cover
Contact Name
Muhamad Akrom
Contact Email
jurnalkomunita@gmail.com
Phone
+6281937942860
Journal Mail Official
jurnalkomunita@gmail.com
Editorial Address
Graha Pelita Nusa Tenggara, Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 83361
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Komunita: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Published by Pelita Nusa Tenggara
ISSN : -     EISSN : 28291972     DOI : https://doi.org/10.60004/komunita
Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian, dengan nomor terdaftar E-ISSN. KOMUNITA adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh PELITA NUSA TENGGARA. Penerbitan jurnal ini akan dilakukan dalam satu tahun, mulai tahun 2022 terbit sebanyak dua kali terbit yaitu pada bulan Februari dan Agustus. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan kepada Masyarakat memfokuskan pada masalah umum atau masalah yang terkait dengan layanan masyarakat. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pengabdian masyarakat. KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan kepada Masyarakat, berisi berbagai kegiatan dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Implementasi kegiatan layanan juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra. Kegiatan pelayanan diorganisasikan menjadi kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2025): Mei" : 27 Documents clear
Menjadi Komunikator Kritis di Era AI: Penyusunan Materi Pelatihan Human-Machine Communication (HMC) untuk Mahasiswa Alkhajar, Eka Nada Shofa; Utari, Prahastiwi; Anggreni, Likha Sari; Hermawati, Tanti; Yudiningrum, Firdastin Ruthnia; Surwati, Chatarina Heny Dwi; Fitri, Annisaa; Pramana, Pramana
KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Mei
Publisher : PELITA NUSA TENGGARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60004/komunita.v4i2.152

Abstract

Pesatnya perkembangan kecerdasan buatan (AI) telah mengubah lanskap komunikasi di lingkungan akademik, termasuk di kalangan mahasiswa. Mahasiswa sebagai generasi digital native menggunakan AI secara luas dalam tugas-tugas akademik, namun kerap tanpa dibarengi literasi kritis dan etis yang memadai. Dalam konteks ini, program pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk menyusun materi pelatihan Human-Machine Communication (HMC) yang bertujuan membekali mahasiswa dengan pemahaman konseptual dan keterampilan praktis untuk menjadi komunikator yang kritis di era digital. Penyusunan materi dilakukan secara bertahap dan kolaboratif oleh tim dari Universitas Sebelas Maret dan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, berbasis pendekatan needs-based dan constructivist. Materi yang dikembangkan terdiri dari empat unit utama: pengantar HMC, etika dan bias dalam AI, simulasi interaksi manusia-mesin, dan keterampilan komunikasi yang tidak tergantikan oleh AI, seperti empati dan storytelling. Proses pengembangan melibatkan identifikasi kebutuhan, studi literatur, desain modul berbasis active learning, serta validasi oleh mahasiswa dan dosen. Pelatihan direncanakan dilaksanakan pada Juni 2024 di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Hasil evaluasi awal menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami peningkatan kesadaran terhadap bias AI, memahami batas kemampuan mesin, dan mampu membedakan gaya komunikasi manusia dan mesin. Dengan demikian, penyusunan materi pelatihan HMC ini tidak hanya menjawab kebutuhan akademik, tetapi juga menjadi model pendidikan partisipatif yang mengintegrasikan teknologi dengan nilai-nilai komunikasi manusiawi. Materi ini dapat direplikasi sebagai bagian dari kurikulum literasi digital dan komunikasi etis di pendidikan tinggi.
Pelatihan Alat Permainan Edukatif Bermuatan Moderasi Beragama di PAUD: Meningkatkan Pemahaman Toleransi Sejak Dini Purwasih, Wahyu; Ariyani, Dewi; Ma'rufah, Desi Wijayanti
KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Mei
Publisher : PELITA NUSA TENGGARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60004/komunita.v4i2.154

