yang berarti dilaksanakan dengan merinci fakta-fakta yang terjadi di lapangan secara langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi online, wawancara dengan guru PAI sekaligus guru pembina tahsin dan juga siswa, serta analisis dokumen. Hasil Penelitian ini diketahui bahwa implementasi program tahsin di SMAN Tanjungsari 1 dilakukan menggunakan metode talaqqi, yakni melibatkan interaksi langsung antara guru dan siswa.
Efektivitas Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan bagi Anak Diskalkulia Putri, Novri Aulia; Marlina, Marlina
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i1.6363

Abstract

Salah satu hambatan yang dihadapi anak berkesulitan belajar matematika yaitu rendahanya kemampuan matematika yakni penjumalahan dengan puluhan urut kebawah. Permasalahan ini ditemukan di SDN 1 Nan Sabaris, yang mana anak berkesulitan belajar matematika atau disebut dengan diskalkulia berumur 10 tahun memiliki kemampuan berhitung yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh strategi student teams achievement divisions  (STAD) dalam meningkatkan keterampilan penjulahan dengan  puluhan urut kebawah pada anak. Jenis penelitian yang dipakai adalah eksperimen dalam bentuk subjek tunggal single subject research (SSR) dengan desain A-B-A yang terdiri dari tiga kondisi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes penjumlahan deret kebawah  dilakukan sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Analisis data menggunakan teknik visual grafik yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa model STAD dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan dengan bagi anak diskalkulia kelas II di SD N 1 Nan Sabaris
Tahapan Bimbingan Kelompok: Landasan Teoritis dan Praktis dalam Fasilitasi Pengembangan Individu dan Kelompok Ilhamuddin, Muhammad Farid; Suyanto, Kireina Dewi; Santoso, Oktavia; Fitriani, Dyas Noviarale
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i1.5967

Abstract

Bimbingan kelompok menjadi suatu strategi yang efektif dalam pengembangan individu dan kelompok, akan tetapi  masih kurang adanya pemahaman mengenai tahapan-tahapan yang diperlukan. Artikel ini bertujuan untuk mendalami dan mengidentifikasi tahapan dalam bimbingan kelompok yang mendasar, baik secara teoritis maupun praktis, untuk memperkuat proses pengembangan individu dan kelompok. Pendekatan kualitatif digunakan melalui studi literatur atau studi pustaka guna menyusun landasan teoritis dan praktis dalam artikel ini. Tahapan bimbingan kelompok teridentifikasi melalui sintesis literatur meliputi tahap pembentukan, tahap transisi, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. Hal demikian menunjukkan bahwa penerapan tahapan-tahapan ini secara terintegrasi mendukung pengembangan individu dan kelompok, memperkukuh hubungan antaranggota, dan meningkatkan hasil secara berkesinambungan. Pelaksanaan tahapan bimbingan kelompok mendorong pertumbuhan individu melalui kegiatan terstruktur dan interaksi kelompok yang mendalam. Implementasi komprehensif dari tahapan ini terbukti dapat meningkatkan kualitas interaksi kelompok, mendukung perkembangan individu, dan memperkuat solidaritas kelompok. Artikel ini memberikan kontribusi penting dalam memperkaya pemahaman praktisi dan akademisi terhadap tahapan bimbingan kelompok, memberikan landasan yang kokoh untuk meningkatkan efektivitas dalam memfasilitasi pengembangan individu dan kelompok dalam konteks berbagai setting
Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pemanfaatan Video Animasi pada Materi Ciri Khusus Hewan Rohman, Rohman; Nisa, Ana Fitrotun
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i1.6207

Abstract

Penelitian ini berjudul Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Video Animasi Pada Materi Ciri Khusus Hewan. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah diakibatkan karena media yang digunakan dalam pembelajaran kurang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas video animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Gambaran. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimental yaitu dengan membandingkan hasil sebelum penerapan dan sesudah penerapan. Setelah dilaksanakan di Kelas 5 SD Negeri Gambaran bahwa penggunaan video animasi telah memenuhi uji normalitas sebelum melakukan uji hipotesis, dikarenakan data hasil belajar siswa tersebut telah memenuhi dan berdistribusi normal, nilai signifikansi yaitu 0,544 > 0,05, dan pada hasil analisis uji-t menunjukan bahwa nilai signifikansi dari uji hipotesis sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran animasi yaitu sig = 0,000. Nilai sig yaitu 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data penelitian di atas dan pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan video animasi dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 5 di SD Negeri Gambaran.
Rancangan Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Nilai Tradisi dan Sejarah Lokal Januardi, Arif; Superman, Superman
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i1.6369

Abstract

Pembelajaran sejarah saat ini masih cenderung berfokus pada hafalan dan belum optimal dalam menanamkan nilai-nilai esensial. Meskipun pembelajaran sejarah nasional berupaya memupuk semangat nasionalisme, pentingnya aspek kelokalan juga harus diperhatikan. Penelitian ini bertujuan merancang model pembelajaran sejarah berbasis nilai tradisi dan sejarah lokal untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai lokal, cinta tanah air, dan keterampilan berpikir kritis. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model ADDIE, yang melibatkan tahap analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kabupaten Sambas dengan melibatkan wawancara, angket, studi pustaka, dan observasi untuk menentukan kebutuhan siswa dan sekolah. Model ini memperkenalkan nilai-nilai tradisi sebagai bagian penting dari pembelajaran sejarah lokal, yang diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa, memperkuat identitas budaya, dan merangsang kebanggaan terhadap warisan sejarah. Tantangan rancangan model ini mencakup pengembangan kurikulum yang sesuai dan kolaborasi dengan komunitas lokal, sementara guru perlu meningkatkan kreativitas dan mendapatkan pelatihan tentang nilai-nilai tradisi. Kelebihan model ini termasuk peningkatan pemahaman siswa tentang nilai lokal, cinta tanah air, dan keterampilan berpikir kritis, menjadikannya efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Tahap Development, Implementasi, dan Evaluasi akan dilanjutkan pada penelitian tahun kedua.
Exploring English Literacy and Communication Needs among New Cadets in Maritime Education Simanjuntak, Marudut Bernadtua; Sijabat, Panderaja Soritua; Barasa, Larsen; Malau, April Gunawan; Mudakir, Mudakir
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i1.6026

Abstract

This study delves into the intricate landscape of English literacy and communication needs among first-semester cadets at the Maritime Institute in Jakarta. Utilizing a qualitative descriptive approach in conjunction with document analysis, phenomenological observation, and strategic filling distribution, the research uncovers compelling insights into the challenges and aspirations within maritime education. Document analysis indicates a distinct emphasis on technical proficiency in Maritime English, yet a noticeable gap exists in addressing socio-pragmatic aspects of communication. Phenomenological observation reveals a spectrum of cadet engagement levels, prompting a critical re-evaluation of pedagogical strategies. Strategic filling distribution brings to light a disparity between perceived theoretical relevance and the practical application of English, advocating for a more scenario-based approach to language learning. The implications underscore the necessity for a paradigm shift in curriculum development and pedagogical practices. Recommendations propose curricular enhancement, pedagogical innovation, and industry collaboration to align educational objectives with the dynamic demands of the maritime sector. In conclusion, this research functions as a catalyst for transformative change in maritime language education, urging stakeholders to navigate towards a more comprehensive, industry-oriented approach that equips cadets with the nuanced proficiency demanded by real-world maritime scenarios
Evaluation of Animated Videos in Biostatistics Course for Students of the Faculty of Dentistry, Universitas Yarsi Prihastari, Lisa; Mahardika, Zwasta Pribadi
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i1.6243

Abstract

Dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi, agar mahasiswa dapat mencapai tujuan belajar yang diharapkan maka dosen harus memiliki strategi-strategi yang efektif dan efisien salah satu contohnya dengan penggunaan media video animasi. Pemanfaatan animasi dalam proses pembelajaran biostastistik di Fakultas Kedokteran Gigi masih jarang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Animasi dan gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar yang diukur dengan tingkat pengetahuan pada mata kuliah Biostatistik di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Yarsi. Metode yang digunakan penelitian adalah jenis analitik quasi experimental yaitu menguji pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar dengan membandingkan kelompok perlakuan dengan animasi dengan kelompok kontrol yang hanya menggunakan media berupa visual (kuliah power point) pada sejumlah 45 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah diberikan animasi biostatistik ada kenaikan nilai rata-rata ujian yaitu dari 39,78 menjadi 66,22. Hasil uji Wilcoxon test menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest mahasiswa setelah mendapatkan intervensi video animasi biostatistik yaitu p= 0,0001 (p<0,05). Variabel jenis kelamin, asal sekolah, dan gaya belajar tidak mempengaruhi rata-rata nilai ujian mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran biostatistik dengan video animasi memberikan hasil yang siginifikan terhadap pengetahuan mahasiswa
Improving Students’ Writing Skill in Teaching Narrative Text by Using Indonesian Folktales Darmayanti, Darmayanti; Hartati, Hartati; Muslimin, Fawal Fatwa; Khatimah, Nurul
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i1.6256