Abstract

Educational Game Tools Training Containing Religious Moderation in PAUD: Increasing Understanding of Tolerance from an Early Age. This service began with the lack of integration of religious moderation values ​​in educational game tools in PAUD institutions. The main problem is the weak understanding and awareness of educators regarding the values ​​of religious moderation. The purpose of implementing this service activity is to provide training in making educational game tools that contain religious moderation. The location of the service activity is at TK Aisyiyah IV Purwokerto, Banyumas Regency. The service method used is the service learning method. The service provider provides services in the field of education. The initial steps taken by the service provider are to map the problems of the assisted subjects through interviews and focus group discussions, determine the activity plan to be carried out, initial assistance, religious moderation seminars, training in making teaching materials containing religious moderation, training in making educational game tools containing religious moderation. The results of this service activity are: (1) Increasing educator awareness of the use of educational game tools; (2) Increasing educator skills in making educational game tools containing religious moderation; (3) Increasing educator abilities in using educational game tools containing religious moderation. Pengabdian ini berawal dari kurangnya pengintegrasian nilai-nilai moderasi beragama dalam alat permainan edukatif di lembaga PAUD. Masalah utamanya adalah pada lemahnya pemahaman dan kesadaran pendidik mengenai nilai-nilai moderasi beragama. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan pembuatan alat permainan edukatif yang bermuatan moderasi beragama. Lokasi kegiatan pengabdian bertempat di TK Aisyiyah IV Purwokerto Kabupaten Banyumas. Metode pengabdian yang digunakan menggunakan metode service learning. Pengabdi melakukan layanan pada bidang pendidikan. Langkah awal yang dilakukan pengabdi ialah melakukan pemetaan masalah subjek dampingan melalui wawancara dan focus group discussion, penetapan rencana kegiatan yang akan dilakukan, pendampingan awal, seminar moderasi beragama, pelatihan pembuatan bahan ajar bermuatan moderasi beragama, pelatihan pembuatan alat permainan edukatif bermuatan moderasi beragama. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah: (1) Meningkatnya kesadaran pendidik akan pemanfaatan alat permainan edukatif; (2) Meningkatnya keterampilan pendidik dalam pembuatan alat permainan edukatif yang bermuatan moderasi beragama; (3) Peningkatan kemampuan pendidik dalam penggunaan alat permainan edukatif yang bermuatan moderasi beragama.
The Essential Role of Social Support to Strengthening Resilience of Neglected Elderly in Environment of Social Residence Wibisono, Putra; Nuha, Moch. Syihabudin; Laela, Faizah Noer
KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Mei
Publisher : PELITA NUSA TENGGARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60004/komunita.v4i2.156

Abstract

The Essential Role of Support in Strengthening Resilience in Neglected Elderly in Social Shelters. The increase of elderly people in Indonesia is a new challenge in social welfare, especially for those who are abandoned without family support. Elderly people in neglected conditions will experience psychological pressure ranging from loneliness, helplessness, and loss of meaning in life, so that it can reduce their level of resilience in dealing with life. This research was conducted using a qualitative method through observation and in-depth interviews with the elderly at UPTD Liponsos Keputih Surabaya. This research aims to find out how the role of social support in shaping and increasing resilience in displaced elderly. The results showed that social support from peers has a positive impact on the resilience formation process. With intense social interaction, feelings of compatibility and involvement in joint activities, it can create a sense of acceptance, belonging, their self-esteem. Social support is proven to play an important role in building the resilience of displaced elderly and can be the preparation of policies and programs to improve the welfare of the elderly in the future
Peningkatan Pemahaman Guru Dengan Pembelajaran Kemampuan Numerasi (PKN) Di SDN Setia Asih 01 Manurung, Alberth; Halim, Abdul; Muhammad Nur, Syurya
KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Mei
Publisher : PELITA NUSA TENGGARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60004/komunita.v4i2.157

Abstract

Increasing Teacher Understanding by Learning Numeracy Skills (PKN) is a learning model based on solving mathematical problems that uses intelligence so that they are able to face everything that is new and complex. Increasing Teacher Understanding by Learning Numeracy Skills is a model that aims to instill and develop the learning process in teachers. The aim of community service activities is to increase knowledge which changes over time. The subjects of this community service are all teachers at SDN Setia Asih 01. Based on the results of observations, in the learning process teachers still use conventional teaching methods or are centered on the teacher as a provider of information. With the empowerment of teacher skills, it is hoped that students will improve their good numeracy skills from each problem-solving concept in the form of problem applications. Based on this, recommendations for solutions to problems need to be carried out through mentoring activities and increasing teacher understanding by learning numeracy skills both when learning is done at school or studying at home (online). The method used is through socialization, self-reflection and program mapping, measurement and evaluation
Pendampingan Mahasiswa dalam Menulis Jurnal Ilmiah: Dari Naskah hingga Publikasi Munir, Muhammad; Lisnawati, Lisanawati; Husairi, Husairi; Hayaturraiyan, Hayaturraiyan; Herawati, Nita Sunarya; Hildaini, Nur Amalia; Alwan, Muhammad
KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Mei
Publisher : PELITA NUSA TENGGARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60004/komunita.v4i2.158