Abstract

The use of interesting teaching media aims to create enjoyable learning for students by choosing teaching materials that attract students’ interest and create interactive learning. The use of Indonesian folktales is one of the media that can be used by teachers in teaching English, especially narrative texts. The purpose of this research is to teach students writing in narrative texts through the use of Indonesian folktales to improve their’ writing skills. This research used an experimental method. There are three steps in carrying out this experimental research to obtain data: the pretest, the treatment, and the posttest. The results of this research show that the students’ ability to write narrative texts is statistically significant. There was an increase in the average score of the experimental class by 51.19 on the pretest and 80.42 on the posttest. Meanwhile, in the control class, the pretest result was 56.67 and the posttest result was 64.89 for writing narrative texts using Indonesian folktales. It can be concluded that by using Indonesian folktales, teachers can direct their students to practice a lot and increase their practice without ignoring other material, with the aim of creating effective and enjoyable learning
The Guidance Study Muqaddam (Alif Ba Ta) be Using Classic Method (Magrib Mengaji) for Preschool Childrens in Sipiongot Rambe, Mgr Sinomba; Mundofi, Ahmad Asron; Atika, Faizah Nur; Munzir, Munzir; Intania, Naila; Arfani, Arlinda Ayu Diah
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/edukatif.v6i1.6412

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca Muqaddam pada anak-anak prasekolah serta minimnya pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi kebutuhan mereka masih menjadi permasalahan yang larut dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas Bimbingan Belajar Muqaddam (Alif Ba Ta) dengan mengaplikasikan Metode Klasik (Magrib Megaji) pada anak prasekolah di Desa Sipiongot menggunakan kolaborasi metode Repitasi dan Bermain Peran (Role Playing). Penelitian in menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan studi kasus, bagi anak-anak Prasekolah dan guru-guru mengaji di Desa Sipiongot. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman huruf Arab dan kemampuan membaca Muqaddam anak-anak Prasekolah. Keberhasilan tersebut merupakan hasil dari pengaplikasian metode pembelajaran yang menyenangkan dan sekaligus mampu meningkatkan motivasi dan kretifitas anak-anak. Dengan begitu penggunaan metode Repitasi dan Bermain peran (Role Playing) dianggap sangat memberikan kontribusi yang besar bagi petkembangan kemampuan anak-anak prasekolah Desa Sipiongot dalam belajar Muqaddam (Alif Ba TA).

Page 1 of 11 | Total Record : 106


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 7, No 5 (2025): Oktober Vol 7, No 4 (2025): Agustus Vol 7, No 2 (2025): In Press Vol 7, No 1 (2025): February Vol 6, No 6 (2024): December Vol 6, No 5 (2024) Vol 6, No 4 (2024) Vol 6, No 3 (2024) Vol 6, No 2 (2024): In Press Vol 6, No 2 (2024) Vol 6, No 1 (2024) Vol 5, No 6 (2023) Vol 5, No 6 (2023): December Vol 5, No 5 (2023) Vol 5, No 5 (2023): October Vol 5, No 4 (2023) Vol 5, No 4 (2023): August Vol 5, No 3 (2023): June Vol 5, No 3 (2023) Vol 5, No 2 (2023): April Vol 5, No 2 (2023) Vol 5, No 1 (2023) Vol 5, No 1 (2023): February Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346 Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400 Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000 Vol 4, No 2 (2022): April Pages 1601- 3200 Vol 4, No 1 (2022): February Pages 1-1600 Vol 4, No 6 (2022): December 2022 Vol 4, No 6 (2022) Vol 4, No 5 (2022) Vol 4, No 4 (2022) Vol 4, No 3 (2022) Vol 4, No 2 (2022) Vol 4, No 1 (2022) Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500 Vol 3, No 5 (2021): October Pages 1880-3500 Vol 3, No 4 (2021): August Pages 1101-2382 Vol 3, No 3 (2021): June Pages 631-1091 Vol 3, No 2 (2021): April Pages 250-630 Vol 3, No 1 (2021): February, Pages 1-260 Vol 3, No 6 (2021) Vol 3, No 5 (2021) Vol 3, No 4 (2021) Vol 3, No 3 (2021) Vol 3, No 2 (2021) Vol 3, No 1 (2021) Vol 2, No 3 (2020): December, Pages 215-250 Vol 2, No 2 (2020): August, Pages 113-214 Vol 2, No 1 (2020): April, Pages 1-112 Vol 2, No 2 (2020) Vol 2, No 1 (2020) Vol 1, No 3 (2019): December Pages 97- 137 Vol 1, No 2 (2019): August Pages 56-96 Vol 1, No 1 (2019): April, Pages 1-55 Vol 1, No 3 (2019) Vol 1, No 2 (2019) Vol 1, No 1 (2019) More Issue