Abstract

kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu pendampingan Mahasiswa menulis jurnal ilmiah dari naskah hingga publikasi bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada mahasiswa dalam menulis jurnal ilmiah mulai dari naskah sampai mempublikasikan, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan dan keterampiran dalam menulis. Metode Pengabdian Kepada Masyarakan dengan konsep service learning dilakukan mengikuti tahap: (1) investigasi; (2) persiapan; (3) tindakan; dan (4) refleksi. Sedangkan kegiatan pendampingan Mahasiswa menulis jurnal ilmiah dari naskah hingga publikasi berlokasi di STAI Darul kamal NW kembang Kerang NTB pada tanggal 2-4 oktober 2024. Adapun hasil dalam kegiatan pengabdian kepada masyrakat adalah mahasiswa telah mampu memahami dan memiliki keterampilan dalam membuat artikel ilmiah serta mahasiswa dapat mengetahui cara mempublikasi artikel yang dibuat di jurnal nasional atau jurnal nasional terakreditasi.
Implementasi Program Kampus Mengajar sebagai Upaya Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa SMP Negeri 1 Matesih Kabupaten Karanganyar Irawati, Novi; Prasetyo, Hendi; Ahmad Sobari, Haris
KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Mei
Publisher : PELITA NUSA TENGGARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60004/komunita.v4i2.160

Abstract

Community service activities are a real manifestation of the role of academics in supporting the improvement of the quality of education. The Kampus Mengajar program is designed as one of the solutions to improve students' literacy and numeracy skills, especially at SMP Negeri 1 Matesih, Karanganyar Regency. This article reviews the program's implementation as a form of contribution to the world of education, by involving students, teachers, students, and the education community to improve literacy and numeracy skills. The methods applied refer to a participatory approach, including student mentoring, teacher training, and parental involvement in supporting the learning process. The evaluation results show that student involvement in this program contributes to increasing students' interest in reading and their understanding of numeracy. This program is expected to be a model for other schools in developing the quality of education sustainability.
Pendampingan Guru PAUD dalam Pengajaran Literasi di Sekolah Melalui Model Candaria (Bercerita Sambil Berkarya) di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Nur Inten, Dinar; Aziz, Helmi; Mulyani, Dewi
KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Mei
Publisher : PELITA NUSA TENGGARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60004/komunita.v4i2.161

Abstract

Kemampuan literasi sejak usia dini merupakan faktor krusial dalam perkembangan kognitif anak. Namun, banyak guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih menghadapi tantangan dalam mengajarkan literasi dengan metode yang menarik dan efektif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi guru PAUD dalam meningkatkan keterampilan mengajarkan literasi melalui model Candaria (Bercerita Sambil Berkarya) di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Pendekatan Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan guru secara aktif dalam setiap tahapan, mulai dari perencanaan, pelatihan, implementasi, hingga refleksi dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa model Candaria mampu meningkatkan keterlibatan anak dalam pembelajaran literasi, memperkaya kreativitas guru dalam menyampaikan materi, serta meningkatkan kemampuan literasi anak secara signifikan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa model Candaria dapat menjadi alternatif efektif dalam pengajaran literasi di PAUD, dan pelatihan berkelanjutan perlu dilakukan agar guru dapat mengaplikasikannya secara optimal dalam proses pembelajaran.
Capacity Building dalam Pencatatan Laporan Keuangan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Mikro Rifai, Fuad Yanuar Akhmad; Siswanto, Siswanto; Purwanto, Purwanto; Putri, Sherlly Oktavia Dwi
KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Mei
Publisher : PELITA NUSA TENGGARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60004/komunita.v4i2.162

Abstract

MSMEs that have resilience and are prepared to face economic crises have great potential to absorb labor, contributing to reducing unemployment rates. In this context, efforts to develop MSMEs become an urgent need. The case study in Danurejo Village identified several aspects that require more attention, especially regarding recording financial reports. The main challenges are separating personal and business money more and understanding the benefits of recording simple financial reports. Therefore, community service activities in Danurejo Village aim to increase the capacity of small business actors in recording financial reports. The approach involves education and assistance regarding recording techniques and an in-depth understanding of their benefits for business progress. Daily bookkeeping is integrated into the daily activities of micro-entrepreneurs to provide practical support. The PAR (Participatory Action Research) method implements this activity, ensuring active and collaborative participation between researchers and business actors. The implementation results show increased public understanding and knowledge of the importance of recording simple financial reports. Businesses recognize the real benefits of this practice, strengthening the financial foundation of their businesses and preparing them to face economic challenges. Awareness of the importance of recording financial reports is the key to increasing the competitiveness of small businesses.
Penerapan Teknologi Penggunaan Beton Porous Precast untuk Perkerasan Jalan Pejalan Kaki di Kelurahan Ngadirgo Kecamatan Mijen Kota Semarang Jamal Mahbub; Setiaji Pamungkas, Nur; Mulyo Wicaksono, Teguh; Wahjoedi, Wahjoedi; Wasino, Wasino; Suwarto, Suwarto; Risman, Risman; Junaidi, Junaidi; Suparman, Suparman; Suroso, Suroso; Puji Lestari, Nor; Yahya S.B., Lalu; Rio Devilito
KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Mei
Publisher : PELITA NUSA TENGGARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60004/komunita.v4i2.163

Abstract

Scientific knowledge in the field of road pavement in the Civil Construction Study Program, among others, studies pavement materials, permeability, soil mechanics, and types of pavement. The road pavement itself is divided into several types, namely rigid pavement and flexible pavement. Government policy related to the arrangement of the city of Semarang regarding catchment areas as rainwater catchment areas are the hilly areas of Mijen and Mount Pati. The rigid pavement model with concrete and bending using asphalt will cover the surface of the ground so that rainwater will immediately flow and be wasted without going through the infiltration process. With the concrete shaft pavement method, it is hoped that it will be able to produce pavement for pedestrians that conform to applicable load standards but still has a role as an infiltration area. In accordance with the special specification regulations for porous concrete skh 1514 of the Director General of Highways requires that porous concrete is concrete that has a minimum cavity of 20% of the volume of concrete. The application of the use of porous concrete for road pavement is expected to be able to provide insight and knowledge to the community regarding the importance of regional development without reducing the role of infiltration areas. The installation of this porous concrete serves as a walkway for pedestrians in Ngadirgo Village which is environmentally friendly because it does not give a waterlogging effect, but the existing water can directly seep through the cavities in the concrete construction.
Peningkatan Wisata Berkelanjutan Desa Wisata Turgo-Merapi Sleman melalui Edukasi Sapta Pesona, Kepemanduan dan Keselamatan Wisatawan Irawati, Novi; Deskarina, Rekta; Hikmawati, Meiana Maulida; Rando, Ayustina Silvia; Ardhanareswari, Emma; Tosofu, Irwan; Widodo, Janu Putra Tri Cahyo; Baluk, Maria Avilla Golu; Athar, Nathan; Nuraisya, Nissa; Pratiwi, Nindy Nadia; Sari, Vivin Dewita; Saputra, Yova Febrian
KOMUNITA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Mei
Publisher : PELITA NUSA TENGGARA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60004/komunita.v4i2.164

Abstract

Desa Wisata Turgo-Merapi memiliki potensi sebagai destinasi ekowisata berbasis komunitas yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pariwisata melalui edukasi Sapta Pesona, penyusunan panduan bagi pemandu wisata, serta penguatan aspek keselamatan wisatawan. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah rendahnya partisipasi masyarakat serta kurangnya koordinasi dalam pengelolaan destinasi. Metode yang digunakan meliputi pelatihan pemandu wisata, pembuatan guide book, pemasangan signage, serta pendampingan bagi pelaku UMKM sektor teh dan kopi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kapasitas masyarakat dalam pelayanan wisata, pemahaman terhadap prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan, serta penguatan identitas produk lokal. Intervensi ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pariwisata yang profesional, inklusif, dan berkelanjutan di Desa Wisata Turgo-Merapi.

Page 1 of 3 | Total Record : 27